10 Jajanan Khas Jambi Banyak Dicari Karena Rasanya Nempel di Hati


Fida  August 27, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Saat berencana untuk berkunjung ke Jambi, tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan untuk berlibur ke berbagai tempat wisata yang ditawarkan sekaligus mencoba Jajanan khas Jambi yang lezat.

Selain mencoba berbagai makanan khas Jambi, Anda juga dapat mencoba berbagai jajanan khas Jambi yang cocok dinikmati saat bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh. Berbagai jajanan khas Jambi menawarkan bentuk unik serta cita rasa yang khas dan sayang untuk dilewatkan. Tidak perlu bingung, berikut Jajanan khas Jambi yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan

1. Lempok Durian

Lempok Durian
wowkeren.com

Pernah mendengar sebutan jajanan lempok durian? Lempok durian merupakan salah satu jajanan khas Jambi yang sayang untuk tidak Anda coba. Selain cocok untuk dinikmati langsung, lempok durian juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Jajanan yang satu ini akan dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Jambi. Anda juga dapat dengan mudah membelinya di tempat umum seperti stasiun maupun terminal. Selain dijual dengan kemasan praktis, jajanan yang satu ini juga memiliki harga yang terjangkau. Cita rasanya yang unik dan khas juga membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

paket wisata murah

90 Town Sidoarjo, Warung Kopi Cozy Tawarkan Menu Nikmat Cuma Rp 7.000,- Aja

Bebek 36 San Antonio Surabaya

2. Kue Srikaya

Kue Srikaya
sumber.com

Ingin mencoba salah satu jajanan khas Jambi, Anda dapat mencoba lezatnya kue srikaya. Beberapa dari Anda tentu berpikiran bahwa kue yang satu ini terbuat dari buah srikaya. Namun sebenarnya kue srikaya dibuat dengan menggunakan bahan utama tape.

Tape diolah dengan bahan tambahan seperti santan dan daun pandan. Adanya tambahan rempah juga menjadikan jajanan ini semakin khas dan memiliki cita rasa kuat. Anda dapat dengan mudah menjumpai kue srikaya di berbagai pasar tradisional di Jambi. Meskipun dikenal cukup populer, tetapi kue yang satu ini menawarkan harga yang cukup terjangkau.

3. Bolu Kojo Jambi

 Bolu Kojo Jambi
sajiansedap.grid.id

Salah satu jajanan khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan adalah bolu kojo Jambi. Jika biasanya bolu kojo disajikan dengan tambahan topping di atasnya, namun tidak dengan bolu kojo Jambi. Bolu Kojo Jambi disajikan tanpa topping maupun lapisan tambahan.

Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut saat mencoba jajanan yang satu ini. Tidak heran jika bolu Kojo Jambi banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Jambi.

4. Kue Padamaran

Kue Padamaran
dapurzahra.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Jambi, kue padamaran tentu sayang untuk tidak Anda coba. Dilihat dari bentuknya saja, kue yang satu ini sangat unik dan khas. Kue padamaran disajikan dengan wadah berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman daun.

Kue padamaran dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras yang dicampur dengan santan, gula merah, dan daun suji. Anda akan dimanjakan dengan teksturnya yang lembut serta cita rasa khas.

5. Dodol Nanas

Dodol Nanas
inibaru.id

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Jambi, dodol nanas tentu sayang untuk Anda lewatkan. Sesuai dengan namanya, dodol yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama buah nanas.

Tidak hanya banyak diburu oleh warga lokal karena cita rasanya yang lezat, dodol nanas juga menjadi favorit para wisatawan dan kerap dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jalan yang satu ini menawarkan tekstur lembut dengan cita rasa manis yang legit. Dodol nanas juga cukup tahan lama karena memiliki pengawet alami dari gula. Saat berkunjung ke Jambi, dodol nanas menjadi salah satu jajanan yang sayang untuk tidak Anda coba.

6. Dodol Kentang

Dodol Kentang
idntimes.com

Selain dodol nanas, dodol kentang juga menjadi salah satu jajanan khas Jambi yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Sesuai dengan namanya, dodol yang satu ini menggunakan bahan utama kentang dalam pembuatannya.

Kentang yang telah dikupas, dicuci, dan dihaluskan kemudian dicampur berbagai bahan seperti tepung ketan, gula, kelapa, vanili, dan lain-lain. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Jambi.

7. Pempek

Rekomendasi jajanann kha jambi
travel.tribunnews.com

Salah satu jajanan khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan adalah pempek. Meskipun Palembang menjadi salah satu daerah penghasil pempek yang cukup terkenal, tetapi Jambi juga menawarkan pempek khas yang cukup berbeda dengan Palembang.

Pempek di daerah Jambi menggunakan cuka khusus yang tidak akan merusak gigi sehingga aman untuk dikonsumsi. Anda juga dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Jambi. Biasanya satu kotak pempek dihargai sekitar Rp 100.000,-. Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai varian yang ditawarkan.

8. Gandus

Gandus
food.detik.com

Salah satu jajanan khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan adalah gandus. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk unik dengan warna putih yang dibuat dengan berbagai bahan diantaranya tepung beras, garam, tepung sagu, santan, dan berbagai bumbu tambahan.

Jajanan yang satu ini biasa dijual di pasar-pasar tradisional di Jambi. Saat Anda kesulitan untuk mencarinya, gandus juga dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Cita rasanya yang khas menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat berada di Jambi.

9. Kue Putri Kandis

 Kue Putri Kandis
cantik.tempo.co

Ada cukup banyak pilihan jajanan khas Jambi yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah kue putri Kandis. Satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jambi dengan bentuk kotak persegi. Tampilan kue yang satu ini sangat menggugah selera dengan tumpukan warna hijau, kuning, dan coklat.

Selain teksturnya yang lembut, Anda juga akan dimanjakan dengan cita rasa khas saat mencobanya. Kue ini juga biasa dipilih sebagai suguhan saat ada perayaan adat di Jambi. Saat berkunjung ke Jambi, tidak ada salahnya jika anda berburu kue ini untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Kue Kubang Boyo

Jajanan khas Jambi
indonesiatraveler.id

Pernah mendengar sebutan kue Kubang Boyo? Kue kubang boyo merupakan salah satu jajanan khas Jambi yang cukup populer banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini sekilas mirip dengan bentuk punggung buaya yang muncul ke permukaan.

Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung ketan serta pasta pandan. Adonan kue yang telah diisi dengan gula merah dan kelapa parut kemudian disusun dalam wadah dan disiram dengan santan maupun fla. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang kenal dengan cita rasa manis dan legit. Bentuknya yang unik juga membuat berhasil siapapun tertarik untuk mencobanya.



Leave a Reply