Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Festival Hewan Paling Seru Dari Seluruh Penjuru Dunia


prita  June 27, 2020  0 Comment

Festival tidak melulu soal sebuah penyelenggaraan acara besar seperti budaya, film, kuliner hingga musik. Namun, tahukah Anda jika ada festival hewan di dunia yang memang didedikasikan untuk hewan? Festival unik ini dilakukan karena tujuan tertentu, seperti untuk menghormati hewan yang sudah turut berkontribusi pada kehidupan manusia. Selayaknya sebuah festival, festival hewan pun diselenggarakan sangat meriah dan menghibur penonton yang datang menyaksikannya.

Nah, apa sajakah festival hewan di dunia ? Berikut adalah daftarnya.

1. Festival Paus, California

festival paus
latimes.com

Festival hewan di dunia yang pertama adalah Festival Paus atau dikenal sebagai Festival of Whales. Festival ini diselenggarakan di kota Dana Point yang berada di selatan Orange County.

Festival of Whales ini diselenggarakan setiap dua minggu akhir di bulan Maret yang mana untuk merayakan migrasi tahunan paus abu-abu dari Kutub Utara menuju Pantai Baja, Meksiko. Festival yang mengintak usia ke 49 tahun 2020 ini dimeriahkan dengan parade serba paus, wisata mengamati paus, konser hingga kegiatan lingkungan.

2. Parade Sapi, Swiss

parade sapi
newlyswissed.com

Festival hewan di dunia selanjutnya adalah Parade Sapi atau Cows Parade yang berlangsung di seluruh kota di Swiss. Parade yang biasa dilakukan setiap musim gugur ini dimeriahkan oleh kawanan sapi yang diarak dan didandani dengan bunga, pita, bendera juga lonceng yang membuat mereka tampak cantik.

Sapi-sapi ini digiring dari padang rumput di pegunungan menuju kota-kota oleh penggemabalanya. Festival ini terasa lebih meriah karena disertai oleh tarian rakyat, nyanyian hingga bazaar yang menjual makanan, seperti keju. Parade ini diselenggarakan untuk menghormati pekerjaan yang telah dilakukan oleh sapi-sapi tersebut. Selain di Swiss, parade ini juga digelar di berbagai kota di Jerman dan Austria.

3. Festival Bald Eagle, Alaska

festival bald eagle
kid101.com

Alaska juga menjadi tempat diselenggarakannya salah satu festival hewan di dunia bernama Alaska Bald Eagle Festival atau Festival Elang Botak. Sesuai dengan namanya, festival ini melibatkan Bald Eagle atau Elang Botak yang diadakan secara rutin setiap tahunnya.

Puncak festival ini biasanya pada pertengahan November dimana ribuan elang botak akan berkumpul di Sungai Chilkat di Haines Alaska untuk mencari makan, yaitu Ikan Salmon. Hal menarik lainnya, Anda juga bisa menyaksikan proses pelepasan Elang botak kea lam liar dari pusat rehabilitasi. Jika Anda ingin menghadiri festival ini, Anda bisa berkesempatan untuk belajar banyak hal tentang Elang dan juga fotografi. Tak hanya itu, ada bazar juga yang menjual berbagai kerajinan di festival ini.

4. Festival Transhumance, Spanyol

festival hewan di dunia
nationalgeographic.com

Festival hewan di dunia selanjutnya juga diselenggarakan di Spanyol. Dalam Bahasa Spanyol, festival ini disebut sebagai Festival de la Trashumancia. Trashumancia disini berarti sebuah tindakan untuk menggerakkan kawanan ternak yang berbeda sesuai dengan musimnya. Namun dalam realitanya, hal ini malah menjadi sebuah tontonan.

Festival ini pertama kali didirikan pada tahun 1994 dan diselenggarakan setiap musim gugur di kota Madrid. Pada festival tersebut, Anda bisa melihat ribuan domba dituntun melewati jalanan kota Madrid oleh pria dan wanita yang mengenakan kostum tradisional. Mereka juga akan bernyanyi sambil menari sepanjang rute parade ini.

5. Festival Golden Retriever, Skotlandia

festival golden retriever
today.com

Skotlandia juga menghelat sebuah festival hewan di dunia yang cukup menarik perhatian banyak orang, khususnya bagi mereka pecinta Anjing Golden Retriever. Acara tahunan yang diselenggarapan setiap bulan Juli ini disebut sebagai Guisachan Gathering.

