10 Makanan Khas Kanada Cocok di Lidah Indonesia


prita  September 27, 2020  0 Comments

Kanada merupakan salah satu negara yang sangat indah di dunia. Kanada juga terkenal memiliki banyak sekali wisata alam yang menakjubkan dan tak boleh untuk dilewatkan, misalnya seperti Air Terjun Niagara yang sangat populer. Berada di sebelah utara Amerika Serikat, Kanada juga memiliki ragam sajian khas yang tak boleh kamu lewatkan jika berkunjung kesana. Nah, berikut ini adalah daftar

10 Makanan khas Kanada yang wajib kamu coba

1. Split Pea Soup

Makanan khas Kanada
foodnetwork.com

Makanan khas Kanada yang pertama adalah Split Pea Soup. Sajian ini dikenal cukup legendaris karena memiliki sejarah yang cukup panjang.

Dalam rangka memperingati 400 tahun perjalanan penjelajah Prancis di Kanada yang salah satunya dipimpin oleh Samuel de Champlain, seorang koki asal Ottawa yang bernama Marc Miron penasaran makanan apa yang dibuat oleh Samuel saat mereka menetap di Kanada, yang ternyata makanan tersebut adalah Split Pea Soup ini.

Split Pea Soup merupakan sup kacang kapriyang dibuat dari daging yang diawetkan dan pea kering. Saat ini soup ini menjadi salah satu sajian yang paling banyak ditemukan di negara tersebut. Kamu bisa mengunjungi beberapa restoran yang menyajikan Split Pea Soup terbaik seperti Miron’s Habitant Pea Soup.

makanan khas

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

Massita! Anak KPop Wajib Datang Ke Cafe Korea

2. Tourtiere

kuliner  khas Kanada
easonsandsuppers.ca

Makanan khas Kanada yang satu ini bernama Tourtiere. Tourtiere adalah sajian yang merupakan perpaduan antara makanan khas Prancis dengan citarasa Kanada yang otentik.

Tourtire biasanya dibuat dengan menggunakan daging babi, daging sapi lalu diberi tambahan bahan herbal serta rempa-rempah khas. Selain menggunakan daging, kamu juga bisa menemukan Tourtiere dengan isian ikan yang mana bisa kamu temukan di wilayah pesisir Kanada. Biasanya Tourtire ini disajikan pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

3. Poutine

Makanan khas Kanada wajib coba
seriouseats.com

Poutine menjadi salah satu makanan khas Kanada yang paling populer. Berasal dari Quebec, Poutine diperkirakan telah ada sejak tahun 1950an.

Poutine merupakan sajian kentang goreng yang diberi lumeran keju diatasnya lalu diberi topping daging dan saus pedas. Poutine bisa kamu temukan di banyak restoran di Kanada yang menjual kentang goreng, mereka juga biasa menambahkan tambahan sayuran. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa menghadiri Festival Poutine yang digelar setiap tahunnya di seluruh kota di negara ini.

4. Bagel

bagel
thrillist.com

Makanan khas Kanada selanjutnya adalah Bagel. Banyak yang menyebutkan jika Bagel merupakan donat khas Kanada.

Bagel banyak ditemukan di Montreal yang mana ukurannya lebih kecil, namun Bagel di Kanada ini memiliki tekstur yang lebih padat jika dibandingkan dengan Bagel yang ada di New York. Perbedaan tekstur ini terjadi karena proses memasaknya agak berbeda dari donat pada umumnya. Bagel dibuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus dalam air terlebih dahulu barulah kemudian dipanggang hingga siap untuk disajikan.

5. Beavertails

Makanan khas negara Kanada
matadornetwork.com

Tak hanya Bagel yang dianggap sebagai donat khas Kanada, Beavertails juga merupakan sajian donat khas Kanada namun bedanya Beavertails tidak memiliki lubang. Beavertails menjadi makanan khas Kanada yang juga menjadi hidangan klasik di negara tersebut.

Beavertails awalnya merupakan resep turun temurun dari keluarga Graham Hooker selama beberapa generasi, namun pada tahun 1978 sajian ini mulai dikenal di seluruh Kanada. Sekarang Beavertails bisa kamu temui di seluruh Kanada dengan aneka topping tambahan, seperti Nutella, gula dan manisan lainnya.

6. Pizza Kanada

pizza kanada
ubereats.com

Kita semua tahu bahwa pizza merupakan sajian yang berasal dari Italia. Namun Kanada juga memiliki pizza dengan versinya sendiri sehingga menjadi salah satu makanan khas Kanada yang tak boleh dilewatkan.

Meskipun sama-sama dipanggang seperti pizza Italia dan Amerika, namun Pizza Kanada ini memiliki topping yang lebih inovatif. Misalnya seperti Pizza Cronenberg Crash yang memiliki campuran topping cilantro pesto, tahu tandoori, kacang tanah, manga dan cabe merah. Lalu juga ada Pizza Wayne Gretzky Chess yang memiliki beberapa topping seperti keju feta, salami, mozzarella dan cheddar, chorizo, cabai, salami dan bawang caramel. Biasanya juga Pizza Kanada diberi guyuran sirup maple sebagai topping tambahan secara gratis.

7. Butter Tart

butter tart
narcity.com

Makanan khas Kanada yang patut untuk kamu coba selanjutnya adalah Butter Tart. Butter Tart memiliki bentuk yang mirip dengan pie buah yang ada di Indonesia.

Butter Tart ini dibuat dari adonan kue kering yang kemudian dibentuk seperti mangkok kecil dan mengirisnya dengan krim yang dibuat dari campuran mentega, gula dan telur. Butter Tart ini disebut sebagai sajian Kanada terbaik karena rasanya yang lezat mampu membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Butter Tart ini bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa kedai kopi dan toko roti yang tersebar di seluruh kota di Kanada.

8. Nanaimo Bars

Makanan khas Kanada
joyofbaking.com

Selain roti dan makanan berat, di Kanada kamu juga bisa menemukan dessert atau hidangan penutup yang khas dan sangat nikmat rasanya. Sajian ini bernama Nanaimo Bars dan menjadi salah satu makanan khas Kanada yang tak boleh kamu lewatkan.

Nanaimo Bars memiliki berbagai lapisan yang merupakan campuran dari crunchy, icing butter vanilla dan cokelat leleh. Konon, resep Nanaimo Bars ini telah ada sejak tahun 1952 dalam buku berjudul “The Ladies Auxiliary to Nanaimo General Hospital”, namun dalam buku tersebut hidangan penutup ini bernama Chocolate Bar. Lalu setahun kemudian sebuah buku memasak bernama Nanaimo Bar diterbitkan.

9. Couscous

Makanan khas Kanada
jessicagavin.com

Untuk kamu yang suka makan nasi, di Kanada kamu pun bisa menemukan nasi yang rasanya cukup unik. Sajian ini bernama Couscous dan menjadi salah satu makanan khas Kanada yang banyak dijumpai di restoran-restoran.

Populasi imigran dan orang keturunan Arab dan Afrika di Kanada cukup banyak. Seperti orang Indonesia, orang yang berasal dari Tunisia, Maroko dan Aljazair memiliki kebiasaan makan nasi yang tak bisa dihilangkan. Untuk itulah kamu bisa menemukan nasi yang khas benama Couscous ini.

Couscous ini biasa dimasak dengan campuran daging sapi atau kambing. Tak hanya itu, biasanya sajian ini juga diberi tambahan sayuran agar lebih nikmat dan sehat. Untuk tambahan lainnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

10. Shish Taouk

Makanan khas Kanada
thepinthemapproject.com

Makanan khas Kanada yang terakhir adalah Shish Taouk. Sajian yang satu ini berasal dari kawasan Montreal yang mana memiliki tampilan seperti sate ayam.

Shich Taouk dibuat dari daging ayam tanpa tulang yang telah direndam dengan bumbu kemudian ditusuk dengan tusukan sate dan disayat lalu diselipkan dalam tori pita lengkap dengan sayuran acar serta hummus. Sajian ini tentu memiliki rasa yang unik tapi juga nikmat maka tak heran jika banyak sekali orang yang suka dengan Shich Taouk ini. Sajian yang satu ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh Kanada.

Meskipun sebenarnya masih banyak sekali makanan khas Kanada yang memiliki rasa tak kalah lezat, namun 10 daftar diatas menjadi sajian yang paling rekomended untuk dicoba saat kamu berlibur ke Kanada.



Leave a Reply

One Response
  1. Fikri says:

    Sebenernya mah sih asal pedas dan gurih. Tapi dilihat dari foto makanannya sih masih masuk lah hehe