14 Wisata Dekat Stasiun Rangkasbitung yang Murah Meriah


Rio Handika  October 22, 2023  0 Comment

Bagi anda yang bosan dengan wisata di jakarta yang itu-itu saja dan penuh keramaian. Mungkin rangkasbitung, Lebak Banten bisa menjadi tujuan yang tepat untuk berwisata. Apalagi kini telah banyak wisata dekat stasiun Rangkasbitung yang mudah dijangkau.

Hanya bermodal KRL anda sudah dapat sedikit terbebas dari sesaknya jakarta dan menikmati aneka tempat wisata menarik di Banten ini. Lokasinya yang strategis menjadikan beberapa tempat wisata di Rangkas Bitung selalu ramai pengunjung. Mau tau apa saja tempat wisata tersebut ? Yuk simak ulasan berikut ini hingga selesai. 

Wisata Dekat Stasiun Rangkas Bitung :

1. Water Toren Rangkasbitung

water toren rangkasbitung
travel.kompas.com

Water Toren merupakan salah satu wisata cagar budaya yang terkenal di Rangkasbitung. Awalnya, tempat ini merupakan pusat pengairan permukiman warga dari Rangkasbitung hingga Pandeglang. Namun setelah adanya pipa PDAM, water Toren sudah tidak difungsikan lagi sebagai sumber air. Melainkan sebagai tempat wisata cagar budaya. 

Menara air yang memiliki tinggi sekitar 20 meter ini merupakan ikon kota Rangkasbitung. Water Toren berjarak sekitar 650 meter saja dari Stasiun Rangkasbitung. Ini adalah jarak yang cukup singkat untuk wisatawan yang ingin mencapainya dengan berjalan kaki.

Jam Operasional : setiap hari ( 08.00 – 22.00) 

Alamat : Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten. 

2. Alun-alun Rangkasbitung

alun alun rangkasbitung
travel.okezone.com

Selanjutnya alun – alun adalah tempat wisata dekat stasiun Rangkas Bitung yang juga selalu ramai pengunjung. Namun jarak menuju alun – alun dari stasiun Rangkasbitung mencapai 1,3 Km. Sehingga jika bagi anda yang ingin berkunjung ke alun – alun perlu naik angkot terlebih dahulu. 

Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda bisa naik angkot yang berwarna merah untuk menuju  Alun-Alun Rangkasbitung sebagai sentra wisata. Terlebih apabila berkunjung pada pagi hari, Alun-Alun Rangkasbitung akan ramai oleh masyarakat yang berolahraga atau sekadar jalan kaki menikmati segarnya udara pagi.

Baca juga :  15 Wisata di Rangkasbitung Ada Wisata Alam

Jam operasional : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. 

3. Museum Multatuli

museum multatuli
merdeka.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menyukai dunia sastra. Seperti namanya, museum Multatuli didirikan untuk dedikasikan atas sastrawan terkenal, Multatuli. Namun museum ini sering mengalami buka tutup dikarenakan adanya renovasi atau hal lainnya. 

Museum ini hanya berjarak kurang lebih 1 Km dari stasiun Rangkasbitung. Di museum ini, tentunya Anda dapat mengeksplorasi kehidupan serta karya-karya Multatuli melalui pameran dan koleksi yang terdapat dalam Museum. 

Jam operasional : selasa – minggu ( 08.00 – 15.00) 

Alamat : Jalan Alun-alun Timur nomor 8, Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak Banten. 

Harga tiket : 1000 untuk pelajar, 2000 untuk umum. 

4. Perpustakaan Saidjah Adinda

perpustakaan saidjah adinda
kelanaku.com

Masih berhubungan dengan museum Multatuli, tempat wisata dekat stasiun Rangkasbitung ini merupakan sebuah perpustakaan Perpustakaan yang diberi nama dari karakter dalam novel karya Multatuli yakni “Saidjah Adinda” .

Perpustakaan ini menawarkan berbagai buku bahan bacaan yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya. Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi pengetahuan serta budaya, Saidjah Adinda adalah tempat yang cocok untuk Anda kunjungi. 

Jam operasional : Senin (08.00-16.00) 

                             Selasa – Jum’at (08.00 – 16.00) 

                             Sabtu (buka 24 jam) 

                             Minggu tutup. 

Alamat : Jalan Alun-alun Timur, Nomor 6 Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten. 

5. Gua Maria Bukit Kanada

gua maria bukit kanada
travel.detik.com

Selanjutnya ada Gua Maria Bukit Kanada yang merupakan tempat ziarah yang populer bagi umat Katolik. Bagi umat Katolik jika berkunjung kesini dapat mengagumi keindahan alam sekitar sambil berdoa di dalam gua yang memiliki suasana yang tenang dan spiritual.

Gua Maria Bukit Kanada berjarak kurang lebih sekitar 4 Kilometer dari stasiun Rangkasbitung. 

Tempatnya yang asri, tenang dan bersih membuat pengunjung seakan menyatu dengan alam. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk kesini, namun hanya dikenakan tarif parkir saja. 

Jam operasional : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Jatimulya, kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten. 

6. Curug Munding

curug munding
bantengate.id

Tempat wisata dekat stasiun Rangkasbitung yang selangor dan tak kalah menarik yakni Curug Munding. Berjarak sekitar 5 kilometer dari stasiun Rangkasbitung, curug ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya sambil bersantai di sekitar curug, dan merasakan kesegaran air terjun.

Curug Munding memiliki curahan air terjun yang lebar dengan lokasi yang dekat pemukiman penduduk serta area persawahan. Ini adalah hal  yang sangat langka dan sulit ditemukan di Ibukota Jakarta. 

Baca juga :  7 Tempat Romantis di Balikpapan Bikin Hubungan Tambah Manis

Jam operasional : setiap hari (07.00 – 17.15). 

Alamat : Desa Cicaringin,Gunungkencana, Lebak, Banten. 

Harga tiket : 5000 per orang. 

7. Pantai Karang Bokor – Wisata Dekat Stasiun Rangkasbitung

pantai karang bokor
harianhaluan.com

Pantai Karang Bokor merupakan pantai yang terkenal indah dengan pasir putih dan ombak yang cenderung tenang. Pengunjung dapat bersantai di tepi pantai, bermain pasir putih hanya dengan menempuh perjalanan 10 kilometer dari stasiun Rangkasbitung. 

Dinamakan pantai karang bokor dikarenakan terdapat sebuah batu karang besar menyerupai bokor. Namun pengunjung tidak dianjurkan berenang disini karena banyaknya batu karang yang tajam. Harga tiket juga cenderung mahal karena pantai ini dikelola oleh pihak swasta. 

Jam buka : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. 

Harga tiket : 20.000 per orang belum termasuk tiket parkir. 

8. Balong Ranca Lentah

balong ranca lentah
pikiran-rakyat.com

Berikutnya yang merupakan tempat wisata dekat stasiun Rangkasbitung yakni Balong Ranca Lentah. 

Tempat ini dulunya adalah sebuah rawa di tengah kota yang terkesan horor. Namun seiring berjalannya waktu, Balong Ranca Lentah diolah oleh Pemerintah Lebak menjadi lokasi wisata serta ruang publik. 

Danau seluas kurang lebih 3 hektare ini oleh pihak pengelola terus dibangun taman di tepi rawa, fasilitas umum, tempat olahraga, hingga tempat kuliner di sekitarnya. Tak heran jika Balong Ranca Lentah selalu ramai pengunjung setiap harinya. 

Jam operasional : setiap hari 24 jam.

Alamat : Jalan Rawasari, Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten. 

Harga tiket : 10.000 per orang. 

9. Masjid Agung Al – A’raaf

masjid agung al araf
bantennews.co.id

Tempat wisata selanjutnya adalah tempat wisata religi yang bernama Masjid Agung Al – A’raaf yang amat terkenal di Rangkasbitung. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Rangkasbitung. 

Dikatakan sebagai bangunan tertua dikarenakan bangunan masjid ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Masjid ini bertempat di sebelah Alun-alun kota Lebak, sehingga banyak sekali pengunjung yang datang kesini setiap harinya. 

Jam buka : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Jalan Kaum, Kelurahan Rangkasbitung barat, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Banten. 

10. Saung IBU, Kubang Ceria Rangkasbitung

saung ibu
google.com

Saung IBU, Kubang Ceria Rangkasbitung adalah salah satu tempat wisata dekat stasiun Rangkasbitung yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini sangat  menarik untuk spot foto yang instagramable. Selain terdapat banyak spot foto, Saung IBU, Kubang Ceria Rangkasbitung juga menyediakan kolam renang baik untuk dewasa maupun anak-anak. 

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Ala Bunga Citra Lestari, Bisa Jadi Inspirasi

Menariknya lagi, disini pengunjung dapat menyewa baju untuk berfoto seperti baju kimono ala Jepang. Suasana yang sejuk serta tenang menjadikan 

Saung IBU, Kubang Ceria Rangkasbitung kerap menjadi tujuan rombongan keluarga. 

Jam operasional : setiap hari (08.30-21.00) 

Alamat : Jalan Haji Oni ir. soetami, Malang Nengah, Rangkasbitung, Lebak, Banten. 

Harga tiket : 10.000 per orang. 

11. Taman Hati Rangkasbitung

taman hati
google.com

Taman hati Rangkasbitung adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota Rangkasbitung. Tempat ini cocok dikunjungi bagi anda yang sekedar ingin nongkrong sambil menikmati suasana sore Rangkasbitung. Berada di tepi jalan menjadikan Taman Hati Rangkasbitung selalu ramai pengunjung. 

Jam operasional : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Muara Ciujung, Rangkasbitung, Lebak Banten. 

12. Air Terjun Sata – Wisata Dekat Stasiun Rangkasbitung

curug sata
google.com

Air terjun Sata merupakan tempat wisata dekat stasiun Rangkasbitung yang juga tak kalah menarik di banding tempat wisata lainnya. Berada di tengah pepohonan Lebat menjadikan tempat wisata ini sangat asri dan sejuk. Airnya yang jernih serta debit air yang kuat menjadikan air terjun Sata sangat menarik. 

Bukit yang menjulang serta pepohonan yang rindang menjadikan Air terjun Sata memiliki spot foto yang menarik. 

Jam operasional : setiap hari (07.00 – 17.00) 

Alamat : Cimanyangray, Kecamatan Gunung Kencana, Lebak, Banten. 

Harga tiket : 5000 per orang. 

13. Pantai Ciantir – Wisata Dekat Stasiun Rangkasbitung

pantai ciantir
tribunnews.com

Pantai Cinatit merupakan destinasi wisata pantai dengan pasir putih yang menawan. Memiliki bibir pantai yang cukup panjang menjadikan pantai ini seluas mata memandang. Pantai ini juga merupakan surganya peselancar yang gemar akan tantangan ombak. Arah pantai yang menghadap samudera Hindia menjadikan pantai ini memiliki arus kuat. 

Batu karang yang menjulang juga menambah keeksotisan pantai Ciantir ini. Pengunjung tidak akan kecewa jika berwisata di pantai eksotis yang satu ini. 

Jam operasional : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Jl. Cikaung, Sawarna, Bayah, Lebak Banten. 

Harga tiket : 10.000 per orang. 

14. Vihara Rangkasbitung – Wisata Dekat Stasiun Rangkasbitung

vihara rangkasbitung
news.detik.com

Vihara Rangkasbitung memiliki nama lain Vihara Ananda Awalokiteswara. Keberadaan vihara ini di pusat kota Rangkasbitung. Bentuk bangunan yang unik dan menarik menjadikan vihara ini tak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga tempat wisata. 

Walaupun berada di pusat kota, namun sikap toleran dari masyarakat Rangkasbitung patut diacungi jempol. Terbukti dengan adanya makan salah satu tokoh muslim di dalam vihara tersebut.  

Jam operasional : setiap hari 24 jam. 

Alamat : Jalan Sunan Kalijaga nomor 137, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak Banten. 

source : https://www.youtube.com/@sulungsitihanum

Itulah diatas ulasan singkat mengenai 14 rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Rangkasbitung yang menarik dan patut untuk anda kunjungi. Informasi diatas dapat menjadi referensi tepat bagi anda yang tengah mencari tempat wisata di wilayah Rangkasbitung. 



Leave a Reply