10 Jembatan Terpanjang di Amerika, Ada yang Terbesar di Dunia!


Jehan  December 10, 2022  0 Comment

Apa kamu tahu jembatan terpanjang di Amerika memiliki usia ratusan tahun lamanya? Selain itu, ada juga yang menjadi lokasi syuting dari film terkenal loh!

Jembatan merupakan sebuah struktur bangunan yang dirancang sebagai peranti penghubung dua jaringan area lokal. Bangunan fungsionalis ini menjadi jalan utama yang banyak membantu aktivitas masyarakat. Selain membantu mempersingkat jarak tempuh perjalanan, jembatan juga bisa menjadi ikon dari suatu daerah. Berikut jembatan terpanjang yang ada di Amerika yang perlu kamu ketahui!

Jembatan Terpanjang di Amerika:

1. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway

jembatan lake pontchartrain causeway
morrisbart.com

Jembatan lintas yang dibangun di atas danau Pontchartrain memiliki panjang 38,44 km. Jembatan yang membentang di Louisiana ini menjadi salah satu jembatan terpanjang di Amerika Serikat.

Di tahun 1969 hingga 2011 jembatan Lake Pontchartrain Causeway sempat dinobatkan sebagai jembatan laut terpanjang di dunia. Jembatan ini digunakan untuk menempuh jalur perjalanan menyeberang dengan waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan melakukan perjalanan memutar yang membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Baca juga: 10 Suku Asli di Amerika Serikat

2. Jembatan Manchac Swamp

jembatan manchac swamp
detailsinn.com

Manchac Swamp adalah bangunan beton kembar di Louisiana yang menjadi jembatan terpanjang kedua di Amerika Serikat. Jembatan layang Manchac Swamp ini berdiri tegak di atas rawa Manchac sejak tahun 1979.

Manchac Swamp menjadi jembatan jalan bebas tol paling panjang dan jembatan laut terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 36,71 kilometer atau hampir 23 mil. Manchac Swamp memiliki lebih dari 800 kaki yang menopang badan jembatan.

Baca juga :  15 Kuliner Punya Promo 17 Agustus 2023, yuk Nikmatin!

Jembatan terpanjang di Amerika ini menjadi jalan yang banyak dilewati oleh pengemudi, dalam sehari bisa mencapai 2.250 pengguna jalan.

3. Jembatan Atchafalaya Basin

jembatan atchfalaya basin
bizneworleans.com

Jembatan terpanjang di Amerika selanjutnya ada di selatan Louisiana. Bangunan penyambung yang dinamai Atchfalaya Basin atau Louisiana Airborne Memorial ini menjadi jalan yang dibangun di atas rawa terbesar di Amerika.

Atchafalaya Basin memiliki dua pintu keluar yang berfungsi, satu untuk Whiskey Bay dan pintu lainnya untuk Butte La Rose. Jembatan ini membentang sepanjang 29 km menghubungkan interstate 10 yang merupakan jalan antar bagian negara, yakni lintas benua Amerika.

Jembatan panjang ini biasanya dilewati pengendara mobil sebanyak 25.000 setiap hari, sehingga Atchafalaya Basin menjadi jalur terpenting di Amerika Serikat. Pada tahun 1990 dibuka rute monumen untuk Divisi Lintas Udara Amerika. Sehingga setelahnya jembatan ini banyak dilewati para wisatawan yang dengan sengaja berkendara untuk ke monument tersebut.

4. Jembatan Chesapeake Bay

jembatan chesapeake bay
marinas.com

Jembatan Chesapeake Bay ini menjadi salah satu jalan yang pernah dinobatkan sebagai tujuh keajaiban teknik dunia modern. Chesapeake Bay menjadi jembatan yang menghubungkan langsung Virginia Tenggara dan Delaware. Perjalanan tersebut menyingkat awaktu sebanyak 90 menit, sekitar 153 kilometer.

Jembatan ini memiliki panjang mencapai 25 kilometer atau sekitar 17,6 mil. Selain itu, Chesapeake Bay juga memiliki empat jalur lintas dan terowongan bawah air sejauh 1 mil. Terowongan tersebut memungkinkan kapal atau perahu melakukan perjalanan di bawahnya.

Baca juga:

Wisata di Kansas Penuh Petualangan!

Ada Eatery super Nyaman di Surabaya loh!

5. Jembatan I-10 Bonnet Carré Spillway

jembatan i-10 bonnet carre spillway
reduper.com

Jembatan I-10 Bonnet Carré Spillway dibuka pada tahun 1972. Sesuai Namanya, jembatan ini melintasi antarnegara bagian I-10 Louisiana dan Boonet Carré. Jembatan ini memiliki panjang jalan sepanjang 17 kilometer atau sekitar 11 mil.

Baca juga :  Nggak Hanya Soju, 7 Minuman Beralkohol di Korea ini Favorit

Jembatan I-10 Bonnet Carré Spillway menjadi bentangan jalan yang menghubungkan Baton Rouge dan New Orleans. I-10 Bonnet Carré Spillway dikatakan menjadi sebuah mekanisme pengaturan untuk pengendalian banjir sungai Mississippi, danau Pontchartrain serta LaBranche Wetlands.

6. Jembatan Louisiana Highway 1

jembatan lousiana highway 1
reduper.com

Lousiana Highway 1 adalah jembatan yang menghubungkan Leeville ke Port Fourch di Lafourche Parish. Jembatan yang memanjang ke Teluk Meksiko ini memiliki panjang 13 kilometer atau sekitar 8,26 mil yang melewati rawa-rawa di selatan Louisiana. Lousiana Highway 1 menjadi jembatan terpanjang di Amerika dalam urutan keenam. Jembatan ini juga dikenal sebagai gerbang menuju Teluk Expressway.

7. Jembatan Jubilee Parkway

jembatan jubilee parkway
megaconstrucciones.net

Jembatan terpanjang di Amerika selanjutnya adalah Jubilee Parkway. Jembatan yang terletak di Spanish Forts, Alabama ini membentang sepanjang12,88 km atau sekitar 8 mil. Jalan kembar dua sisi ini masing-masing memiliki dua jalur yang menghubungkan Interstate 10.

Lintasan jembatan Jubilee Parkway melewati Mobile Bay dari terowongan George Wallace di pulau Blakeley Alabama yang mengarah ke timur Spanish Fort. Jembatan Jubilee Parkway memiliki desain sama persis dengan jembatan Twin Span yang ada di New Orleans, Louisiana.

8. Jembatan San Mateo-Hayward

jembatan san mateo-hayward
legacy.seaonc.org

Jembatan San Mateo-Hayward merupakan terpanjang di California yang cukup dikenal memiliki Teknik dan desain luar biasa. Bangunan awal dari jembatan ini telah ada sejak tahun 1929. Namun jembatan ini telah mengalami rekonstruksi ulang yang selesai di tahun 1967.

San Mateo-Hayward menjadi salah satu jembatan terpanjang di Amerika dengan bentangan mencapai 11 kilometer atau sekitar 7 mil panjangnya. Selain itu, jembatan ini juga menjadi salah satu jalur yang banyak dilewati oleh pengendara, biasanya kendaraan yang melewati jembatan ini mencapai 80.000.

Baca juga :  10 Manfaat Travelling Bersama Pasangan, Bikin Hatimu Meleleh

Di bawah jembatan ini juga biasa digunakan sebagai jalur kapal pengangkut. Cakupan daerah dari penyeberangan jembatan ini adalah semenanjung San Francisco dengan East Bay. Di tahun 2003 jembatan panjang ini diperlebar yang awalnya empat jalur menjadi enam jalur sehingga mampu menampung kendaraan lebih banyak.

Soal keamanan, jembatan San Mateo-Hayward juga telah ditingkatkan dengan adanya penambahan bahu penuh yang membentang di sepanjang sisi jembatan. Selain itu jembatan juga memiliki ruang pengemudi yang ramah digunakan sebagai jalur untuk para pengemudi disabilitas.

9. Jembatan Seven Mile

jembatan seven mile
marinas.com

Seven Mile merupakan jembatan terpanjang di Amerika yang ada di Florida Keys, Monroe County. Jembatan ini membentang lebih dari 10 kilometer atau sekitar 6,7 mil.

Jalur yang dilewati jembatan ini menghubungkan Marathon, Florida dan Little Duck Key. Jembatan Seven Mile juga memiliki dua sisi, yakni jembatan bangunan baru dibuka untuk dilalui kendaraan dan lalu lintas. Sedangkan bangunan lama hanya dikhususkan untuk para pengendara sepeda dan para pejalan kaki.

Jembatan Seven Mile menjadi jembatan yang cukup popular di Amerika karena seringkali masuk ke dalam frame scene film layar lebar. Di antaranya film Hollywood seperti License to Kill, True Lies, dan 2 Fast 2 Furious.

10. Jembatan General W.K. Wilson Jr.

jembatan general w.k. wilson jr.
map.net

Jembatan General W.K. Wilson Jr. merupakan jalan yang membentang sepanjang 10 kilometer atau sekitar 6 mil. Jembatan ini disebut juga sebagai jembatan Dolly Parton karena bentuknya yang melengkung dan lampu peringatan yang bersinar di atasnya.

Bentangan jembatan panjang ini melewati delta sungai Mobile-Tensaw dan Baldwin, Alabama ini memiliki empat jalur. Jembatan yang telah berdiri sejak tahun 1981 ini menyuguhkan pemandangan sungai dan lahan basah hijau yang luas di sekitarnya.



Leave a Reply