7 Jajanan Takjil Khas Sumatera Cocok Untuk Buka Puasa


Fida  April 7, 2022  0 Comment

Sumatera merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta kuliner yang sangat beragam. Saat bulan Ramadhan tiba, ada cukup banyak pilihan jajanan yang dapat dipilih sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Berbagai jajanan takjil khas Sumatera memiliki cita rasa yang khas dan keunikan yang berbeda dengan jajanan di daerah lainnya. Saat berkunjung ke Sumatera, inilah daftar 7 rekomendasi jajanan takjil yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Lemang Tapai

lemang tapai
travel.tribunnews.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan jajanan takjil khas Sumatera yang bisa dicoba, kamu dapat menikmati lezatnya lemang tapai. Lemang tapai merupakan jajanan khas Sumatera yang banyak diburu saat Ramadan sebagai menu berbuka puasa. Bagi kamu yang belum mengetahui, lemang merupakan makanan sejenis lontong yang dibuat dari beras ketan dan santan kelapa. Makanan ini juga dimasak dengan cara tradisional yakni ditaruh dalam wadah bambu. Bungkusnya yang menggunakan daun pisang juga menjadikan lemang memiliki aroma yang sedap dan khas.

Sesuai dengan namanya, lemang tapai merupakan hidangan yang menyajikan perpaduan antara lemang dan tapai. Selain berisi lemang, hidangan ini juga memiliki isian berupa tape ketan hitam serta gula merah. Cita rasanya yang lezat dan khas menjadikan hidangan ini banyak diburu oleh masyarakat maupun wisatawan, khususnya saat bulan Ramadhan tiba. Saat berkunjung ke Sumatera dan ingin mencari salah satu jajanan takjil, lemang tapai tentu sangat cocok untuk kamu coba.

GoTravelly

Cobain Sambal Gami Bu’ Sum, Kuliner Khas Bontang Yang Lagi Happening

Yaman Kuliner Ampel, Sajikan Makanan Khas Timur Tengah Paling Rekomended

2. Lapek Bugih

lapek bugih
cookpad.com

Lapek bugih atau yang biasa disebut dengan lepat bugis atau kue bugis merupakan salah satu jajanan takjil khas Sumatera yang populer dan menarik untuk kamu coba. Jajanan yang satu ini memang sudah sangat populer dan menjadi primadona di daerah Sumatera.

Lapek bugih dikenal menawarkan cita rasa manis serta tekstur yang lagi dan khas. Meskipun menawarkan cita rasa lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya, tetapi jajanan yang satu ini biasa dijual dengan harga yang terjangkau. Bungkusnya yang menggunakan daun pisang juga memberi kesan tradisional sekaligus menambah aroma sedap pada jajanan ini. Jajanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras ketan dan santan kelapa ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak jarang lapek bugih juga dibuat dengan warna-warna yang menarik seperti warna hijau dan merah muda. Bagaimana, tertarik untuk mencoba salah satu jajanan takjil khas Sumatera yang populer ini?

3. Kue Prahu

kue prahu
food.detik.com

Jajanan takjil khas Sumatera selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Kue Prahu. Jajanan yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang unik yakni berbentuk seperti perahu. Selain disebut dengan kue prahu, jajanan ini juga memiliki sebutan lain yakni kue Pedamaran.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue prahu diantaranya tepung beras, gula merah, serta santan kelapa. Adonan yang telah dibuat kemudian dibungkus menggunakan daun pisang yang terlebih dahulu dibentuk seperti perahu. Setelah itu, adonan yang telah dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus hingga matang. Teksturnya yang lembut serta cita rasa manis yang ditawarkan menjadikan jajanan ini sangat cocok dinikmati sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Kota Jambi menjadi salah satu tempat paling mudah untuk menemukan jajanan kue prahu. Saat mencoba jajanan yang satu ini, dijamin kamu akan ketagihan dengan teksturnya yang lembut serta cita rasanya yang lezat.

4. Srikaya Telur

srikaya telur
cookpad.com

Pernah mendengar sebutan jajanan srikaya telur? Srikaya telur merupakan sebutan bagi salah satu jajanan takjil khas Sumatera yang populer dan banyak diburu khususnya saat bulan Ramadan tiba. Jajanan yang satu ini berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan.

Saat menikmati jajanan srikaya telur, kamu akan dimanjakan dengan teksturnya yang lembut dengan cita rasa manis. Jika dilihat sekilas, srikaya telur memang memiliki tekstur yang mirip dengan puding. Tekstur lembut yang ditawarkan dihasilkan dari adonan srikaya yang dibuat dari kuning telur ayam. Jajanan ini semakin menggugah selera karena dijual dengan kemasan menarik yakni dibungkus dengan wadah plastik kecil dan diberi tambahan potongan daun pandan. Selain memberi kesan menarik, adanya daun pandan juga ditujukan untuk memberi aroma yang lebih sedap dan wangi. Saat berkunjung ke Sumatera, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menyempatkan berburu jajanan takjil yang satu ini.

5. Bubur Kampiun

bubur kampiun
rri.co.id

Rekomendasi jajanan takjil khas Sumatera berikutnya yang tidak kalah populer adalah bubur kampiun. Pernahkah kamu mendengar sebutan jajanan yang satu ini sebelumnya? Bubur kampiun merupakan salah satu jajanan yang paling banyak diburu oleh masyarakat Sumatera, khususnya saat bulan Ramadhan tiba. Bubur ini juga dikenal memiliki isian yang sangat lengkap diantaranya bubur sumsum, candil, kacang hijau dan juga ketan hitam. Tidak hanya itu, bubur ini juga disiram menggunakan kuah santan dan gula merah cair sebelum disajikan. Tampak menggugah selera bukan?

Bubur kampiun sangat cocok dipilih sebagai menu takjil saat berbuka puasa karena menawarkan cita rasa yang manis dan lezat. Isiannya yang cukup banyak juga menjadikan jajanan ini sangat mengenyangkan saat dinikmati. Salah satu rekomendasi jajanan takjil yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba saat datang ke Sumatera.

6. Jejongkong

jejongkong
m.kapanlagi.com

Jejongkong juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi jajanan takjil khas Sumatera yang banyak diburu. Jajanan yang satu ini berasal dari daerah Bandar Lampung yang terletak di ujung pulau Sumatera.

Seperti jajanan takjil pada umumnya, jejongkong juga menawarkan cita rasa manis dan menggugah selera. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan ini diantaranya tepung sagu, tepung beras, dan juga tepung kanji. Teksturnya yang empuk dengan cita rasa manis yang ditawarkan tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencoba jajanan jejongkong.

7. Lepat Gayo

Jajanan Takjil Khas Sumatera
kompasiana.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan jajanan takjil khas Sumatera, lepat gayo juga menjadi salah satu yang menarik untuk kamu coba. Jika dilihat sekilas, lepat Gayo memang hampir mirip dengan lepat Bugis. Tetapi hal yang membedakan adalah lepat Gayo dibuat menggunakan tepung beras ketan dan diisi dengan kelapa manis. Lepat yang telah dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian diolah dengan cara dikukus hingga matang.

Saat mencoba lepat Gayo, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan tekstur yang legit. Lepat Gayo juga dikenal mampu bertahan lama yakni hingga berbulan-bulan meskipun termasuk jajanan kue basah. Selain cocok dipilih sebagai menu takjil, jajanan ini juga tidak jarang diberi sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Sumatera.

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi jajanan takjil khas Sumatera yang menarik untuk dicoba. Dari beberapa rekomendasi di atas, jajanan manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply