10 Bolu Paling Enak Dengan Berbagai Rasa


prita  September 10, 2022  0 Comment

Bolu merupakan salah satu makanan ringan yang kerap hadir dalam berbagai acara. Ragam jenis bolu paling enak tentu bisa menjadi suguhan atau makanan ringan yang memanjakan lidah. Bolu adalah sebuah jajanan khas Indonesia yang jenisnya cukup beragam dan berdasarkan asal daerahnya masing-masing.

Bolu tradisional ini berkembang dengan cita rasa yang khas, tekstur, bentuk, cara pembuatan dan tradisi penyajian yang berbeda-beda. Meskipun begitu, bolu tetap menjadi kudapan yang disukai oleh seluruh kalangan, baik anak muda, anak-anak hingga orang tua. Kue bolu sendiri berkembang mulai dari sajian oleh-oleh khas, hingga mengandung makna tradisi budaya tertentu. Beberapa jenis kue bolu lebih lazim dihidangkan saat perayaan hari-hari khusus, baik keagamaan maupun adat. Nah, bolu apa saja yang mendapat predikat sebagai bolu paling enak? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Bolu Meranti

Bolu Meranti
paxelmarket.co

Bolu Meranti menjadi bolu paling enak pertama yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Kue Bolu Meranti ini memang sudah menjadi kuliner kue ikonik Kota Medan, bahkan kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Medan tanpa membawa oleh-oleh kue bolu gulung yang nikmat ini.

Kue boli ini tercipta berkat usaha Ai Ling yang menjajakan kreasi kue lembut dan nikmat buatannya di beberapa toko. Nama Meranti sendiri berasal dari nama jalan di kota Medan yang merupakan tempat awal usahanya. Sekarang, Bolu Meranti ini memiliki banyak variasi rasa, mulai dari double cokelat, keju, kacang, moka dan masih banyak lagi lainnya.

Gotravelly

Siliwangi Bolu Kukus : Bolu Lembut Dengan 21 Varian Rasa, Hadir Di Surabaya!

Liburan Ala New Normal Di Cimory Dairyland And Resto!

2. Lapis Legit

Lapis Legit
food.detik.com

Bolu paling enak selanjutnya adalah Lapis Legit. Berasal dari Surabaya, kue lapis legit ini sangat identik dengan perayaan Imlek, Lebaran hingga Natal.

Kue ini memiliki nama lain, yaitu kue spiku atau spekuk yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu Spekkoek. Memadukan rempah-rempah seperti Kapulaga, kayu manis, cengkih dan pala sehingga rasanya sangat khas Indonesia. Selain rasa rempahnya yang kuat, tekstur kue ini padat berlapis-lapis dan menjadi ciri khas dari kue lapis legit ini. Proses pembuatan kue ini memang cukup rumit karena lapisan kue ini jumlahnya sekitar 18 hingga 24 lapisan.

3. Bolu Lapis Surabaya

Bolu Lapis Surabaya
kompas.com

Masih dari Surabaya, bolu paling enak selanjutnya adalah Bolu Lapis Surabaya. Lapis Surabaya juga termasuk jenis kue tradisional Indonesia dari jenis sponge cake alias bolu yang cukup terkenal.

Ciri khas dari bolu ini adalah teksturnya yang lembut dengan terdiri dari tiga lapisan. Tiga lapisan tersebut umumnya berwarna kuning, cokelat dan kuning lagi yang pastinya sangat mudah dikenali. Untuk membuat kue ini, adonan terigu mentega dan telur yang kemudian dipanggang dalam tiga loyang berbeda. Nantinya ketiga lapisan bolu tersebut akan direkatkan dengan selai, baik itu selai buah, mocca maupun cokelat.

4. Bolu Macan Khas Bangka

Bolu Macan
cookpad.com

Bolu paling enak selanjutnya berasal dari Bangka, yaitu Bolu Macan. Bolu Macan ini merupakan salah satu kuliner khas Bangka yang cukup populer.

Disebut sebagai macan karena corak motif bagian dalamnya loreng-loreng seperti bulu macan. Karena kecantikan motifnya tersebut, kue ini tak hanya ditemukan dalam sajian oleh-oleh khas Bangka saja, tetapi juga banyak di toko kue. Cara membuatnya seperti kue bolu pada umumnya. Tak hanya memiliki motif yang cantik, cita rasa bolu macan ini juga sangat nikmat serta teksturnya yang sangat lembut.

5. Bolu Peca Khas Bugis

Bolu Peca Khas Bugis
cookpad.com

Bolu Peca juga masuk dalam daftar bolu paling enak yang wajib untuk kamu coba. Bolu peca ini merupakan kue khas Bugis dan Makassar yang memiliki tampilan serta rasa yang unik.

Jika diperhatikan, bentuk kue ini agak bantet dan mirip dengan bolu yang gagal mengembang. Namun, justru itulah yang menjadi ciri khasnya, terlebih teksturnya yang sangat lembut dan rasanya yang manis legit. Cita rasa manis legitnya sangat khas karena adonan telur, tepung, gula pasir dan baking soda tersebut diberi tambahan gula aren. Ditambah lagi, kue ini sering dinikmati dengan siraman kuah gula merah yang membuat rasanya semakin legit. Bolu peca ini menjadi sajian penting dalam acara adat dan jamuan resmi dalam masyarakat Suku Bugis, Sulawesi Selatan.

6. Bolu Klemben

Bolu Klemben
cookpad.com

Bolu paling enak yang patut untuk kamu coba selanjutnya adalah Bolu Klemben. Bolu Klemben ini sangat mirip dengan kue madeleines khas Perancis, meskipun belum diketahui keduanya berkaitan atau tidak.

Bolu Klemben ini merupakan makanan khas Banyuwangi yang memiliki tekstur serta rasa yang berbeda dibandingkan dengan bolu pada umumnya. Adonan kue bolu ini dicetak dalam panggangan berbentuk cangkang kerang hingga garing. Kue ini memiliki cita rasa manis khas kue bolu, namun teksturnya crunchy di luar tapi tetap lembut di bagian dalam. Bentuknya yang menyerupai cangkang kerang atau tiram ini juga mengingatkan langsung akan kue khas Perancis

7. Kue Bhoi

Kue Bhoi
food.detik.com

Kue Bhoi menjadi bolu paling enak yang berasal dari Aceh. Secara tampilan dan tekstur, kue ini hampir mirip dengan bolu klemben atau bolu kijing. Namun, yang membedakan adalah pada bentuknya yang lebih variatif seperti bentuk ikan, bunga, cangkan kerang dan masih banyak lainnya. Kue Bhoi ini memiliki cita rasa dan tekstur yang hampir mirip dengan bolu klemben, yaitu crunchy di luar dan lembut di dalam.

Bhoi sendiri adalah sebutan dalam Bahasa Aceh untuk bolu dan di Aceh, kue ini sering dijumpai dalam pasar tradisional dan perayaan adat masyarakat tradisional. Contohnya seperti kue bhoi sering dijadikan sebagai seserahan pernikahan yang dibawa oleh mempelai laki-laki kepada pihak perempuan.

8. Bolu Kemojo Khas Riau

Bolu Paling Enak
sumut.indozone.id

Bolu paling enak berikutnya adalah Bolu Kemojo yang berasal dari Riau. Kue khas Suku Melayu ini memang tak hanya ditemukan di Riau, tetapi juga di Palembang, Jambi, Bengkulu dan sekitarnya.

Nama Kemojo sendiri berasal dari kata Kamboja, karena secara tradisionalnya dibuat dengan cetakan berbentuk bunga kamboja meskipun ada yang berbentuk bulat ataupun segi panjang. Bolu Kemojo ini memiliki tekstur lebih padat seperti kue basah. Sekarang, bolu kemojo ini dijual dengan banyak varian rasa, seperti rasa cokelat, durian, jagung, pisang, buah naga dan lainnya.

9. Bolu Pandan

Bolu Pandan
omahresep.com

Sempat dinobatkan sebagai salah satu kue terlezat di dunia yang berasal dari Singapura, bolu pandan ini juga menjadi kue bolu paling enak yang lazim ditemukan di Indonesia. Meskipun asal usul bolu yang satu ini masih belum diketahui pasti.

Bolu Pandan ini berjenis sponge cake dan chiffon dengan aroma pandan dan warna hijau cantiknya sangat menggugah selera. Di Indonesia, kue ini sering disuguhkan sebagai hantaran saat berkunjung ke rumah sanak keluarga dan sahabat. Bahkan, saat momen hari raya juga terasa belum lengkap jika belum menyajikan kue yang satu ini.

10. Bolu Kukus

Bolu Kukus
kompas.com

Terakhir, ada bolu kukus yang menjadi salah satu bolu paling enak yang patut untuk kamu coba. Bolu yang satu ini cukup lazim ditemukan sebagai jajanan pasar dan memiliki bentuk yang sangat menarik.

Bolu kukus ini disajikan atau memiliki bentuk menyerupai cupcake dengan bagian atas yang merekah layaknya bunga. Teksturnya sendiri cukup padat karena pembuatannya dengan cara dikukus. Meskipun begitu, bolu ini sangat lembut dan nikmat saat disantap. Apalagi, rasanya bisa divariasikan mulai dari cokelat, aroma pandan, gula merah dan masih banyak lagi lainnya.



Leave a Reply