10 Tempat Wisata di Uzbekistan Saksi Kejayaan Islam Masa Lampau


Reni  December 17, 2018  0 Comment

tempat wisata di Uzbekistan bisa jadi alternatif pilihan bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mengenal sejarah. Di negara ini memang terdapat banyak sekali budaya, sastra serta bangunan – bangunan megah peradaban Islam di abad pertengahan.

Berwisata tidak melulu harus ke tempat yang populer atau banyak dikunjungi orang. Karena sesekali mengunjungi tempat yang unik dan menyimpan banyak cerita atau sejarahpun tak ada salahnya. Dan Uzbekistan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin merasa atmosfir Islam yang kental. Jika anda ingin jalan – jalan ke Uzbekistan,Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Uzbekistan

1. Bukhara

Bukhara

indy-guide.com

Bukhara dijuluki sebagai kota tertua yang ada di Uzbekistan. Bahkan kota yang berada di tengah negara Uzbekistan ini masuk ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO. Tentunya ada alasan tersendiri mengapa UNESCO mengapresiasi Bukhara ini.
Keindahan kota Bukhara terletak pada bangunan – bangunannya yang megah, unik dan menawan. Bahkan keunikan bangunan – bangunan tua inilah yang menjadi ciri khas tersendiri. Keindahan alamnya juga tak kalah menawan. Apalagi Bukhara merupakan kota kelahiran Imam Bukhari yang makin membuat kota ini menjadi spesial.

Gotravelly

Batu Love Garden, Wisata Taman Bunga Dengan Koleksi 600 Jenis Tanaman!

Wisata Istana Jamur, Ngancar, Kediri

2. Tashkent

Tashkent

indy-guide.com

Kota tua selanjutnya yang wajib dikunjungi ketika anda jalan – jalan di Uzbekistan adalah Tashkent. Pemandangan kota Tashkent ini sangat indah dan tak heran jika kota yang satu ini juga layak masuk kedalam list yang wajib dikunjungi.
Dikota ini anda bisa menemukan banyak sekali landmark serta berbagai spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Kota ini dulunya juga dikenal sebagai kota untuk pemberhentian perdagangan sutra. Jika anda ingin menikmati pemandangan kota yang indah khas Uzbekistan, maka Tashkent adalah destinasi terbaik.

Baca juga :  10 Destinasi Rayakan Valentine di Indonesia Bersama Pasangan!

3. Khiva

Khiva

euronews.com

Biasanya bangunan kuno menjadi tidak terawat dan terkesan berantakan. Namun tidak dengan Khiva, Uzbekistan. Khiva menjadi salah satu kota di Uzbekistan yang kental dengan bangunan kunonya. Justru karena bangunan kuno inilah mengapa Khiva terlihat menarik, unik dan megah.
Bangunan kuno yang ada di kota Khiva ini memang cukup kental dan unik. Anehnya justru hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan berkunjung. Disini anda tak hanya akan disajikan dengan pemandangan bangunan – bangunan kuno saja, namun anda juga bisa berbelanja cinderamata dan pernak – pernik yang bisa anda jadikan sebagai oleh – oleh khas kota Khiva, Uzbekistan.

4. Samarkand

Samarkand

Kabar.kg

Samarkand dikatakan sebagai kota tua terbesar yang ada di Uzbekistan. Kota ini dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sejarah. Bahkan diperkirakan kota Samarkand ini sudah berusia 3000 tahun. Samarkand juga menjadi jalur yang selalu dilewati untuk perdagangan sutra di Eropa.
Jika anda jalan – jalan ke Uzbekistan, maka anda wajib datang ke Samarkand karena dikota ini anda akan disuguhi peninggalan – peninggalan sejarah yang sampai dengan saat ini masih terawat dengan baik sehingga bangunan – bangunan bersejarah tersebut membuat pemandangan kota nampak indah. Sehingga meskipun Samarkand merupakan kota tua yang kental dengan bangunan bersejarah, namun kota ini tetap menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

5. Makam Imam Al Bukhari

Makam Imam Al Bukhari

Seputar Muslimin – Blogger.com

Imam Al Bukhari memang lahir di negara Uzbekistan. Dan ketika anda sedang jalan – jalan di Uzbekistan, rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi makam Imam Al Bukhari ini. Jika dimata anda makan identik dengan tempat yang menyeramkan, maka berbeda dengan makam Imam Al Bukhari ini.
Bangunan makam Imam Al Bukhari ini didesain dengan sangat unik dan megah bahkan jauh dari kesan menyeramkan. Bangunannya didominasi dengan dinding marmer dan tentu saja identik dengan bangunan khas Uzbekistan. Bahkan di kompleks makam ini juga terdapat beberapa bangunan lain seperti kantor administrasi dan juga masjid yang bisa menampung jamaah sekitar 1500 orang. Jika anda ingin berwisata religi sekaligus mengenal sejarah, maka anda wajib datang ke makam Imam Al Bukhari ini.

Baca juga :  6 Wisata di Desa Nglanggeran, Peraih Best Tourism Village 2021

6. Registan Square

Registan Square

Wikipedia

Jalan – jalan ke Uzbekistan juga wajib mampir ke Registan Square. Uzbekistan memang dikenal memiliki madrasah dan salah satunya berada di Registan Square ini. Registan Square sendiri merupakan kompleks atau area pendidikan yang sudah ada sejak abad pertengahan.
Disini terdapat 3 buah gedung madrasah yang mana tempat ini memang selalu ramai oleh wisatawan. Bahkan Registan Square yang ada di kota Samarkand ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan. Mengapa? Karena bangunan – bangunan madrasah di Registan Square ini sekarang sudah dialihfungsikan sebagai pusat kerajinan khas masyarakat setempat. Sehingga bagi anda yang berburu souvenir khas Samarkand, bisa ke Registan Square ini.

7. Gerbang Neraka

Gerbang Neraka

anekanews.net

Gerbang neraka sebenarnya merupakan lubang raksasa yang didalamnya muncul dan dikelilingi oleh api. Lubang api ini ditemukan sejak tahun 1975 dan diklaim sebagai lubang api terbesar di dunia.
Meskipun gerbang neraka atau yang dijuluki sebagai miniatur neraka ini sudah menjadi destinasi wisata di Uzbekistan, namun ketika mengunjungi tempat ini anda dilarang untuk melihat terlalu dekat karena memang sangat berbahaya. Tempat ini juga merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika jalan – jalan ke Uzbekistan.

8. Museum Seni Nukus

Museum Seni Nukus

Tired Road Warrior – WordPress.com

Bagi anda pecinta seni tentu wajib mengunjungi Museum Seni Nukus yang ada di Uzbekistan ini. Disini anda akan disuguhi dengan berbagai karya seni berupa seni rupa yang artistik dan barang – barang seni lainnya yang unik. Barang – barang yang ditampung di museum ini merupakan karya yang menggambarkan kehidupan Igor Savitsky. Museum ini sudah dibuka sejak tahun 1966.

Baca juga :  10 Pantai Terkenal di Italia dengan Air Laut Sebening Kristal

9. Fergana

Fergana

caravanistan.com

Uzbekistan tak hanya memiliki kemegahan bangunan – bangunan kuno saja melainkan juga keindahan alam yang mengagumkan. Dimana salah satunya adalah Lembah Fergana. Di tempat ini anda akan disuguhi dengan pemandangan oasis yang menakjubkan.
Lembah Fergana dikenal sebagai pusatnya pertanian yaitu untuk menanam buah, sayur dan juga kapas. Lembah ini dikelilingi oleh pegunungan yang tentu saja menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Jika anda sedang jalan – jalan ke Uzbekistan dan ingin menikmati keindahan alam Uzbekistan, maka datang saja ke Lembah Fergana ini.

10. Urgut Market

Urgut Market

commons.wikimedia.org

Berwisata tak lengkap rasanya jika tidak berbelanja. Jalan – jalan ke Uzbekistan, anda harus mampir ke Urgut Market. Di pasar ini anda akan menemukan beragam produk yang dijual seperti kerajinan penduduk, termasuk juga dengan buah dan sayuran. Di waktu – waktu tertentu juga diadakan bazar di pasar ini sehingga bagi anda yang ingin mendapatkan barang khas Uzbekistan dengan harga yang lebih murah, bisa datang ke Urgut Market.

Uzbekistan memang menyimpan pesona yang luar biasa. Pemandangan alam yang indah dipadu dengan bangunan – bangunan kuno yang sampai saat ini masih terlihat apik dan megah menjadi salah satu alasan mengapa anda wajib datang ke Uzbekistan ini. Uzbekistan tak hanya menyuguhkan tempat wisata saja namun juga beragam sejarah Islam yang menarik untuk diketahui. Berminat jalan – jalan ke Uzbekistan? Kunjungi 10 tempat wisata diatas.



Leave a Reply