Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Obyek Wisata Azerbaijan Ini Sayang Banget untuk Dilewatkan


Reni  July 17, 2019  0 Comment

Sebagai salah satu bagian negara dari Uni Soviet, Azerbaijan dikenal sebagai negara yang cukup tertutup. Padahal negara yang berada di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya ini memiliki sejarah yang menarik. Namun setelah Uni Soviet runtuh, Azerbaijan berani mengubah stigma negara tertutup dengan lebih membuka diri pada turis asing. Negara Api mulai menunjukkan diri sebagai negara wisata populer di dunia. Kalau Anda berencana libur akhir tahun, berikut 10 obyek wisata Azerbaijan yang wajib dikunjungi.

1. Baku

Obyek Wisata Azerbaijan
roadaffair.com


Ibukota negara Azerbaijan ini memiliki banyak pilihan tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Obyek wisata Azerbaijan yang terletak di Baku sangat banyak seperti Old Town yang memiliki Istana Shirvanshah dan Menara Maiden. Bagi pecinta sejarah, Old Town merupakan obyek wisata yang paling direkomendasikan dari Negara Api.
Tentu masih ada banyak bangunan yang menjadi landmark kota Baku seperti Azerbaijan Carpet Museum, Fountain Square, Baku Boulevard dan masih banyak pilihan wisata yang lain. Tak heran kalau menjelajah kota tua Baku membutuhkan waktu seharian. Anda tentu tidak ingin melewatkan waktu menyusuri keindahan Old Town yang masuk situs warisan UNESCO, bukan?

2. Yanar Dag

tempat wisata azerbaijan
iexplore.com


Dari kota Baku, Anda bisa menjelajah ke salah satu obyek wiata Azerbaijan yang paling populer yaitu Yanar Dag. Yanar Dag merupakan gunung yang selalu terbakar secara alami. Gunung yang memiliki tinggi sekitar 116 meter dengan ketinggian api bisa mencapai 3 meter. Selain menyuguhkan fenomena alam menarik, Yanar Dag dianggap sebagai gunung keramat yang erat berhubungan dengan kepercayaan masyarakat Azrbaijan tempo lalu. Konon gunung ini telah terbakar secara alami sejak 2000 tahun yang lalu.
Jangan lewatkan kesempatan menikmati pemandangan alam luar biasa yang hanya bisa Anda temukan di Azerbaijan ya! Anda bisa duduk di kedai kopi atau teh sembari mengabadikan keindahan alam obyek wisata Azerbaijan yang anti mainstream.

3. Taman Nasional Gobustan

tempat wisata azerbaijan

amuraworld.com


Obyek wisata yang menawarkan sejarah, edukasi dan keindahan masa lalu yang tiada tara adalah Azerbaijan. Salah satu obyek wisata Azerbaijan yang memberikan kepuasan tersebut adalah Taman Nasional Gobustan. Taman Nasional Gobustan memiliki 6000 pahatan batu yang menggambarkan kehidupan pra sejarah di Kaspia-Kaukasus. Pahatan batu diperkirakan berusia lebih dari 15 ribu tahun yang lalu lho!
Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan langsung lumpur gunung berapi di Taman Nasional Gobustan yang memiliki 350 sumber lumpur vulkanik. Keren, bukan? Anda wajib mengabadikan letusan lumpur vulkanik secara langsung dari kamera. Lokasi tempat wisata ini sekitar 40 kilometer dari ibukota Baku.

4. Shaki

tempat wisata azerbaijan
azernews.az


Perjalanan Anda tidak boleh terhenti hanya sampai di kota Baku saja sebab ada Jalur Sutra di Shaki atau Sheki yang harus dikunjungi. Obyek wisata Azerbaijan ini menawarkan berbagai potensi wisata baik menyusuri keindahan landmark bangunan seperti Palace of Shaki Khans, Khan’s Mosque, Church of Kish dan lain-lain.
Anda juga hars tahu bahwa Shaki menjadi salah satu tempat terbaik untuk mencari oleh-oleh. Kota ini menjadi salah satu pusat sutra dan kerajinan tangan khas Azerbaijan. Anda bisa menyusuri Mirza Fatali Akhundov untuk berburu kerajinan lokal favorit.

5. Ganja

tempat wisata azerbaijan
azernews.az


Kota terbesar kedua di Azerbaijan ini memiliki banyak bangunan bersejarah yang harus dijelajahi. Kota yang berjarak sekitar 89 kilometer dari Shaki ini memiliki berbagai tempat menarik yang layak Anda kunjungi seperti Nizami Maosoleum, Ancient Ganja Gate, Khan’s Garden dan lain-lain. Lokasi Ganja tepat berada di kaki pegunungan Kaukasus.
Sebagai kota yang cukup besar, Ganja memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Anda bisa mengakses kota ini menggunakan jalur darat atau jalur udara. Toh, Ganja telah memiliki bandara internasional yang langsung terhubung ke St. Petersburg, Moscow dan Istanbul.

6. Qabala

tempat wisata azerbaijan
flights.com.kw


Qabala merupakan kota tujuan selanjutnya yang harus Anda kunjungi saat datang ke Azerbaijan. Merujuk dari kisah masa lampau, obyek wisata Azerbaijan ini telah menjadi ibukota Caucasian Albania sejak 4 ribu tahun yang lalu. Anda bisa menyaksikan sisa sejarah di reruntuhan kota kuno di Qabala.
Kota ini juga menawarkan obyek wisata Azerbaijan yang tak kalah memukau dari kota lain. Letak kota yang berada di kaki Pegunungan Kaukasus membuat Qabala memiliki destinasi wisata alam memukau. Anda harus datang dan menikmati keindahan alam di Gabaland Amusement Park, Air Terjun Qabala dan masih banyak destinasi menarik lain.

7. Quba

tempat wisata azerbaijan

Booking.com


Mencari obyek wisata Azerbaijan yang jauh dari hiruk pikuk kota? Anda bisa menghilangkan stress dengan mengunjungi obyek wisata di Desa Quba. Kota kecil yang berada di ketinggian 600 meter dari permukaan laut ini terletak di kaki Gunung Shahdagh atau salah satu puncak Pegunungan Kaukasus. Anda bisa merileksasi diri dengan menyaksikan pemandangan alam indah di Air Terjun Afurdja.

8. Shamakhi

tempat wisata azerbaijan
mycaucasus.com


Kota klasik di Azerbaijan yang wajib masuk dalam daftar selanjutnya adalah Shamakhi. Kota ini pernah menjadi salah satu bagian penting dari Jalur Sutra masa lampau. Tak heran kalau Anda bakal menemukan beberapa bangunan yang menjadi landmark kota Samakhi seperti Shirvan Domes, Yeddi Gombez Mauseleum serta Juma Mosque of Samakhi.
Anda juga bisa melihat pembuatan kerajinan karpet yang terkenal di Samakhi. Bahkan karpet antik dari Samakhi disimpan di beberapa museum yang ada di dunia. Meskipun berada di wilayah seismic Pegunungan Kaukasus yang rawan terjadi gempa, Anda tetap wajib mengunjungi Samakhi menggunakan kendaraan darat.

9. Pegunungan Ismayilli

obyek wisata azerbaijan


Obyek wisata Azerbaijan yang menjadi tujuan wisatawan lokal atau mancanegara adalah perkebunan anggur di Pegunungan Ismayilli. Citarasa anggur yang ditawarkan tempat ini sangat berbeda dengan anggur yang lain. Tak heran kalau anggur Azerbaijan menjadi bahan utama anggur terkenal Ivanovka. Selain perkebunan anggur, Pegunungan Ismayilli dikenal sebagai penghasil madu terbaik. Kalau Anda penasaran dengan citarasa anggur dan madu dari Azerbaijan, sebaiknya berkunjung ke Pegunungan Ismayilli ya!

10. Nakhchivan

tempat wisata azerbaijan

azerbaijan.travel


Mencari destinasi wisata yang menyimpan cerita sejarah dan religi akan membawa Anda ke kota Nakhchivan. Kota yang berlokasi sekitar 400 kilometer dari ibukota Baku ini memiliki potensi wisata yang menarik. Anda bisa berkunjung ke Museum Nuh yang dibangun pada abad ke-8 Masehi. Tempat ini diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir Nabi Nuh AS. Masih ada banyak situs spiritual yang bisa Anda kunjungi jika datang ke obyek wisata Azerbaijan satu ini seperti gereja, masjid dan lain-lain.
Azerbaijan menawarkan potensi wisata sejarah dan alam kelas dunia yang patut Anda pertimbangkan. Negara ini juga menawarkan suasana alam yang khas untuk Anda yang ingin menghilangkan kepenatan rutinitas harian. Ada Danau Goygol yang dikenal dengan nama Danau Biru di Taman Nasional Goygol, menikmati wisata salju seperti jet ski, bersepeda gunung dan aktivitas menarik di resort musim dingin Azerbaijan lain. Yuk, jangan lewatkan liburan Anda dengan menikmati obyek wisata Azerbaijan yang mendunia!

Leave a Reply