10 Jajanan khas Medan Yang Banyak Dicari Wisatawan


Fida  February 16, 2021  0 Comment

Saat berkunjung ke Medan, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke tempat wisata atau memutuskan untuk mencoba lezatnya kuliner khas di sana khususnya jajanan khas Medan. Ada cukup banyak kuliner khas Medan yang menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Selain berupa makanan berat, beberapa camilan khas Medan juga banyak dicari oleh wisatawan saat berada disana. Bagi Anda yang penasaran, berikut Camilan khas Medan Yang wajib Anda bawa

1. Roti Tawar Ganda

Roti Tawar Ganda
food.detik.com

Salah satu camilan khas Medan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah roti tawar ganda. Pernah mencoba sensasi roti tawar yang satu ini? Roti ganda merupakan roti yang dipotong menjadi dua bagian, hal itulah yang menyebabkan roti ini disebut roti ganda. Bisa menikmati roti ganda dengan berbagai pilihan isi seperti selai srikaya, meses coklat, dan juga krim putih.

Roti yang berukuran besar tersebut kemudian dipotong-potong dan dibungkus menggunakan bungkus kertas. Lembutnya roti tawar yang berpadu dengan berbagai pilihan selai menjadikan roti yang satu ini banyak diminati dan dicari oleh wisatawan.

review kuliner

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

Mikie Funland (Mikie Holiday), Family Trip , Berastagi

2. Pia Tamiang

Pia Tamiang
bukalapak.com

Salah satu camilan khas Medan yang wajib Anda coba saat berada di sana adalah Pia Tamiang. Camilan yang satu ini sudah sangat populer dan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Medan. Pia Tamiang sendiri merupakan kue kering yang dibuat dengan berbagai bahan seperti telur, tepung, minyak, dan air.

Adanya tambahan isian pada camilan yang satu ini menjadikan Pia Tamiang semakin lezat saat dinikmati. Karena tidak mudah basi, camilan yang satu ini biasa diburu sebagai oleh-oleh dari Medan.

3. Bolu Meranti

Bolu Meranti
tokopedia.com

Bolu meranti menjadi salah satu camilan khas Medan yang sayang untuk tidak Anda coba. Camilan yang satu ini sudah cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Medan. Anda bisa menikmati bolu gulung dengan berbagai pilihan rasa seperti blueberry, nanas, coklat, keju, mocca, dan lain-lain. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah bolu meranti rasa keju.

Bolu meranti rasa keju tentu akan memanjakan lidah Anda para pecinta keju. Tekstur bolu yang lembut akan berpadu dengan toping keju yang melimpah. Bagi Anda yang suka gurih, ada satu lagi pilihan yang tidak boleh dilewatkan yakni bolu meranti rasa abon ayam.

4. Bika Ambon

Bika Ambon
lifestyle.okezone.com

Tidak perlu diragukan lagi bahwa bika ambon menjadi salah satu camilan khas Medan yang menawarkan cita rasa lezat. Kue yang satu ini dikenal dengan warnanya yang kuning dan teksturnya yang berserat. Bika ambon dibuat dengan berbagai bahan seperti gula tepung tapioka santan telur dan air nira. Air Nira merupakan salah satu bahan yang menjadikan tekstur bika ambon menjadi berserat.

Ada cukup banyak pilihan rasa bika ambon mulai dari original, durian, mocca, dan juga rasa pandan. Cita rasanya yang khas menjadikan camilan yang satu ini sering dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Lapis Legit

Lapis Legit
tokopedia.com

Selain bika ambon, lapis legit juga menjadi salah satu camilan khas Medan yang menawarkan cita rasa lezat. Tidak jarang lapis legit menjadi kue incaran wisatawan yang datang ke Medan. Kue lapis legit memiliki motif yang berlapis-lapis dan biasanya terdiri dari dua warna. Aromanya yang menggugah selera menjadikan kue ini sayang untuk tidak Anda coba.

Kue lapis legit memiliki tekstur yang lembut serta cita rasa yang manis. Tidak jarang kue lapis legit mendapat sebutan kue rempah karena memiliki aroma rempah yang menggugah selera.

6. Pancake Durian

pancake durian
bukalapak.com

Durian merupakan salah satu buah yang tidak sulit dijumpai saat berada di Medan. Saat bosan menikmati durian langsung dari buahnya, Anda bisa mencoba salah satu olahan yakni pancake durian. Sudah tidak perlu diragukan lagi tentang kelezatan durian khas Medan. Cita rasanya yang manis serta dagingnya yang empuk dan lembut menjadikan pancake durian wajib Anda coba saat berada di Medan.

Pancake durian merupakan salah satu olahan durian yang dibuat dengan membungkus daging durian menggunakan kulit pancake yang tipis. Bagi Anda pecinta durian, camilan yang satu ini tentu wajib Anda pilih saat berada di Medan.

7. Risol Spesial Gogo

Risol Spesial Gogo
garnesia.com

Saat bingung mencari camilan khas Medan, Anda bisa memilih Risol Spesial Gogo. Cemilan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan cocok dinikmati untuk bersantai. Risol Spesial Gogo telah ada sejak tahun 1981 dan masih banyak diburu hingga saat ini.

Yang membedakan Risol Spesial Gogo dengan risol biasa adalah kulit risol yang tipis dan tepung panir yang digunakan cukup lembut. Ada dua pilihan risol yang disediakan oleh Risol Spesial Gogo yakni risol dengan isian daging ayam cincang atau risol dengan isian telur dadar dan sayuran. Selain bisa menikmati risol siap saji, Anda juga bisa membelinya mentah dan dapat digunakan sebagai oleh-oleh.

8. Medan Napoleon

Medan Napoleon
bukalapak.com

Medan Napoleon menjadi salah satu jajanan khas Medan yang sayang untuk Anda lewatkan. Camilan yang satu ini merupakan perpaduan dari napoleon cake dari Perancis dan bolu gulung khas Medan. Kue yang satu ini terdiri dari tiga lapisan dan dibalut dengan bolu, selai, dan toping berbagai rasa. Selain menjadi camilan lezat yang bisa anda nikmati, ”” medan Napoleon juga menjadi salah satu oleh-oleh kekinian dari Medan yang bisa Anda bawa untuk kerabat keluarga di rumah.

9. Manisan Jambu Aguan

Manisan Jambu Aguan
tourtoba.com

Salah satu jajanan khas Medanyang tidak boleh dilewatkan adalah manisan jambu Aguan. Anda bisa dijumpai camilan yang satu ini di Jalan Kruing Nomor 2G Sekip, Medan Petisah, Medan. Manisan jambu Aguan memiliki cita rasa yang segar dan tekstur yang sangat renyah. Belum lagi adanya tambahan sambal rujak yang tentu membuat cita rasa camilan yang satu ini semakin nikmat.

Jambu yang dipilih untuk pembuatan manisan ini adalah jambu bangkok yang berukuran besar. Untuk menikmati camilan yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

10. Kacang Sihobuk

camilan khas Medan
bukalapak.com

Saat bingung mencari jajanan khas Medan, Anda bisa mencoba lezatnya kacang sihobuk. Camilan yang satu ini merupakan olahan kacang yang telah dikuliti dan dimasak dalam kuali besar hingga matang dan garing. Proses pembuatan kacang sihobuk yang masih sangat tradisional menghasilkan aroma yang sangat sedap pada camilan yang satu ini.

Tidak jarang kacang sihobuk diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Karena memiliki kemasan yang cukup rapi, tidak heran jika kacang sihobuk juga menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat bagi wisatawan. Renyahnya olahan kacang yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Medan.



Leave a Reply