Yuk intip 7 Wisata di Pare, Kediri Yang Seru Untuk Dikunjungi


Altesa  July 13, 2022  0 Comment

Kabupaten kediri yang teletak di Provinsi Jawa Timur, merupakan salah satu kabupaten yang terkenal dengan oleh – oleh tahu nya yang enak dan khas. Selain kuliner yang sedap dan enak, wisata di pare Kabupaten kediri juga sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu kecamatan di Kabupaten Kediri yang sangat terkenal, dan bahkan banyak orang tidak tahu bahwa kecamatan ini bagian dari Kabupaten kediri adalah Kecamatan Pare.

Iya benar, kalian tidak salah baca Kecamatan Pare. Pare yang terkenal dengan Kampung Inggrisnya. Kampung wisata edukasi yang menjanjikan dan dikunjungi banyak orang dari berbagai wilayah bahkan luar negeri untuk belajar bahasa inggris disini. Nah, selain kampung inggris kecamatan pare juga memiliki berbagai wisata hitz yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa wisata juga sering dikunjungi oleh siswa-siswi camp kampung inggris untuk sekedar healing dan bermain sejenak. Dari wisata bersejarah hingga wisata air yang menyenangkan tidak terlalu jauh dari kampung inggris. Berikut adalah rekomendasi 10 wisata di Pare Kediri, yang bagus untuk kamu kujungi.

1. Kampung Inggris

Kampung Inggris
parekampunginggris.co

Yang pertama, tentu saja kampung inggris, kampung yang terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, wajib banget masuk di list wisata di pare kediri yang wajib dikunjungi. Wisata edukasi yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kediri ini, layak kamu kunjungi terutama untuk kamu yang ingin belajar Bahasa inggris. Di kampung inggris ini, kamu bisa menemui berbagai pilihan “campschool” yang menawarkan beraneka ragam paket belajar menginap. Mulai dari paket 2 minggu hingga 3 bulan untuk kamu yang ingin tinggal dan belajar Bahasa inggris. Ada berbagai macam pilihan camp yang bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu. Tidak hanya anak sekolah, orang dewasa juga banyak ditemui di sini. Seperti kata pepatah “Belajar Tidak Mengenal Usia”, banyak sekali siswa siswi dewasa yang datang ke kampung inggris Pare Kediri untuk belajar Bahasa inggris.

Gotravelly

Berjalan Menikmati Alam Di Bukit Selogajah

Menikmati Segarnya Taman Hutan Joyoboyo Kediri, Bersih Banget!

2. Candi Surowono (Surawana)

Candi Surowono (Surawana)
agtvnews.com

Salah satu wisata edukasi lain yang bisa kamu kunjungi adalah Candi Surowono atau Surawana. Candi ini terletak di Desa Canggu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Wisata Pare Kediri satu ini, menawarkan wisata edukasi bersejarah dengan pemandangan candi hindu yang menarik dan penuh cerita. Meskipun ukuran candi ini tidak besar yaitu, hanya 8X8 m2, namun candi ini melukis cerita sejarah pada jamannya.

Relief-relief di bagian candi ini menceritakan berbagai kisah, yaitu kisah-kisah Tantri, kisah Sri Tanjung, Arjunawiwaha, serta Gagak Aking. Kisah – kisah ini biasanya banyak ditemui pada candi – candi yang dibangun untuk peruwatan. Ritual ruatan merupakan tradisi jawa kuno yang bertujuan untuk mengeluarkan sisi buruk dari jiwa manusia.

3. Goa Surowono (Surawana)

Goa Surowono (Surawana)
bangsaonline.com

Nah selain candi surowono, tidak jauh dari candi terdapat Goa Surowono. Banyak sekali orang tertarik untuk mengunjungi Goa ini karena cerita – cerita yang beredar dari Goa ini. Goa ini bisa kamu jadikan salah satu wisata di Pare Kediri yang wajib kamu kunjungi. Goa surowono selain menyimpan berbagai cerita sejarah, juga menyimpan berbagai misteri. Cocok sekali untuk kalian yang suka wisata ekstrim mistis seperti ini.

Sangking terkenalnya biasanya pada malam 1 Suro Goa ini banyak dikunjungi orang – orang untuk melakukan smedi. Penduduk setempat percaya, bahwa Goa ini terhubung tembus hingga Candi Surowono yang terletak tidak jauh dari Goa ini. Didalam goa ini terdapat air bening yang mengalir dari lantai goa yang dipercaya memiliki berbagai khasiat tertenti seperti membuat awet muda hingga menyembuhkan penyakit.

4. Kolam Renang Surowono ( Surawana)

Kolam Renang Surowono ( Surawana)
top-rated.online

Masih di daerah candi surowono, terdapat  kolam renang surowono yang juga bisa menjadi list destinasi kamu saat wisata ke Pare Kediri. Memiliki beberapa jenis ukuran kolam, anak – anak akan sangat senang jika berenang di kolam ini. Selain itu, karena letaknya yang tidak jauh dari sumber air, kolam ini memiliki air yang jernih dan sejuk serta jauh dari kaporit. Suasananya yang sejuk dan asri juga bisa memanjakan orang tua yang sedang menunggu anak anaknya bermain di kolam renang ini. Dengan hanya merogoh kocek Rp. 5000,00 kamu sudah bisa masuk didalam area kolam renang dan menikmati sejuknya air kolan renang surowono.

5. Masjid Agung Pare (Masjid An Nur)

Masjid Agung Pare (Masjid An Nur)
id.wikipedia.org

Menjadi salah satu landmark wisata Pare Kediri, masjid agung pare atau biasa juga dikenal dengan Masjid AN – Nur. Masjid ini terletak di Jalan Matahari, No 2 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Masjid yang namanya diambil dari nama pejuang Islam terkenal di Pare, yaitu Kiai Nurwahid.. Memiliki pola arsitektur yang indah dan menarik menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masjid agung ini Masjid ini memiliki konsep bangunan jawa klasik, yang juga dihiasi dengan kolam tepat di area plaza masjid. Hal yang menarik dari kola mini adalah, pada waktu tertentu kamu dapat melihat bayangan refleksi masjid secara utuh dari kolam ini. Konsep arsitektur yang menarik mengantarkan masjid agung ini mendapatkan penghargaan juara pertama sayembara internasional untuk kategori perancangan arsitektural masjid.

6. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi
idsejarah.net

Satu lagi candi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi saat berada di Pare Kediri, yaitu candi tegowangi. Candi ini terletak di Desa Tegowangi Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Nama lain cari candi ini adalah Candi Sentul. Candi ini memiliki luas yang lebih lebar dibandingkan candi surowono yaitu, berukuran 11,2 x 11,2 m. Tiap sisi bawah candi dihiasi dengan raksasa (gana) yang duduk berjongkok, kedua tangan raksasa ini diangkat keatas seperti mendukung adanya bangunan candi tersebut. Disekililing candi terdapat relief cerita Sudalama, yang memiliki cerita tentang pensucian Dewi Durga dalambentuk jahat menjadi Dewi Uma dalam bentuk baik oleh Sadewa.

Selain candi kamu juga bisa melihat beberapa koleksi arca di halaman candi ini. Arca – arca ini yaitu, arca Parwati Ardhenari, Garuda berbadan manusia, dan sisa-sisa candi.

7. Wisata Air Gronjong Wariti

Wisata Air Gronjong Wariti
radarkediri.jawapos.com

Sudah merasa cukup menikmati wisata edukasi, yuk kita beralih ke wisata air yang seru dan sayang untuk dilewatkan yaitu wisata Air Gronjong Wariti. Wisata yang sedang hitz di kediri ini wajib banget jadi salah satu list wisata pare kediri kamu. Terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, wisata ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur Bersama keluarga.

Menawarkan berbagai wahana dan permainan seru menjadi daya tarik aktifitas tersendiri di wisata ini. Berbagai pilihan wahana mulai dari susur sungai naik perahu, keliling naik ATV, hinggal flying fox anak – anak ada ditempat ini. Selain menawarkan wahana yang wajib dicoba, tempat ini juga menyuguhkan berbagai spot spot foto yang sayang untuk dilewatkan



Leave a Reply