7 Gunung Tertua di Dunia, Suguhkan Pemandangan yang Indah


Jehan  February 28, 2023  0 Comment

Gunung Tertua di Dunia – Pegunungan tua menjadi salah satu contoh menarik untuk mengenali bagaimana permukaan bumi ini berevolusi selama dekade. Apa kamu penasaran dengan salah satu bentang alam berukuran besar yang terhampar di banyak titik yang tersebar di penjuru dunia ini?

Guinnes world record merilis sebuah data mengenai gunung tertua yang ada di dunia ini dan ternyata terletak di Afrika Selatan loh. Yuk, simak terus ulasan wawasan dari GoTravelly tentang gunung tertua di bawah ini!

Gunung Tertua di Dunia:

1. Barberton Makhonjwa, Afrika Selatan

makhonjwa gunung tertua di dunia
whc.unesco.org

Gunung tertua di dunia yang pertama ini ada di daratan Afrika Selatan. Barberton Makhonjwa atau yang biasa disebut dengan Makhonjwa saja ini memiliki usia lebih dari 3,6 miliar tahun.

Gunung Makhonjwa memiliki tinggi sekitar 1.800 m dari atas permukaan laut juga dikenal sebagai bentang alam ditemukannya emas pertama kali di negara tersebut pada tahun 1875. Struktur geologis tertua di dunia tersebut menjadi gudang penyimpanan informasi berbagai macam kondisi permukaan hingga menjadi benua dan kehidupan lingkungan awal di sekitarnya.

Menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO menjadi salah satu destinasi tercantik dari Afrika Selatan. Siapa saja yang melihat bentang alam ini sepertinya akan dibuat kagum karena garis dramatisnya. Barberton Makhonjwa dikeliling oleh perbukitan kecil, hutan, hingga lembah serta dataran berumput.

Apabila tertarik untuk mengunjungi gunung tertua di dunia ini, kamu dapat menikmati banyak hal. Gunung Barberton Makhonjwa menjadi lokasi yang menyuguhkan atraksi hiburan seperti menunggang kuda, bersepeda hingga paralayang yang seru. Destinasi menarik, bukan?

Baca juga :  Sewa Motor Malang, Harga Murah! Paling Recommended!

2. Hamersley Range, Australia

hamersley range gunung tertua di dunia
flickr.com

Gunung tertua di dunia selanjutnya adalah Hamersley Range yang terletak di Australia. Berlokasi di salah satu taman nasional Karijini, Hamersley Range dikenal sebagai gunung tertinggi kedua di Australia Barat.

Hamparan berbatu tersebut memiliki usia menyentuh 3,4 miliar tahun. Tak hanya terkenal sebagai gunung tertua di dunia, melainkan daya tarik Hamersley Range juga seringkali dikaitkan dengan keindahan panorama di sekitarnya.

Gunung di Australia ini berada di wilayah Pilbara yang dekat dengan pantai, di mana lanskap alamnya terkenal spektakuler. Gunung Harmsley Range dapat dikunjungi oleh siapa saja untuk dijelajahi.

Saat berkunjung ke gunung tersebut, pengunjung akan disambut dengan banyak ngarai yang siap ditaklukan, gua yang menarik untuk ditelusuri, atau air terjun yang memercikkan airnya dengan deras. Tentu saja dengan bentang alam yang beragam tersebut gunung Hamersley Range menjadi rumah bagi berbagai macam biota.

3. Waterberg, Afrika Selatan

gunung waterberg di afrika selatan
flickr.com

Gunung yang terletak di Limpopo, Afrika Selatan ini dikenal sebagai bentang alam yang memiliki usia sekitar 2.8 miliar tahun. Berada di dalam Cagar Biosfer Waterberg yang menjadi salah satu proyek UNESCO membuatnya semakin layak untuk dikunjungi.

Ada berbagai atraksi outdoor yang akan memikat jiwa petualangan para traveler. Menjelajahi taman nasional, cagar alam, gua-gua dengan lanskap menakjubkan serta menaklukkan puncak gunung tentu menjadi salah satu tawaran yang paling banyak diminati.

Memiliki tinggi mencapai 2100 m, kawasan Waterberg tersebut memiliki iklim sejuk.

Tawaran menakjubkan lainnya dari gunung Waterberg adalah sabana penuh semak belukar yang menjadi rumah bagi berbagai populasi hewan. Kamu dapat bertamu dengan singa, macan tutul, kerbau, gajah, hingga badak Afrika. Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke kawasan gunung Waterberg yang terkenal ini?

