10 Gua Paling Cantik di Malaysia, Siap Buat Liburan Berkesan


Jehan  December 3, 2022  0 Comment

Malaysia tidak hanya dikenal dengan wahana bermainnya saja, melainkan negara ini juga memiliki deret gua yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah gua yang menjadi rumah bagi flora atau fauna, atau bahkan gua yang menyimpan berbagai macam kisah sejarah. Tak Jarang gua tersebut dijuluki gua paling cantik di Malaysia.

Selain cantik, sebagian besar dari gua di Malaysia tersebut menjadi objek wisata dan konservasi yang siap membuatmu terkesima. Penasaran apa saja gua yang dapat kamu kunjungi di sana? Simak di bawah ini yuk!

Rekomendasi 10 Gua Paling Cantik di Malaysia

1. Gua Kelam

gua kelam
perlis.attractionsinmalaysia.com

Gua Kelam akan menahanmu dengan pemandangan indahnya. Gua yang terletak di Kaki Bukit, Perlis ini akan menghantarkanmu pada suasana tenang yang menyenangkan. Ketika ingin berkunjung ke Gua Kelam kamu perlu menempuh perjalanan darat sekitar 33 km dari sisi Utara Kangar.

Selain itu, biaya yang harus kamu siapkan untuk masuk ke Gua Kelam ini sekitar RM1 untuk satu orangnya. Gua kapur ini memiliki panjang sekitar 300 m. Saat kamu memulai perjalanan ke dalam Gua Kelam dari bibir gua, kamu tidak perlu kaget ketika ke luar di titik yang berbeda. Begitulah jalan Gua Kelam yang akan kamu temui.

2. Perak Cave

perak cave
holidify.com

Perak Cave merupakan gua yang lokasinya ada di Ipoh, Perak, tepatnya berada di sisi Utara Ipoh. Gua yang merupakan salah satu kuil tertua ini juga dikenal sebagai salah satu gua paling cantik Malaysia yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Untuk masuk ke gua Perak kamu tidak memerlukan biaya tiket masuk alias gratis. Saat datang ke lokasi, kamu akan disambut dengan sebuah tangga yang membentang lebar dan gapura candi yang sangat besar. Selain itu dari sisi luar gerbang yang memiliki warna merah dan putih tersebut, kamu akan melihat sebuah gua utama dari Perak.

Di sana kamu juga akan melihat beragam mural naga dan dewa yang warna-warni menghiasi dinding-dinding gua. Jika ingin menjelajah lebih lanjut, kamu dapat melangkahkan kakimu untuk menaiki 450 anak tangga menuju puncak bukit kapur. Sesampainya di puncak, kamu dapat menikmati pemandangan kota Ipoh yang sangat indah.

Baca juga :  10 Wisata di Sekitar Sungai Amazon 

3. Gua Tempurung

gua tempurung
vidadeliya.com

Gua Tempurung merupakan gua batu kapur terbesar yang lokasinya berada di Gopeng, Semenanjung, Malaysia. Gua yang diyakini telah ada sejak 8000 SM ini merupakan gua yang memiliki jalur sungai sepanjang 1,6 kilometer di dalamnya.

Saat kamu berkunjung ke Gua Tempurung, kamu akan melihat pemandangan yang menandakan bahwa dulunya gua ini pernah tenggelam di bawah air. Kamu akan melihat bentuk stlagmit dan stalaktit yang sangat cantik dan menakjubkan.

Apabila kamu memutuskan berkunjung ke gua cantik di Malaysia ini, kamu dapat memilih bebapa rute penjelajahan yang tersedia. Harga menjelajahi gua bergantung dengan rute penjelajahan mana yang kamu pilih.

Gua Tempurung memiliki panjang sekitar 3 km yang dapat kamu jelajahi. Kamu akan melihat pemandangan indah saat memasukinya. Atap di dalam gua menyerupai pahatan yang membentuk kubah besar bak sebuah batok kelapa besar.

4. Dark Cave

dark cave
says.com

Dark Cave merupakan gua utama yang menjadi rangkaian dari Gua Batu. Lokasi Dark Cave ada di Gombak, Selangor. Jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota, kamu dapat menempuh perjalanan menggunakan kereta komuter dari KL Sentral dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi.

Gua Batu yang menjadi sebuah bagian utama yang menaungi Dark Cave ini adalah sebuah kuil Hindu Dewa Muruga. Sesampainya di lokasi, kamu akan melihat pemandangan dari patung emas yang sangat tinggi dengan ukuran 42 meter yang menjulang di luar gua.

Dark Cave sendiri merupakan gua gelap yang menjadi rumah bagi komunitas hewan purba dengan usia mencapai 100 juta tahun. Saat kamu memasuki Dark Cave kamu akan mendapati pemandangan gua paling cantik di Malaysia dengan stalaktit, stalagmite, flowstone hingga tirai gua yang menakjubkan.

5. Wind Cave

mulupark.com

Wind Cave menjadi salah satu gua cantik di Malaysia yang lokasinya berada di Taman Nasional Gunung Mulu, Sarawak. Jika kamu berkunjung ke gua ini, siapkan uang RM1 hingga RM3 untuk satu pengunjung. Biaya tiket bergantung dengan usia pengunjung yang datang.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Bone Yang Asyik Buat Menyegarkan Pikiran

Saat kamu menikmati suasana dan pemandangan di Wind Cave kamu akan merasakan suasana otentik dari sebuah gua. Kamu akan berpetualang masuk ke dalam terowongan gelap yang dipenuhi dengan kelelawar. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menikmati pemandangan lain dari hutan serta sungai yang mengelilingi gua dari bagian luarnya.

