Panorama 10 Kebun Raya Terbaik di Dunia Segarkan Hati


prita  August 3, 2021  0 Comment

Kebun raya atau yang dikenal dengan botanical garden ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari wisatawan. Pasalnya wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan namun lokasinya masih berada di pusat kota. Tak hanya itu, kebun raya juga bisa menjadi salah satu sarana edukasi untuk belajar tentang spesies tanaman juga binatang. Nah, jika kamu ingin berlibur ke kebun raya, berikut ini adalah rekomendasi 10 Kebun raya terbaik di dunia

1. Singapore Botanical Garden, Singapura

Singapore Botanical Garden Singapura
id.marinabaysands.com

Kebun raya terbaik di dunia pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Singapore Botanical Garden yang berada di Singapura. Kebun raya yang satu ini memang menjadi salah satu wisata unggulan di Negeri Singa ini dan menarik perhatian banyak wisatawan.

Singapore Botanical Garden ini merupakan satu-satunya kebun raya tropis yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi yang pertama masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO di Singapura. Kebun seluas 203 hektar ini ditumbuhi dengan pohon buah-buahan liar, taman bonsai dan taman bunga. Tak hanya itu, kamu pun akan menemukan gazebo di tepi danau yang sangat indah.

paket wisata murah

Sejuk Berwisata Di Kebun Raya Bali (Bali Botanic Garden)

Mengunjungi Wat Suan Dok, Salah Satu Kuil Penting Di Chiang Mai

2. Nong Nooch Tropical Botanical Garden, Thailand

Nong Nooch Tropical Botanical Garden Thailand
bangkok.com

Selain Singapura, Negara di Asean lainnya yang memiliki kebun raya terbaik di dunia adalah Thailand. Nong Nooch Tropical Botanical Garden merupakan kebun raya di Thailand yang cukup banyak menyedot perhatian wisatawan.

Nong Nooch Tropical Botanical Garden ini berlokasi di Provinsi Chonburi dan mulai dibuka pertama kali untuk public pada tahun 1980. Kebun seluas 202,4 hektar ini memiliki banyak taman yang indah dengan ditumbuhi berbagai macam bunga dan pepohonan. Mulai dari Taman Perancis, Taman Eropa, Taman Succulent, Taman Kaktus, bukit kupu-kupu, lembah bunga, taman anggrek, menara semut dan masih banyak taman lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

3. Dubai Miracle Garden, Dubai

Dubai Miracle Garden Dubai
gulfnews.com

Kebun raya terbaik di dunia selanjutnya bisa kamu temukan di Kota Barsha, Dubai, Uni Emirates Arab. Kebun raya ini dikenal dengan nama Dubai Mirale Garden dan memiliki luas mencapai tujuh hektar.

Kebun ini dipenuhi dengan lebih dari 45 juta bunga dengan berbagai jenis dan warna. Dubai Miracle Garden pertama kali dibangun pada 14 Februari 2013 dan mengejutkan dunia saat itu karena lokasinya berada di tengah gurun pasir yang luas. Sekarang, Dubai Miracle Garden ini menjadi salah satu taman terindah di dunia yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan.

4. Jardim Botanico, Brazil

Jardim Botanico Brazil
freewalkertours.com

Jardim Botanico juga masuk dalam daftar salah satu kebun raya terbaik di dunia yang wajib kamu kunjungi. Kebun raya yang berada di Kota Rio de Janeiro ini memiliki luas mencapai 350 hektar.

Jardim Botanico dibangun pertama kali pada tahun 1808 oleh John, Pangeran Britania Raya dari Brazil dan Portugal. Kebun ini menjadi salah satu taman tropis terbaik di bumi dengan lebih dari 7000 spesies tanaman tropis yang mana sebagian besarnya berasal dari Brazil. Selain tumbuhan, kamu juga bisa menemukan burung-burung khas Brazil yang terbang bebas di kawasan Jardim Botanico ini.

5. Royal Botanic Garden, Inggris

Royal Botanic Garden Inggris
traveldailymedia.com

Kebun raya terbaik di dunia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Royal Botanic Garden yang berada di Kew, Inggris. Kebun raya yang di sponsori oleh Department for Environment, Food and Rural Affairs ini memiliki luas mencapi 121,45 hektar dan terbuka untuk umum.

Kebun yang juga dikenal dengan nama Kew Royal Botanic Garden ini juga dianggap sebagai salah satu taman dengan koleksi tanaman terbesar di dunia. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan banyak tanaman langka yang bisa kamu temukan di kebun raya ini. Tak heran jika Royal Botanic Garden ini juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Botanischer Garten und Botanisches Museum, Jerman

Botanischer Garten und Botanisches Museum Jerman
visitberlin.de

Botanischer Garten und Botanisches Museum juga menjadi salah satu kebun raya terbaik di dunia yang wajib untuk dikunjungi saat kamu berlibur di kota Berlin, Jerman. Taman seluas 43 hektar ini memiliki 16 greenhouse atau rumah kaca dengan berbagai jenis tumbuhan.

Salah satu greenhouse yang cukup terkenal di kebun raya ini adalah The Great Pavilion yang menyimpan ragam koleksi tumbuhan dari seluruh dunia. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke rumah kaktus, museum ilmiah dan arboretum.

7. Jardin Botanique de Montreal, Kanada

Jardin Botanique de Montreal Kanada
ar.pinterest.com

Sesuai dengan namanya, kebun raya ini berlokasi di Montreal, Kanada dan menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Jardin Botanique de Motreal ini menawarkan 30 taman dengan berbagai tema yang menjadi atraksi utamanya.

Salah satu taman yang cukup terkenal di kebun raya ini adalah Chinese Garden yang khusus menampilkan tanaman bonsai air yang indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke greenhouse atau berkunjung ke Butterfly Go Free, dimana kamu bisa melihat ribuan kupu-kupu dan ngengat tropis yang hidup bebas dalam rumah kaca. Tak heran jika Jardin Botanique de Montreal ini menjadi salah satu kebun raya terbaik di dunia yang wajib untuk dikunjungi.

8. New York Botanical Gardens, Amerika Serikat

New York Botanical Gardens Amerika Serikat
newyorkbyrail.com

Amerika Serikat tentunya juga memiliki salah satu kebun raya terbaik di dunia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kebun raya ini dikenal dengan nama New York Botanical Gardens dan berlokasi di Bronx, New York.

New York Botanical Gardens ini juga sekaligus menjadi National Historic landmark di kota New York yang luasnya mencapai 101,2 hektar dengan koleksi lebih dari satu juta tanaman eksotis yang indah. Tanaman-tanaman disini telah dibagi dalam 50 taman dan tumbuhan, seperti tanaman tua, Peggy Rockefeller Rose Garden, Rock Garden dan Greenhouse.

9. Kristenbosch Botanical Gardens, Afrika Selatan

Kristenbosch Botanical Gardens Afrika Selatan
en.wikipedia.org

Afrika Selatan ternyata juga memiliki sebuah kebun raya terbaik di dunia yang berlokasi di kota Cape Town, yaitu Kristenbosch Botanical Gardens. Kebun raya ini dibuat untuk melindungispesies tanaman asli dan kamu bisa melihat patung batu Zimbabwe yang menjadi hiasan taman ini. Patung tersebut juga menjadi jalan awal menuju beberapa pegunungan di dekitarnya.

Kebun raya yang menjadi kebanggaan Afrika Selatan ini mengoleksi dan mengembangkan aneka ragam flora langka dan asli dari benua Afrika. Kristenbosch Botanical Gardens ini dibangun pada tahun 1913 dan pada tahun 2004 masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

10. Jardin Majorelle, Maroko

Kebun Raya Terbaik di Dunia
afar.com

Kebun raya terbaik di dunia yang terakhir adalah Jardin Majorelle yang berada di kota Marrakech, Morroco. Kebun raya ini awalnya adalah taman pribadi milik seniman dan pelukis asal Perancis, Jacques Majorelle yang dibelinya pada tahun 1920-an.

Sekitar enam puluh tahun kemudian, desainer Yves Saint-Laurent mengambil alih kebun ini dan mengganti dekorasi Perancis di taman ini dengan arsitektur tradisional Maroko. Meskipun tidak terlalu besar, kebun raya ini menampilkan tumbuhan kaktus langka dan lebih dari 15 spesies burung khas Afrika Utara.



Leave a Reply