10 Makanan Terenak di Indonesia yang Mendunia


Jehan  November 4, 2023  0 Comment

Makanan Terenak di Indonesia – Sobat GoTravelly, tentu saja kamu sudah mengetahi tentang fakta kuliner Nusantara yang memiliki rasa enak, lezat dan super menggiurkan, bukan?

makanan terenak di indonesia
unsplash.com

Nah, tapi tahukah kamu deretan makanan apa saja yang menjadi makanan terenak dari negara kita tercinta ini? Dilansir dari Taste Atlas dengan data terkumpul per tanggal 15 Oktober 2023, berikut daftar makanan terenak yang ada di Indonesia. Yuk, simak bersama GoTravelly di bawah ini!

Rekomendasi Makanan Terenak di Indonesia

1. Siomay

siomay
instagram.com

Makanan sederhana berupa dumpling ala Indonesia ini ternyata menjadi makanan yang berada di peringkat satu sebagai menu terenak versi Taste Atlas loh! Apakah kamu penyuka makanan dengan tekstur kenyal padat dan bersaus kacang yang khas ini, sobat GoTravelly?

Dalam sejarah perkulineran, Siomay dikenal sebagai salah satu varian makanan yang dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Seperti yang sudah tidak asing lagi, memang beberapa jenis makanan di Indonesia adalah bentuk kelahiran kultural dapur dari beberapa daerah lain.

Siomay merupakan salah satu kuliner milik Indonesia yang di dalam penyajiannya terdapat banyak varian isi. Jika kamu membeli Siomay, kamu akan mendapatkan satu porsi dengan isian pangsit kukus yang biasanya menggunakan bahan utama ikan tenggiri, atau daging ayam. Lalu pelengkap lainnya ada telor rebus, kentang rebus, tahu kukus, dan pare kukus.

Semua sajian tersebut akan diletakkan di dalam satu piring dan sebagai perasa yang akan membuat sajian Siomay menjadi semakin lezat adalah bumbu saus kacang dengan tambahan sedikit kecap manis dan perasa jeruk limau.

2. Nasi Padang

nasi padang
instagram.com

Nasi dengan beragam pilihan lauk berbumbu pekat ini menjadi salah satu makanan yang banyak dicintai oleh orang Indonesia. Bahkan kelezatan dari salah satu lauk pilihannya, yakni rendang menjadi makanan yang banyak dicari oleh para turis mancanegara.

Nasi Padang merupakan menu Nusantara yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Bumbu yang melengkapi dalam hidangan ini dimasak menggunakan beragam rempah-rempah yang menghasilkan aroma khas dan rasa yang lezat.

Perpaduan lainnya adalah sambal hijau dan sambal merah yang selalu melengkapi setiap porsi nasi padang. Selain rasa yang khas, ciri lain yang dimiliki oleh Nasi Padang adalah cari penyajian mereka yang bisa terbilang unik.

Jika kamu datang untuk membeli menu makanan yang satu ini untuk makan di tempat atau dine-in, jangan heran jika segala macam lauk yang tersedia di restoran Padang tersebut semuanya disajikan ke hadapanmu.

Baca juga :  10 Kuliner Khas Riau Dengan Rasa Unik, Mie Lendir Hingga Gong Gong

Cara penyajian tersebut, saat ini hanya berlaku di beberapa rumah makan tertentu saja. Namun ada ciri khas lain yang hingga saat ini dapat kamu temukan hampir di setiap rumah makan Padang, yakni porsi nasi yang kita pesan untuk dibungkus atau dibawa pulang selalu lebih banyak. Apakah kamu tahu cerita dibalik porsi banyak dari Nasi Padang yang khas tersebut?

3. Roti Canai

roti canai maryam
instagram.com

Apakah kamu tahu Roti Canai atau biasanya dikenal juga dengan sebutan umum Roti Maryam? ternyata roti yang satu ini menjadi salah satu varian makanan yang memiliki percampuran budaya kuliner dari India.

Roti berbentuk pipih dengan serat-seratnya yang khas ini memiliki rasa gurih dengan tekstur sedikit berminyak. Di Indonesia sendiri, Roti Canai atau Maryam menjadi salah satu camilan yang cukup popular dan dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat.

