Wisata

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak orang yang ternyata ingin melakukannya namun bingung mencari mana wisata terbaik. Tidak perlu pusing karena berikut ini akan dijelaskan beberapa tempat wisata dekat Stasiun Bogor yang bisa kamu kunjungi:

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor :

1. Kampoeng Air Katulampa – Wisata Dekat Stasiun Bogor

suarajabarsatu.com

Pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kampoeng Air Katulampa yang sering dijadikan tempat main anak. Sayangnya, banyak orang yang membuang sampah sembarangan hingga mencemari sungai. Akses jalannya cukup kecil, disarankan untuk naik motor dari stasiun.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kampoeang Air Katulampa salah satunya adalah memancing. Ada beberapa jenis ikan mulai mujair, gurame, nila yang bisa dipancing lalu dimakan di tempat. Bisa juga semua ikan yang kamu pancing dibawa pulang untuk digoreng.

Lokasi Kampoeng Air Katulampa ada di Jl.Bendung Jl.Katulampa Raya, No.45, RT.4/RW.19, Katulampa, Kec.Bogor Tim, Kota Bogor

Jam operasional:  setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB

Telepon: 0812-1344-4301

2. Museum Zoologi

travel.kompas.com

Tempat wisata dekat stasiun Bogor selanjutnya adalah Museum Zoologi. Bagi kamu yang membawa serta anak-anak maka bisa mampir ke sini untuk mengajak anak wisata edukasi. Lokasinya strategis dan dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Kebun Raya Bogor.

Tiketnya juga masih tergolong terjangkau yakni Rp25 ribu untuk hari Sabtu dan Minggu setiap orangnya. Parkirnya di area kebun raya Bogor sehingga cukup jauh dari museum. Biasanya, dikenakan tiket dobel untuk masuk kebun raya juga sehingga kamu bisa menikmati dua wisata.

Lokasi Museum Zoologi ada di Jl.Ir.H Juanda No.9, RT.4/RW.2, Peledang, Kec.Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB

3. Lawang Suryakencana

tangerangraya.id

Ketiga ada Lawang Suryakencana yang nuansanya seperti sedang di China. Kamu tidak dikenakan biaya masuk namun kemungkinan uang yang akan kamu habiskan di sini cukup banyak. Banyaknya jajanan yang bisa dibeli menjadi alasan utamanya.

Lokasinya pada bagian selatan Kebun Raya Bogor dan sangat strategis. Ketika datang ke sini, kamu bisa menikmati wisata kuliner khas Bandung sepuasnya. Dijamin, pasti akan puas menikmatinya. Pada pagi atau sore hari, Lawang Suryakencana akan banyak pelanggan.

Lokasi Lawang Suryakencana ada di Jl.Suryakencana, RT.1/RW.1/ Gudang, Kec.Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: buka 24 jam

4. Akuatik Park

travel.kompas.com

Untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata dekat stasiun Bogor yang instagramable maka bisa datang ke sini. Banyak orang yang datang ke Akuatik Park untuk mencari udara segar di tengah hiruk pikuk kota. Tempat ini menyimpan banyak jenis tanaman air sampai dengan mangrove.

Kekurangannya memang perairannya cukup kecil dan masih terus direnovasi supaya lebih baik. Kamu bisa belajar banyak tentang tanaman air jika datang ke sini. Penjual makanan di sekitar taman juga ada cukup banyak sehingga kamu tidak perlu pusing mencari makanan.

Lokasi Akuatik Park ada di Paledang, Kec.Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

5. Taman Meksiko

jakarta.tribunnews.com

Rekomendasi selanjutnya adalah Taman Meksiko yang letaknya masih satu tempat dengan Kebun Raya Bogor. Jenis bunga yang ditampilkan adalah tanaman sekulen eksotis dari Amerika Tengah dan Selatan. Contohnya adalah tanaman kaktus yang tersedia dari ukuran kecil sampai tinggi menjulang.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini adalah sewa sepeda listrik. Harganya cukup mahal yakni 55 ribu setiap jamnya untuk satu orang. Meski mahal tapi dipastikan kamu puas karena bisa mengelilingi taman dengan lebih cepat.

Lokasi Taman Meksiko berada di Jl.Otto Iskandardinata No.13, RT.4/RW.2, Paledang, Kec.Bogor Tengah

6. Tugu Kujang Bogor

jakarta.tribunnews.com

Selanjutnya ada Tugu Kujang Bogor yang menjadi salah satu kebanggaan warga Bogor. Jika ingin melihat keindahan Tugu Kujang Bogor maka disarankan untuk datang pada malam hari. Pasalnya pada siang atau sore hari dilarang melintasi Tugu Kujang Bogor.

