10 Masjid Termegah di Malaysia, Arsitekturnya bikin Tercengang


Fida  December 10, 2020  0 Comment

Saat berlibur ke berbagai negara di dunia memang kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisatanya. Malaysia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak tempat wisata alam maupun buatan. Selain itu, Malaysia juga memiliki wisata religi seperti masjid yang megah. Berikut daftar 10 Masjid termegah di Malaysia yang menarik untuk dikunjungi

1. Putra Mosque (Masjid Putrajaya)

Putra Mosque
shoreexcursions.asia

Masjid Putrajaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan Putra Mosque menjadi salah satu masjid termegah di Malaysia yang sekaligus menjadi landmark Kota Putrajaya. Masjid yang satu ini memiliki lokasi yang sangat unik berada di bibir Danau Putrajaya. Karena berlokasi di bibir danau, Masjid Putrajaya terlihat seakan masjid terapung.

Masjid Putrajaya dibangun pada tahun 1997 dan mengadaptasi budaya Maroko. Salah satu destinasi wisata favorit umat Islam ini berada di Persiaran Persekutuan, wilayah Persekutuan Putrajaya, Malaysia. Dari jauh saja bisa dilihat bahwa masjid yang satu ini memiliki arsitektur yang unik dan megah.

Gotravelly

Trip Dadakan: Dataran Merdeka, Masjid Jamek, River Of Life

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru Ini

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

2. Masjid Zahir

Masjid Zahir
muslim.okezone.com

Tidak kalah megah dengan Masjid Putrajaya, Masjid Zahir juga menjadi salah satu masjid termegah di Malaysia yang sering menjadi tujuan wisatawan khususnya umat Islam. Masjid Zahir juga sering disebut sebagai salah satu masjid paling indah di dunia. Arsitektur khas timur tengah menjadi daya tarik dan ciri khas Masjid Zahir. Banyak yang mengatakan bahwa bentuk kubah Masjid Zahir menyerupai bentuk bawang merah.

Pengunjung yang datang ke masjid ini tidak hanya berasal dari dalam negeri saja melainkan juga dari luar negeri. Masjid Zahir juga merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Kedah Malaysia. Jika ingin mengunjungi masjid yang satu ini, anda bisa datang ke Jalan Kampung Peak, Alor Setar, Kedah.

3. Masjid Kampung Laut

Masjid Kampung Laut
flickr.com

Salah satu masjid termegah di Malaysia adalah Masjid Kampung Laut yang dibangun pada tahun 1730. Masjid yang satu ini juga masuk ke dalam salah satu masjid tertua yang masih mempertahankan keindahan arsitektur dari dulu hingga saat ini. Meskipun terlihat seperti bangunan tua dan kuno, namun masjid ini sangat megah dan kokoh.

Masjid Kampung Laut dikenal memiliki bentuk bangunan yang mirip seperti masjid di pulau Jawa. Alamat dari Masjid Kampung Laut berada di Jalan Kuala Krai, Kota Bharu, Kelantan, Malaysia.

4. Al Bukhary Mosque

Al Bukhary Mosque
br.pinterest.com

Al Bukhary Mosque masuk ke dalam salah satu daftar masjid termegah di Malaysia. Masjid yang satu ini dibangun oleh Tan Sri Syed Mokhtar Al Bukkhary. Dilihat dari bentuk bangunannya, Masjid Al Bukhary memang memiliki desain yang unik dan mengesankan.

Masjid yang satu ini juga merupakan Islamic Center yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti panti asuhan, pusat kesehatan, dan juga sekolah khusus untuk para jompo. Kesan mewah dan megah bisa Anda lihat saat berada di Masjid Al Bukhary. Masjid yang satu ini berada di Jalan Hang Tuah, Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia.

5. Crystal Mosque

Crystal Mosque
wonderfulmalaysia.com

Salah satu masjid termegah di Malaysia yang sayang untuk dilewatkan adalah Crystal Mosque. Masjid yang satu ini sangat indah dinikmati saat malam hari karena memancarkan lampu seperti negeri dongeng. Gemerlap lampu serta dinding kaca membuat masjid yang satu ini semakin terlihat modern dan megah.

