10 Tempat Wisata di Pacitan Paling Indah dan Populer


sisil angelin  September 3, 2018  0 Comment

tempat wisata di pacitan sangat banyak dan hampir semuanya popular di kalangan turis lokal maupun turis mancanegara. Pacitan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang terletak di ujung barat daya. Pacitan terkenal dengan beraneka wisata yang dapat dikunjungi dan dijelajahi, mulai dari pemandangan bukit dan lautannya. Rute menuju Pacitan dapat Anda tempuh melalui perjalanan darat yakni dengan transportasi Bus atau kendaraan pribadi Anda. Untuk Anda yang ingin menjadikan Pacitan sebagai destinasi wisata, yuk simak apa saja tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. 5 Wisata Pantai di Pacitan, Wisata pantai tentu menjadi incaran banyak wisatawan untuk berlibur,

1. Pantai Taman

Pantai Taman

Medium.com

Tidak sembarang pantai, pantai ini memiliki objek lain yang semakin menarik wisatawan. Di pantai ini Anda bisa menikmati wahana flying fox setinggi 74 meter dari daratan dan panjangnya sekitar 450 meter. Sungguh sayang jika Anda melewati objek wisata ini, dikarenakan Anda mampu bermain sekaligus melihat pemandangan lautan dan juga luasnya pepohonan hijau dari atas. Menguji adrenalin sekaligus memberikan kenangan yang indah bukan?

Menyusuri Indahnya Sungai Maron

Pantai Teleng Ria, Tempatnya Bersantai Dan Berburu Ikan Laut!

2. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

KSMTour.com

Pantai ini sangat indah di pandang mata terutama apabila Anda melihatnya dari atas bukit. Pantai ini memberikan panorama yang membuat kita terpesona, bagaimana tidak, terdapat air terjun mini di dekat bibir pantai, ditambah wilayah perbukitan hijau yang mengapit pantai semakin menambah kesan indah. Pantai ini tergolong kecil dikarenakan daratannya diapit oleh perbukitan, akan tetapi, Anda masih bisa mandi – mandi atau sekedar duduk bersantai melihat pemandangannya. Ketika pasang, air di pantai mulai naik sehingga space daratan semakin kecil dan sempit. Sehingga disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung, datanglah pada pagi atau sore hari ketika air surut.

3. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

YouTube.com

Pantai ini terletak di Desa Widoro yang memang sedikit pedalaman dan sulit untuk dijangkau. Akan tetapi, Anda jangan khawatir karena jerih payah Anda akan segera terbayar sesaat sampai di pantai ini. Pantai ini memiliki ombak yang besar yang menjadikannya sebagai salah satu objek untuk para penggila surfing (perselancar), tidak heran apabila pada tahun 2009 lalu, Rizal Tanjung (Salah satu peselancar yang terkenal di Indonesia) melakukan kolaborasi dengan salah satu peselancar yang menjuarai Rip Curl Pro 2008 yakni Bruce Irons di Pantai Watu Karung ini. Sungguh membanggakan ya? Tidak hanya ombaknya saja yang terkenal di kalangan peselancar, pemandangan pulau karang dan juga air laut yang jernih ini juga sangat memanjakan mata Anda.

4. Pantai Klayar

Pantai Klayar

JejakPiknik.com

Pantai ini terletak sekitar 45 km dari Kota Pacitan. Pantai ini sangat unik, banyak orang menyebutnya sebagai seruling laut dikarenakan apabila ombak datang, akan menimbulkan bunyi siulan seperti bunyi seruling. Ternyata bunyi ini berasal dari batu karang besar yang terletak tidak jauh dari pesisir, melalui celah batu ini, setiap ombak yang menerjang akan menghasilkan bunyi siulan. Tidak hanya itu, apabila ombaknya besar, air hempasan yang dihalang oleh batu akan memancar ke atas dan memberikan panorama alam yang indah untuk dilihat. Objek wisata ini di klaim wajib untuk dikunjungi apabila kamu ke Pacitan, soalnya terdapat karang raksasa yang mirip dengan patung Sphinx di Mesir, penasaran bukan?

5. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

mytravelingphotograph.blogspot.com

Tidak dikatakan ke Pacitan jika Anda belum mengunjungi pantai karang bolong. Pantai ini dekat dengan pantai klayar, hanya saja memang tidak sepopuler pantai klayar, akan tetapi, Anda wajib mengunjungi pantai ini dikarenakan memiliki keunikan tersendiri yakni daratan lurus panjang yang menjorok ke lautan, jadi Anda bisa melihat ke tengah lautan dari atas daratan. Sungguh menarik bukan?

Berikut adalah goa – goa di Pacitan yang dapat dijadikan destinasi wisata Anda:

6. Goa Putri Pacitan

Goa Putri Pacitan

pacitan-of-paradise.blogspot.com

Goa ini menyuguhkan pemandangan stalaktit dan stalagmit yang dapat Anda lihat di atas dinding goa. Gua ini juga tidak terlalu gelap, sehingga Anda tidak perlu membawa penerang seperti headlamp ke dalamnya untuk melihat stalagmit dan stalaktit, karena akan kelihatan dari penerangan alam. Seperti namanya, Putri, Goa ini dulunya dipercaya sebagai sebuah tempat yang dihuni oleh seorang putri.

7. Goa Luweng Jaran

tempat wisata terdekat

Wisatapacitan.biz

Goa ini diklaim memiliki panjang goa hingga 48 kilo meter. Tidak hanya panjang, goa ini memiliki ornamen yang terdapat pada dinding goa yang dapat Anda nikmati ketika berkeliling di dalamnya. Untuk Anda yang sangat ingin menguji adrenalin, Anda wajib memasukkan goa ini ke dalam daftar salah satu tempat wisata di Pacitan yang akan Anda kunjungi dikarenakan goa ini menyuguhkan pertualangan menuju perut bumi lho.

8. Goa Tabunan

Goa Tabunan

Flickr.com

Goa ini termasuk unik lho, Anda bisa melihat goa sekaligus menikmati alunan musik dari gamelan. Nah, ternyata musik gamelan ini bukan berasal dari alat gamelan, akan tetapi dari stalaktit yang berasal dari atas goa yang ketika ada angin atau udara yang lumayan kencang akan menghasilkan bunyi serupa gamelan. Gua ini memang dikenal sedikit mistis, tidak hanya dari alunan gamelan yang berbunyi, gua ini dulunya juga dipakai sebagai tempat pertapaan.

9. Goa Song Terus

wisata alam terdekat

alipz33.xtgem.com

Selain Goa Tabuhan yang dikenal sebagai goa mistis, ternyata ada goa yang lebih mistis yakni Goa Song Terus di Desa Mendolo Lor Kecamatan Punung. Goa ini memiliki sisa – sisa kerangka manusia purba yang sudah berusia lebih dari 10.000 tahun. Anehnya, warga setempat memberikan nama pada kerangka manusia purba ini, nama yang diberikan adalah Mbah Sayem. Selain kerangka manusia purba, di goa ini juga terdapat beberapa artefak seperti limas, gurdi, lancipan dan juga alat – alat serpihan peninggalan jaman dahulu.

10. Goa Gong

Goa Gong
Goa ini berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung. Masih satu kecamatan dengan Goa Song Terus. Bedanya dengan goa yang lain, goa ini memiliki pemandangan dari stalaktit yang memesona. Goa ini sudah dimodifikasi sedikit dengan memberikan lampu warna – warni yang mengarah ke stalaktit, sehingga dinding atas goa terlihat terang dan penuh keindahan. Selain itu, goa ini sudah dibangun pagar sehingga lebih aman bagi pengunjung yang akan datang. Goa ini termasuk goa terindah se Asia Tenggara lho. Seperti namanya, Gong, Goa ini ternyata juga mampu mengeluarkan bunyi seperti Gong. Hal inilah yang kemudian mendasari penamaan goa ini.
Nah, bagi Anda yang hendak ke tempat wisata di pacitan jangan lupa singgah dan menjelajahi wisata yang sudah disebutkan di atas ya! Selain berlibur, Anda juga bisa sekaligus berperan dalam mengenalkan wisata lokal kepada masyarakat. Mari buktikan bahwa Indonesia memiliki segudang wisata yang layak dikunjungi.



Leave a Reply