Berbagai Rekomendasi Pantai di Kalianda yang Wajib Dikunjungi


Rio Handika  June 20, 2023  0 Comment

Salah satu kota di Indonesia yang mempunyai banyak pantai indah adalah Kalianda, salah satu kecamatan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Lampung Selatan. Tentunya Kalianda ini mudah untuk diakses semua wisatawan, bisa menaiki kapal dengan penyeberangan Merak – Bakauheni jika anda dari Jawa, ataupun dengan tol Lampung dia akan berangkat dari Palembang.

Dengan kemudahan dari banyak akses menuju pantai di kalianda inilah yang membuat banyak orang tertarik mendatangi kota satu ini.

Nah, buat anda yang memang ingin melakukan liburan di Lampung Selatan, berikut ini ada beberapa rekomendasi pantai yang ada di Kalianda Lampung Selatan.

Pantai di Kalianda :

1. Pantai Paling Bagus, Pantai Marina

pantai marina kalianda
orbitindonesia.com

Tempat wisata pantai yang paling dikenal di Kalianda Lampung Selatan bernama Pantai Marina. Pantai ini merupakan Sebuah pantai yang dulunya mempunyai banyak cerita misteri dan mitos, jadi cukup jarang dikunjungi wisatawan.

Walaupun begitu, sekarang pantai satu ini malah menjadi salah satu primadona bagi banyak wisatawan. Bahkan banyak yang bilang jika pantai ini adalah pantai terbaik yang pernah mereka datangi di Kalianda.
Mengingat banyaknya Ombak tinggi cantik yang menabrak batu karang, pasir putihnya yang halus, air laut jernihnya, deretan pohon kelapa yang sangat rindang, sampai spot foto kekinian, menjadikan pantai ini menjadi sangat recommended buat anda kunjungi.

Ditambah akses jalan sampai ke Pantai Marina juga terbilang lumayan, walaupun memang tidak semuanya sudah jalan beraspal. Tapi, jalan kesana masih mudah dilalui, mau itu dengan kendaraan roda empat sampai sepeda motor. Bus juga diketahui dapat masuk sampai ke pinggiran pantai.

Alamat lokasi: Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar 30 ribu/orang.
Harga parkir: sekitar 10 ribu untuk mobil, dan 5 ribu untuk motor.
Jam buka: 07.00 – 18.00.

2. Menikmati Pasir Putih Cantik di Pantai Teluk Nipah

pantai teluk nipah
liburanlampung.blogspot.com

Lantai selanjutnya yang harus anda kunjungi ini tidak terlalu jauh dari lokasi pantai marina, yaitu pantai Teluk Nipah. Sebuah pantai yang mempunyai pasir putih halus lembut yang tentunya akan sangat memanjakan mata dan membuat tergoda siapapun yang akan melihatnya.

Baca juga :  Suka jalan Kaki? Kamu Wajib Ikutin 10 Walking Tour Terbaik di Dunia

Selama perjalanan anda kesini sini, nanti anda akan melewati perkebunan karet luas milik PTPN. Perkebunan karet ini juga mempunyai pemandangan yang eksotis sehingga sering juga dipakai menjadi tempat foto prewedding, perjalanan anda pun tidak akan terasa bosan.

Bukan hanya kebun karet, ada spot foto lain disekitarnya yang juga cocok untuk dikunjungi, yaitu Bukit Pala. Salah satu bukit di Lampung yang selalu diincar banyak wisatawan menjadi tempat camping. Dari atas bukit ini, anda tentunya dapat dengan mudah melihat luasnya hamparan pasir putih serta hempasan ombak berbuih yang sangat eksotis dan juga jelas terlihat.

Bukan cuma itu, Gunung Anak Krakatau juga dapat terlihat jelas ketika cuacanya cerah dan tidak ada awan mendung. Lokasi ini pun telah menjadi tempat terindah bagi anda jika ingin menikmati sunset di sore hari.

Alamat lokasi: Desa Bulok, kec. Kalianda, kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: Gratis
Harga parkir: sekitar 5.000 untuk mobil dan sekitar 3.000 untuk motor

3. Camping Glamping hanya di Pantai Embe atau M Beach

pantai embe
pantainesia.com

Pantai Cantik selanjutnya yang ada di Lampung Selatan adalah Pantai Embe atau singkatan dari lokasi Merak Belantung. Dan sekarang, pantai ini juga telah rebranding dan mengubah namanya menjadi M Beach.

Selain anda dapat bermain dengan pantai pasir putihnya, terdapat beragam aktivitas lain yang dapat anda lakukan di sini, seperti dengan mengajak anak untuk bermain di taman playground.

Selain itu, bagi anda yang memang sedang mencari penginapan dekat pantai, bisa juga mendatangi M Beach untuk menjadi alternatif. Hal ini karena terdapat penginapan berupa glamping disana.

Alamat lokasi: Jalan Trans Sumatera KM. 45, Dusun Muing RT. 02 RW. 01, Desa Merak Belantung, kec. Kalianda, kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: kurang lebih 30-40 ribu per orang.
Harga penginapan: dibawah 500 ribu.

4. Berfoto Dengan icon Kapal Terdampar di Pantai Kedu

pantai kedu
lampungselatankab.go.id

Pantai selanjutnya adalah pantai Kedu. Pantai ini juga cukup sering didatangi banyak wisatawan karena lokasinya yang indah dengan hamparan pasir yang memanjang. Selain itu, ada salah satu icon terkenal yang sering menjadi spot foto di sana, yaitu kapal terdampar.

Alamat lokasi: Sinar Laut, kec. Kalianda, kab. Lampung Selatan.
Harga Masuk: sekitar Rp5.000.

5. Pantai Terdekat Jalan Lintas ada Pantai Bagus

pantai bagus
lampung.co

Ada juga pantai Bagus yang berlokasi di Kalianda Lampung Selatan ini. Jika anda nantinya akan melewati jalan Lintas Sumatera, anda tentu akan melewati pantai satu ini dahulu sebelum dapat mendatangi pantai lain.

Baca juga :  Harga Tiket Masuk Jatim Park 2 Terbaru

Pantai satu ini disebut yang paling dekat dengan jalan lintas, dan sering dikunjungi masyarakat sekitar jika ingin berenang atau sekedar bersantai dan bakar-bakar ikan saat akhir pekan.

Meskipun memang pasirnya tidak sehalus M Beach, namun tempat ini termasuk rekomendasi terbaik untuk anda kunjungi.

Alamat lokasi: Merak Belantung, kec. Kalianda, kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar Rp 10-15 ribu/ orang.

6. Pantai yang Menghadap Langsung ke laut Sunda, hanya di Pantai Kunjir

pantai kunjir
lampungselatankab.go.id

Destinasi pantai di kalianda selanjutnya yang juga akan menghadap langsung ke laut selat sunda ini telah membuat Pantai Kunjir memiliki keunikan berbeda dari pantai lain di Kalianda. Bahkan gunung yang menjulang tinggi juga akan terlihat jelas jika anda mendatangi pantai ini. Anda sebagai wisatawan tentu dapat menikmati akhir pekan dengan mendatangi pantai ini dengan teman atau keluarga. Apalagi juga terdapat banyak gazebo yang telah dilengkapi dengan tempat luas untuk duduk-duduk sekaligus istirahat.

Pantai Kunjir ini akan buka dari pagi sampai sore hari, jadi akan membuat Anda dapat merasa puas jika sedang bermain disana. Tetapi memang pada area Pantai masih belum terlalu banyak tersedia penyewaan permainan air. Jadi bagi anda yang ingin membawa pelampung nantinya bisa membawa sendiri dari rumah.

Alamat lokasi: Kalianda, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar Rp10.000

7. Berfoto dengan batu karang hanya di Pantai Tapak Kera

pantai tapak kera
wartalampung.id

Tidak jauh dari lokasi Pantai Marina, terdapat pantai lain yaitu pantai tapak kera. Pantai yang memiliki pemandangan utama berupa banyaknya batu karang yang instagramable ini membuat anda tidak akan menyesal mendatanginya.

Selain itu, suasana yang indah dan nyaman tenty membuat anda semakin betah berada disini.
Alamat Lokasi: Merak Belantung, kec. Kalianda, kab. Lampung Selatan.
Harga Masuk: sekitar Rp 20.000/orang.

8. Pantai dengan nama unik di Pantai Wartawan

pantai wartawan
wisatasumatera.com

Pantai yang ini diketahui juga populer dikarenakan nama unik yang dimilikinya. Konon penamaan dari nama Pantai ini mempunyai makna tersendiri, hal ini karena dikatakan dahulu terdapat sekelompok wartawan yang pernah merawat pantai satu ini. Sampai sekarang pun wisata yang ada disini juga masih terlihat asri dan bersih karena adanya pengelola yang selalu menjaganyqxdengan baik. Bahkan pasir di pesisir sangat terasa lembut ketika akan disentuh dengan tangan.

