10 Air Terjun di Padang dan Sekitarnya yang Memukau


Fida  November 12, 2023  0 Comment

Kota Padang merupakan kawasan terletak di pantai barat pulau Sumatera. Kawasan yang satu ini dikenal menyimpan banyak destinasi menarik. Kota ini juga merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Selain dikenal dengan makanan lezatnya, Padang juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Wisata alam adalah salah satu daya tarik utama kota ini, terutama air terjunnya. Padang memiliki sejumlah air terjun yang menakjubkan dan memiliki beragam bentuk dan karakteristik. Berikut adalah rekomendasi beberapa air terjun tercantik di Padang yang patut kamu kunjungi.

10 Air Terjun Tercantik di Padang :

1. Air Terjun Lubuak Tampuruang

air terjun lubuak tampuruang
hariansinggalang.co.id

Air Terjun Lubuak Tampuruang adalah salah satu tempat wisata alam yang begitu memesona di daerah Padang. Nama “Lubuak Tampuruang” diambil dari kolam yang terlihat seperti tempurung, memberi tempat ini nama yang unik. Kolam ini memiliki kedalaman mencapai 2 hingga 3 meter dan airnya memiliki warna hijau yang menakjubkan.

Wisata ini dikelilingi oleh pepohonan yang menjadikan suasana sekitarnya sangat asri, teduh, dan indah. Saat berada di sini, kamu akan merasakan ketenangan dan keindahan alam yang memikat. Meskipun letaknya agak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 20 km, perjalanan menuju tempat ini sangat sepadan dengan keindahan yang ditawarkannya.

Baca juga :  Football Lovers, Kunjungi 10 Museum Sepak Bola di Dunia

Untuk masuk ke Air Terjun Lubuak Tampuruang, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp 3.000 saja. Dengan harga yang terjangkau ini, pengunjung dapat menikmati keajaiban alam dan kesegaran kolam yang menawan. Jadi, jika mencari tempat yang indah dan tenang untuk bersantai dan menikmati keindahan alam, Air Terjun Lubuak Tampuruang adalah pilihan yang sempurna.

2. Air Terjun Pincuran Tujuah

air terjun pincuran tujuah
padang.go.id

Air Terjun Pincuran Tujuah adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Kota Padang. Air terjun ini memang pantas disebut “Tujuah” karena memiliki 7 tingkat yang memukau. Terletak di daerah yang cukup tinggi, air terjun ini memberimu kesempatan untuk menikmati pemandangan Kota Padang yang menawan dan indah dari ketinggian.

Wisata ini dikelilingi oleh beragam pohon tropis yang menciptakan suasana sekitar yang alami dan sejuk. Saat menjelajahi sekitarnya, kamu akan menemukan berbagai makhluk, mulai dari hewan pengerat, kupu-kupu yang cantik, hingga capung yang mempercantik lingkungan. Bahkan, monyet hutan juga sering muncul di sekitar area ini, menambah daya tariknya.

Air Terjun Pincuran Tujuah berjarak sekitar 25 km dari pusat kota, dan perjalanan menuju tempat ini memakan waktu sekitar satu jam. Yang lebih menarik adalah biaya retribusinya yang sangat ramah di kantong, hanya sebesar Rp 8.000 saja. Dengan biaya masuk yang terjangkau, kamu dapat menikmati keindahan alam dan keajaiban air terjun yang menakjubkan ini.

3. Air Terjun Lembah Anai

air terjun lembah anai

Air Terjun Lembah Anai unik karena terletak di tepi jalan raya. Meskipun berlokasi di pinggiran jalan, air terjun ini memiliki panorama alam yang indah. Air terjun ini adalah aliran dari Gunung Singgalang dan bisa menjadi pilihan wisata yang menarik. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000.

Baca juga :  6 Wisata Sumber Air di Malang Segar Menyehatkan

4. Air Terjun Sarasah Bunta – Air Terjun di Padang

air terjun sarasah bunta
twitter.com

Air Terjun Sarasah Bunta terletak di Lembah Harau. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan, mirip dengan bentuk tempurung, sehingga dinamakan Sarasah Bunta. Airnya sangat jernih dan segar. Tempat ini juga memiliki prasasti bersejarah yang menunjukkan pembukaan area wisata pada tahun 1926. Air Terjun Sarasah Bunta berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Padang dan tiket masuknya Rp 10.000.

5. Air Terjun Lubuak Rantiang – Air Terjun di Padang

air terjun lubuak rantiang
rentalmobilpadang.co.id

Air Terjun Lubuak Rantiang di Padang adalah destinasi wisata yang begitu menarik dan memikat para pengunjung dengan keindahan alamnya. Pemandangan yang disajikan oleh air terjun ini benar-benar memukau dan akan memikat siapa saja yang mengunjunginya.

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menawarkan beragam aktivitas yang menyenangkan bagi para pengunjung. Kamu dapat menikmati kegiatan seperti mandi, berenang, atau bahkan bermain motor trail dan mobil offroad di sekitar area ini. Ini membuat Air Terjun Lubuak Rantiang menjadi tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

Lokasinya terletak di wilayah Tangan, dan jika berangkat dari pusat kota, kamu akan menempuh jarak sekitar 25 km untuk mencapai Air Terjun Lubuak Rantiang. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 5.000 per pengunjung. Dengan biaya yang terjangkau ini, kamu dapat menikmati liburan yang seru dan menyenangkan bersama keluarga atau teman-tema. Jadi, jika mencari tempat untuk bersantai dan menikmati alam yang indah sambil berpartisipasi dalam berbagai aktivitas menyenangkan, Air Terjun Lubuak Rantiang adalah pilihan yang sempurna.

6. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

air terjun sarasah ulu gadut
travel.detik.com

Air Terjun Sarasah Ulu Gadut memiliki bentuk yang unik menyerupai piramida dan terletak di antara hutan. Panorama alam yang eksotis membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam. Airnya sangat segar dan jernih. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut berjarak sekitar 17 km dari Kota Padang dan tiket masuknya hanya Rp 5.000.

Baca juga :  Kue Khas Padang, Kelezatan Minang Tak Terlupakan

7. Air Terjun Nyarai – Air Terjun di Padang

air terjun nyarai
tribratanews.polri.go.id

Air Terjun Nyarai terletak di Lubuk Alung dan merupakan salah satu destinasi wisata populer di Padang. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan tinggi dan batu-batu besar, menciptakan suasana alam yang alami. Airnya sangat jernih dan segar, cocok untuk berenang dan bermain air. Tiket masuknya sekitar Rp 20.000.

8. Air Terjun Baburai

air terjun baburai
tripadvisor.co.id

Air Terjun Baburai memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk tangga yang memudahkan pengunjung mendekat ke air terjun. Tempat ini berjarak sekitar 78 km dari pusat Kota Padang dan menawarkan pemandangan sawah yang indah. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000.

9. Air Terjun Ngungun Saok – Air Terjun di Padang

air terjun ngungun saok
batamnews.co.id

Air Terjun Ngungun Saok terletak di Bukit Lubuak. Air terjun ini memiliki aliran air yang bening dan dikelilingi oleh tebing batu yang menjulang tinggi. Airnya sangat dingin dan menyegarkan, ideal untuk berenang dan bersantai. Harga tiket masuknya Rp 5.000.

10. Bendungan Niagara Koto Pulai

bendungan niagara koto pulai
kidalnarsis.com

Bendungan Niagara Koto Pulai, juga dikenal sebagai Air Terjun Niagara Mini, terletak di Kota Padang. Meskipun awalnya dibangun untuk mengatur aliran sungai, bendungan ini membentuk air terjun bertingkat yang menarik. Pemandangan bendungan yang dikelilingi oleh sawah yang indah menjadikannya tempat yang populer untuk menikmati matahari terbenam. Tempat ini gratis untuk dikunjungi.

Jadi, ketika berada di Padang, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan air terjun yang menakjubkan ini. Selain menikmati kelezatan kuliner khas Padang, kamu juga dapat merasakan keindahan alam yang spektakuler.



Leave a Reply