Jalan-jalan di sekitar Tugu Kujang Bogor menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tempat wisata dekat stasiun Bogor yang satu ini sering ramai pengunjung karena tidak dipungut biaya masuk. Lambang tugunya adalah Kujang Kuntul yang menandakan sebagai hari jadi Bogor ke 541.

Lokasi Tugu Kujang Bogor ada di Jl.Raya Pajajaran No.1A, Barangsiang, Bogor Timur, RT.4/RW.2, Tegallega, Kec.Bogor Tengah, Kota Bogor

Jam operasional: 24 jam

7. Danau Gunting Kebun Raya Bogor

rbg.id

Sambil menikmati keindahan danau, di sini kamu bisa menikmati snack dan juga minuman yang dibawa. Terdapat penjual pakan ikan juga yang memperbolehkan kamu memberi makan ikan di sana. Hawanya dingin, cocok untuk healing sejenak melepas penat.

Tiket masuknya cukup murah, untuk hari biasa hanya Rp15 ribu sedangkan weekend Rp25 ribu. Kegiatan yang bisa dilakukan bersama sahabat jika berkunjung ke Danau Gunting adalah piknik. Lokasinya tepat berada di tengah kebun raya Bogor, tinggal lurus saja dari pintu utama.

Lokasi Danau Gunting ada di Kebun Raya Bogor Tengah, RT.4/RW.2, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-17.00 WIB

8. Museum Tanah dan Pertanian

tabloiddinartani.com

Para penjaga di sekitar museumnya sangat ramah, ketika masuk wajib registrasi terlebih dahulu. Terdapat banyak sudut yang bisa dikunjungi, terdapat juga area rooftop yang sejuk. Anak-anak pastinya akan mendapat hiburan sekaligus edukasi ketika berkunjung ke sini.

Memilih tempat wisata dekat stasiun Bogor yang sifatnya edukasi cukup banyak. Kabar baiknya, untuk masuk ke Museum Tanah dan Pertanian ini gratis pada momen tertentu. Koleksi di dalamnya juga lengkap, bahkan ada banya spot fotor yang tersedia.

Lokasi Museum Tanah dan Pertanian ada di Jl.Ir.H Juanda No.98, RT.01/RW.01, Gudang, Kec.Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 09.0015.00 WIB

9. Kampung Labirin

evrinasp.com

Selanjutnya ada Kampung Labirin yang mana cat dan semua rumahnya memiliki waena hijau. Bagi kamu yang baru pertama datang ke sini kemungkinan besar bisa nyasar. Wisata air ketika festival juga sering berlangsung di Kampung Labirin.

Kepadatan penduduk tidak selamanya jadi musibah. Seperti contohnya Kampung Labirin ini yang akhir jadi bagus. Jalanan kecil berkelok dengan gang kecill sehingga dinamakan labirin. Lokasinya masih dekat dengan area Jalan Suryakencana sehingga tidak sulit dicari.

Lokasi Kampung Labirin ada di Kampung, Jl.Kampung Jukut, Kel.RT.01/RW.10, Babakan Pasar, Kec.Bogor Tengah, Kota Bogor

Jam operasional: hanya Sabtu dan Minggu pada 10.00-15.00 WIB

10. JBound – Wisata Dekat Stasiun Bogor

rri.co.id

Rekomendasi tempat wisata dekat stasion Bogor lainnya ada JBound yang memiliki lokasi menyenangkan. Seringkali JBound dijadikan sebagai lokasi outbond karena memang sangat cocok. Fasilitasnya juga memadai dan nyaman, belum lagi ada area kolam renang yang cukup luas.

Khusus kamu yang ingin menikmati permainan seperti flying fox, paintball war dan lainnya juga bisa. Naik ATV  untuk mengitari area outbond juga menjadi salah satu kegiatan seru. Alangkah lebih baik jika datang membawa rombongan untuk reservasi terlebih dahulu.

Lokasi JBound ada di Jl. Bogor Nirwana Residence, RT.1/RW.10, Ranggamekar, Kec,Bogor, Sel, Kota Bogor

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

11. The Jungle Waterpark Bogor

travel.kompas.com

Jika ingin mencari wahana air maka kamu bisa menuju The Jungle Waterpark, Bogor.  Ketika weekend lokasi The Jungle Waterpark juga tidka terlalu ramai. Cuaca di Bogor yang dingin membuat banyak orang tidak tertarik mengunjungi waterpark ini.