Apabila kamu ingin datang ke Wind Cave, sebaiknya kamu menggunakan topi sebagai penutup kepalamu. Kamu harus melindungi kepalamu dari kelelawar yang ada di dalam gua. Selain itu pastikan untuk menggunakan alas kaki yang cukup kuat untuk menemani melangkah agar tidak mudah tergelincir di dalam gua yang sedikit licin tersebut.

6. Gua Kelawar

gua kelawar
flickr.com

Gua Kelawar atau biasa dikenal sebagai Bat Cave ini merupakan gua yang terletak di Langkawi, Kedah, Malaysia. Gua Kelawar menjadi bagian dari Kilim Geoforest Park. Jika kamu tertarik untuk datang ke sini, kamu perlu mengakses perjalanan dengan menggunakan perahu.

Setelah menaiki perahu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menelusuri sebuah jembatan yang akan menuntunmu sampai di mulut gua. Ketika kamu mulai memasuki gua Kelawar ini, maka bersiaplah untuk melihat pemandangan dari ratusan kelelawar yang bergelantungan di langit-langit. Kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan dari guratan bentuk gua yang tampak seperti sebuah maha karya bersama kelelawar di dalamnya.

7. Gua Nasib Bagus

gua nasib bagus
pttoutdoor.com

Gua Nasib Bagus atau juga dikenal dengan Sarawak Chamber atau Lubang Nasib Bagus terletak di Taman Nasional Gunung Mulu, Sarawak. Apabila kamu ingin berkunjung ke gua cantik  di Malaysia ini, kamu harus menggunakan moda transportasi penerbangan.

Biaya yang dibutuhkan untuk menjelajahi Gua Nasib Bagus sekitar RM10 untuk setiap orangnya. Saat masuk ke gua ini kamu akan melihat pemandangan yang menakjubkan di dalamnya. Gua Nasib Bagus merupakan gua yang memiliki ruang bawah tanah alami terbesar di dunia.

Kamu akan mendapati pemandangan yang menakjubkan dari gua dengan panjang lebih dari 500m, lebar 400m serta tinggi mencapai 100m. Setiap lorong yang kamu temui di dalam gua Nasib Bagus adalah ruang-ruangan yang memiliki ukuran besar di dalam gua. Gua Nasib Bagus adalah salah satu gua tercantik di Malaysia yang harus kamu jelajahi!

Baca juga :  Terpukau Keindahan 10 Air Terjun di Nusa Tenggara Timur

8. Gua Gomantong

gua gomantong
flickr.com

Gua Gomantong menjadi salah satu gua yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan. Lokasinya berada di Sandakan, Sabah, Malaysia di pinggiran Kinabatangan Bawah yang mudah diakses dengan kendaraan darat.

Bagian yang dapat kamu jelajahi dari Gua Gomantong ini terdiri dari dua kompleks dua, yakni Gua Hitam dan Gua Putih. Di dalam Gua Hitam kamu akan mendapati gua dengan ketinggian mencapai 90 m. Sedangkan di Gua Putih, kamu dapat bertemu dengan penghuni dari gua, ada burung-burung wallet, kelelawar, atau bahkan jika beruntung kamu dapat melihat orangutan di sana.

9. Gua Niah

gua niah
adventoro.com

Gua Niah terletak di dalam Taman Nasional Niah yang berada di Miri, Sarawak. Jarak tempuh yang dibutuhkan untuk menuju ke lokasi dari kota Miri kurang dari dua jam dengan menempuh perjalanan darat.

Baca Juga :

Trip Dadakan: Dataran Merdeka, Masjid Jamek, River of Life

Jika kamu berkunjung ke Gua Niah kamu akan menjelajahi dua bagian gua, yakni The Great Cave dan The Painted Cave. Kedua gua tersebut lekat dengan nilai sejarah pusat utama pemukiman manusia ribuan tahun yang lalu. Selama perjalanan menuju Gua Niah, kamu bisa menikmati pemandangan flora atau fauna yang akan menemanimu sampai menuju titik gua.

10. Gua Rusa

gua rusa
destimap.com

Gua Rusa terletak di Taman Nasional Gunung Mulu, Sarawak yang juga dapat diakses dengan moda penerbangan saja seperti Gua Nasib Bagus. Harga untuk masuk ke dalam gua ini dikenakan biaya sekitar RM20 untuk setiap orangnya.

Baca Juga :

Rekomendasi 10 pulau indah di Malaysia

Saat kamu menyusuri gua ini, kamu akan melihat banyak pemandangan menakjubkan. Kamu dapat menikmati pemandangan hutan hujan yang sangat luar biasa. Selain itu juga ada pemakaman Penan kuno yang dapat kamu temui di sana.

Baca Juga :

Wajib Kunjungi, wisata situs UNESCO di Malaysia

Gua Rusa dikenal sebagai gua cantik di Malaysia yang memiliki lorong terbesar di dunia dengan panjang sekitar 2 kilometer. Selain itu, saat kamu berkunjung ke Gua Rusa kamu juga dapat menemukan sebuah Taman Eden yang menyemburkan air setinggi 30m. Gua Rusa juga dikenal dengan pemandangan cantiknya ketika ratusan kelelawar keluar dari mulut gua setiap malam pada pukul 17.00 hingga 18.30.

Dari gua paling cantik di Malaysia tersebut apa ada diantaranya yang menarik perhatianmu? Jika iya, segera masukkan ke dalam daftar tujuan liburanmu selanjutnya ya!



Leave a Reply