7 Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan yang Wajib DiKunjungi


Fida  March 13, 2023  0 Comment

Solo dikenal sebagai salah satu daerah yang menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Solo kerap didatangi wisatawan dari berbagai daerah untuk menghabiskan waktu berlibur. Terdapat banyak pilihan moda transportasi yang dapat kamu gunakan untuk menuju ke Solo, salah satunya adalah kereta api. Tidak jauh dari Stasiun Solo Balapan, kamu dapat mengunjungi beberapa wisata indah. Penasaran? Inilah daftar 7 tempat wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Wisata Dekat Stasiun Solo :

1. Kampung Batik Laweyan

kampung batik laweyan
solo.co.id

Kampung Batik Laweyan dapat menjadi rekomendasi tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari wisata dekat Stasiun Solo Balapan. Sesuai dengan sebutannya, tempat ini merupakan kampung batik yang kini banyak didatangi wisatawan sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu berlibur. Kawasan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu kampung batik tertua di Indonesia.

Kampung Batik Laweyan dapat kamu datangi di Jalan Dr. Radjiman No. 521. Dari Stasiun Solo Balapan, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan waktu sekitar 15 menit untuk tiba di kampung batik ini. Pengunjung tidak hanya dapat membeli batik dengan berbagai motif, tetapi juga dapat menyaksikan dan mencoba langsung proses pembuatannya. Asik sekali bukan? 

Kampung Batik Laweyan menawarkan beberapa teknik membatik seperti batik tulis dan batik cap. Pengunjung akan dibuat betah dengan keseruan yang ditawarkan selama berada di kampung batik ini. Menghabiskan waktu berlibur dengan mencoba sensasi membatik di Kampung Batik Laweyan tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Incheon Korea Selatan

2. Pasar Klewer

pasar klewer
bolatimes.com

Selain belajar membatik di Kampung Batik Laweyan, kamu juga dapat berbelanja di pasar populer Solo yakni Pasar Klewer. Pusat perbelanjaan yang satu ini juga tidak jarang dikenal sebagai salah satu wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang kerap menjadi tujuan wisatawan. Untuk mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Dr Radjiman No. 5A, Gajahan, Pasar Kliwon, Solo. 

Pasar yang satu ini dikenal menawarkan barang-barang yang lengkap. Kamu dapat berbelanja berbagai kebutuhan hingga oleh oleh seperti batik, kaos, blangkon, hingga aksesoris lainnya. Terdapat berbagai motif dan jenis batik yang dapat dipilih sesuai selera. Kamu juga dapat membeli batik dalam bentuk kain maupun siap pakai. Selain lengkap, harga barang yang ditawarkan di Pasar Klewer juga dikenal sangat terjangkau. 

Pasar ini tidak hanya banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah. Pasar Klewer telah ada dan diresmikan sejak tahun 1970 oleh presiden pertama RI, Soekarno. 

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

keraton surakarta hadiningrat
sanjayatour.com

Tidak perlu jauh jauh, kamu dapat mengunjungi wisata dekat Stasiun Solo Balapan yakni Keraton Surakarta Hadiningrat. Wisata yang satu ini sangat cocok didatangi bagi kamu pecinta tempat wisata bersejarah. Selain dikenal dengan sebutan Keraton Surakarta Hadiningrat, keraton ini juga dikenal dengan Keraton Solo. 

Kawasan yang kini telah menjadi Cagar Budaya ini didirikan oleh Pakubuwana II pada tahun 1744. Dengan perpaduan gaya Eropa dan Jawa, Keraton Surakarta Hadiningrat mampu menarik perhatian wisatawan. Keraton ini juga memiliki perpaduan warna yang khas yakni biru dan putih. 

Meskipun telah ada sejak lama, tetapi bangunan Keraton Surakarta Hadiningrat masih sangat megah dan terawat. Kamu juga sekaligus dapat menjumpai adanya museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah. Selain jalan jalan, kamu juga dapat mengetahui banyak hal baru. Jaraknya yang tidak jauh dari stasiun Solo Balapan juga menjadikan wisata bersejarah yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. 