Baca juga :  10 Negara Tujua Wisata Dengan Angka Kriminalitas Tinggi

4. Magaliesberg, Afrika Selatan

guunng magaliesberg tertua di dunia
flickr.com

Masih di daratan Afrika Selatan, tersimpan gunung tertua di dunia bernama Magaliesberg. Gunung tua ini terbentuk dari letusan gunung berapi dan telah ada sejak 2,3 miliar tahun lalu lamanya.

Di sekitar Magalierberg terdapat gua tua yang terkenal dan banyak dijelajahi oleh pecinta jelajah, salah satunya adalah Gua Sterkfontein. Tak hanya itu saja, Magaliesberg juga dikelilingi dengan banyak bukit yang bergelombang, aliran sungai yang mengalir di sela-sela hingga air terjun.

Atraksi yang dapat kamu nikmati lainnya adalah keseruan dari wahana arung jeram atau penjelajahan dengan kapal pesiar. Sebagai gunung yang memiliki usia lebih tua dari Everest yang terkenal itu, Magaliesberg tentu saja menjadi rumah bagi kawanan binatang yang sangat beragam dari Afrika. Bagimana menurutmu dengan gunung yang menjadi tempat pelestarian alam kuno untuk setiap generasi baru di bumi ini?

5. Guiana Highlands, Amerika Selatan

guiana highlands
flickr.com

Guiana merupakan salah satu dataran tinggi sekaligus gunung tertua di dunia yang terletak di kawasan Amerika Selatan. Usianya ditaksir mencapai lebih dari 2,1 miliar tahun. Dataran ini termasuk daerah pegunungan rendah, dataran tinggi, dan beberapa bentang bukit.

Puncaknya yang datar menjadi salah satu ciri khas dari dataran tinggi Guiana. Siapa saja yang memutuskan untuk ke sana pasti akan bertemu dengan bentangan dari air terjun Angel yang terkenal sebagai air terjun tertinggi di bumi.

Gunung tinggi ini menjadi dataran tinggi yang memiliki keragaman hayati terbanyak di dunia. Ada berbagai macam spesies binatang jumlahnya mencapai ribuan. Selain itu, Guiana Highlands juga menjadi rumah bagi invertebrata yang setengah diantaranya bahkan belum teridentifikasi. Bagaimana menurutmu, apakah Guiana Highlands menjadi salah satu tempat yang luar biasa?

Baca juga :  Hotel Dekat Botani Square Kenyamanan yang Utama

6. Black Hills, Amerika Serikat

black hills amerika
flickr.com

Black Hills menjadi salah satu kawasan gunung tertua di dunia yang usianya mencapai sekitar 1,8 miliar tahun. Sebagai bentangan gunung tertua di Amerika Utara, Black Hills memiliki beberapa wilayah dari rangkaian gunung-gunung berukuran kecil.

Pegunungan yang memiliki formasi geologi luar biasa ini menjadi salahsatu titik berkumpulya berbagai destinasi dataran yang layak untuk dikunjungi. Ada banyak tempat menarik yang masih dalam satu wilayah Black Hills seperti Gunung Rushmore yang menjadi monumen nasional dengan ukiran empat wajah presiden Amerika Serikat.

Selain itu ada Crazy Horse Memorial, yang menjadi monumen penghormatan pemimpin berkependudukan asli Amerika, dan Monumen Nasional Gua Jewel yang menyuguhkan penjelajahan gua dengan sistem terbesar sekaligus terkompleks di dunia. Tertarik mencoba penjelajahan di wilayah Black Hills sobat GoTravelly?

7. St. Francois, Amerika Serikat

st francois gunung tertua di dunia
flickr.com

St. Francois memiliki usia sekitar 1,5 miliar tahun yang menjadikannya sebagai salah satu gunung tertua di dunia. Gunung yang berada di sisi tenggara Amerika ini memiliki puncak tertinggi di Gunung Taum Sauk dengan ketinggian 1.722 kaki.

Bentangan alam ini memiliki formasi batuan yang mengesankan dan sangat luar biasa. Salah satu bentangan yang terkenal dari St. Francois adalah Elephant Rocks State Park yang menampilkan pemandangan menakjubkan dari tumpukan batu-batu granit dengan ukuran besar, menyerupai segerombolan gajah yang sedang berkumpul.

Selain itu ada juga taman Johnson’s Shut-Ins yang terkenal dengan area seluncuran air alami yang memiliki lubang besar untuk berenang. Panorama yang mengitari pegunungan tertua di dunia ini sungguh sangat luar biasa. Tak ada satu sisi yang akan mengecewakan pandanganmu. Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke sini?



Leave a Reply