10 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara, Panorama Alam Menakjubkan


Fida  March 19, 2022  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata alam untuk menghabiskan waktu berlibur tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Tidak hanya pantai, gunung juga menjadi salah satu destinasi yang sayang untuk kamu lewatkan. Terdapat beberapa pilihan gunung tertinggi di Asia Tenggara yang menawarkan panorama alam menakjubkan. Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin serta memiliki jiwa petualang, tidak ada salahnya jika kamu mendaki salah satu dari banyaknya gunung tertinggi di Asia Tenggara berikut ini.

1. Gunung Hkakabo Razi

gunung hkakabo razi
travel.kompas.com

Salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara yang dapat kamu kunjungi adalah Gunung Hkakabo Razi. Gunung yang satu ini menjadi salah satu gunung tertinggi karena memiliki ketinggian puncak mencapai 5881 meter di atas permukaan laut. Kamu dapat mengunjungi Gunung ini di utara Myanmar tepatnya berada di negara bagian Kachin. Sejak tahun 1998, Gunung Hkakabo Razi juga menjadi bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi.

Karena memiliki puncak yang sangat tinggi, maka tidak heran jika untuk mendaki gunung ini hingga ke puncak dibutuhkan waktu sekitar dua minggu lamanya. Tidak hanya dikenal sebagai gunung tertinggi, panorama alam yang ditawarkan oleh gunung ini memang tampak sangat menakjubkan. Bagus sekali, ya?

GoTravelly

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

Gunung Tanggung Nongkojajar – Puncak Mbah Wali Yang Di Keramatkan

2. Gunung Puncak Jaya

gunung puncak jaya
kompas.com

Tidak kalah dengan berbagai negara lainnya, indonesia juga memiliki gunung yang termasuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Gunung Puncak Jaya yang berlokasi di Papua memiliki ketinggian mencapai 4884 meter di atas permukaan laut. Gunung yang satu ini pertama kali didaki pada tahun 1962.

Kamu tidak perlu meragukan lagi tentang keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Puncak Jaya, karena gunung ini dikenal sebagai salah satu Tujuh Puncak Dunia yang populer. Bagi kamu yang hobi mendaki, siapkah kamu untuk menaklukkan Gunung Puncak Jaya?

3. Gunung Kinabalu Malaysia

gunung kinabalu
amazingborneo.id

Salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara selanjutnya yang tidak kalah menakjubkan adalah Gunung Kinabalu. Gunung yang satu ini memang sudah sangat populer dan dapat kamu kunjungi di daerah Sabah, Malaysia. Dengan memiliki ketinggian mencapai 4095 meter di atas permukaan laut, gunung ini mampu menarik perhatian para pendaki.

Gunung Kinabalu dikenal memiliki 4 kawasan di dalamnya yakni Hutan Dipteropkarp Bukit, Hutan Dipteropkarp Atas, Hutan Mangrove, dan juga Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Gunung yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk didaki bagi kamu yang memiliki jiwa petualang.

4. Gunung Kerinci

gunung kerinci
liputan6.com

Gunung Kerinci juga menjadi salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian puncak mencapai 3805 meter di atas permukaan laut. Gunung yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Kamu dapat mengunjungi Gunung Kerinci di daerah Jambi, Provinsi Sumatera Barat.

Gunung ini terakhir kali meletus pada 13 Juni 2021. Bagi kamu yang ingin melakukan proses pendakian ke Gunung Kerinci, dibutuhkan waktu Kurang lebih 12 jam dari Desa Kersik Tuo. Jangan lupa siapkan peralatan dan perbekalan sebelum mendaki ke salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara berikut ini.

5. Gunung Rinjani

gunung rinjani
travel.detik.com

Gunung Rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, juga dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Hal itu dikarenakan gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 3726 meter di atas permukaan laut. Meskipun memiliki jalur yang cukup menantang untuk menuju ke puncak, tetapi hal itu tentu tidak menyurutkan niat para pendaki.

Gunung Rinjani dikenal menawarkan panorama alam yang menakjubkan sehingga gunung ini mampu menarik perhatian para pendaki. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di puncak gunung Rinjani. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya, kamu dapat memilih untuk melewati jalur pendakian via Sembalun, Senaru, Aik Berik, atau Timbanuh.

6. Gunung Fansipan

gunung fansipan
kumparan.com

Gunung tertinggi di Asia Tenggara berikutnya yang tidak kalah menarik untuk didaki adalah Gunung Fansipan. Gunung yang satu ini terletak di Provinsi Lai Chau, Vietnam. Dengan ketinggian mencapai 3143 meter diatas permukaan laut pada tahun 1909, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3147 meter.

Selain dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi yang berlokasi di Asia Tenggara, gunung ini juga kerap mendapat sebutan Atap Indocina. Hal itu dikarenakan Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Semenanjung Indocina. Dengan panorama alam yang menakjubkan, Gunung Fansipan tentu sangat menarik ke untuk didatangi khususnya bagi para pendaki.

7. Gunung Ramelau

gunung ramelau
intisari.grid.id

Salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara berikutnya berada di Timur Leste dan dikenal dengan sebutan Gunung Ramelau. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 2986 meter di atas permukaan laut. Gunung Ramelau juga memiliki ciri khas yakni terdapat patung Maria di puncaknya. Hal itu menjadikan gunung ini juga dikenal sebagai lokasi ziarah tahunan umat Kristiani.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Ramelau memang sangat menakjubkan sehingga tidak heran jika gunung ini mampu menarik perhatian para wisatawan. Saat berkunjung ke kawasan Timor Leste, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba mengunjungi gunung yang satu ini.

8. Gunung Apo

gunung apo
wisatafilipina.com

Filipina menjadi salah satu negara yang memiliki gunung tertinggi di Asia Tenggara yakni Gunung Apo. Gunung yang satu ini dikenal memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 2956 meter di atas permukaan laut. Untuk tiba di puncak, pengunjung harus terlebih dahulu melewati jalanan yang sangat terjal dan menantang. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di puncak.

Suasana yang sejuk serta pemandangan yang asri di sepanjang jalur pendakian juga menjadi daya tarik tersendiri. Jangan lupa siapkan perbekalan yang lengkap serta kondisi tubuh yang baik sebelum mendaki ke Gunung Apo, Filipina.

9. Gunung Phou Bia

gunung phou bia
nextescape.com.au

Tidak kalah dengan gunung lainnya, Gunung Phou Bia yang terletak di Laos ini juga dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian puncak mencapai 2819 meter di atas permukaan laut. Iklim di sekitar gunung yang dingin dan suasana sekitar gunung yang sering mendung menjadi ciri khas Gunung Phou Bia. Saat datang ke Laos dan penasaran dengan indahnya gunung ini, kamu dapat menuju ke provinsi Xiangkhoang.

10. Gunung Pagon

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara
asiatravelgate.com

Brunei Darussalam juga memiliki salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara yakni Gunung Pagon. Gunung yang satu ini dikenal memiliki ketinggian mencapai 1850 meter diatas permukaan laut. Lokasinya yang berbatasan dengan Kalimantan menjadikan kamu lebih mudah untuk mengunjunginya. Gunung yang satu ini juga memiliki daya tarik tersendiri yakni terdapat tumbuhan kantong semar di lerengnya.



Leave a Reply