Unik! 7 Tradisi Sambut Kelahiran Bayi dari Penjuru Dunia


Jehan  February 2, 2023  0 Comment

Ada berbagai cara untuk menghadirkan rasa bahagia dalam balut tradisi unik sambut kelahiran bayi di penjuru dunia ini. Beragam budaya menjadi salah satu penyebab uniknya tradisi yang ada.

Penasaran dengan tradisi sambut kelahiran bayi yang unik tersebut? Yuk, simak ulasan dari GoTravelly di bawah ini.

tradisi unik sambut kelahiran bayi
unsplash.com

Tradisi Sambut Kelahiran Bayi:

1. Turki – Minuman Manis: Lohusa Serbeti

lohusa serbeti minuman tradisional turki
tasteatlas.com

Turki memiliki tradisi unik sambut kelahiran bayi dengan segelas minuman tradisional lokal yang bernama Lohusa Serbeti. Minuman tersebut diberikan pada ibu setelah melahirkan buah hatinya.

Lohusa Serbeti dipercaya mampu melancarkan ASI. Minuman ini dibuat dari cengkeh, kayu manis yang direbus bersama air. Sedangkan warna merah dari minuman tersebut dihasilkan dari gula lohusa, sebuah gula khusus yang memiliki rona merah cantik.

2. Jerman – Paspor dan Nama Tertentu untuk Bayi

Jika seorang perempuan akan melahirkan bayi di Jerman, maka dirinya akan memiliki dokumen yang disebut ‘mutterpass‘. Dokumen tersebut dimiliki oleh semua perempuan hamil sebagai catatan yang menginformasi setiap kunjungan medis selama masa kehamilan hingga persalinan.

Tak hanya itu saja, negara yang satu ini juga memiliki cara tersendiri untuk memberi nama bayinya. Tradisi unik sambut kelahiran bayi tersebut diatur oleh pemerintah Jerman loh. Para orang tua yang memiliki bayi, tidak boleh memberikan sembarang nama untuk sang buah hati.

Baca juga :  10 Danau Terbesar di Afrika, Perairan yang Penuh Pesona

Jerman memiliki aturannya sendiri untuk pemberian nama. Tak khayal jika kamu bertemu dengan orang Jerman, maka nama-nama dari mereka pun serupa. Hal tersebut menghindari pembayaran denda yang akan diminta oleh pemerintah Jerman jika tidak menaati aturan yang telah dibuat. Wah, terbatas sekali ya pemberian nama si bayi?

3. Nigeria – Pertolongan dari Sang Nenek

nenek dan seorang cucu
unsplash.com

Nigeria memiliki tradisi unik untuk sambut kelahiran bayi. Ketika seorang ibu baru saja melahirkan dan akan beristirahat maka saat itulah pertolongan sang nenek dimulai. Nenek akan turun tangan membantu sang ibu.

Tradisi tersebut memiliki istilah sebagai omugwo dalam bahasa Nigeria. Selain itu, ada juga tradisi memberikan nama bayi. Uniknya, bayi yang baru lahir tersebut akan menyimpan sebanyak 20 nama, yang menggambarkan kondisi saat kelahiran.

4. Finlandia – Kotak Perawatan Bayi dari Pemerintah!

Jika kamu seorang ibu di Finlandia, pastikan untuk mendapat kotak perawatan bayi dari pemerintah setempat. Ini merupakan tradisi yang telah mengakar sejak tahun 1930-an. Pemerintah Finlandia melakukan hal tersebut sebagai upaya perataan awal bagi kehidupan sang bayi.

Bingkisan dari pemerintah tersebut berisi berbagai macam perlengkapan untuk menyambut si kecil. Di antara lain, seperti pakaian bayi, popok, tempat tidur bayi, kotak P3K bayi, dan perlengkapan lainnya.

Di samping bingkisan tersebut, pemerintah Finlandia juga menawarkan hibah tunai untuk menggantikan bingkisan apabila keluarga tidak berkenan mendapat kotak perawatan bayi. Menarik sekali, bukan?

5. Malaysia – Ibu Istirahat Selama 44 Hari

Di negeri tetangga, memiliki tradisi unik saat sambut kelahiran bayi juga loh. Mereka akan meluangkan waktu beristirahat setelah si kecil dilahirkan. Biasanya sang ibu akan dibiarkan tinggal di rumah untuk mengisi tenaganya kembali.

Baca juga :  8 Fakta Unik Lembah Baliem Yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Selama beristirahat, ibu Malaysia akan melakukan diet khusus dengan menu-menu tradisional mereka. Selain itu mereka juga menggunakan korset khusus yang dililitkan pada perut mereka.

6. Jepang – Lomba Tangisan Bayi

bayi menangis
unsplash.com

Ada-ada saja memang negara sakura yang satu ini, kreasi dan kreativitasnya seperti tak pernah habis. Kali ini Jepang punya tradisi yang sangat unik untuk menyambut kelahiran bayi, yakni sebuah kompetisi menangis.

Kompetisi tersebut disebut dengan nakizumo, diselenggarakan untuk melihat bayi mana yang menangis lebih dahulu dan paling kencang. Orang Jepang mempercayai bahwa bayi yang sering menangis adalah anak sehat sekaligus anak yang akan tumbuh lebih cepat. Unik, ya?

7. Indonesia – Mengubur Placenta di Dalam Tanah

Indonesia sebagai negara penuh budaya ini tentu memiliki tradisi yang menarik disetiap perayaannya. Salah satunya adalah mengubur placenta bayi atau dikenal juga dengan istilah ari-ari.

Ari-ari tersebut dipercaya sebagai sahabat dari si kecil saat dalam kandungan sang ibu. Oleh karena itu, dibuatlah ritual khusus untuk menghargainya dengan ritual menguburkannya. Tradisi tersebut memiliki cara tertentu yang telah menjadi ritual turun-temurun para orang tua. Apa kamu pernah melihat tradisi ini?

8. Brasil – Siapkan Hadiah!

bingkisan kado
unsplash.com

Jika biasanya kerabat sibuk menyiapkan hadiah untuk seorang rekan atau saudara yang akan lahiran, Brasil punya tradisi sebaliknya. Brasil memiliki tradisi mempersiapkan hadiah atau kado yang akan diberikan kepada siapa saja yang datang menjenguk saat seorang ibu melahirkan.

Siapa saja yang datang menjenguk, tidak boleh pulang dengan tangan kosong. Hadiah yang dipersiapkan sebagai tradisi unik sambut kelahiran bayi ini sangat bervariasi. Biasanya ada yang memberikan permen, pernak-pernik atau bingkisan kecil lainnya. Wah, seru juga ya tradisi dari Brasil ini!

Baca juga :  10 Tangga Paling Instagenic di Dunia, Meriahkan Feed Instagram

9. Belanda – Boneka Bangau Sebagai Simbol Kelahiran

Di negeri Belanda, ada berbagai macam tradisi melahirkan yang cukup unik. Ketika mengumumkan kelahiran bayinya, orang tua di Belanda akan meletakkan boneka burung bangau di jendela rumah. Boneka burung tersebut harus diletakkan pada jendela yang menghadap ke jalan, sebagai simbol bangau yang masuk ke rumah untuk melahirkan.

Baca Juga :

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru ini

Tak hanya itu saja, Belanda juga memiliki tradisi untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah sang ibu. Keluarga yang memiliki sang bayi harus menyajikan kue tradisional Belanda beschuit met muisjes yang khas ini. Gimana menurutmu, cukup unikkan?

10. Ekuador – Tradisi la dieta untuk Ibu

Para ibu di negara ini diasuh dengan cara yang cukup unik setelah proses lahiran yang dikenal dengan sebutan ‘la dieta‘. Di mana seorang ayah akan memberikan pakaiannya yang basah oleh keringat selepas bekerja.

Tradisi tersebut dipercaya akan memberi kekuatan lebih untuk sang ibu. Setelahnya, bayi yang telah lahir pun harus dilindungi dengan baik dari sinar matahari. Oleh karena itu, di dalam rumah akan digantung sebuah kanopi yang menaungi tempat tidur.

Baca Juga :

KL City Gallery: Mengulik Sejarah dan Keindahan Kuala Lumpur

Sebagai proses akhir dari tradisi la dieta, sang ibu akan dimandikan dengan air ramuan, minyak wangi, secangkir susu, dan kelopak bunga mawar. Proses akhir tersebut menjadi penanda untuk kembalinya sang ibu ke kehidupan sehari-hari mereka. Sebuah tradisi yang cukup panjang ya?

Baca Juga :

12 Tempat Terindah di Dunia, Surga Banget!

Nah setelah mengetahui tradisi unik sambut kelahiran bayi dari berbagai penjuru dunia tersebut, mana yang menurutmu paling unik diantara 10 tradisi di atas? Yuk cari tahu berbagai macam hal unik lainnya bersama GoTravelly.



Leave a Reply