Yuk Kenalin 10 Nama Lain Kue Odading di Berbagai Daerah di Indonesia


prita  October 26, 2020  0 Comment

Nama kue Odading belakangan ini cukup viral di media sosial karena seorang warganet yang bernama Ade Londok mengungkapkan bahwa memakan Odading akan membuat kita menjadi seperti Iron Man dan jika tidak memakannya, maka bukan teman sepergaulan Ade Londok. Nah, karena promosi dari Ade Londok di media sosial tersebut, warung Odading Mang Oleh menjadi sangat ramai. Bahkan pembeli harus rela mengantri untuk membeli odading tersebut.

Odading adalah sebuah roti atau kue kecil yang berbentuk seperti bantal dengan warna cokelat caramel. Kue yang terbuat dari tepung terigu ini ternyata sudah ada sejak jaman dahulu dan sampai saat ini masih digemari banyak orang. Odading memiliki rasa manis dan gurih yang sangat nikmat, ada versi odading yang diberi taburan wijen namun ada juga yang tidak diberi taburan wijen. Namun kedua versi tersebut tetap terasa nikmat.

Buat kamu yang belum tahu, ternyata odading ini merupakan kuliner sejuta umat. Odading terbuat dari tapung dan banyak dijual di berbagai daerah lain dengan nama yang berbeda. Odading sendiri adalah sebutan bagi masyarakat Jawa Barat, namun beda kota tentunya beda penyebutan. Nah, berikut ini adalah Nama lain dari kue odading.

Nama Lain Kue Odading

1. Kue Bantal, Jakarta

Kue Bantal
piknikdong.com

Kue Bantal merupakan nama lain dari odading yang pertama. Kue Bantal sangat terkenal di Jakarta dan biasanya menjadi salah satu camilan yang biasa dinikmati saat pagi hari atau sore hari.

Baca juga :  7 All You Can Eat di Sidoarjo, Murah, Enak dan Dijamin Puas!

Disebut sebagai kue bantal karena roti ini memiliki bentuk seperti bantal dan teksturnya empuk bagaikan bantal. Sama dengan Odading, kue bantal ini juga memiliki rasa manis dengan warna cokelat caramel yang menggugah selera. Kue bantal ini biasanya dibuat dengan menambahkan baking soda dan ragi agar terasa lebih empuk dan nikmat.

review kuliner

AADK (Ada Apa Dengan Kopi) Coffe And Eatery

TGC Coffee: Coffee Shop Cozy Di Tengah Kota Surabaya

2. Bolang Baling, Semarang

Bolang Baling
twitter.com

Nama lain dari odading selanjutnya adalah Bolang Baling. Bolang Baling adalah sebutan untuk odading dari warga Semarang, Jawa Tengah.

dibuat dengan bahan yang sama dengan odading dan proses pengolahannya juga sama. Bolang Baling memiliki kulit luar yang renyah dan berwarna cokelat caramel yang manis, namun di dalamnya terasa sangat lembut. banyak ditemukan di penggir jalan dan biasa menjadi camilan favorit masyarakat Semarang selain lompia.

3. Galundeng, Yogyakarta

Galundeng
masakinyuuk.blogspot.com

Galundeng adalah nama lain dari odading yang berasal dari kawasan Yogyakarta. Galundeng ini memiliki tampilan yang mirip dengan Bolang Baling khas Semarang karena diberi taburan wijen.

memiliki kulit yang garing dan tekstur lembut di dalamnya seperti roti pada umumnya. Galundeng ini juga banyak ditemui di pinggir jalan dan dijual bersamaan dengan cakwe. Roti ini juga sangat nikmat jika dinikmati saat pagi hari sebagai teman minum kopi atau teh.

4. Gondang Gandung, Magelang

Gondang Gandung
kompas.com

Dari Yogyakarta beralih ke Magelang. Kota Sejuta Bunga ini juga memiliki nama lain dari odading  yang disebut sebagai Gondang Gandung. Secara tampilan, Gondang Gandung ini memang mirip dengan Odading, namun gondang gandung memiliki tekstur lebih dan dan lebih keras dibandingkan dengan odading.

Baca juga :  10 Tahu Gejrot Paling Enak di Cirebon, Rasanya Nagih!

Soal rasa, gondang gandung tak berbeda jauh dari odading. Roti ini juga memiliki rasa manis berpadu gurih yang nikmat. Gondang gandung banyak ditemukan di pinggir jalan dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 500 sampai Rp 1.000 per buahnya.

5. Gembukan, Solo

Gembukan
gsaroso.wordpress.com

Gembukan adalah nama lain dari odading yang banyak dijumpai di kota Solo. Gembukan berasal dari kata Gembuk, yang berarti empuk. Hal tersebut dikarenakan Gembukan ini memiliki tekstur yang empuk di dalam, namun kulitnya masih terasa krispi dan diberi taburan wijen atau gula.

Gembukan dibuat dari bahan-bahan yang sama dengan odading. Proses pembuatannya pun juga tak beda dari odading khas Jawa Barat. Gembukan juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Roten, Tegal

Roten
akurat.co

Nama lain dari odading selanjutnya adalah Roten. Julukan ini berasal dari kota Tegal dimana Roten juga menjadi salah satu camilan favorit.

Selayaknya odading khas Bandung, roten juga dibuat dengan bahan yang sama dengan odading. Namun, Roten khas Tegal ini biasanya diberi isian cokelt di dalamnya atau kosong tanpa isian seperti odading.

7. Roti Goreng, Surabaya

Roti Goreng
resepkoki.id

Nama lain dari Odading adalah Roti Goreng. Roti Goreng merupakan sebutan dari masyarakat Surabaya dan Malang untuk roti berbentuk bantal yang digoreng yang sering dijajakan di pagi hari.

biasanya dijajakan dengan gerobak bersamaan dengan cakwe atau donat kampong. Roti goreng ini berbentuk kotak mengembang dan diberi taburan gula dan wijen, namun ada juga yang tidak menggunakan wijen. memiliki beragam ukuran, ada yang besar ada juga yang kecil dan bisa sekali makan. Harga yang dipatok untuk satu buah roti goreng ini mulai dari Rp 1.000 saja.

Baca juga :  Travelling Ke Korea? Yuk Cobain 10 Bibimbap Paling Enak di Korea

8. Kue Bohong, Medan

Kue Bohong
correcto.id

Tak hanya di Pulau Jawa saja kita bisa menemukan Odading, tapi di kota-kota lain di luar Pulau Jawa ternyata juga memiliki odading dengan nama yang berbeda. Sebut saja kota Medan.

Nama lain dari odading yang sering disebut oleh masyarakat Medan adalah Kue Bohong. Disebut demikian karena roti ini tidak ada isiannya meskipun dari luarnya tampak mengembang. Untuk itulah warga menyebut odading dengan nama Kue Bohong.

9. Brot Goreng, Manado

Brot Goreng
blog.tokowahab.com

Brot Goreng adalah nama lain dari odading yangsering disebut oleh warga Manado. Bisa dibilang jika Brot Goreng ini merupakan salah satu camilan khas Manado yang cukup populer.

Selain disebut dengan brot goreng, kudapan ini juga disebut sebagai Kue Orang Malam karena proses mengolahnya asal dicampur-campur. Bahan-bahannya pun sama dengan odading dan konon yang pertama kali mengenalkan camilan ini kepada warga Manado adalah Belanda pada jaman penjajahan. Brot goreng ini biasa diisi dengan cokelat, kelapa, gula merah atau tanpa isian.

10. Wadai Untuk Banjarmasin

nama lain kue odading
inews.id

Nama lain dari odading yang terakhir adalah Wadai Untuk. Wadai Untuk adalah sebutan odading oleh masyarakat Banjarmasin.

Sekilas Wadai Untuk dengan Odading memang tampak sama, namun sebenarnya kedua sajian ini cukup berbeda. Wadai Untuk memiliki rasa yang lebih manis daripada odading. Tak hanya itu, roti ini juga menggunakan santan sebagai bahan bakunya sehingga rasanya sangat gurih. Tekstur dari Wadai Untuk ini juga lebih padat dibandingkan dengan odading dan pastinya kue khas Banjarmasin ini menggunakan gula dalam jumlah banyak karena memang masyarakat Banjarmasin sangat suka dengan kudapan manis.

Itulah tadi 10 nama lain dari Odading dari berbagai kawasan di Indonesia. Selain kesepuluh nama tersebut, tentunya masih terdapat sebutan lain untuk odading ini. Nah, kalau di daerah kamu biasanya menyebut odading dengan nama apa nih?



Leave a Reply