Baca juga :  7 Pasar Natal Terbaik di Eropa Destinasi Liburan Akhir Tahun

4. Alun Alun Kidul Surakarta

alun alun kidul
travel.kompas.com

Tidak jauh dari komplek Keraton Surakarta Hadiningrat, kamu juga dapat mengunjungi Alun Alun Kidul. Kawasan ini juga menjadi salah satu wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang menarik untuk kamu datangi. Selain menawarkan area yang luas, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya kegiatan dan permainan di Alun Alun Kidul. 

Mengajak keluarga, teman, maupun anak anak untuk menghabiskan waktu berlibur di Alun Alun Kidul Surakarta tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Selain bersantai dan mencoba berbagai permainan, kamu juga dapat menikmati berbagai kuliner dan jajanan di sekitar Alun Alun. 

Alun Alun Kidul Surakarta dapat kamu datangi di Jalan Gading, Gajahan, Pasar Kliwon. Salah satu hal menarik yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menaiki andong mengelilingi Alun Alun. Saat berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berlibur dan bersantai di Alun Alun Kidul.

5. Taman Sriwedari

taman sriwedari
yogyakarta.kompas.com

Terdapat banyak pilihan wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Taman Sriwedari. Taman yang satu ini telah dibangun sejak lama, tepatnya pada 1899. Dulunya, taman ini hanya merupakan taman kota. Di tahun 1901, Taman Sriwedari kemudian berubah menjadi kawasan rekreasi yang banyak didatangi oleh wisatawan. 

Taman Sriwedari juga merupakan kawasan bersejarah yang dulunya dikenal dengan sebutan Taman Raja. Untuk mengunjungi taman ini, kamu dapat menuju ke Jalan Slamet Riyadi No. 275, Laweyan, Kota Surakarta. 

Di taman ini, kamu juga dapat sekaligus mengunjungi Museum Radya Pustaka, Gedung Wayang Orang, Gedung Pagelaran Wayang Kulit, hingga Kebun Binatang Mini. Lengkap sekali bukan? 

6. Benteng Vastenburg

benteng vestenburg
kompas.com

Masih seputar tempat bersejarah, wisata dekat Stasiun Solo Balapan berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Benteng Vastenbug. Benteng yang satu ini merupakan peninggalan Belanda yang telah dibangun sejak 1745. Dulunya, benteng ini digunakan oleh Belanda untuk mengawasi Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Baca juga :  7 Spot Campervan di Bali Dengan Suasana Asri

Setelah sempat terbengkalai saat memasuki abad 20, kini Benteng Vastenbug beroperasi kembali setelah dilakukan perbaikan pada tahun 2010. Benteng Vastenbug juga masuk ke dalam daftar Situs Cagar Budaya. Bentuk bangunannya yang unik dan megah menjadikan benteng ini berhasil menarik perhatian wisatawan. 

Untuk mengunjungi Benteng Vastenbug, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 2,5 kilometer dari Stasiun Solo Balapan. Benteng yang satu ini berlokasi di kawasan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

7. Museum Batik Danar Hadi

musuem batik danar hadi
kompas.com

Satu lagi rekomendasi wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang bisa kamu datangi yakni Museum Batik Danar Hadi. Museum yang satu ini telah ada sejak tahun 1967 dan dikenal menyuguhkan berbagai koleksi batik kualitas terbaik. Selain itu, batik yang ditampilkan di museum ini juga berasal dari daerah yang berbeda beda. Kamu dapat menjumpai Batik Asli Keraton, Batik China, Batik Jawa Hokokai, Batik Sumatera, dan masih banyak lagi. 

Museum Batik Danar Hadi sudah tercatat pada MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak yakni mencapai 1000 helai. Motifnya dan warnanya yang beragam juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Nah, itulag daftar 7 wisata dekat Stasiun Solo Balapan yang populer dan bisa kamu datangi. Saat sedang berkunjung ke Solo, wisata manakah yang paling ingin kamu datangi? 



Leave a Reply