Festival ini terbilang cukup menakjubkan pasalnya Anda bisa melihat anjing-anjing lucu tersebut berkumpul dan sangat menggemaskan. Festival ini tak hanya dihadiri oleh para pemilik Golden Retriever saja, tapi juga para pecinta anjing di Skotlandia.

6. Festival Burung, Chili

festival hewan di dunia
flickr.com

Festival hewan di dunia yang satu ini setiap tahunnya dihelat di Chili. Festival yang diselenggarakan setiap musim gugur ini disebut sebagai Festival de Aves de Chile atau Festival Burung.

Festival yang diselenggarakan di sepanjang pantai Pasifik Chili ini bertujuan untuk merayakan keindahan dan keragaman burung yang hidup di negara tersebut. Anda akana berkesempatan untuk menyaksikan burung nasional Chili yang juga menjadi burung terbesar di dunia, yaitu Kondor Andes pada habitat alami mereka. Tak hanya burung Kondor Andes, Anda juga bisa melihat burung-burung cantik lainnya yang hidup di lingkungan alami.

7. Pushkar Camel Fair, India

pushkar camel fair
travel-rajasthan.com

Pushkar Camel Fair adalah salah satu festival hewan di dunia yang digelar di Pushkar, Rajashtan, India. Festival ini digelar setiap tahunnya pada bulan November dan menjadi tempat ribuan hewan ternak untuk dipamerkan dan diperjual belikan, salah satunya adalah unta.

Tak hanya menjadi kegiatan perdagangan, Pushkar Camel Fair ini juga menjadi perayaan tradisi, budaya hingga berbagai perlombaan, seperti balapan unta. Pushkar Camel Fair ini cukup populer sehingga setiap penyelenggaraannya acara ini mampu menarik perhatian ratusan ribu pengunjung yang tak hanya berasal dari India, tapi juga mancanegara.

8. Kukur Tihar, Nepal

festival hewan di dunia
kathmanduandbeyond.com

Festival hewan di dunia juga dihelat di Nepal setiap tahunnya. Festival ini dikenal dengan nama Kukur Tihar.

Kukur Tihar diselenggarakan pada saat Diwali atau Deepawalia. Diwali dikenal sebagai Festival Cahaya yang berlangsung selama 5 hari berturut-turut oleh umat Hindu di India dan Nepal. Pada satu hari diantara 5 hari tersebut diluangkan untuk merayakan anjing.

Selama Kukur Tihar tersebut, para anjing liar ataupun anjing peliharaan akan diperlakukan secara istimewa dan mereka akan dihormati. Anjing-anjing tersebut akan diberi makanan lezat, karangan bunga dan dahi mereka diolesi vermillion sebagai tanda kesucian. Umat Hindu percaya bahwa anjing adalah pembawa pesan dari Yamaraj, yaitu Desa Kematian.

9. Festival Monkey Buffet, Thailand

festival monkey buffet
travelbeginsat40.com

Thailand juga menjadi negara yang kerap menyelanggarakan festival hewan di dunia, salah satunya adalah Festival Monkey Buffet. Festival ini diselenggarakan setiap tahunnya pada musim gugur di Lopburi, Thailand Selatan.

Acara ini adalah dimana ribuan monyet lokal akan disuguhi berbagai macam makanan dan buah-buahan. Festival Monkey Buffet ini diawali dengan upacara pembukaan dimana selama upacara ada pertunjukan yang menampilkan penari berkostum monyet. Kepopuleran Festival Monkey Buffet ini terdengar hingga berbagai negara lho, tak heran jika setiap perhelatannya banyak sekali menarik wisatawan mancanegara.

10. Festival Gajah, Thailand

festival hewan di dunia
elephantcountry.org

Selain Festival Monkey Buffet, Thailand juga memiliki festival hewan di dunia yang tak kalah populer, yaitu Festival Gajah. Gajah tak hanya menjadi ikon di negara ini, tapi hewan ini juga sangat dihormati, khususnya oleh umat Buddha.

Festival Gajah ini diadakan setiap hari Sabtu ketiga pada bulan November yang mana melibatkan ratusan gajah untuk menghibur masyarakat dengan berbagai macam trik dan tarian. Festival ini telah berlangsung sejak tahun 1960 dan memiliki sejarah keagamaan juga kebudayaan.

Itulah 10 festival hewan di dunia yang cukup menarik untuk Anda kunjungi jika kebetulan berencana akan berlibur ke nagara-negara tempat diselenggarakannya.



Leave a Reply