Tempat atau area kolam renang sangat bersih. Wahana ombak seru menjadi salah satu wahana terbaik. Kadang kala jika datang ke The Jungle Waterpark maka tanpa terasa akan lupa waktu. Lokasinya ada di komplek Bogor Nirwana Residence.

Lokasi The Jungle Waterpark Bogor ada di Perumahan, Jl.Bogor Nirwana Residence, RT.5/RW.12, Mulyaharja, Kec.Bogor Selatan 

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

12. Taman Wisata Setu Tanah Baru

rakyatbogor.net

Masih ada lagi tempat wisata dekat stasiun Bogor yang direkomendasikan lainnya. Taman Wisata Setu Tanah Baru daulunya dijadikan sebagai objek wisata dengan wahana menarik. Namu, seiring berjalannya waktu tempat wisata ini hanya sebagai area bermain saja.

Kamu bisa menikmati mie instan dan kopi di pinggiran danau sambil menikmati keindahan air. Jika sekedar mampir maka tidak dikenakan biaya untuk berfoto ria. Dikelola langsung oleh BumDes bisa menjadi inspirasi untuk desa lainnya.

Lokasi Taman Wisata Setu Tanah Baru ada di Kp.Jl.Tanah Baru, RT.3/RW.6, Waringin Jaya, Kec.Bojonggede, Kab.Bogor

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

13. Bogor Sky Garden – Wisata Dekat Stasiun Bogor

travel.tribunnews.com

Keindahan bunga matahari menjadi salah satu yang ditawarkan di Bogor Sk Garden. Ketika smpai di puncak, selain merasakan udara dingin juga bisa merasakan terik tak terhingga. Terlebih ketika musim panas lalu yang membuat dinginnya kota Bogor berkurang.

Berada di atas rooftop mall, Bogor Trade Mall menunjukkan konsep yang berbeda pada tahun 2021 sampai sekarang. Jumlah kursinya cukup minim sehingga kamu harus bergantian dengan pengunjung lainnya. Tiket masuknya cukup murah, kamu juga diharuskan menunjukkan data diri.

Lokasi Bogor Sky Garden ada di BTM Bogor, Jl.Ir.H Juanda No.67, RT.1/RW.13, Paledang, Bogor, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB

14. Leuwi Orok – Wisata Dekat Stasiun Bogor

bogor.tribunnews.com

Berikutnya ada tempat wisata dekat stasion Bogor bernama Leuwi Orok. Aliran airnya masih berkaitan dengan sungai Ciliwung dengan aliran menyempit ke dalam. Ketika aliran air aman maka kamu diperbolehkan untuk bermain river boat di sini.

Jika hanya ingin menikmati kopi dan mie instan panas juga bisa dilakukan di sini. Diharapkan ketika datang ke Leuwi Orok tidak membuang sampah sembarangan. Pastikan untuk selalu tertib dan memperhatikan keselamatan selama di sini.

Lokasi Leuwi Orok ada di Jl.Lamtoro, No.7, RT.2/RW.4, Kedunghalang, Kec.Bogor Utara, Kota Bogor

Jam operasional: setiap hari 24 jam

15. Kuntum Farmfield

travel.kompas.com

Ada beberapa pilihan paket untuk masuk ke Kuntum Farmfield kemudian mempelajari tentang hewan ternak. Mayoritas pengunjung memang dari sekolahan tapi sebenarnya kamu juga bisa masuk secara individu. Pastikan mengawasi anak sepanjang bermain di area Kuntum Farmfield.

Lokasi Kuntum Farmfield ada di Kompleks, Jl.Teras Hijau Residence, Jl.Raya Tajur, No.291, RT.1/RW.1, Sindangrasa, kec.Bogor

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Jadi itulah dia rekomendasi tempat wisata dekat stasiun Bogor terbaik yang bisa kamu kunjungi. Tenang saja karena seluruh wisata yang dituliskan biaya masuknya sangat terjangkau. Bahkan kamu bisa masuk secara gratis di beberapa wisata di atas.

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago

Eksplorasi 7 Danau di Bandung: Pesona Alam yang Memikat

Bandung, selain dikenal sebagai kota kreatif dan berbudaya, juga menawarkan keindahan alam yang memesona, terutama…

4 months ago