Rasakan Tamparan Kesegaran 10 Manisan Buah Khas Indonesia


prita  August 27, 2021  0 Comment

Manisan buah Khas Indonesia memang menjadi salah satu kuliner yang banyak ditemui di Indonesia. Manisan dikenal memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Manisan biasanya dibuat menggunakan buah-buahan segar yang banyak ditemukan di pasar atau toko buah. Manisan sendiri terdapat dua varian, yaitu manisan basah dan manisan kering. Nah, kali ini yang akan kita bahas adalah manisan basah khas Indonesia yang cukup populer. Apa sajakah? Berikut adalah daftar Manisan Basah Khas Indonesia

1. Manisan Basah Mangga

Manisan mangga
resepkoki.id

Manisan buah khas Indonesia yang pertama adalah manisan basah yang terbuat dari buah mangga. Bisa dibilang manisan yang satu ini cukup populer dan banyak sekali penggemarnya. Tak heran jika disebut sebagai manisan sejuta umat.

Mangga muda memang buah yang sangat pas dijadikan sebagai manisan basah yang segar. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan menyiapkan buah mangga muda yang telah dipotong-potong, kayu manis, cuka atau air jeruk nipis, gula, garam, air kapur dan air secukupnya. Kamu tinggal memasukkan potongan buah mangga dalam air kapur selama 30 menit lalu dicuci bersih. Didihkan air dan masukkan semua bahan kecuali mangga, setelah gula larut masukkan mangga dan masak sampai gula meresap.

rekomndasi kuliner enak

Kemeriahan Festival Cahaya Terbesar Di Dunia

Quality Time Dan Nongkrong Asik Di Colab Cafe

2. Manisan Basah Kedondong

Manisan Basah Khas Indonesia
shopee.co.id

Selain buah Mangga, buah Kedondong juga bisa dijadikan sebagai manisan basah yang nikmat. Manisan Basah Kedondong juga menjadi salah satu manisan basah khas Indonesia yang tak kalah banyak peminatnya.

Buah kedondong memang memiliki tekstur yang renyah dan rasa asam yang menyegarkan sehingga sangat cocok dijadikan sebagai manisan basah. Biasanya memang kedondong menjadi salah satu bahan ruak, namun jika dijadikan sebagai manisan juga tak kalah nikmat, lho. Kamu bisa menemukan manisan basah kedondong ini di supermarket atau di penjual manisan di pinggir jalan.

3. Manisan Basah Pala

manisan pala
letseatpretty.wordpress.com

Manisan buah khas Indonesia yang wajib kamu coba selanjutnya adalah manisan basah dari buah pala. Buah pala menjadi salah satu buah yang bisa diolah menjadi manisan yang nikmat dan segar.

Kamu bahkan bisa membuat manisan ini sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya yaitu buah pala, garam dan air. Proses pembuatannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengupas kulit buah pala sampai bersih kemudian rendam buah dalam larutan air garam semalaman untuk menghilangkan getahnya. Setelah direndam semalaman, iris buah pala dan cuci sampai bersih kemudian taburi dengan gula pasir dan diamkan sampai gula meresap sempurna. Manisan Basah Pala siap disajikan.

4. Manisan Basah Salak

Manisan Basah Khas Indonesia
idntimes.com

Manisan Basah Salak juga masuk dalam daftar manisan buah khas Indonesia yang wajib kamu coba. Salak memang menjadi buah khas Indonesia yang enak dan sangat mudah ditemukan.

Manisan basah salak ini memang banyak dijual di supermarket dan penjual manisan di pinggir jalan. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena proses pembuatannya yang mudah dan bahan-bahannya cukup simple. Kamu cukup menyiapkan salak pondoh segar yang telah dikupas kulitnya dan dibelah menjadi dua, cabai merah yang ditumbuk kasar, cabai rawit, gula, garam dan air. Kamu tinggal mencampur semua bahan, kecuali salak, kemudian diaduk dengan api kecil sampai mendidih. Setelah mendidih tinggal matikan api dan masukkan salak kemudian diaduk rata. Biarkan dingin sampai gula meresap, lalu sajikan.

5. Manisan Basah Pepaya

Manisan Basah Khas Indonesia
dream.co.id

Mungkin tidak banyak orang yang suka dengan buah papaya. Padahal buah yang satu ini memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh kita, salah satunya bisa melancarkan pencernaan dan sangat kaya akan vitamin A.

Tak hanya bisa dijadikan rujak, buah papaya juga bisa dijadikan manisan basah yang cukup segar dan rasanya nikmat. Manisan basah khas Indonesia yang satu ini juga sangat mudah dijumpai, namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan pastinya lebih terjangkau.

6. Manisan Basah Nanas

manisan basah nanas
cookpad.com

Selain papaya, buah nanas biasanya juga biasanya dijadikan untuk membuat rujak. Nanas dikenal bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengandung banyak serat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Nanas juga sangat berguna untuk meredakan mual.

Banyaknya manfaat pada buah nanas ini tentunya bisa menjadikannya sebagai salah satu menu manisan basah yang lezat. Kamu tak perlu bingung untuk membelinya di supermarket karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampurkan buah nanas dengan kuah yang terdiri dari air, gula pasir, garam, cabai keriting, cabai rawit, asam jawa dan terasi bakar. Rasanya yang segar membuat manisan nanas ini menjadi salah satu manisan basah khas Indonesia yang banyak digemari.

7. Manisan Basah Rambutan

manisan rambutan
youtube.com

Manisan basah khas Indonesia selanjutnya adalah Manisan Basah Rambutan. Buah rambutan memang menjadi salah satu buah favorit yang bisa diolah menjadi berbagai sajian, salah satunya adalah manisan basah.

Manisan Basah Rambutan juga banyak ditemukan di toko oleh oleh, supermarket atau penjual manisan basah di pinggir jalan dengan harga terjangkau. Buah rambutan memang terkenal memiliki rasa yang segar sehingga jika dijadikan sebagai manisan basah akan semakin menambah kesegarannya.

8. Manisan Basah Tomat

Manisan Basah Khas Indonesia
idntimes.com

Siapa sangka jika tomat juga bisa menjadi salah satu manisan basah khas Indonesia yang rasanya segar? Tomat memang menjadi sayuran atau buah yang sangat kaya vitamin dan baik baik tubuh kita.

Selain diolah menjadi masakan atau jus, tomat juga bisa dijadikan manisan basah yang rasanya manis dan segar. Mungkin tidak mudah untuk menemukan penjual manisan basah tomat ini, namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana dan proses pembuatan yang mudah.

9. Manisan Basah Carica

manisan carica
youtube.com

Buah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Carica merupakan buah khas dataran tinggi Dieng, Wonosobo yang memiliki rasa yang segar dan manis.

Manisan basah Carica menjadi salah satu manisan basah khas Indonesia yang cukup banyak peminatnya. Kamu bisa menemukan manisan basah ini di banyak supermarket dan toko oleh oleh, khususnya di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan pastinya kamu bisa atur sendiri rasanya.

10. Manisan Basah Kolang Kaling

Manisan buah Khas Indonesia
resepkoki.id

Manisan basah khas Indonesia yang terakhir adalah Manisan Basah Kolang Kaling. Selain buah, kolang kaling juga bisa dijadikan sebagai manisan basah yang nikmat dan segar.

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan ini memang kerap diburu sebagai minuman segar untuk dinikmati saat berbuka puasa. Namun manisan kolang kaling ternyata juga menjadi salah satu kudapan yang cukup banyak penikmatnya. Jika kamu kesulitan untuk mencari penjual manisan basah kolang kaling, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, yaitu dengan cara mencampurnya dengan air bekas beras, daun pandan dan gula pasir.



Leave a Reply