9 Tarian Mistis di Indonesia, Bikin Bulu Kuduk Merinding!


Fida  February 3, 2023  0 Comment

Selain dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata serta kuliner lezat, Indonesia juga dikenal kaya akan kebudayaan. Setiap daerah di Indonesia dinilai memiliki budaya khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Tarian tradisional menjadi salah satu kebudayaan yang diwariskan secara turun-temurun hingga saat ini. Terdapat beberapa tarian yang nilai mengandung unsur magis. Apa saja tarian tersebut? Inilah daftar 9 tarian mistis di Indonesia yang wajib kamu tahu.

Tarian Mistis di Indonesia :

1. Tari Sintren

tari sintren
cirebonkota.go.id

Tari Sintren menjadi salah satu dari banyaknya tarian mistis di Indonesia yang populer. Tarian yang satu ini dilakukan oleh seorang wanita penampilan khas yakni memakai kacamata berwarna hitam. Konon Tari Sintren tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan harus dilakukan oleh wanita yang berstatus masih gadis. Biasanya tarian ini dilakukan dalam upacara adat saat musim kemarau untuk memohon hujan.

Tarian yang satu ini dikenal masyarakat setempat sebagai tarian yang cukup menyeramkan karena penari akan dirasuki sosok gaib. Sosok tersebut dipercaya merupakan penguasa daerah Jawa yakni Dewi Lanjarsari. Tarian yang satu ini terbilang cukup populer di daerah pesisir utara Jawa Barat seperti Indramayu, Majalengka, Cirebon, serta bagian barat Jawa Tengah seperti Brebes, Tegal, Pemalang, dan Banyumas.

2. Tari Salai Jin

tari salai jin
seringjalan.com

Tarian mistis di Indonesia berikutnya yang terbilang cukup populer adalah Tari Salai Jin. Sesuai dengan sebutannya, tarian yang satu ini dipercaya melibatkan jin. Saat menari, penari akan mengalami kesurupan serta melakukan aksi-aksi ekstrim yang mengerikan. Biasanya, tarian ini dilakukan oleh cari dengan jumlah ganjil.

Baca juga :  10 Tempat Angker di Jember Destinasi Horor yang Paling Menantang

Tari Salai Jin berasal dari daerah Maluku Utara, Ternate. Meskipun dikenal sebagai tarian mistis, tarian yang satu ini mengandung nilai tradisi serta filosofi yang tinggi bagi masyarakat setempat. Konon katanya dengan melalui tarian ini, penari dapat berkomunikasi dengan bangsa jin. Cukup mengerikan bukan?

3. Tari Rentak Bulian

tari rentak bulian
liputan6.com

Tarian mistis di Indonesia berikutnya berasal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Tarian yang satu ini biasanya dilakukan untuk tradisi pengobatan gaib. Para penari yang akan memainkan Tari Rentak Bulian juga memiliki jumlah khusus yakni 7 gadis perawan dan 1 perjaka. Saat tarian berlangsung, penari laki-laki akan dirasuki roh halus.

Hal yang paling mengerikan dari tarian ini adalah ketika penari tidak sadarkan diri. Di saat tersebut, kaki penari akan bergerak sendiri mengikuti alunan gendang serta seruling. Yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah penari akan mengenakan pakaian berwarna merah dengan benang emas. Selain mistis, Tari Rentak Bulian juga mengandung unsur budaya yang kental.

4. Tari Jaran Kepang atau Tari Kuda Lumping

tari jaran kepang
tribunnewswiki.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan Tari Jaran Kepang atau Tari Kuda Lumping. Sesuai dengan sebutannya, tarian yang satu ini menggunakan kuda-kudaan saat menari. Selain mengandung unsur budaya, Tari Jaran Kepang juga dikenal sebagai salah satu tarian mistis di Indonesia. Mengapa demikian?

Saat tarian ini dilakukan, konon beberapa penari akan dirasuki roh halus. Di saat-saat tersebut, penari akan kehilangan kesadaran dan melakukan berbagai hal-hal ekstrem seperti memakan binatang hingga memakan pecahan kaca. Mengerikan sekali ya?

Tarian yang satu ini berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Kuda-kuda yang digunakan untuk melakukan tarian ini juga dikenal khas karena dibuat dari anyaman bambu dan dihias dengan cat serta kain warna-warni.

Baca juga :  Mengerikan, Inilah 7 Pulau Berhantu di Indonesia

5. Tari Bedhaya Ketawang

tari bedhaya ketawang
pariwisataindonesia.id

Terdapat beberapa tarian mistis di Indonesia yang populer dan bisa kamu ketahui, salah satunya adalah Tari Bedhaya Ketawang. Tarian yang satu ini biasa dilakukan saat penobatan serta upacara peringatan kenaikan tahta Raja.

Nama Tari Bedhaya Ketawang berasal dari kata bedhaya yang berarti penari wanita di istana, dan ketawang yang memiliki arti langit, kemuliaan, atau identik dengan sesuatu yang tinggi. Selain memiliki arti yang unik, Tari Bedhaya Ketawang juga harus dilakukan dengan penari khusus yakni 9 wanita yang masih perawan dan tidak dalam masa haid. Tidak hanya itu, penari juga harus melakukan ritual puasa sebelum tampil.

Saat tarian berlangsung, konon akan ada penari kesepuluh yang hanya akan dapat dilihat oleh orang-orang tertentu. Penari tersebut dipercaya merupakan Ratu Pantai Selatan yang hadir. Cukup menyeramkan bukan?

6. Tari Calon Arang

tari calon arang
kompas.com

Tidak kalah dengan tarian mistis di Indonesia lainnya, Tari Calon Arang juga terbilang cukup mengerikan. Tarian yang satu ini berasal dari Pulau Dewata, Bali. Sama halnya dengan tari mistis yang lain, Tari Calon Arang juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Penari yang akan melakukan tarian ini harus memiliki ilmu magis. Saat tarian berlangsung, penari akan ditusuk menggunakan benda tajam serta melakukan berbagai atraksi ekstrem lainnya.

7. Tari Sigale Gale

tari sigale gale
merdeka.com

Pernah mendengar sebutan kesenian Tari Sigale Gale? Tarian yang satu ini dikenal sebagai salah satu tarian mistis di Indonesia yang berasal dari Suku Batak di Samosir. Dulunya, tarian ini digelar dalam acara kesedihan Raja Batak Samosir saat kehilangan anak laki laki satu satunya. Oleh karena itu, tidak heran jika dalam tarian ini menggunakan properti boneka anak laki laki.

Baca juga :  7 Gua Menyeramkan di Dunia, Kisah di Baliknya Bikin Merinding!

Baca Juga :

Lembah Seribu Bunga: Dijamin Nggak Nyesel Dateng Kesini!

Tari Sigale Gale dipercaya mistis karena boneka yang digunakan sebagai properti ini nantinya akan dimasuki roh halus sehingga dapat bergerak sendiri. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik sekaligus membuat banyak masyarakat merinding. Berani untuk menyaksikan tarian ini saat berkunjung ke kawasan Samosir?

8. Tari Seblang

tari seblang
mancode.id

Berbeda dengan tari lainnya, Tari Seblang dinilai lebih populer dan dikenal sebagai salah satu tarian mistis di Indonesia. Tarian yang satu ini berasal dari Suku Osin, Banyuwangi. Adat dan budayanya yang kental menghasilkan seni yang indah sekaligus menyeramkan.

Baca Juga :

Nikmatnya Sarapan di Tamansari Resto, Pemandangannya Bikin Betah

Dalam tarian ini, penari akan dirasuki oleh roh halus. Tidak jarang penari Tari Seblang akan mengajak penonton untuk menari bersama. Seni tari yang satu ini sudah ada sejak tahun 1639. Karena dinilai sangat khas, maka tarian ini hanya dapat dimainkan oleh orang tertentu dan di waktu tertentu.

9. Tari Sanghyang Jaran

tari sanghyang jaran
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Satu lagi rekomendasi tarian mistis di Indonesia yang menarik untuk kamu ketahui yakni Tari Sanghyang Jaran. Tarian yang satu ini biasanya ditampilkan menjadi satu rangkaian dengan Tari Kecak Bali. Sama seperti tarian mistis lainnya, penari Tari Sanghyang Jaran juga menggunakan ilmu mistis.

Hal tersebut terbukti saat tarian ini berlangsung. Penari Tari Sanghyang Jaran akan melakukan aksi berbahaya seperti menusuk badan dengan benda tajam. penari yang dirasuki roh halus akan melakukan aksi aksi menyeramkan lainnya.

Baca Juga :

10 Tarian Khas Bali yang Banyak Disaksikan Wisatawan Macanegara

Nah, itulah 9 tarian mistis di Indonesia yang harus kamu tahu. Dari daftar tarian di atas, kira kira tarian manakah yang tampak paling menakutkan?



Leave a Reply