7 Tempat Wisata di Tarakan yang Indah dan Menakjubkan


Fida  January 3, 2023  0 Comment

Tarakan merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara. Tidak dikenal menyimpan banyaknya kekayaan alam, Tarakan juga menyuguhkan destinasi wisata yang beragam. Beberapa tempat wisata di Tarakan yang bisa kamu datangi diantaranya tempat wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Tarakan yang menarik untuk kamu datangi.

Tempat Wisata di Tarakan :

1. Pantai Amal

pantai amal
liputan6.com

Jika ingin datang ke salah satu tempat wisata di Tarakan, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi Pantai Amal. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan populer di kalangan wisatawan. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke kawasan Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan.

Pengunjung yang datang dapat melihat langsung indahnya hamparan pasir putih yang luas serta perairan yang bersih. Adanya pohon kelapa yang berjajar di pinggir pantai juga menambah keindahan Pantai Amal. Terdapat banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh pengunjung selama berada di pantai ini. Bagi pecinta foto, Pantai Amal juga menjadi tempat yang tepat untuk didatangi karena banyaknya spot menarik dan instagramable yang ditawarkan. Kamu dapat berfoto dengan latar indahnya pemandangan pantai.

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, datang dan menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga di Pantai Amal menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Baca juga :  7 Wisata di Bandung Barat yang Hits dan Kekinian

Menikmati Olahan Kepiting Jumbo Khas Kalimantan Di Resto Kenari

2. Tebing Karang Tanjung Pasir

tebing karang tanjung pasir
direktoripariwisata.id

Selain pantai, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Tarakan berupa tebing karang. Wisata yang satu ini dikenal dengan sebutan Tebing Karang Tanjung Pasir. Untuk menuju ke lokasi tebing karang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Akses jalan yang mudah dilalui menjadikan wisata ini sayang untuk tidak kamu datangi.

Tebing karang yang tinggi dan berjajar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata ini bersama teman maupun keluarga.

Waktu terbaik untuk datang ke Tebing Karang Tanjung Pasir adalah saat pagi dan sore hari. Tempat yang satu ini menjadi tujuan terbaik bagi kamu pecinta foto. Bagaimana tidak, Tebing Karang Tanjung Pasir menyuguhkan pemandangan indah dan masih sangat alami. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke kawasan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan.

3. Taman Berlabuh

taman berlabuh
celebes.co

Ada juga banyak pilihan tempat wisata di Tarakan yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Taman Berlabuh. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan taman yang dapat dikunjungi di kawasan Karanganyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan.

Saat berkunjung ke Taman Berlabuh, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan segar. Taman yang satu ini juga dikenal indah dan asri dengan banyaknya pepohonan. Lokasinya yang berada di bantaran laut atau sungai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Kamu dapat menghabiskan waktu bersantai di taman ini bersama teman maupun keluarga. Biasanya, Taman Berlabuh ramai pengunjung saat sore hari. Banyaknya spot menarik juga menjadikan taman ini sayang untuk dilewatkan bagi kamu pecinta foto.

Baca juga :  7 Nasi Goreng Enak di Bandung, Ada yang Buka 24 Jam!

4. Air Terjun Karungan

air terjun karungan
allindonesiatourism.com

Tempat wisata di Tarakan berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Air Terjun Karungan. Sesuai dengan namanya, air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di daerah Karungan, Mambrungan Timur, Kota Tarakan.

Saat datang ke Air Terjun Karungan, ujung akan dimanjakan dengan indahnya aliran air yang deras dan jernih. Tidak hanya itu, pepohonan serta bebatuan di sekeliling air terjun juga menambah kesan alami. Suasana sejuk dan segar di sekitar Air Terjun Karungan tentu akan membuat pengunjung betah dan enggan pulang.

Selain bersantai dan menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat bermain air hingga berenang. Tidak hanya itu, banyaknya spot menarik juga dapat dimanfaatkan untuk berfoto.

5. Taman Oval Ladang

taman oval ladang
celebes.co

Ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun anak-anak? Tidak ada salahnya jika kamu datang ke Taman Oval Ladang. Taman Oval Ladang merupakan salah satu tempat wisata di Tarakan yang dikenal menawarkan suasana sejuk dan asri.

Di taman ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Biasanya, Taman Oval Ladang dikunjungi untuk bersantai maupun menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Terdapat banyak fasilitas yang ditawarkan dan dapat dinikmati oleh pengunjung seperti adanya tempat beristirahat hingga permainan khusus anak-anak.

Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun melepas penat, tidak ada salahnya jika kamu datang dan bersantai di Taman Oval Ladang. Kamu dapat mengunjungi Taman Oval Ladang di kawasan Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

6. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan

konservasi mangrove dan bekantan

Jika ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Tarakan, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan. Tempat yang satu ini tidak hanya banyak dikunjungi sebagai sarana rekreasi, tapi juga sekaligus menjadi sarana edukasi bagi anak-anak.

Baca juga :  9 Stasiun Bawah Tanah Paling Instagramable di Dunia

Di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, pengunjung akan disuguhkan dengan beragam flora dan fauna. Tidak hanya itu, menyusuri kawasan hutan mangrove juga menjadi salah satu hal seru yang dapat kamu coba.

Sembari menyusuri kawasan wisata, pengunjung dapat menjumpai satwa-satwa liar. Berbagai hal baru tentang mangrove dan bekantan juga dapat kamu pelajari sembari berwisata di kawasan konservasi ini. Kamu dapat mengunjungi Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan bersama teman maupun keluarga.

7. Baloy Adat Tidung

baloy adat tidung
merdeka.com

Tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah saat berada di Tarakan. Baloy Adat Tidung merupakan salah satu museum yang sekaligus menjadi tempat wisata di Tarakan. Museum yang satu ini mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya.

Baloy Adat Tidung merupakan museum yang didedikasikan untuk menyimpan barang-barang peninggalan Kerajaan Tarakan yang dulunya disebut dengan Kerajaan Tidung. Pengunjung dapat mengetahui banyak hal baru selama berada di kawasan wisata yang satu ini. Tidak hanya dapat melihat bentuk Rumah Baloy, pengunjung juga dapat melihat langsung benda-benda khas Suku Tidung.

Tempat bersejarah yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Sei Sesayap, Kampung Enam, Tarakan Timur. Baloy Adat Tidung menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu pecinta wisata bersejarah.

Nah, itulah daftar rekomendasi 7 tempat wisata di Tarakan yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply