177 views | 0 Likes

Hidden Yosemite Sam di Lembah Harau, Payakumbuh

3 star (from 1 people)
Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 03 December 2019, 22:52:08

Lembah Harau adalah sebuah ngarai cantik di wilayah kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sebuah ngarai dikelilingi Bukit Batu Tinggi yang mirip dengan Yosemite National Park..

How to Get There

Untuk mencapai wilayah Lembah Harau, sobat Traveller bisa menggunakan sarana transportasi Bus atau Travel. jika sobat Traveller berangkat dari wilayah Medan seperti saya, bisa menggunakan Bus Kurnia atau ALS dengan tujuan Bukit Tinggi, dan dari setiba nya di Bukit tinggi, sobat bisa menggunakan angkutan umum seperti angkutan atau Becak motor untuk menuju ke Lembah Harau Payakumbuh. atau jika merasa terlalu repot, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Gojek yang sudah available di wilayah Bukit tinggi ya :)

cara kedua adalah menggunakan Travel. yap, sekali lagi saya selalu merekomendasi sarana transportasi ini, karena selain lebih nyaman, jarak tempuh juga biasanya lebih cepat, dan yang pastinya sobat traveller akan diantar sampai lokasi. Ada banyak jasa Travel di wilayah Medan, jadi kamu tidak kesulitan menemukan nya kok :)

 

 

 

 

What to Do

Perjalanan dari Medan ke Lembah Harau memakan waktu antara 18 sampai 20 Jam ya sobat, jadi pastikan kalian sudah memesan penginapan sebelumnya. Karena biasanya sobat akan berangkat sore, dan sampai di Lembah Harau sore keesokan harinya, atau the worst thing is, kalian sampai malam hari, seperti pengalaman saya sebelumnya, saya dan teman saya sampai pukul 21.10 malam, untung nya kita sudah lebih dahulu memesan penginapan. Bayangkan jika belum, akan sangat menyulitkan sekali untuk mencari nya. so, sebaiknya pastikan dahulu penginapan sudah ready ya sobat.

berikut penampakan homestay tempat saya menginap sebelumnya

hidden yosemite samhidden yosemite sam



di wilayah Lembah Harau,sudah terdapat banyak penginapan murah namun dengan fasilitas yang baik. jadi sobat Traveller tidak akan menghabiskan banyak biaya untuk menginap.

hari kedua saya di lembah Harau, kami habiskan dengan mengeksplore wilayah Lembah Harau,

dimulai dari wilayah sebelah penginapan, yang sudah sedemikian bagusnya

hidden yosemite samhidden yosemite sam


Bukit batu cadas nan tinggi mengelilingi lembah dengan begitu menakjubkan-nya. sangat mirip dengan Yosemite National Park bukan?:)

rumah-rumah penduduk yang masih sedikit juga nampak sebagai lingkungan asri yang indah untuk ditinggali.

hidden yosemite samhidden yosemite sam

(Harau Valley, Lembah Harau, Payakumbuh)

setelah Puas berkelilig dilingkungan sekitar penginapan, saya juga memasuki wilayah Taman Lembah Harau, yang mana saat itu masih sunyi sekali, berhubung pada saat itu adalah hari besar bagi umat Muslim yaitu Hari Raya Idul Adha. dan kebanyakan penduduk enggan keluar rumah setelah Shalat Ied dan berdiam dirumah berkumpul dengan keluarga besar.

hidden yosemite samhidden yosemite sam

(Taman Lembah Harau, Payakumbuh)

And i dont know, mungkin karena saat itu hari besar atau memang demikian, tapi kami memasuki wilayah Taman ini dengan Free! lumayan sekali bukan. Namun sobat Traveller harus berhati-hati di dalam Taman ini ya, karena masih banyak satwa liar (Monyet) yang berkeliaran bebas dan siap merebut makanan yang kalian bawa. so, sembunyikan cemilan mu ya :)

selepas dari Taman Lembah Harau, kami bergerak menuju ke Lokasi Kampung Eropa dengan menggunakan sepeda motor yang kami sewa dari pemilik penginapan seharga 70.000 per hari. Kampung eropa adalah tempat wisata di Lembah Harau juga, yang menampilkan miniatur-miniatur landmark dari Negara- Negara lain seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, Stone Hedge atau Landmark Daerah Sumbar yaitu Rumah Minang, dan masih banyak lagi, dengan biaya masuk Rp 10.000 per orang dan biaya parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor.

hidden yosemite samhidden yosemite samhidden yosemite sam

(Loc.Kampung Eropa, Lembah Harau, Payakumbuh)

Setelah puas bermain dan berfoto ria di wilayah Kampung Eropa, saya kemudian bergerak menuju Taman Puncak, didekat penginapan juga, namun karena sebelumnya masih terlalu pagi, taman masih tutup dan kami beranjak kembali siang hari nya dengan biaya masuk Rp 5.000hidden yosemite sam

Dari puncak bukit nya, sobat bisa berfoto dengan backgorund wilayah Lembah Harau yang sangat memanjakan mata, namun untuk mencapai tempat ini sobat harus sedikit melakukan Hiking keatas bukit dengan Tracking yang cukup membuat lelah :D namun sangat sebanding dengan apa yang bisa kita lihat sesampainya diatas.

Setelah puas menikmati view dan berfoto ria sebagai kenang2an, kami bergerak menuju lokasi terakhir, yaitu air terjun Sarasah Murai. Sarasah Murai adalah salah satu air terjun yang ada di Lembah Harau, dengan jarak tempuh sekitar 20 menit, dengan kondisi jalan kecil dan berbatu namun masih bisa dilalui dengan sepeda motor.  

hidden yosemite sam

(Air Terjun Sarasah Murai, Lembah Harau, Payakumbuh)

untuk menuju air terjun ini cukup mudah, sobat traveller hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dari titik parkir kendaraan, dengan Tracking jalan kecil dan cukup licin namun masih mudah dilalui dan jalanan tidak menanjak. Selain air terjun ini, terdapat air terjun lain yang menjadi primadona di Lembah Harau, dan berada tepat dipinggir jalan utama, namun sayang nya saat kami kesana kondisi sedang musim kemarau dan air terjun tersebut kering. 

So, demikianlah pengalaman saya selama di Lembah Harau, saya sangat merekomendasi sobat Traveller untuk ke sini, karena ada banyakk lokasi wisata yang dapat dikunjungi, sebab Lembah harau sudah seperti taman bermain yang memiliki banyak wahana seru untuk didatangi. saya pastikan, jika sobat traveller mengunjungi wilayah ini, akan enggan untuk pulang :D

sekian dan terimakasih :)

Tips and Trick

Tidak ada Trick khusus untuk ke wilayah Lembah Harau, hanya saja mungkin sobat memerlukan tips sebagai berikut :

1. Gunakan Travel agar waktu sampai lebih cepat

2. Booking terlebih dahulu penginapan 

3. Sewalah sepeda motor untuk berkeliling diwilayah wisata Lembah Harau

4. Direkomendasi berkunjung pada 17-18 agustus, karena ada festival Tahunan Harau Festival yang diadakan setahun sekali

5. Jangan menggunakan pakaian terlalu terbuka

6. Bawalah uang lebih, karena akan sulit menemukan ATM diwilayah Lembah Harau

 

 

Where to Stay

Ada cukup banyak penginapan di wilayah Lembah Harau. Saat berkunjung kesana, saya menginap di Orau Inn, Penginapan Murah dengan pelayanan luar biasa, absolutely a nice place :)

Gallery (13)

Comments (2)