8 Sajian Lebaran Khas Sumatera Yang Wajib Kamu Coba


Fida  April 30, 2022  0 Comment

Saat bulan Ramadan tiba, berbagai sajian yang lezat dan unik tentu dapat kamu jumpai. Tidak hanya jajanan takjil, banyaknya pilihan sajian khas lebaran juga sayang untuk dilewatkan. Di Sumatera, kamu dapat menjumpai banyaknya sajian yang dapat dinikmati saat lebaran tiba. Berbagai bumbu khas yang digunakan pada tiap menunya juga tentu akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya. Menikmati berbagai hidangan khas lebaran berikut ini bersama dengan keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Tidak perlu bingung, inilah daftar 8 sajian lebaran khas Sumatera yang bisa kamu coba.

1. Sate Padang

sate padang
food.detik.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kuliner sate padang bukan? Sate padang merupakan hidangan khas kota Padang yang juga dikenal sebagai salah satu sajian lebaran khas Sumatera yang tidak boleh dilewatkan. Hidangan yang satu ini dibuat tidak hanya dengan menggunakan daging sapi, tetapi juga beberapa bagian sapi lainnya seperti lidah sapi, jantung sapi, paru sapi dan juga usus sapi.

Hidangan yang satu ini dikenal sangat keras karena dibuat dengan berbagai rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang menggugah selera. Bumbu dan rempah yang telah dimasak menggunakan kaldu sapi kemudian ditambahkan dengan tepung beras agar lebih kental. Kelezatan kuliner ini akhirnya menjadikan sate padang kerap dipilih sebagai sajian saat momen lebaran tiba.

Gotravelly

Tangkahan : The Hidden Paradise

Segarnya Es Teh Indonesia, Minuman Es Teh Viral Yang Kekinian

2. Bareh Rendang

baren rendang
shopee.co.id

Tidak perlu bingung menentukan pilihan sajian lebaran khas Sumatera, kamu dapat menikmati lezatnya kuliner bareh rendang. Berapa hari kamu mungkin masih asing dengan sebutan kuliner bareng rendang khas Sumatera. Jika dilihat dari namanya, tentu beberapa orang mengira bahwa kuliner ini memiliki tampilan yang mirip dengan rendang pada umumnya, tetapi sebenarnya berbeda.

Bareh rendang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras yang dicampur dengan santan dan cairan gula. Adonan yang telah dicampur kan kemudian disangrai dan dibentuk khas yakni kotak-kotak kecil. Selain tampilannya yang unik, cita rasanya yang khas juga menjadikan kuliner ini banyak dicari saat lebaran tiba.

3. Nasi Sala

nasi sala
cookpad.com

Rekomendasi sajian lebaran khas Sumatera berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah nasi sala. Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Pariaman. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi sala diantaranya ikan kembung dan beberapa bumbu lainnya seperti lengkuas, bawang putih, daun kunyit cabai giling, dan lain lain. Saat lebaran tiba, hidangan yang satu ini banyak digemari untuk dinikmati bersama-sama dengan keluarga. Tidak hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan gurihnya ikan yang berpadu dengan lezatnya sambal. Kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezatnya hidangan yang satu ini.

4. Lontong Medan

lontong medan
food.detik.com

Sajian lebaran khas Sumatera berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Lontong Medan. Hidangan yang satu ini dikenal sangat khas dan banyak diburu, terlebih saat hari lebaran tiba.

Kuliner lontong Medan disajikan dengan beberapa isian diantaranya lontong dan sambal kering dengan campuran kacang tanah, ikan teri, dan juga tempe. Tidak hanya itu, hidangan yang satu ini juga memiliki isian gulai yang dibuat dari sayur labu jipang dengan tambahan wortel dan kacang panjang. Yang menjadi ciri khas dari lontong Medan adalah keunikan bumbu lenthonya. Cita rasanya yang lezat dan menggugah selera menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya.

5. Gulai Nangka

gulai nangka
resepistimewa.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan sajian lebaran khas Sumatera, kamu dapat mencoba lezatnya gulai nangka. Sesuai dengan namanya, gulai yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama nangka. Bahan-bahan lain yang dipilih untuk pembuatan kuliner ini adalah daging sapi, daging ayam, atau iga sapi. Tidak hanya aromanya yang menggugah selera, hidangan yang satu ini juga akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya.

Biasanya, gulai nangka dipilih untuk dinikmati saat hari lebaran tiba bersama-sama dengan keluarga. Menu yang merupakan resep turun-temurun dari masyarakat Melayu Deli ini masih memiliki banyak peminat hingga saat ini.

6. Arsik

arsik
food.detik.com

Rekomendasi sajian lebaran khas Sumatera berikutnya yang tidak kalah menggugah selera adalah arsik. Pernah mendengar sebutan kuliner yang satu ini sebelumnya? Arsik merupakan hidangan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan mas. Hidangan yang satu ini juga memiliki ciri khas yakni diolah dengan bumbu khas Batak sehingga menawarkan cita rasa dan aroma yang menggugah selera.

Meskipun dikenal sebagai kuliner tradisional, tetapi lezatnya arsik masih memiliki banyak peminat hingga saat ini. Dulunya hidangan ini hanya disajikan pada acara upacara adat saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, segini arsik dapat dinikmati kapan saja dan biasanya dipilih sebagai sajian saat lebaran tiba.

7. Asam Pandeh Daging

asam pandeh daging
kompas.com

Pernahkah mendengar sebutan kuliner asam pandeh daging? Kuliner yang satu ini dikenal sebagai salah satu sajian lebaran khas Sumatera yang dibuat dengan menggunakan bahan utama daging sapi dan daging ayam. Sesuai dengan namanya, hidangan ini juga menawarkan cita rasa lezat dengan perpaduan pedas dan asam. Perpaduan rasa tersebut berasal dari bahan pembuatan sajian ini yang menggunakan cabai dengan tambahan asam kandis.

Jika dilihat sekilas, asem padeh daging yang dibuat dengan bahan daging sapi akan tampak sangat mirip dengan kuliner rendang. Hal itu dikarenakan warna dagingnya yang coklat dengan sedikit kuah. Kuliner yang satu ini biasa dihidangkan dengan tambahan irisan tomat di atasnya sehingga tampak lebih cantik dan menggugah selera.

8. Lompong Sagu

Sajian Lebaran Khas Sumatera
cookpad.com

Ada cukup banyak pilihan sajian lebaran khas Sumatera yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah lompong sagu. Pernahkah kamu mengetahui sebutan kuliner yang satu ini sebelumnya? Lompong sagu merupakan hidangan yang dibuat dengan beberapa bahan diantaranya tepung sagu, gula merah, parutan kelapa, pisang kepok atau pisang raja, dan juga santan.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang dominan serta aromanya yang khas. Hidangan lompong sagu sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat. Saat berkunjung ke Sumatera, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu hidangan khas lebaran yang satu ini.

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi sajian lebaran khas Sumatera yang dapat kamu coba. Berbagai sajian di atas tentu menawarkan cita rasa lezat dengan tampilan yang sangat menggugah selera. Menikmati sajian khas lebaran bersama dengan keluarga tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.



Leave a Reply