Lokasi masjid yang satu ini juga berada di tepi sungai, hal itu tentu membuat Crystal Mosque terlihat semakin menarik. Anda bisa mengunjungi masjid megah ini di kawasan Pulau Wan Man, Kuala Trengganu.

6. Masjid As Syakirin

Masjid As Syakirin
tripadvisor.co.id

Salah satu masjid termegah di Malaysia berada di kawasan Kuala Lumpur yakni Masjid As Syakirin. Tidak jarang masjid yang satu ini menjadi tujuan wisatawan yang berasal dari luar kota maupun luar negeri. Berfoto di kawasan Masjid As Syakirin menjadi daya tarik pengunjung. Belum lagi karena berlatar Menara Petronas yang membuat kesan semakin indah saat difoto.

Masjid yang satu ini memiliki arsitektur dan desain yang sangat luar biasa. Lokasi dari Masjid As Syakirin berada di jalan Ampang, KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia.

7. Masjid Negara Malaysia

masjid negara malaysia
bujangmasjid.blogspot.com

Saat datang ke Malaysia, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu dari banyaknya masjid termegah di Malaysia. Masjid Negara Malaysia menjadi salah satu masjid termegah yang dibangun pada tahun 1963. Masjid yang satu ini memadukan berbagai budaya baik tradisional maupun modern. Di halaman masjid juga terdapat payung yang bisa membuka dan menutup secara otomatis.

Selain merupakan masjid termegah, Masjid Negara Malaysia juga dikenal sebagai masjid paling besar di Malaysia karena bisa menampung hingga 15 ribu jamaah sekaligus. Masih di satu ini juga merupakan salah satu simbol keberadaan umat Islam di Malaysia saat itu. Anda bisa mengunjungi Masjid Negara Malaysia di Jalan Perdana, Tasik Perdana, Kuala Lumpur, Malaysia.

8. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

masjid sultan salahudin abdul aziz
qoobah.co.id

Sudah tidak asing didengar bahwa Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz termasuk ke dalam salah satu masjid termegah di Malaysia. Masjid yang satu ini juga termasuk masjid terbesar di Asia Tenggara yang memiliki tinggi kubah hingga 51 cm. Megahnya Kubah di Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz menjadi hal yang paling menarik.

Masjid yang satu ini berlokasi di Persiaran Masjid St., Shah Alam, Malaysia. Megah dan mewahnya bangunan Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz menjadikan tempat ini ramai akan wisatawan muslim dari berbagai penjuru dunia.

9. Masjid Mizan Zainal Abidin

Masjid Mizan Zainal Abidin
pinterest.com

Masjid Mizan Zainal Abidin yang mampu menampung hingga 34 ribu jamaah termasuk ke dalam salah satu masjid termegah di Malaysia. Masjid yang satu ini beralamat di jalan Tuanku Abdul Rahman, Presint 3, Putrajaya.

Masjid Mizan Zainal Abidin memiliki arsitektur yang sangat unik dan mengesankan. Hal itu menjadikan masjid ini sangat menarik dan dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Kawasan sekitar masjid yang Asri juga membuat suasana semakin nyaman.

10. Masjid Wilayah Persekutuan

Masjid Wilayah Persekutuan
pinterest.com

Salah satu masjid termegah di Malaysia adalah Masjid Wilayah Persekutuan. Masjid yang satu ini dikenal mirip dengan Masjid Sultan Ahmed yang berada di Turki. Masjid Wilayah Persekutuan memiliki 4 kubah besar dan 22 kubah kecil yang sangat mengesankan saat dilihat.

Masjid yang satu ini mampu menampung hingga 17 ribu jamaah sekaligus. Masjid Wilayah Persekutuan juga sangat ramai saat perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Anda bisa mengunjungi masjid ini di Jalan Sultan Mizan Zainal Abidin, Kompleks Kerajaan, Kuala Lumpur, Malaysia.

Nah, di atas merupakan daftar 10 masjid termegah di Malaysia yang sayang untuk dilewatkan. Masjid manakah yang terlihat paling mengesankan dan ingin Anda datangi?



Leave a Reply