10 Danau Terindah di Malaysia Tawarkan Pemandangan Memukau


prita  November 20, 2020  0 Comment

Malaysia memang menjadi salah satu negara yang paling favorit untuk dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan Indonesia. Bukan hanya karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, namun Malaysia juga menawarkan sejumlah tempat wisata indah untuk dikunjungi. Tak hanya Kuala Lumpur yang dikenal sebagai salah satu kota metropolitan disana, Malaysia juga memiliki sejumlah wisata danau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Untukmu yang ingin mengunjunginya, berikut ini adalah 10 danau terindah di Malaysia yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Danau Chini, Pahang

Danau Terindah di Malaysia
pahangtourism.org.my

Danau terindah di Malaysia yang pertama adalah Danau Chini. Danau seluas 50.85 kilometer persegi ini berada di Tasik Chini, Pahang, Malaysia.

Lokasi danau ini bisa dibilang agak tersembunyi karena berjarak sekitar 85 kilometer dari Kota Kuantan. Danau Chini ini merupakan danau air tawar terluas kedua di Malaysia yang dikelilingi oleh banyak hutan alami juga pantai.

Karena lokasinya yang cukup tersembunyi inilah yang membuat Danay Chini ini tak bisa lepas dari cerita misteri di dalamnya. Konon, danau ini dihuni oleh Naga Air Gumum yang merupakan wali raksasa. Namun, hingga saat ini kebenaran cerita tersebut masih belum bisa dipastikan. Terlepas dari mitos yang beredar, Danau Chini ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dengan berbagai fasilitas yang tersedia.

Gotravelly

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

Ketemu Avengers Di Marvel Studios: Ten Years Of Heroes Exhibition

2. Danau Putrajaya, Putrajaya

danau putrajaya
kuala-lumpur.ws

Danau terindah di Malaysia berikut ini berada di kawasan Putrajaya yang menjadi salah satu kawasan paling favorit di Malaysia. Hampir semua orang yang berkunjung ke Malaysia selalu datang ke Putrajaya dan dikawasan inilah terdapat sebuah danau indah yang bisa kamu kunjungi.

Danau ini memiliki keindahan yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Kamu bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu dan menikmati keindahan disekitarnya. Diatas danau ini terbentang Jebatan Putrajaya yang sangat terkenal. Jembatan ini kerap dijadikan sebagai objek foto oleh wisatawan yang datang berkunjung.

3. Danau Bera, Pahang

Danau Terindah di Malaysia
flickr.com

Danau Bera tak hanya dikenal sebagai salah satu danau terindah di Malaysia namun juga sebagai danau terbesar di Malaysia karena memiliki panjang mencapai 30 kilometer dengan lebar 20 kilometer.

Danau yang berlokasi di Tasik Bera, Pahang ini memiliki air yang sangat jernih dengan suasana yang sangat alami sehingga banyak flora dan fauna yang hidup disekitar sini. Tak hanya memiliki pemandangan yang menawan, Danau Bera ini juga berfungsi untuk menanggulangi banjir dan mengatur perputaran air. Karena fungsinya itulah Danau Bera ini menjadi danau yang sangat dilindungi oleh pemerintah setempat.

4. Danau Chenderoh, Perak

danau chenderoh
flickr.com

Danau terindah di Malaysia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau Chenderoh yang berada di kawasan Kuala Kangsar, Perak. Danau ini terkenal sejak jaman penjajahan sebagai salah satu danau yang juga berfungsi untuk sistem pengairan bagi masyarakat setempat.

Danau Chanderoh ini juga memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh bukit hijau yang menawan. Danau ini menjadi spot terbaik untuk menghabiskan waktu dengan memancing. Wisatawan yang datang ke danau ini kebanyakan untuk pergi memancing bersama keluarga di akhir pekan. Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan banyak sekali restoran yang menyajikan masakan lokal yang menggugah selera.

5. Danau Biru Kundang, Selangor

Danau Terindah di Malaysia
soalan32.blogspot.com

Kawasan Selangor juga memiliki salah satu danau terindah di Malaysia yang bisa kamu kunjungi. Danau ini bernama Danau Biru Kundang atau Tasik Biru Kundang. Danau ini cukup terkenal di kalangan wisatawan domestic karena keindahannya yang luar biasa.

Danau Biru Kundang ini dulunya merupakan pusat pertambangan timah dan saat ini telah menjadi sebuah danau yang sangat indah dengan air berwarna biru yang berpadu dengan hijaunya alam disekitar danau ini. Danau Biru Kundang ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kawasan Gombak, Selangor.

6. Danau Kenyir, Kuala Terengganu

danau kenyir
uslovingwanderlust.com

Danau terindah di Malaysia selanjutnya adalah Danau Kenyir yang berada di Kuala Terengganu. Danau ini dikenal sebagai danau buatan manusia terbesar di Asia Tenggara karena memiliki luas mencapai 260.000 hektar. Danau ini terbuat dari pembendungan Sungai Kenyir di tahun 1985 guna menciptakan pembangkit listrik tenaga air. Dalam pembuatannya danau ini harus menenggelamkan beberapa perkampungan juga hutan.

Menariknya lagi, tak hanya bisa menikmati indahnya danau, kamu disini juga bisa menemukan ratusan pulau yang tersebar di danau ini. Pulau-pulau tersebut terbentuk karena banyak kontur bukit yang terendam air. Tak heran jika wisatawan banyak yang tertarik untuk berkunjung ke Danau Bera ini untuk sekedar menikmati keindahan alam sambil merelaksasi pikiran.

7. Danau Pedu, Kedah

Danau Terindah di Malaysia
asiatravelgate.com

Danau Pedu merupakan salah satu danau terindah di Malaysia yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Danau ini berada di kawasan Kedah dan berada di tengah hutan hujan yang masih alami. Danau ini berada sekitar 5 kilometer dari perbatasan Malaysia dan Thailand.

Danau Pedu menjadi spot yang sangat ideal untuk sekedar berlibur di akhir pekan. Danau ini berada di daerah Gunung Fakir Terbang dan dikelilingi oleh perbukitan hijau yang sangat menyejukkan mata. Tak hanya itu, udara di sekitar danau ini hawanya juga sangat dingin dan sejuk sehingga sangat cocok dikunjungi sebagai destinasi berlibur.

8. Danau Temenggor, Perak

Danau indah di Malaysia
lijiun.wordpress.com

Danau terindah di Malaysia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau Temenggor. Danau ini terkenal dengan keindahannya yang menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai negara.

Danau Temenggor ini dikelilingi oleh Hutan Hujan Tropis Royal Belum yang sangat indah. Hutan ini dikenal sebagai hutan yang masih alami dan asri dimana disana menjadi habitat banyak hewan liar seperti gajah, tapir hingga harimau. Hutan Hujan Tropis ini juga menjadi rumah bagi bunga yang paling terkenal di dunia yaitu Bunga Rafflesia, bunga paling besar di dunia yang juga sangat langka.

9. Danau Biru, Johor

danau biru
itstimetogetout.com

Kawasan Johor juga memiliki salah satu danau terindah di Malaysia yang bisa kamu kunjungi. Danau ini bernama Danau Biru atau lebih dikenal Tasik Biru. Danau ini memang berada cukup tersembunyi dan membutuhkan tenaga lebih untuk bisa mencapainya karena kamu harus melewati bukit dan jalanan berbatu.

Danau ini memiliki air berwarna biru yang indah dan dikelilingi oleh bukit kapur yang indah. Namun dibalik keindahan Danau Biru ini tentunya menyimpan cerita mistis. Konon, pengunjung dilarang untuk berenang di danau ini karena kedalamannya yang tidak terukur dan lagi penduduk setempat mengatakan jika ada yang berenang di danau ini maka ia tidak akan muncul lagi ke permukaan.

Hal tersebut mungkin dikarenakan bahwa danau ini dulunya merupakan area pertambahangan sehingga air danau ini mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya. Meskipun begitu, banyak pengunjung yang ingin datang untuk sekedar menikmati indahnya pemandangan di danau ini.

10. Danau Timah Tasoh, Perlis

Danau paling indah di Malaysia
flickr.com

Danau terindah di Malaysia yang terakhir adalah Danau Timah Tasoh yang berada di Perlis. Danau ini merupakan danau buatan manusia yang dibangun pada tahun 1992 dan berfungsi untuk mencegah terjadinya banjir di kawasan Perlis dan menampung aliran air yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat Perlis.

Nama Timah Tasoh pun diambil dari dua nama sungai yang berada disana, yaitu Sungai Timah dan Sungai Tasoh. Danau ini menjadi bagian dari Taman Nasional Perlis yang dikenal sangat indah. Pemandangan yang ditawarkan oleh danau ini pun tak kalah menawan, tak heran jika pengunjung tak akan melewatkan untuk berkunjung ke danau ini saat berlibur di Perlis.



Leave a Reply