Cara penyajian yang paling umum, biasanya roti maryam disajikan dengan beragam topping dengan rasa manis hingga asin, seperti selai cokelat, selai kacang, keju, atau daging. Selain itu, ada juga yang menikmati roti tersebut dengan kuah kari kental yang lezat.

4. Bawang Goreng

bawang goreng
instagram.com

Tekstur kriuk dengan aroma khas dari bawang merah yang terasa seperti keripik, siapa nih yang suka dengan Bawang Goreng? Ternyata, Bawang Goreng masuk ke dalam urutan keempat dengan pilihan suara terbanyak untuk makanan terenak di Indonesia.

Biasanya Bawang Goreng bukan menjadi makanan utama, melainkan menu pelengkap untuk beragam masakan Nusantara lainnya. Aromatiknya yang khas memberikan rasa yang berbeda dan tentu saja hidangan menjadi semakin sedap.

Namun, ada juga orang yang lebih memilih Bawang Goreng untuk menjadi lauk utama yang menemani santapannya. Nasi hangat yang ditaburi dengan Bawang Goreng, gimana terdengar menggiurkan, tidak?  Apakah kamu memiliki selera seperti itu juga? atau kamu justru suka menjadikannya sebagai pelengkap saja nih, sobat GoTravelly.

5. Batagor

batagor
pixabay.com

Makanan yang biasanya disandingkan dengan siomay ini juga menjadi salah satu menu terenak yang dapat kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Batagor atau bakso tahu goreng ini merupakan salah satu kuliner khas dari Bandung, Jawa Barat.

Batagor merupakan tipikal makanan ringan atau seringkali dinikmati sebagai jajanan yang enak disantap setiap saat. Porsinya yang cukup dan tidak terlalu banyak membuatnya menjadi salah satu makanan yang banyak dipilih oleh banyak orang ketika ingin makan dengan porsi yang tidak terlalu mengenyangkan dan berat.

Setiap pedagang memiliki cita rasanya masing-masing dalam menyajikan Batagor. Di beberapa tempat, kamu akan mendapatkan menu batagor hanya sekadar gorengan batagor yang disiram dengan bumbu kacangnya saja.

Baca juga :  11 Tempat Makan Enak Di Surabaya

Namun di beberapa tempat lain, batagor dilengkapi dengan tahu putih kukus atau telor rebus. Gimana nih, sobat GoTravellly apakah kamu suka dengan makanan yang satu ini?

6. Pecel

pecel
instagram.com

Selanjutnya ada makanan terenak di Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Jika kamu belum tahu, Pecel merupakan salah satu varian menu kuliner Nusantara yang terkenal dari kota Madiun loh.

Makanan ini terdiri dari beragam sayur rebus atau kukus yang disiram dengan saus kacang bernama bumbu pecel. Sayur yang biasa digunakan untuk sajian ini, di antara lain seperti kacang panjang, tauge, bayam, bunga turi, kangkung, kol, labu siam, dan kenikir.

Selain sayur tersebut, banyak orang yang menggunakan varian sayur lainnya sesuai dengan selera dari setiap orang. Sebagai pelengkap, sajian Pecel seringkali dilengkapi dengan beragam lauk, seperti ayam goreng, telor goreng, tempe, tahu, dan masih banyak lainnya. Oh ya, ada juga yang menambahkan irisan mentimun dan kemangi, sebagai pelengkap. Di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Kediri mereka melengkapi sajian Pecel ini dengan sambal tumpang.

7. Pempek

pempek
pexels.com

Siapa sih, yang tidak suka dengan makanan berbahan dasar olahan ikan yang enak ini? Pempek menjadi salah satu camilan yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Saking enaknya, tidak jarang beberapa orang memilih untuk menikmati Pempek dengan sepiring nasi. Bagaimana menurutmu?

Pempek dibuat dari perpaduan daging ikan giling dengan tepung tapioka yang dicampur dengan beragam bumbu dapur lainnya. Ada berbagai varian Pempek yang dapat kamu coba, seperti Pempek Lenjer, Pempek Keriting, Pempek Kapal Selam, Pempek Tahu, Pempek Adaan, Pempek Telok, Pempek Kulit, Pempek Tunu, dan Pempek Tulang.

Ciri khas dari Pempek yang selalu melekat adalah kuah yang digunakan sebagai pelengkapnya memiliki rasa yang asam dan manis yang terbaur dengan sempurna. Kuah cuko tersebut terbuat dari gula merah yang dilelehkan dengan tambahan asam atau cuka, dan dicampur dengan bumbu dapur lainnya.

Pelengkap lainnya dalam sajian ini adalah mie kuning, serta irisan mentimun yang menjadikan cita rasa dari Pempek menjadi semakin enak. Kalau kamu sudah pernah mencoba Pempek, varian apakah yang kamu sukai?

8. Gulai

gulai
pxhere.com

Makanan terenak selanjutnya adalah sebuah hidangan yang identik dengan kuah kentalnya yang memiliki aroma wangi dari rempah-rempah. Menu yang satu ini dikenal sebagai makanan yang berasal dari Minangkabau.

Kuah Gulai memiliki warna kuning pekat dengan tekstur kental. Jika kita datang ke rumah makan Padang, di sana kamu akan dapat dengan mudah menemukan bumbu kuah Gulai. Makanan Padang menggunakan bumbu dasar Gulai, hampir di setiap menu berkuahnya. Kebayangkan alasan kenapa Gulai dikenal sebagai makanan terenak di Indonesia?

Baca juga :  7 Oleh-oleh Khas Madura Paling Enak Rekomended + Info Toko

Bumbu Gulai sangat cocok dicampur dengan beragam lauk, mulai dari segala macam menu olahan daging merah, daging unggas, hidangan laut, bahkan untuk beberapa jenis sayur. Makanan ini sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Apakah kamu suka dengan Gulai berempah, sobat GoTravelly?

9. Rawon

rawon
instagram.com

Sebelumnya Rawon telah menyandang predikat varian sup terenak di dunia, kini makanan dari Jawa Timur tersebut juga diakui sebagai menu terenak di Indonesia juga. Buat kamu yang sudah pernah mencoba Rawon, apakah kamu setuju dengan predikan yang diberikan untuk makanan yang satu ini?

Buat sobat GoTravelly yang masih belum pernah mencoba makanan ini, yuk cobain cita rasa kuliner Nusantara yang memiliki rasa cukup unik berikut ini. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, GoTravelly akan merekomendasikan rasa autentik Rawon yang ada di Jawa Timur.

Makanan ini memiliki ciri khas dengan kuahnya yang berwarna gelap, yakni warna cokelat pekat cenderung kehitaman. Warna tersebut dihasilkan dari bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat bumbu dasar Rawon, yakni kluwek.

Selain warna yang khas, aroma dari kluwek pun cukup unik terlebih saat dipadukan dengan beragam bahan bumbu dapur lainnya. Bahan utama lainnya untuk Rawon adalah daging sapi. Daging sapi yang direbus hingga mengeluarkan sari kaldunya tersebut biasanya disajikan secara langsung untuk setiap porsi Rawon.

Jika kamu datang ke Jawa Timur Rawon seringkali dilengkapi dengan beragam lauk lainnya, seperti telor asin, tempe goreng, mendoan, empal, jeroan goreng, dan kerupuk udang. Selain itu, juga ada tambahan tauge pendek yang seringkali menjadi pelengkap lainnya.

10. Nasi Campur

nasi campur
flickr.com

Menu yang satu ini adalah makanan tradisional Indonesia yang sederhana, yakni sajian nasi dengan beragam lauk. Di sebut sebagai Nasi Campur karena makanan ini disajikan dengan lebih dari satu lauk pilihan.

Setiap lauk untuk satu porsi Nasi Campur diberikan dengan porsi kecil, jadi menikmati menu makanan yang satu ini akan terasa pas dengan sensasi yang bervariasi, kombinasi dari beragam lauk yang ada di dalamnya.

Tidak ada patokan pasti untuk menyajikan lauk dalam Nasi Campur. Umumnya, lauk yang diberikan dalam Nasi Campur beragam, seperti tumis sayur, suir daging ayam, irisan ikan, telor, mie goreng, oseng tempe dan tahu, dan sambal.

source: https://www.youtube.com/@BudionoSukses

Itulah beberapa daftar makanan terenak di Indonesia versi Taste Atlas. Bagaimana menurutmu, Sobat GoTravelly? Apakah di antara kesepuluh daftar makanan tersebut ada yang menjadi menu favoritmu?



Leave a Reply