Jelajahi Eksotisme 10 Destinasi Wisata di Gunung Rinjani


prita  November 14, 2020  0 Comment

Pulau Lombok memang terkenal memiliki keindahan pulau dan pantainya yang sangat eksotis. Selain pantai, pulau ini juga terkenal dengan Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya mencapai 40.000 hektar. Gunung Rinjani memang menjadi salah stau gunung di Indonesia dengan Destinasi Wisata di Gunung Rinjani yang paling banyak diicar oleh pendaki tak hanya dari Indonesia, namun juga pendaki asal berbagai negara di dunia.

Nah, bila kamu berpikir jika Mendaki Gunung Rinjani akan terasa sangat melelahkan dan membutuhkan banyak waktu, kamu bisa menikmati beragam destinasi wisata di Gunung Rinjani yang pemandangannya tak kalah indah. Kawasan Gunung Rinjani memang memailiki pemandangan yang sangat memukau dan udara yang sejuk, tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk menjelajahinya. Jika kamu tertarik untuk menjelajahinya juga, berikut ini adalah Destinasi wisata di Gunung Rinjani yang tidak boleh kamu lewatkan

1. Danau Segara Anak

danau segara anak
aliaef.com

Destinasi wisata di Gunung Rinjani yang pertama adalah Segara Anak. Danau ini memang

Sering disebut sebagai surganya Gunung Rinjani karena lokasinya yang berada di ketinggian, yaitu sekitar 2000 meter diatas permukaan laut.

Kamu yang ingin mengunjung danau ini memang butuh perjuangan karena harus mendaki sekitar 6 sampai 7 jam. Namun, keindahan dari danau ini tidak perlu diragukan lagi. Beragam aktivitas pun bisa kamu lakukan diisni, mulai dari memancing, berkemah atau sekedar bersantai menikmati pemandangan sekitar.

Gotravelly

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

Sensasi Makan Tepi Pantai Di Cafe Alberto

2. Bukit Pergasingan

bukit pergasingan
lomboknetwork.net

Destinasi wisata di Gunung Rinjani yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Bukit Pergasingan. Bukit Pergasingan ini juga berada di ketinggian, yaitu sekitar 1.700 meter diatas permukaan laut.

Kamu membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam jalan kaki untuk mencapai puncak bukit ini. Hal Tersebut tentu akan sebanding dengan pemandangan yang akan kamu dapatkan setibanya di puncak. Kamu akan disuguhi pemandangan hamparan sawah serta Desa Sembalun yang sangat indah.

Bukit ini juga bisa menjadi spot berkemah yang sangat menyenangkan. Kamu bisa memulai pendakian di siang hari dan bisa menikmati matahari terbenam di sore hari dan indahnya bintang di langit malam.

3. Pusuk Sembalun

pusuk sembalun
backpackerjakarta.com

Kawasan Sembalun juga dikenal sebagai salah satu pintu gerbang menuju Gunung Rinjani, tak heran jika kawasan ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata di Gunung Rinjani yang tak boleh untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pusuk Sembalun.

Pusuk Sembalun merupakan sebuah spot untuk menikmati pemandangan alam Desa Sembalun dari ketinggian. Pusuk Sembalun berada di ketinggian sekitar 1.250 meter diatas permukaan laut dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Disini terdapat sebuah gardu pandang dimana kamu bisa menikmati indahnya Gunung Rinjani dari kejauhan. Terlebih lagi, suasana dan udara di Pusuk Sembalun ini terasa sangat asri dan sejuk.

4. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
pagitrans.com

Destinasi wisata di Gunung Rinjani berikutnya juga masih ada di Desa Sembalun, yaitu Air Terjun Mangku Sakti. Air terjun setinggi 40 meter ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa, tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahannya.

Air terjun ini memiliki sebuah kolam alami berwarna hijau tosca yang indah dibawahnya. Tak hanya itu, air terjun ini juga memiliki suasana yang masih asri karena jauh dari pemukiman warga. Hal ini tentu menjadikan Air Terjun Mangku Sakti ini sebagai destinasi yang pas untuk melepas penat.

Untuk berkunjung ke air terjun ini, kamu harus menyiapkan perbekalan juga fisik yang kuat karena jalan yang harus kamu lalui cukup susah dengan tanah berbatu juga menanjak.

5. Air Terjun Tiu Kelep

air terjun tiu kelep
pegipegi.com

Destinasi wisata di Gunung Rinjani selanjutnya juga masih seputar air terjun. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Tiu Kelep yang lokasinya berada di Desa Senaru, yang juga menjadi gerbang utama menuju puncak Gunung Rinjani.

Air Terjun Tiu Kelep ini memiliki tinggi mencapai 42 meter dan memiliki pemandangan yang sangat asri disekitarnya. Air terjun ini sangat populer di kalangan wisatawan, meskipun begitu pengunjung yang ingin mencapai air terjun ini harus bersiap untuk trekking melalui hutan lebat dengan medan yang tidak mudah.

6. Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gile
paketwisata.id

Masih berada di lokasi yang sama dengan Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Sendang Gile ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Gunung Rinjani yang tak boleh kamu lewatkan. Karena lokasinya yang berada cukup dekat dengan Gunung Rinjani, air yang mengalir di air terjun ini berasal dari mata air di Gunung Rinjani.

Air Terjun Sendang Gile ini memiliki ketinggian mencapai 31 meter dari dasar sungai. Di bawah air terjun ini juga memiliki sebua kolam alami yang airnya sangat jernih sehingga sangat menyenangkan jika menghabiskan waktu untuk berenang di kolam alami ini. Apalagi jika ditambah dengan pemandangan pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun ini, semakin menambah seru pengalaman berenang di bawah air terjun ini.

7. Desa Adat Senaru

desa adat senaru
antariksagallery.blogspot.com

Desa Senaru memang dikenal sebagai jalur pendakian menuju Gunung Rinjani, maka tak heran jika di desa ini kamu bisa menemukan banyak sekali penginapan yang sering digunakan oleh pendaki yang ingin berangkat atau turun dari Gunung Rinjani.

Selain dikenal sebagai jalur pendakian utama Gunung Rinjani, desa ini juga menawarkan keindahan adatnya yang masih dijunjung tinggi hingga saat ini. Desa Adat Senaru berada di ketinggian 700 meter diatas permukaan laut dan menawarkan keindahan rumah adat khas Lombok dengan ugaq atau gazebo. Menariknya lagi, rumah adat tersebut tidak memiliki benda-benda elektronik seperti tv atau radio, sehingga warga setempat dikenal sangat akrab satu sama lain. Tak heran jika Desa Adat Senaru ini menjadi salah satu destinasi wisata di Gunung Rinjani yang cukup banyak menarik wisatawan.

8. Desa Adat Beleq

 Desa Adat Beleq
radarlombok.co.id

Selain Desa Adat Senaru, destinasi wisata di Gunung Rinjani yang satu ini juga merupakan desa adat dan dikenal sebagai Desa Adat Beleq. Desa Adat Beleq ini berada di kawasan Sembalun dan cukup menarik untuk dikunjungi.

Desa ini memiliki 7 rumah adat yang masih tradisional dan 2 gelang atau sebuah tempat penyimpanan harga benda dan 1 bale malang yang digunakan sebagai tempat ibadah. Tak hanya itu, di desa ini juga terdapat sebuah Pasek Bumi, yaitu sebuah batu bertuah yang masih disimpan hingga saat ini.

Rumah-rumah adat di desa ini dibuat dari jerami dan anyaman bamboo. Kemudian lantainya masih berupa tanah liat yang dicampur dengan kotoran kerbau dan abu jerami.

9. Bukit Selong

bukit selong
journeyera.com

Tak jauh dari Desa Adat Beleq, kamu bisa menemukan salah satu destinasi wisata di Gunung Rinjani yang tak kalah populer, yaitu Bukit Selong.

Bukit Selong ini juga berada di kaki Gunung Rinjani sehingga menawarkan daya tarik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Dari atas puncaknya, kamu bisa melihat megahnya Gunung Rinjani dan hamparan sawah yang luas membentang. Istimewanya, jalur pendakian menuju bukit ini cukup mudah dibandingkan Bukit Pergasingan, karena kamu harnya perlu berjalan sekitar 1 jam saja untuk mencapai puncaknya.

10. Bukit Dandaun

Bukit Dandaun
kanaqlomboksasak.blogspot.com

Destinasi wisata di Gunung Rinjani yang terakhir adalah Bukit Dandaun. Bukit ini juga berada di Desa Sembalun dan seringkali disebut sebagai Sabana Dandaun karena memiliki pemandangan hamparan rumput hijau yang sangat indah.

Tak hanya itu, kamu juga akan disuguhi oleh pemandangan sawah yang menjadi daya tarik bukit ini. Kemudian juga terdapat pemandangan peternakan hijau dengan ratusan hewan ternak.



Leave a Reply