Kenali 10 Tips Fotografi Dijamin Fotomu Semakin Cetar


sisil angelin  October 15, 2018  2 Comments

Tips fotografi merupakan hal mendasar yang harus diketahui oleh setiap orang karena dengan begitu nantinya bisa mengetahui bagaimana cara menghasilkan jepretan gambar yang menakjubkan.

Berbicara mengenai berfoto tentu menjadi salah satu aktivitas yang akhir – akhir ini semakin digemari oleh semua orang. Terlebih saat ini banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung fotografi tersebut. Tak hanya kamera saja, bahkan saat ini juga sudah banyak sekali smartphone yang memiliki fitur mumpuni untuk berfoto.
Berfoto memang menjadi aktivitas menyenangkan. Banyak orang yang menjadikan berfoto ini bukan sekedar pekerjaan saja namun juga sebagai hobby. Tak heran jika akhirnya tidak sedikit orang yang bahkan secara sengaja hunting lokasi bagus dan instagramable demi mendapatkan gambar yang bagus.

Namun siapa sangka bahwa ternyata objek bagus atau lokasi yang bagus tidaklah cukup untuk menghasilkan jepretan gambar yang bagus jika tidak diimbangi dengan skill atau kemampuan dari orang yang mengambil jepretan gambar itu sendiri.Agar menghasilkan gambar dengan kualitas yang sempurna, anda harus mengetahui beberapa Tips fotografi

1. Objek Foto

Objek Foto

rentalmobilbali.net

Sebenarnya bagus dan tidaknya suatu hasil jepretan foto bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun untuk tips fotografi pertama yang bisa anda perhatikan adalah mengenai objek foto. Sebisa mungkin anda mencari objek yang menarik. Temukan sesuatu yang ingin anda tonjolkan dalam foto anda tersebut. Apalagi saat ini banyak sekali website atau akun social media yang bisa anda jadikan referensi dalam menciptakan objek foto yang menarik.

Baca juga :  13 Tips Tidur di Bandara Bikin hemat Budget Uang Petualangan

review wisata

Gunung Tanggung Nongkojajar – Puncak Mbah Wali Yang Di Keramatkan

Pause Coffee, Pilihan Coffee Shop Kekinian Yang Nyaman Untuk Nugas Di Surabaya

2. Angle

Angle

titikfokuskamera.com

Suatu gambar yang bagus juga dipengaruhi oleh kelihaian si pengambil gambar dalam menentukan angle. Satu objek foto yang diambil oleh beberapa orang sekaligus belum tentu akan menghasilkan jepretan gambar yang sama bagusnya. Hal ini disebabkan oleh skill ketika mengambil foto tersebut dimana salah satu tips fotografi yang cukup berpengaruh adalah angle foto. Sekalipun hanya menggunakan kamera smartphone saja, namun jika anda mengetahui angle seperti apa yang bisa menonjolkan sisi unik dari objek foto yang anda ambil maka bukan tidak mungkin hasil foto yang anda ciptakan akan jauh terlihat lebih menarik dibandingkan dengan mereka yang menggunakan kamera khusus

3. Stabil

Stabil

resourcemagonline.com

Sebagus apapun suatu objek foto dan angle foto jika anda tidak stabil ketika mengambil gambar tersebut maka akan percuma saja. Usahakan tangan anda berada dalam posisi yang stabil ketika sedang memotret. Apalagi jika anda menggunakan smartphone sebagai media fotonya. Karena biasanya durasi shutter pada smartphone jauh lebih lama dibandingkan dengan kamera. Dalam artian ketika anda sudah menekan tombol potret pada smartphone, lebih baik jangan langsung pindah posisi. Tunggu beberapa saat agar kamera smartphone benar – benar menyimpan foto objek yang anda ambil tersebut.

4. Cahaya

Cahaya

Pixabay.com

Komposisi cahaya juga merupakan tips fotografi yang terbilang sangat penting. Karena ketika anda memotret dalam kondisi cahaya yang minim tentu hasil gambar yang diciptakan menjadi terlihat kurang menarik. Sehingga jika anda ingin menciptakan hasil jepretan gambar yang maksimal sebaiknya jangan abaikan kondisi pencahayaan.

5. Perhatikan Komposisi

Perhatikan Komposisi

BDFjade.com

Hal yang tak kalah mengenai tips fotografi adalah komposisi dalam hasil foto anda. Sebelum memutuskan untuk menjepret suatu objek foto, sebaiknya anda memperhatikan kesesuaian antara objek utama foto anda dengan background. Pastikan komposisi warna, tata letak dan segala hal yang berada dalam satu frame foto anda tersebut sudah sesuai. Karena dengan begitu hasil foto yang dihasilkan nantinya akan terlihat sempurna.

Baca juga :  11 Kesalahan Yang Biasa Dilakukan oleh Traveller Pemula

6. Gunakan Kamera Bawaan

Gunakan Kamera Bawaan

pellahosting.com

Tips untuk menciptakan hasil gambar yang bagus berikutnya adalah menggunakan kamera bawaan. Hal ini terutama berlaku bagi anda yang mengambil gambar menggunakan kamera smartphone. Sekalipun saat ini terdapat banyak sekali aplikasi yang menawarkan banyak filter menarik, namun sebaiknya anda jangan melulu mengutamakan filter yang ada dalam suatu aplikasi karena umumnya beragam filter tersebut mampu mengurangi kualitas asli dari foto tersebut.

7. Lensa Tambahan

Lensa Tambahan

idntimes.com

Jika anda kurang yakin dengan kualitas resolusi lensa kamera anda, maka tips fotografi yang bisa anda terapkan adalah dengan menggunakan lensa tambahan. Saat ini ada banyak sekali produsen dari berbagai merk yang menawarkan lensa tambahan, bahkan untuk smartphone. Dengan lensa tersebut nantinya akan membantu menciptakan kualitas foto yang lebih baik.

8. Jangan Menggunakan Zoom

Jangan Menggunakan Zoom

GuoGuiyan.com

Memang di hampir semua kamera baik DSLR maupun smartphone sama – sama dibekali fitur zoom dimana dengan fitur ini objek akan terlihat lebih dekat. Namun tahukah anda bahwa ternyata menggunakan zoom ketika memotret bukanlah solusi yang tepat. Karena umumnya zoom hanya akan menciptakan ilusi objek seolah terlihat dekat. Namun secara kualitas, justru akan menurun. Dimana biasanya objek foto yang diambil menggunakan zoom akan terlihat pecah. Sehingga jika anda memang menginginkan objek foto terlihat dekat, tips fotografi yang bisa anda lakukan adalah dengan mendekati objek tersebut bukan mengandalkan zoom.

9. Ciptakan Konsep yang Menarik

Ciptakan Konsep yang Menarik

snapshot.canon-asia.com

Hal lain yang juga mempengaruhi hasil foto adalah konsep atau tema. Kebanyakan foto akan terlihat menarik jika terdapat nyawa di dalamnya. Dalam artian anda tidak sekedar jepret saja melainkan anda memberikan tema atau konsep pada foto tersebut sebagai nyawa yang nantinya bisa membuat orang lain bisa menangkap apa yang ingin anda sampaikan melalui foto tersebut.

Baca juga :  10 Tips Solo Travelling Aman Dan Nyaman Membuat Liburan Berkesan

10. Edit

tips fotografi

Ryokotomo.id

Jangan malu melakukan editing pada foto anda. Karena yang perlu anda ketahui adalah bahwa hampir semua fotografer melalui proses editing pada setiap fotonya. Hal ini sangatlah wajar karena untuk menciptakan hasil gambar yang bagus perlu banyak hal untuk dilakukan dimana salah satunya adalah mengedit foto.
Tips fotografi yang satu ini sangatlah penting karena dalam proses editing foto ini anda bisa mengatur warna, kecerahan serta beberapa hal lain yang bisa membuat hasil foto anda terlihat lebih menarik. Saat ini juga sudah banyak sekali aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa anda gunakan untuk mengedit foto.
Namun pastikan anda mengedit seperlunya saja. Penambahan filter yang berlebihan justru akan membuat foto anda menjadi tidak natural. Jangan terlalu melakukan banyak proses edit yang bisa memberikan kesan foto anda menjadi terlihat berlebihan. Karena bagaimanapun juga editing pada foto sah – sah saja asalkan tidak menutup atau bahkan mengubah keaslian dari hasil jepretan anda itu sendiri.
Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda coba dalam memotret. Dengan beberapa tips diatas maka bisa membantu anda menciptakan hasil gambar yang optimal, tetap natural namun nampak sempurna dari berbagai sudut. Meskipun anda hanya menggunakan kamera smartphone saja, namun jika anda menerapkan beberapa tips diatas maka bisa memaksimalkan pengambilan gambar sehingga nantinya hasil jepretan gambar yang anda hasilkan tidak akan mengecewakan. Semoga tips fotografi yang disampaikan kali ini bermanfaat untuk anda.



Leave a Reply

2 Comments
  1. deddyhuang.com says:

    semua teknik ini pasti kepake pas traveling.

    • sisil angelin says:

      ia karna kalo traveling gak suka ribet dan gk bawa camera bisa pake smartphone… smoga tips di atas berguna buat yang traveling