Cobain Yuk! 10 Makanan Khas Cepu yang Bikin Hati Rindu


prita  September 10, 2021  0 Comment

Makanan khas Cepu tak hanya lezat tapi juga unik. Pernahkah kamu mendengar tentang Cepu? Cepu merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Meskipun hanyalah sebuah kecamatan, namun Cepu terkenal memiliki potensi yang besar dari segi wisata dan juga kulinernya. Nah, jika kamu ingin menjelajah kawasan yang terkenal memiliki potensi pengeboran minyak ini, Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Cepu berikut ini.

1. Pecel Kangkung

Pecel Kangkung
cookpad.com

Makanan khas Cepu pertama yang wajib untuk kamu coba adalah Pecel Kangkung. Memang tidak semua pecel menggunakan kangkung sebagai sayuran utamanya, namun di Cepu kamu bisa menemukan pecel dengan sayur kangkung.

Pecel kangkung ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat, manis, pedas dan gurih yang berpadu menjadi satu. Jika kamu pecinta pecel atau kuliner pedas, maka pecel ini wajib untuk kamu coba. Tentunya tidak sulit untuk menemukan pecel kangkung ini karena banyak dijual di pinggiran jalan. Penyajiannya pun sangat tradisional dimana menggunakan daun jati sebagai alasnya.

Paket wisata murah

Pisang Goreng Kipas Apo Nikmat Gurih Dan Renyah!

Warung Paripadi, Tawarkan Sensasi Menyantap Hidangan Mewah Dengan Pemandangan Sawah

2. Sego Pecel Mbah Ribut

Sego Pecel Mbah Ribut
diarysivika.com

Selain pecel kangkung, kamu yang pecinta pecel juga bisa menemukan salah satu makanan khas Cepu yang sangat nikmat berupa pecel yaitu Sego Pecel Mbah Ribut. Di Cepu memang terdapat banyak sekali penjual nasi pecel yang enak, namun yang paling populer adalah Sego Pecel Mbah Ribut ini.

Sego Pecel Mbah Ribut ini memang cukup terkenal karena menawarkan bumbu pecel yang berbeda dari lainnya. Bumbu pecel disini didominasi dengan rasa pedas karena diberi jahe yang cukup banyak. Tak hanya itu, pilihan lauknya juga cukup beragam, mulai dari telur, paru, empal, perkedel hingga ayam. Meskipun rasanya sangat nikmat, namun harga dari nasi pecel disini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000an saja.

3. Serabi Bakar

 Serabi Bakar
youtube.com

Makanan khas Cepu yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Serabi Bakar. Serabi ini merupakan salah satu sajian yang cukup populer di Cepu karena memiliki cita rasa yang nikmat.

Serabi ini terbuat dari adonan tepung dan santan kelapa yang kemudian dipanggang. Biasanya penjual serabi baru akan membuatnya saat ada pembeli yang memesan, jadi kamu bisa menikmati serabi ini dalam keadaan masih panas. Biasanya serabi ini sangat nikmat dijadikan sebagai menu sarapan karena banyak dijual saat pagi hari.

4. Stick Waluh

Stick Waluh
cookpad.com

Stick Waluh ini merupakan salah satu jajanan tradisional masyarakat Cepu yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Biasanya Stick Waluh ini juga dijadikan sebagai oleh oleh khas Cepu yang banyak diburu.

Stick Waluh juga menjadi salah satu makanan khas Cepu yang wajib untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Sesuai dengan namanya, jajanan ini terbuat dari waluh atau labu kuning yang berbentuk persegi panjang. Banyak sekali merk dari stick waluh yang bisa kamu temui di Cepu, namun yang paling terkenal adalah merk Mekar Sari yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 7.000 per bungkus dengan berat sekitar 200 gram.

5. Egg Roll Waluh

Egg Roll Waluh
inibaru.id

Waluh tak hanya dijadikan sebagai stick saja, lho namun juga bisa dijadikan berbagai macam makanan ringan, salah satunya adalah Egg Roll Waluh. Egg Roll Waluh ini merupakan salah satu makanan khas Cepu yang juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas Cepu.

Camilan yang satu ini memiliki bentuk seperti kue semprong dengan telur sebagai bahan utamanya. Egg Roll ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luar dan empuk di bagian dalamnya sehingga sangat pas dijadikan sebagai teman untuk bersantai sambil menikmati secangkir kopi. Tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, camilan yang satu ini juga dikenal sangat kaya akan manfaat karena mengandung vitamin A dan C.

6. Wingko

Wingko
cookpad.com

Makanan khas Cepu yang layak untuk kamu coba selanjutnya adalah Wingko. Wingko memang cukup mudah ditemui di berbegai kawasan di Indonesia, namun Cepu juga memiliki wingko sebagai makanan khas nya yang banyak digemari.

Wingko ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa. Wingko merupakan jajanan yang terbuat dari kepala dan memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Banyak sekali produk wingko dengan berbagai merk yang ditawarkan di Cepu, namun salah satu merk yang paling terkenal adalah ‘Spoor Lokomotif’. Tak hanya enak, wingko merk ini pun harganya cukup terjangkau. Wingko juga bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh khas Cepu karena bisa disimpan lebih lama.

7. Lontong Opor Pak Pangat

Lontong Opor Pak Pangat
inibaru.id

Kuliner khas Cepu yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Lontong Opor Pak Pangat. Lontong Opor ini memang sangat populer sehingga jika kamu ingin mencicipinya kamu harus rela mengantri dan memesannya terlebih dahulu.

Kuah opor Pak Pangat ini memang sangat menggugah selera dan pastinya bisa membuat siapapun ketagihan. Perpaduan Antara aneka rempah, cabai rawit dan taburan bawang menghasilkan cita rasa yang gurih, manis dan pedas. Apalagi jika ditambah dengan potongan daging ayam kampung yang lembut dan lunak.

8. Utri Manis

Utri Manis
cookpad.com

Utri Manis juga masuk dalam daftar makanan khas Cepu yang cukup banyak digemari. Kudapan yang satu ini cukup digemari karena sangat unik.

Utri Manis ini terbuat dari bahan dasar campuran parutan singkong dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Utri ini memiliki cita rasa yang manis dengan ciri khas warna kecokelatan karena efek dari gula merah yang digunakan. Istimewanya lagi, utri ini biasa disajikan dengan taburan kelapa parut diatasnya sehingga menjadikannya rasanya manis dan gurih yang nikmat. Utri Manis ini paling enak dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan karena sangat kaya akan karbohidrat dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

9. Kopi Kothok

Kopi Kothok
fudway.net

Kopi Kothok memang bukan makanan khas Cepu namun minuman tradisional yang cukup terkenal di daerah tersebut. Kopi Kothok ini sangat cocok bagi kamu yang pecinta kopi dan ingin menjajal kopi dengan cita rasa yang unik dan berbeda dengan kopi lainnya.

Kopi Kothok ini diseduh dengan cara direbus bersama air sekaligus dalam panci sehingga menghasilkan kopi dengan tekstur yang kental dan rasa yang pahit di lidah. Aroma dari Kopi Kothok ini pun sangat kuat dan rasanya sangat nikmat. Disebut sebagai kopi kothok karena kopi ini pertama kali dipopulerkan di kampung Klotok, yaitu sebuah desa di kecamatan Cepu. Kopi Kothok ini memang memiliki cita rasa yang nikmat namun harganya sangat ramah di kantong, yaitu sekitar Rp 5.000an saja.

10. Sirup Lidah Buaya

Sirup Lidah Buaya
cookpad.com

Terakhir, ada Sirup Lidah Buaya yang dianggap sebagai salah satu minuman tradisional Cepu. Memang sirup lidah buaya bukanlah makanan khas Cepu, namun minuman yang cukup populer di kawasan tersebut.

Sirup lidah buaya ini dipercaya sebagai minuman yang baik bagi tubuh karena menggunakan bahan-bahan alami. Bahkan, minuman ini sudah mendapatkan sertifikat dari Dinas Kesehatan setempat sehingga kamu tak perlu meragukan lagi kualitasnya. Minuman ini tak hanya bisa kamu nikmati saat berada di Cepu, namun juga bisa kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.



Leave a Reply