10 Gua Terpanjang di Dunia, Indah Sekaligus Mencekam, Penasaran?


Fida  January 27, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai tempat wisata alam tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Ada cukup banyak tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke berbagai negara di dunia. Indahnya pantai, lautan, pulau, dan gunung juga Gua terpanjang di dunia menjadi tempat yang sering dipilih oleh wisatawan.

Selain beberapa tempat wisata alam tersebut, goa terpanjang di dunia juga menjadi salah satu destinasi yang bisa Anda datangi. Dengan pemandangan alami dan sangat menakjubkan, beberapa gua terpanjang di dunia berikut sayang untuk Anda lewatkan.

1. Sistema Dos Ojos, Meksiko

Sistema Dos Ojos,
thebarefootnomad.com

Salah satu negara yang tepat untuk menikmati goa terpanjang di dunia adalah Meksiko. Meksiko memiliki salah satu goa terpanjang yang dikenal dengan Sistema Dos Ojos. Lokasi dari tempat wisata alam ini berada di Tulum, Quintana Too, Meksiko. Tidak heran jika goa yang satu ini termasuk ke dalam salah satu goa terpanjang di dunia karena membentang hingga 322 kilometer.

Sistema Dos Ojos telah ditemukan sejak tahun 1987 dan sejak saat itu juga tempat wisata yang satu ini telah menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjunginya. Tempat yang satu ini juga telah dianggap sebagai situs arkeologi utama. Pemandangannya yang menakjubkan membuat goa yang satu ini sayang untuk tidak Anda datangi.

Review tempat wisata

Everest Base Camp Trek – Journey To Nirvana

Wisata Goa Pote: Bukit Kapur Instagramable Ikon Kota Bangkalan

2. Jewel Cave, Amerika Serikat

 Jewel Cave
margaretriver.com

Salah satu gua terpanjang di dunia yang bisa Anda datangi adalah Jewel Cave. Goa yang satu ini terletak di kawasan South Dakota, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, gua yang satu ini memang memiliki keindahan luar biasa. Adanya kristal berwarna warni yang menghiasi sudut dalam goa menjadikan banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

Jewel Cave memiliki lokasi yang cukup panjang yakni sekitar 289 kilometer. Saat mengunjungi Amerika Serikat, Jewel Cave menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk Anda.

3. Optymistychna Cave, Ukraina

Optymistychna Cave
alchetron.com

Tidak kalah dengan negara lainnya, Ukraina juga memiliki salah satu goa terpanjang di dunia. Tempat wisata alam yang satu ini biasa disebut dengan Optymistychna Cave. Goa ini memiliki panjang yang tidak biasa yakni sekitar 259 kilometer dan dibagi menjadi 10 wilayah yang berbeda.

Anda bisa datang dan menikmati indahnya goa yang satu ini di kawasan Korolivka, Ukraina. Meskipun gua yang satu ini terkenal rumit untuk dijelajahi, tetapi tetap banyak wisatawan yang datang dan tertarik untuk mengunjunginya. Saat datang kesana, Anda akan dimanjakan dengan suasana gua yang masih sangat alami.

4. Han Son Doong, Vietnam

Han Son Doong
agolf.xyz

Berbicara tentang gua terpanjang di dunia, Vietnam juga memiliki tempat wisata alam Han Son Doong yang bisa Anda datangi. Gua yang satu ini telah ditemukan pada tahun 1991. Anda bisa mencoba mendaftar ke Oxalis Adventure sebagai satu-satunya perusahaan yang menyediakan paket tour untuk menyusuri goa ini.

Suasana yang masih sangat alami akan Anda rasakan saat berada di Han Son Doong. Sebelum menikmati keindahannya, pengunjung harus menuruni sekitar 80 meter. Menikmati Han Son Doong menjadi hal mengesankan yang wajib Anda coba.

5. Mammoth Cave, Amerika Serikat

mammoth cave
kentuckytourism.com

Salah satu goa terpanjang di dunia bisa Anda nikmati saat datang ke Amerika Serikat. Mammoth Cave menjadi salah satu goa terpanjang yang membentang hingga 588 kilometer. Ada banyak goa baru yang terhubung dengan Mammoth Cave, jadi belum ada yang tahu berapa luas goa ini sebenarnya. Anda bisa datang ke kawasan Kentucky, Amerika Serikat untuk menikmati indahnya goa yang satu ini.

Indahnya formasi stalaktit di goa yang satu ini menjadikan banyak pengunjung tertarik dan penasaran untuk mengunjunginya. Mammoth Cave telah ramai dikunjungi wisatawan sejak 4000 tahun lalu hingga saat ini.

6. Sistema Ox Bel Ha, Meksiko

Sistema Ox Bel Ha
gue.com

Salah satu goa terpanjang di dunia bisa Anda jumpai saat datang ke Meksiko yakni Sistema Ox Bel Ha. Lokasi dari goa yang satu ini tidak jauh dari goa terbesar yakni sekitar 48 kilometer dari Sistema Dos Ojos. Goa yang satu ini telah ditemukan sejak tahun 1996 dan diperkirakan mulai terbentuk sejak 18.000 tahun lalu.

Sistema Ox Bel Ha menjadi salah satu goa terpanjang yang membentang sepanjang 267 kilometer. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alami dan menarik di dalam goa yang satu ini.

7. Shuanghedong Cave Network, China

Shuanghedong Cave Network
globaltimes.cn

Saat berencana datang ke China, Anda bisa menikmati indahnya salah satu gua terpanjang di dunia yakni Shuanghedong Cave Network. Goa yang satu ini memiliki panjang yang membentang hingga 241 kilometer. Gua terpanjang di China ini telah ditemukan sejak tahun 1987.

Pengunjung akan dimanjakan dengan sensasi gua yang masih sangat alami. Terdapat beberapa sungai serta sejumlah air terjun di Shuanghedong Cave Network. Terdapat berbagai makhluk hidup yang ada di bawah ini seperti ikan dan salamander.

8. Goa Holloch, Swiss

Goa Holloch
stoos-muotatal.ch

Saat menginginkan untuk berkunjung ke salah satu goa terpanjang di dunia, Anda bisa datang ke Swiss dan mencoba berkunjung ke Goa Holloch. Goa yang satu ini memiliki panjang hingga 195 kilometer. Lokasi dari Holloch bisa Anda Datangi di kawasan Moutha, Swiss. Holloch sendiri merupakan kata yang memiliki arti ‘lubang neraka’.

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami saat mengunjungi Goa Holloch. Selain dikenal sebagai gua terpanjang, lokasi yang satu ini juga dikenal memiliki kedalaman hingga 938 meter. Goa Holloch ditemukan pada tahun 1875 dan cukup menarik minat wisatawan hingga saat ini.

9. Wind Cave, Amerika Serikat

Wind Cave
en.wikipedia.org

Salah satu goa di Amerika Serikat yang termasuk ke dalam daftar goa terpanjang di dunia adalah Wind Cave. Goa yang satu ini terletak di kawasan South Dakota, Amerika Serikat. Dengan panjang yang membentang hingga 216 kilometer, goa yang satu ini juga termasuk goa terpanjang keempat di dunia.

Di bagian atas goa terdapat bilah-bilah tipis yang berasal dari mineral. Hal tersebut membentuk motif seakan mirip dengan sarang serangga. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alami dan pemandangan yang sangat luar biasa.

10. Gua Fisher Ridge, Amerika Serikat

Gua Fisher Ridge
orangesmile.com

Masih berada di Amerika Serikat, salah satu gua terpanjang di dunia selanjutnya adalah Goa Fisher Ridge. Goa yang satu ini memiliki panjang hingga 181 kilometer.

Goa yang satu ini telah ditemukan sejak bulan Januari 1981 oleh peneliti goa. Lokasi dari Goa Fisher Ridge berada di kawasan Kentucky, Amerika Serikat. Suasana alami dan indahnya goa menjadikan banyak pengunjung penasaran dengan salah satu goa terpanjang di dunia ini.

Nah, diatas merupakan daftar 10 goa terpanjang di dunia. Goa manakah yang menawarkan pemandangan indah dan membuat Anda tertarik untuk mengunjunginya?



Leave a Reply