10 Minuman Khas Yunani Keunikannya Menarik Hati


prita  December 30, 2021  0 Comment

Yunani merupakan salah satu negara di Eropa yang cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata. Negara para dewa ini memang terkenal memiliki pemandangan pantai dan bangunan bersejarah yang indah. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan ragam makanan dan minuman khas Yunani yang wajib untuk kamu coba. Nah, jika kamu berencana berlibur ke Yunani, jangan lewatkan untuk mencoba minuman khasnya yang terkenal sangat segar. Berikut adalah daftarnya.

1. Ouzo

Ouzo
poupadou.com

Minuman khas Yunani pertama yang cukup populer adalah Ouzo. Ouzo ini merupakan minuman yang dibuat dengan disuling dari alkohol netral kemudian diencerkan dengan air.

Air tersebut kemudian diberi rasa yang berasal dari campuran biji adas, ketumbar, adas manis, pala, kapulaga, jahe dan kayu manis. Ouzo ini menjadi minuman yang dilindungi oleh hukum di Eropa sehingga hanya diproduksi di Yunani dan Siprus. Biasanya ouzo ini disimpan di freezer sehingga selalu terjaga dinginnya. Ouzo tidak boleh diminum sendiri, untuk itu kamu harus memesan beberapa buah zaitun atau keju sebagai pendamping.

Gotravelly

Weha Cafe, Tempat Nongkrong Santai Serasa Di Pinggir Pantai

Cobain Sensasi Ngopi Ala Jepang Di Taketama Coffee

2. Tsipouro

Tsipouro
greekgastronomyguide.gr

Berbeda dengan ouzo yang cukup populer, tsipouro ini tidak terlalu terkenal. Meskipun begitu, tsipouro ini merupakan salah satu minuman khas Yunani yang paling tradisional.

Tsipouro ini merupakan minuman alkohol yang disuling dari kulit anggur dan sisa dari pembuatan anggur menjadi alkohol dengan kadar 40 persen hingga 45 persen. Awalnya tsipouro ini merupakan minuman buatan sendiri yang dibuat dari sisa-sisa anggur, namun belakangan ini menjadi minuman ini semakin banyak diminati. Sekarang bahkan kamu bisa menemukan tsipouro ini di banyak bar di kawasan Athena. Terdapat dua jeni tsipouro yang bisa kamu coba. Minuman ini bisa diminum langsung atau diberi tambahan es, bahkan kamu bisa mencampurkannya dengan air.

Baca juga :  9 Lokasi Romantis di Surabaya Bikin Baper Rekomended

3. Assyrtiko

Assyrtiko
greekmarvels.com

Minuman khas Yunani yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Assyrtiko. Minuman ini berasal dari Pulau Santorini ini memang cukup populer dan menjadi salah satu minuman yang banyak dipesan oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau Santorini.

Meskipun berasal dari Pulau Santorini, assyrtiko ini juga bisa kamu temukan di kawasan Yunani lainnya, seperti di Paros. Assyrtiko ini merupakan wine putih khas Yunani yang memiliki aroma jeruk dan mineral yang sangat menggoda. Minuman wine ini juga bisa dicampur dengan dua variasi wine lokal lainnya, seperti Athiri dan Aidani.

4. Kopi Yunani

Kopi Yunani
greekcitytimes.com

Kalau kamu adalah pecinta kopi, jangan lupa untuk mencicipi minuman khas Yunani yang satu ini, yaitu Kopi Yunani Greece Coffee. Kopi Yunani ini memang menjadi salah satu kopi yang paling populer di Yunani karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Kopi ini dibuat dari biji kopi yang di sangrai kemudian ditumbuk halus kemudian dicampur dengan air dingin. Setelah itu, kopi diletakkan dalam teko kopi tradisional yang dikenal dengan cezve atau ibrik. Kopi kemudian diseduh diatas api kecil sampai berbusa dan hampir mendidih. Proses tersebut dipercaya mampu menghasilkan kopi yang kuat dan unik.

5. Frappe

Frappe
hearthealthygreek.com

Siapa sih yang tidak tahu frappe? Minuman yang satu ini belakangan memang banyak ditemukan di café-café yang ada di Indonesia. Bahkan, kamu bisa menemukan frappe dalam kemasan instan. Namun, tahukah kamu jika minuman ini merupakan salah satu minuman khas Yunani?

Frappe merupakan salah satu variasi kopi Yunani yang telah ada sejak tahun 1957. Kopi ini dibuat dengan mencampur kopi instan dengan air dan es. Kombinasi tersebut biasanya dibuat dalam shaker atau mixer tangan sehingga saat dituang dalam gelas, busa akan muncul diatasnya. Sekarang, kopi biasanya diberi tambahan krim kocok, es krim atau susu cokelat cair dan secara tradisional frappe ini disajikan dalam gelas yang tinggi.

Baca juga :  13 Makanan Khas Labuan Bajo yang Menggugah Selera!

6. Metaxa

Metaxa
poupadou.com

Secara harfiah, metaxa memiliki arti sutra. Namun, metaxa ini bukanlah nama dari kain sutera melainkan nama minuman khas Yunani. Minuman ini disebut metaxa karena memiliki rasa yang lembut dan halus.

Metaxa adalah minuman alkohol yang terbuat dari campuran distilat anggur yang terbuang dari anggur putih Muscat dari Samos dan berbagai rempah Mediterania. Minuman ini biasanya disimpan dalam tong kayu yang terbuat dari pohon ek dan semakin lama akan semakin nikmat rasanya.

7. Vinsanto Wine

Vinsanto Wine
santowines.gr

Sudah bukan rahasia lagi jika Pulau Santorini menawarkan keindahan yang mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Tak hanya memiliki deretan pantai yang cantik dan pemandangan matahari terbenam yang menawan, pulau ini juga memiliki sebuah minuman khas Yunani yang patut untuk kamu coba, bernama Vinsanto Wine.

Vinsanto Wine ini dibuat dari anggur kering yang langka dan eksklusif dan hanya tumbuh di tanah pulau tertentu. Maka tak heran jika Vinsanto Wine ini dianggap sebagai salah satu anggur Yunani terbaik. Anggur ini memiliki warna amber, orange rua agak kecokelatan dan memiliki karakter buah dan kering sehingga sangat cocok jika didampingin dengan beragam dessert atau buah-buahan segar.

8. Retsina Wine

Retsina Wine
winefolly.com

Minuman khas Yunani yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Retsina Wine. Retsina Wine ini merupakan salah satu minuman anggur yang paling populer di Yunani sehingga kamu patut untuk mencobanya.

Retsina Wine ini diresapi dengan resin pinus Aleppo dan memiliki cita rasa yang berbeda. Tak heran jika minuman ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Yunani sejak zaman kuno. Bahkan, zaman dahulu minunman ini dibuat sendiri, lho. Sekarang, kamu tak perlu repot membuatnya karena kamu bisa menemukan retsina wine ini di bar-bar kota Athena. Biasanya minuman ini dicampur dengan soda sehingga rasanya lebih nikmat.

Baca juga :  10 Kota Paling Cantik di Yunani Bak Negeri Dongeng

9. Kitron

Kitron
callicounis.gr

Kitron merupakan salah satu dari tiga minuman alkohol Yunani yang dilindungi dan juga menjadi salah satu minuman khas Yunani yang patut untuk kamu coba. Kitron adalah minuman alkohol yang terbuat dari daun pohon citron sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Proses pembuatan minuman ini adalah dengan mengumpulkan daun citron di akhir musim gugur atau saat awal musim dingin karena pada saat itu daun tersebut memiliki rasa yang paling banyak. Daun citron kemudian direndam dalam alkohol dan air untuk mengekstrak minyak esensial. Campuran ini kemudian disuling 3 kali untuk mendapatkan kitron yang murni. Setelah itu diberi tambahan gula dan air.

10. Tsai Tou Vounou

Minuman Khas Yunani
greece-is.com

Minuman khas Yunani yang terakhir adalah Tsai Tour Vounou atau yang juga dikenal dengan Teh Gunung atau Ironwort atau Sideritis. Minuman ini terbuat dari tanaman yang ditemukan di kawasan Pegunungan Yunani.

Meskipun minuman ini disebut sebagai teh, namun sebenarnya minuman ini bukanlah daun teh, melainkan tanaman yang sangat berbeda. Di Yunani, minuman ini dianggap sebagai minuman hangat yang menyehatkan karena tingkat antioksidan tanaman yang tinggi. Kamu bisa membeli bunga atau daun kering untuk membuat minuman ini di toko maupun supermarket di Yunani. Proses membuatnya pun gampang, kamu cukup menuangkan air panas di atasnya kemudian biarkan larut selama 10-15 menit.



Leave a Reply