Laper? Yuk Cobain Leker Baper Kebun Bibit!

kuliner di surabaya

aldilasalma | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
23 Jul 2018


Laper? Yuk Cobain Leker Baper Kebun Bibit!
Karena pas jam istirahat kantor enaknya ngemil jajanan, maka kali ini saya berburu jajanan di Surabaya lebih tepatnya di daerah Kebun Bibit Wonorejo. Disana banyak makanan yang bervariasi mulai dari makanan berat seperti soto, mie ayan, bakso, nasi campur

Karena pas jam istirahat kantor enaknya ngemil jajanan, maka kali ini saya berburu jajanan di Surabaya lebih tepatnya di daerah Kebun Bibit Wonorejo. Disana banyak makanan yang bervariasi mulai dari makanan berat seperti soto, mie ayan, bakso, nasi campur hingga jajanan seperti cilok, sempol, batagor, leker, dan masih banyak lagi makanan lainnya yang patut dicoba dengan harga yang pastinya oke.
 
Berawal dari sakit gigi yang udah seminggu dan otomatis membuat saya nggak bisa jajan yang aneh-aneh sekarang saatnya pembalasan! Yap dari kecil saya emang doyan banget yang namanya jajan apalagi jajanan yang aneh-aneh gitu seperti telur gulung, cilor, cimol dan banyak lagi nggak mungkin saya sebutin satu-satu karena pasti banyaaaak. Tapi saran saya jangan asal beli ya guys dan jangan sering-sering makan begituan, alangkah baiknya kalau kita beli pas lagi pengen aja sekali-kali gituu karena kalian tau sendiri lah kalau jajan begituan kalau dikonsumsi terlalu banyak gak baik buat kesehatan alraight?
 
Nah jadi pada edisi jajan saya kali ini saya memutuskan untuk membeli leker pisang. Karena udah kangen banget sama makanan yang manis dan garing-garing juga satu lagi hal yang penting kenapa pengen leker yaitu MURAH hehehe. Kebetulan abang-abang ini jualannya deket dari kantor cuma berjarak satu kilo dan udah sering sih beli disini. Tempat jualannya persis di depan Kebun Bibit Wonorejo tepatnya di gerbang masuk perumahan Nirwana Eksekutif, Rungkut. Kalau kalian jalan-jalan deket sini boleh deh coba mampir ke kawasan ini, soalnya nggak cuma ada leker tapi masih banyak makanan lain yang gak kalah enak.

 
Satu leker disini dihargai dengan 1.000 rupiah saja. Biasanya nih kalau beli banyak sama abangnya sering ditambahi 2 sampai  biji gitu, baik ya? Salah satu hal yang saya sukai kalau beli leker ini kita bisa langsung lihat proses masaknya. Pertama si abang udah nyiapin 5 wajan kecil yang terbuat dari tanah liat yang sekilas mirip sama cetakan untuk buat kue serabi itu loh, selanjutnya adonan leker dimasukan tidak lupa diberi taburan meses coklat + gula  yang bikin leker adi terasa manis, baru adonan diratakan biar nggak menggumpal ditengah. Kalau menurut aku sih ya adonan ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras, dan telur, lalu di dalamnya diberi potongan pisang yang manis. Setelah dituang dan diratakan maka wajan itu ditutup menggunakan tutup yang udah satu pasang dengan wajan yang tadi, sama-sama menggunakan tanah liat. Cuma menunggu sekitar satu menit saja maka leker siap diangkat dan adonan yang udah garing tadi ditekuk menjadi setengah lingkaran. Begitu seterusnya si abang membuat leker sesuai pesanan yang kita mau beli.



 
Untuk rasa? Saya suka bangettt. Menurut saya leker itu makanan versi murah dan tradisional dari crepes, hayo siapa juga yang pernah berfikiran seperti itu? Selain murah yang penting rasanya enak ya guys, dan nggak bikin enek gitu. Saran saya kalau beli banyak jangan lupa dimasukin toples atau ditali di plastik biar gak melempem, soalnya leker ini mudah banget jadi alot dan keras gitu kalau udah dingin.

 
Jadi gimana guys udah lumayan nostalgia juga pas masa SD kan hehe. Sebenerna untuk di Surabaya sendiri masih banyak kok penjual leker yang biasanya emang mangkal di depan sekolahan, atau taman-taman kota gitu jadi kalau misalnya kamu di Surabaya barat atau pas lagi di Surabaya gak harus jauh-jauh dateng kesini. Kalau kalian pengen nyoba sendiri bikin leker ini sepertinya juga gampang banget tinggal browsing resep atau ngikutin tutorial di You Tube. Gampang banget ya.

 
Sekian review jajanan leker versi saya, kalau ngiler buruan beli kalau nggak bikin sendiri!
Opening Hours
Setiap hari mulai jam 9 pagi - 3 sore
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY