Wisata

9 Tempat Wisata di Pulau Kangean, Madura Beneran Bikin Kangen

Menikmati musim liburan tentu saja terasa kurang lengkap tanpa mengunjungi objek wisata bersama keluarga. Beruntungnya, Indonesia merupakan negeri yang kaya akan pesona alam dan keberagaman objek wisata di hampir semua provinsinya. Seperti yang dimiliki Jawa Timur sebagai pulau dengan keindahan alam dan menjadi tujuan utama traveler saat musim liburan tiba. Satu diantaranya, tempat wisata Kangean yang berada di dekat Madura, Jawa Timur.
Pesona alam Pulau Kangean sudah bukan rahasia lagi bagi masyarakat Indonesia. Bagi yang hobi berkeliling, sudah pasti tidak asing dengan indahnya pulau yang satu ini. Selain dikenal sebagai penghasil komoditas laut seperti garam dan ikan, Pulau Kangean Madura juga terkenal akan destinasi wisatanya lho!


Nah, berikut ini adalah tempat wisata Kangean yang bisa menjadi tujuan berlibur paling seru. Simak ya!

1. Pemandian Celgung


SurabayaOnline.co


Berada di Desa Pabian, ternyata kawasan yang satu ini sudah dikenal sebagai objek wisata andalan masyarakat Pulau Kangean. Wisata air alami atau pemandian Celgung memiliki keunggulan tersendiri karena adanya mata air alami dari bawah tanah yang biasa disebut Air Somber (Air Sumber). Selain itu, pemandian Celgung juga menjadi tempat wisata Kangean yang terjangkau bagi wisatawan.
Untuk bisa menikmati keindahan mata air Somber di pemandian Celgung, setiap pengunjung hanya dibebankan tarif parkir dan tiket masuk kurang dari Rp 25.000,- saja. Selain pemandangan yang memesona, keunikan terjadi ketika air laut sedang pasang lho! Perpaduan mata air Somber dengan air laut tidak bisa menyatu dan disebut mirip dengan fenomena air laut di kawasan Timur Tengah. Keren kan?

Mengenal Batik Dan Budaya Madura Di Tresna Art

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

Wisata Goa Pote: Bukit Kapur Instagramable Ikon Kota Bangkalan

2. Jembatan Ajaib Kangean


Kangean.Net


Munculnya jembatan ini konon dibekali juga dengan cerita misteri lho! Pasalnya, Jembatan Ajaib di Kangean ini muncul dengan sendirinya usai seorang warga melihat kilatan cahaya di sekitar laut. Peristiwa munculnya jembatan tersebut bersamaan dengan keberadaan batu karang di perairan Bangkalan, Madura.
Hingga saat ini, Jembatan Ajaib masih menjadi ikon fenomenal di Kangean. Bahkan beberapa wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Kangean tidak pernah absen menyaksikan jembatan yang satu ini. Batu karang yang ada di sekitar perairan Bangkalan juga disebut menyerupai batu tangkis untuk melindungi makam di kawasan ini.

3. Pemandian Olbek

kangean.net


Tampak menyerupai pemandian Celgung, objek wisata di Kangean berikut ini disebut dengan Pemandian Olbek. Pemandangan di sekitar tempat wisata Kangean populer ini lebih sejuk karena berada di antara pepohonan rindang. Udara yang terasa di sekitar kawasan pemandian Olbek terkenal lebih dingin, sehingga saat berkunjung kesini sebaiknya menggunakan pakaian yang sedikit tebal.
Pemandian Olbek termasuk objek wisata populer di Pulau Kangean konon karena khasiatnya. Ya, beberapa warga disini percaya bahwa air yang berasal dari sumber mata air Olbek berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sudah banyak warga yang merasakan manfaat dari mata air Pemandian Olbek, sehingga saat berkunjung kesini mereka tidak melewatkan kesempatan membawa pulang air dari kawasan pemandian.

4. Pulau Mamburit


Kangean.Net


Pulau Mamburit adalah pulau yang berada di sekitar kawasan Pulau Kangean. Mamburit merupakan tempat yang cocok untuk menikmati pemandangan dari ujung pulau Kangean. Keindahan pulau yang menjadi satu wilayah dengan Madura tersebut akan tampak jelas dan menyisakan pengalaman liburan terbaik untuk wisatawan.
Selain masih asri dan jarang disentuh wisatawan, Pulau Mamburit juga termasuk tempat wisata Kangean yang memiliki keindahan bawah laut mengagumkan. Bagi pengunjung yang ingin melakukan snorkeling atau diving, di sekitar kawasan ini sudah tersedia alat untuk disewakan. Tidak hanya itu, oleh-oleh khas Pulau Mamburit berupa buah Sukun juga menjadi sajian paling diincar wisatawan lho!

5. Goa Kuning


traveltodayindonesia.com


Meski merupakan goa buatan, ternyata Goa Kuning justru menjadi tempat wisata Kangean paling laris dikunjungi saat musim liburan tiba. Goa Kuning menyimpan sejarah karena termasuk tempat persembunyian ketika masa penjajahan Belanda.
Bahkan di bagian dalam goa masih tersimpan beragam perabotan rumah tangga yang terbuat dari batu. Kemungkinan besar, para warga bersembunyi dalam waktu lama saat itu.
Goa Kuning saat ini menjadi objek wisata bersejarah yang ramai ketika musim liburan setiap tahunnya. Berada di Dusun Nyamplong Undung, Desa Kalikatak, Arjasa, Kangean, tempat ini mudah dijangkau wisatawan. Warna bebatuan yang dominan kuning membuat nuansa goa tampak menawan. Disekitar kawasan Goa juga terdapat lokasi bersemedi, sehingga nuansa mistis masih cukup kental.

6. Pantai Batu Guluk

Pulau Kangean memiliki pantai yang cukup terkenal bagi wisatawan pecinta traveling. Pantai Batu Guluk bisa menjadi tujuan berlibur karena menyajikan pemandangan alam memukau mata. Dengan keindahan pasir putih yang bersih serta gradasi air laut menyatu dengan warna langit, pastinya membuat pemandangan pantai Batu Guluk sungguh memesona.
Pantai Batu Guluk merupakan tempat wisata Kangean yang berada di area Kangean Besar. Lokasi tepatnya di Desa Bilis-Bilis, Kecamatan Arjasa. Dekat dari kawasan pantai, terdapat pelabuhan Batu Guluk yang tidak lain adalah pelabuhan utama menuju Madura melalui Pelabuhan Kalianget. Sudah pernah kesana?

7. Pantai Teluk Sapoong


Kangean.Net


Selain pantai Batu Guluk, masih ada tempat wisata Kangean yang menampilkan pesona pantai dengan pasir putihnya. Pantai Teluk Sapoong, berlokasi di Desa Pajenangger, Arjasa, pasti lokasinya tidak sulit untuk dicari. Berada di wilayah selatan Pulau Kangean, pantai Teluk Sapoong ini diapit oleh sebuah teluk.
Menikmati pesona pantai Teluk Sapoong, pengunjung akan betah berlama-lama di lokasi ini. Beberapa atraksi biasanya disuguhkan oleh pengelola untuk menarik perhatian wisatawan. Selain itu, ada juga spot untuk selfie dengan pemandangan alami dari kawasan pantai. Bagi wisatawan yang suka dengan suasana pantai cukup hening, sepertinya pantai Teluk Sapoong bisa menjadi rekomendasi terbaik.

8. Pulau Saebus

deskgram.net


Masih satu bagian dari Pulau Kangean, Pulau Saebus juga menanti untuk dikunjungi. Pemandangan di sekitar Pulau Saebus bisa membuat pengunjung terpukau karena selain menyuguhkan pasir putih, fenomena air laut juga siap memanjakan mata. Bagi wisatawan yang hobi dengan permainan air, di sekitar pantai juga telah tersedia alat snorkeling untuk disewakan.
Pulau Saebus menjadi tempat wisata Kangean yang ramai setiap musim liburan. Wisatawan yang mengunjungi Pulau Saebus biasanya asik melakukan permainan air, berfoto di spot modern yang sudah disediakan, atau hanya sekadar menikmati udara pantai. Beberapa fasilitas seperti penginapan dan alat transportasi sudah terjamin dengan harga murah lho!

9. Pulau Paliat

aldiangiovanno.com


Satu lagi gugusan di Pulau Kangean yang tidak bisa dilewatkan adalah Pulau Paliat. Pulau yang satu ini secara administratif berada di Kepulauan Sumenep dan berada di sebelah timur Kangean. Pulau Paliat masih belum banyak dikenal sebagai tempat wisata Kangean. Namun, pesona pulau yang satu ini wajib dikunjungi karena masih asri dan menyuguhkan panorama khas pantai nan indah.
Itulah beberapa deretan objek wisata nan indah di kawasan Pulau Kangean Madura, Jawa Timur. Beberapa tempat wisata Kangean yang telah dipaparkan tersebut sudah menjadi langganan para traveler dan berhasil menjadi daya tarik Pulau Kangean sehingga dikenal sebagai salah satu kawasan wisata terbaik di Jawa Timur.

Reni

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago