Jalan-Jalan ke Uzbekistan? Berikut 10 Makanan Khas Uzbekistan


sisil angelin  October 31, 2018  0 Comment

makanan khas Uzbekistan  merupakan hasil perpaduan tradisi kuliner masyarakat Turki dan seluruh Asia Tengah. Ada banyak pertanian gandum di Uzbekistan, jadi roti adalah salah satu makanan pokok. Selain itu, mie dan nasi menjadi makanan pokok alternatif. Jika bicara mengenai makanan khas Uzbekistan sebenarnya cukup banyak.Tiga jenis makanan Uzbekistan ini sangat digemari, tak hanya oleh masyarakat lokal, wisatawan yang berkunjung ke Uzbekistan juga memfavoritkan tiga makanan khas Uzbekistan. Berikut referensi Makanan Khas Uzbekistan

1. Palov

Palov

arbuz.com

Makanan yang satu ini memiliki nama lain Plov atau Osh atau Pilaf. Makanan khas Uzbekistan ini merupakan hidangan utama yang bahan utamanya ialah nasi dan potongan daging kambing/domba. Bahan campurannya yakni wortel parut dan bawang, buncis, kismis, dan barberries.
Palov sendiri sebenarnya ada beragam diantaranya Kovurma Palov, Behili Palov, Sarimsokli Palov, Mayizli Palov, Sofakli Palov, Kovatok Palov, Nuhatli Palov, dan Tovukli Palov. Meskipun makanan ini sering disiapkan di rumah untuk keluarga dan tamu, makanan ini juga sering disajikan dalam perayaan-perayaan maupun acara khusus seperti pernikahan.

Paket wisata murah

Inilah Rahasia Dibalik Dahsyatnya Rasa Ayam Bakar Warung Apung Rahmawati

KOPINEM Lokasi ngopi Kota Bojonegoro

2. Samsa

Samsa

arbuz.com

Makanan khas Uzbekistan ini merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung yang dibentuk segitiga kemudian dipanggang di dalam oven. Juru masak ahli yang paham dengan tehnik pembuatannya akan menjadikan Samsa ini terasa renyah namun tetap lembut. Samsa biasa diisi dengan daging domba, daging sapi, jamur, labu atau isian lainnya.

3. Shaslik

Shaslik

Pinterest.com

Makanan khas Uzbekistan yang satu ini berbahan dasar potongan daging domba, ayam, atau lyulya yakni campuran antara daging domba dan rempah-rempah. Shaslik biasa disajikan dengan tusukan baja. Campurannya ialah irisan bawang dan akan disajikan dengan Adjika yaitu saus merah dengan rasa pedas.

Baca juga :  10 Pasta paling enak di Jakarta Rasa Autentik Italia

Aneka Soup Khas Uzbekistan

Soup sangat populer di Uzbekistan dan menempati tempat penting di kuliner nasional Uzbekistan. Soup Uzbekistan kaya dengan sayuran seperti wortel, bit, bawang, sayuran, dan berbagai rempah-rempah. Sup Uzbekistan yang paling populer antara lain :

4. Shurpa

Shurpa

arbuz.com

Soup yang satu ini dikenal juga dengan nama shurva atau shorva. Soup yang terbuat dari potongan besar daging berlemak, biasanya daging kambing. Selain itu Shurpa dicampur dengan bahan sayuran segar. Ada puluhan resep shurpa seperti :
shurpa-chaban yakni soup dengan daging, kentang, bawang dan tomat
shurpa-mash yakni soup daging kambing dengan gram hijau
kaurma-shurpa yakni soup dengan lobak, kentang dan wortel
kiyma-shurpa yakni soup dengan bakso
sholgom-shurpa yakni soup daging kambing dengan lobak
kifta-shurpa soup dengan sosis daging, kacang polong dan beragam sayuran
dan masih banyak ragam resep shurpa lainnya.

5. Mastava

Mastava

world-recipes.net

Soup populer lainnya dari Uzbekistan adalah mastava yaitu soup yang bahan-bahannya antara lain daging sapi, wortel, beras, kentang, tomat (pasta), daun ketumbar. Dipoles dengan krim asam dan lada ditambahkan saat disajikan.

6. Mashkhurda

Mashkhurda

Chefkoch.de

Soup makanan khas Uzbekistan lainnya yang juga tidak kalah populer adalah mashkhurda. Disebut pula dengan nama soup goreng dengan kacang hijau. Bahan lainnya yang digunakan ialah kacang hijau, beras, daging, bawang, wortel, kentang, tomat, sayuran segar, garam dan lada.
Beberapa soup khas Uzbekistan biasa menggunakan susu asam. Penggunaan susu asam dalam soup berasal dari kebiasaan orang Turki yang merupakan nenek moyang dari masyarakat Uzbekistan hari ini. Dahulu mereka adalah suku nomaden. Selain tiga soup di atas, ragam soup khas Uzbekistan lainnya diantaranya Lagman, Chuchvara dan Kuza Shurpa.

Baca juga :  Sehat Dengan Rasa lokal, Cobain 10 salad Khas Indonesia

Variasi Makanan Khas Uzbekistan Lainnya

7. Dolmas

Dolmas

zapadnik.wordpress.com

Makanan khas Uzbekistan yang satu ini berbahan dasar daging kambing atau daging sapi yang telah digiling dan dicampur dengan bawang, garam, lada merah dan lada hitam. Masukan sedikit daging sebagai isian ke lembaran-lembaran daun anggur muda. Lalu gulung dan ikat dengan benang. Masak susunan dolmas dalam panci besar, tambahkan air, mentega, dan rempah-rempah lainnya.

8. Manty

Manty

indiana.edu

Makanan khas Uzbekistan ini merupakan hidangan daging tradisional masyarakat Asia Tengah, yang terdiri dari daging cincang halus di dalam adonan tipis seperti kulit pangsit yang dimasak dengan uap atau kukus. Manty atau manti berasal dari nama Mantou salah satu makanan dari China.
Di Uzbekistan, manty adalah hidangan yang sangat populer dan umum. Adonan halus seperti kulit pangsit diisi daging giling di dalamnya kemudian dikukus. Manty Uzbekistan biasanya disajikan untuk makan siang atau makan malam. Manty biasa dimakan dengan tangan dan ini bagian dari etiket makan Manty di Uzbekistan.

9. Naryn

Naryn

Flickr.com

Nama lainnya adalah neryn atau norin. Makanan khas Uzbekistan yang satu ini berbahan dasar daging domba yang dicincang halus. Selain itu, daging kuda juga bisa jadi penggantinya. Pendampingnya ialah saus bawang. Naryn yang di tambahkan mie biasa disebut beshbarmak. Dalam masakan Uzbekistan, Naryn adalah hidangan pasta yang dibuat seperti mie. dilinting tipis menggunakan tangan.
Naryn dapat disajikan sebagai hidangan pasta dingin yakni kuruk norin atau norin kering. Dapat juga disajikan sebagai soup mie panas yakni khul norin atau norin basah. Mie dimasak dalam air kaldu daging kuda. Daging kuda kemudian dirajang dan dicampur dalam Naryn, lalu disajikan dengan lagan yang dihias irisan sosis daging kuda atau biasa disebut kazy.

Baca juga :  Bukan Jimbaran Saja Lho! Ini 10 Tempat Makan Seafood Enak di Bali

10. Salad

Salad

arbuz.com

makanan khas Uzbekistan juga mempunyai beragam macam salad diantaranya :
Salad Chickpea yang terdiri dari lobak, bawang putih, wortel, buncis, dill, kacang arab yang telah direndam semalaman atau chichpeas kalengan, krim/susu asam, garam secukupnya.
Lazzat Salad yang terdiri dari paprika manis, brinza (keju kambing putih, krim/susu asam, mentega, bawang putih, dill cincang.
Pomegranate Dan Onion Salad yang terdiri dari 1 buah delima, 2 bawang, garam secukupnya.
Tomat dan Bawang Salad yang terdiri dari tomat segar, bawang, cabai segar, lada dan garam.
Chakka Salad yang terdiri dari suzma, bawang hijau, sayuran dan ketumbar segar, dill, garam secukupnya.
Salad ayam yang terdiri dari daging ayam rebus, mentimun, tomat, bawang hijau, bawang putih, dill, mayones.
Navruz Salad yang terdiri dari lobak merah atau mentimun, telur rebus, bawang hijau, dill, ketumbar segar, daun selada, keju, krim/susu asam.
Tashkent Salad yang terdiri dari daging kambing atau daging sapi yang telah direbus, lobak hijau, bawang goreng, minyak sayur, mayonaise, telur rebus, dill, peterseli, merica, ketumbar segar, dan bawang hijau.
Karam Gazak Salad yang terdiri dari kubis, bawang hijau, carros, minyak sayur, garam secukupnya.
Selain 10 makanan khas Uzbekistan di atas, masih ada Kazan Kabob yang terbuat dari tulang domba, kentang, dan minyak. Selain itu, ada Nohat Shorak yang terbuat dari bahan kacang polong dan daging, lalu disajikan dengan kaldu dan kazy (irisan sosis daging kuda). Masih ada lagi Shivit Oshi yang terbuat dari bahan mie dengan topping daging goreng, kentang, merica, tomat, wortel lalu disajikan dengan krim atau susu asam.



Leave a Reply