Keunikan dari destinasi alam tersebut juga dapat dilihat dari beberapa sumber air panas yang berada pada bibir Pantai. Beberapa orang yang akan datang juga cukup sering memanfaatkan air tersebut dan memakainya untuk merebus mie ataupun telur. Sumber airnya memang masih belum diketahui dengan pasti, tapi keunikan yang ada disana tentu akan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Maka dari itu, Pantai Wartawan disebut sangat cocok menjadi salah satu rekomendasi anda untuk berlibur.

Baca juga :  27 Tempat Wisata di Jogja Wajib di Kunjungi Sekali Seumur Hidup

Alamat lokasi: Way Muli, Rajabasa, Way Muli, Rajabasa, kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar Rp 2.500/orang
Harga parkir: sekitar Rp 5.000 untuk mobil, sekitar Rp 2.000 untuk motor

9. Pantai pasir lembut hanya di Pantai Canti Kalianda

pantai canti
lampung.co

Selanjutnya juga ada pantai yang cantik lain di kalianda lampung selatan, yaitu ada Pantai Canti. Pantai yang memiliki pasir lembut ini sangat nyaman jika dibuat berenang. Tapi Tenang saja, disana juga terdapat kamar bilas yang bisa membuat anda sehabis renang dapat langsung berganti baju lain.
Selain pantai, terdapat fasilitas penginapan yang bisa anda sewa untuk beristirahat.

Alamat Lokasi: Rajabasa, kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar Rp 10.000-15.000/orang.

10. Pantai dengan penginapan keren ada di Pantai Kalianda Resort

kalianda resort
tripadvisor.co.id

Pantai selanjutnya ini juga dikenal dengan pantai yang memiliki penginapan keren bernama Kalianda Resort. Sebuah resort yang dikenal dengan aneka tempat wisata yang keren.

Selain bisa berenang di pinggir pantai, anda juga bisa bermain kano, bermain banana boat, sampai dengan sewa perahu, hingga sewa sepeda serta sepeda listrik. Selain resort dan pantai, disana juga tersedia cafe yang bernama Rodeoz Cafe. Jadi anda pun bisa menikmati secangkir kopi lengkap dengan pemandangan indah dari pantai satu ini.

Alamat Lokasi: Merak Belantung, kec. Kalianda, kab. Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar Rp 75.000/orang
Harga penginapan: mulai dari Rp 800.000/malam.

11. Nimati Healing nyaman di Pantai Laguna Helau Kalianda

pantai laguna
tempatwisataseru.com

Pantai di Kalianda selanjutnya adalah Pantai Laguna Helau yang juga memiliki penginapan bernama Alau Alau Resort. Pantai ini memiliki pasir putih halus yang indah dengan icon pohon yang memiliki ayunan.
Tapi jika anda ingin mendatangi pantai satu ini, anda harus menginap di resort satu ini dahulu.

Alamat Lokasi: Way Urang, kec. Kalianda, kab. Lampung selatan.
Harga penginapan: mulai dari Rp 600.000an

12. Pantai dengan sunsetnya yang cantik di Pantai Senja

pantai senja
nasyitha.com

Pantai Senja diketahui memang termasuk nama yang unik. Tapi bukan hanya namanya saja, di pantai ini selalu menyuguhkan kecantikan sunset atau senja saat sore tiba. Langit yang berubah menjadi senja ini dapat membuat sekitar Pantai ini menjadi indah karena pancarannya yang cantik. Bahkan sudah ada banyak wisatawan yang memang sengaja datang dari sore karena hanya ingin menyaksikan matahari terbenam. Apakah disini juga disediakan banyak gazebo dan kursi pantai yang membuat banyak orang lebih nyaman.

Biasanya saat air laut sedang surut, akan tampak banyak batu karang serta kerang yang berada di pesisir. Jika anda memang ingin bermain air, jadi harus lebih berhati-hati supaya tidak terluka terkena batu tersebut.

Ditambah dengan Bukit yang indah dan juga pohon kelapa yang ada di sana dapat lebih memberikan banyak kesejukan. Apalagi ketika siang Pantai Senja ini juga sangat cantik karena air laut tampak sangat biru karena pancaran dari sinar mentari.

Alamat lokasi: Jl. H. Abdul Muthalib, Merak Belantung, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.
Harga masuk: sekitar Rp 15.000/ orang.

source : https://www.youtube.com/@jani.master

Jadi bagaimana? Apakah sudah ada pantai di Kalianda yang menarik perhatian ada? Yuk segera jadwalkan liburannya!



Leave a Reply