6 Oleh Oleh Khas Manokwari Yang Menarik Hati


Fida  February 15, 2022  0 Comment

Manokwari dikenal sebagai salah satu kota yang terletak di Povinsi Papua Barat. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan banyak tempat wisata, tetapi juga berbagai kuliner lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Manokwari kerap dipilih sebagai tujuan wisata untuk menghabiskan waktu berlibur. Puas berlibur di kawasan Manokwari, tidak ada salahnya jika kamu pulang dengan membawa oleh-oleh. Tidak perlu bingung, inilah daftar 6 rekomendasi oleh-oleh khas Manokwari yang populer dan menarik untuk kamu coba.

6 Oleh Oleh khas Manokwari :

1. Abon Gulung

abon gulung
genpi.co

Abon gulung dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Manokwari yang bisa kamu coba. Makanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh karena memiliki kemasan yang praktis dan menarik. Sesuai dengan namanya, abon gulung memiliki tampilan berupa roti yang digulung dengan isian berupa abon, daging cincang, serta daun bawang. Selain isiannya yang lezat, roti ini juga memiliki toping di bagian atasnya berupa wijen, keju, hingga kacang kenari.

Salah satu rekomendasi tempat yang tepat untuk dikunjungi saat ingin berburu abon gulung di Manokwari adalah di Hawai Bakery. Di toko yang satu ini, kamu dapat mencoba lezatnya abon gulung dengan berbagai varian rasa yang ditawarkan. Selain itu, abon gulung khas Manokwari juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 13.000,- per gulung. Kamu dapat mencoba lezatnya hidangan ini dengan datang ke Jalan Jenderal Sudirman nomor 100. Cita rasanya yang khas serta teksturnya yang lembut menjadikan kue ini cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Baca juga :  10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Tegal Yang Menjadi Buruan Wisatawan
GoTravelly

Borong Oleh-Oleh Di Bakpia TelO Yang Lezat Dan Beraneka Camilan Dengan Harga Terjangkau Bisa Kalian Temukan Disini Loh!

Berburu Oleh-Oleh Khas Thailand Di Chiang Rai Night Bazaar

2. Buah Merah

buah merah
travel.okezone.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Manokwari yang bisa dibawa pulang, kamu dapat memutuskan untuk membeli atau berburu buah merah. Buah merah dikenal sebagai salah satu oleh-oleh yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke kawasan Manokwari. Buah ini biasa tumbuh di sekitar Manokwari, Timika, Nabire, Jayapura, Ayamaru Sorong, dan juga Jayawijaya.

Selain tampilannya yang unik, siapa sangka jika buah merah ternyata memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh. Konon, buah ini dipercaya dapat membantu melawan kanker seperti kanker serviks, kanker payudara, dan juga paru-paru. Masyarakat setempat biasa mengkonsumsi buah merah dengan cara dimakan langsung maupun diolah dengan dipanggang atau direbus. Selain dapat membeli buahnya, kamu dapat membeli buah merah berupa minyak atau sari buah yang biasa dikemas dalam botol. Saat berkunjung ke Manokwari, tidak ada salahnya bagi kamu untuk berburu buah merah sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

3. Keripik Keladi

keripik keladi
kompas.com

Keripik Keladi menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Manokwari yang sayang untuk tidak kamu coba. Sesuai dengan namanya, keripik yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama umbi keladi. Keladi dengan kualitas baik akan diolah dengan berbagai tambahan bumbu seperti bawang putih, gula, cabe rawit, dan juga garam.

Umbi keladi diolah dengan cara digoreng hingga kering. Saat mencobanya, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan citarasa gurih tetapi juga teksturnya yang renyah. Tidak sedikit masyarakat lokal maupun wisatawan yang menggemari jajanan ini. Keripik keladi juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas Manokwari untuk dibawa pulang.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

Kamu tentu tidak perlu khawatir karena keripik keladi dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 25.000,- per 250 gr. Karena kelezatannya, keripik yang satu ini juga disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

4. Batik Papua

batik papua
lifestyle.okezone.com

Selain makanan, kamu juga dapat membeli batik Papua sebagai oleh-oleh khas Manokwari untuk dibawa pulang. Batik papua tentu memiliki motif dengan ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Yang menjadi daya tarik adalah motif burung cendrawasih khas suku Asmat. Motif tersebut selalu berhasil membuat wisatawan penasaran dan tertarik untuk membelinya. Selain motifnya yang unik, batik papua juga dikenal memiliki warna yang mencolok. Warna terracota dan tanah menjadi warna khas batik Suku Asmat.

Kamu juga dapat memilih banyaknya jenis batik yang ditawarkan mulai dari batik tulis hingga batik printing. Adanya batik tradisional khas Papua dan juga batik kekinian dengan desain yang menarik tentu sayang untuk kamu lewatkan.

Untuk harganya, batik papua dibandrol dengan harga yang cukup beragam tergantung jenis kain dan tingkat kesulitan pembuatan batik. Saat berkunjung ke kawasan Manokwari, tidak ada salahnya jika kamu lakukan untuk membeli batik dalam bentuk lembaran maupun siap pakai seperti baju. Menarik sekali bukan?

5. Noken

noken
travel.okezone.com

Oleh-oleh khas Manokwari yang cukup populer berikutnya adalah noken. Noken merupakan tas tradisional yang cukup populer dan telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda. Noken merupakan tas rajut yang menjadi ciri khas masyarakat Papua. Selain bentuknya yang unik, noken juga memiliki cara penggunaan yang berbeda dengan tas lainnya. Jika biasanya tas di jinjing dengan tangan, namun noken harus dibawa dengan dikalungkan di atas kepala. Unik sekali bukan?

Baca juga :  10 Oleh Oleh khas Sambas Yang Banyak Diburu Wisatawan

Noken dibuat dengan serat kulit kayu pohon manduam atau yang biasa disebut dengan anggrek hutan. Meskipun terkesan cukup sederhana, tetapi sebenarnya noken dibuat banyak pilihan motif. Untuk pembuatan satu tas noken dibutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama yakni sekitar satu minggu.

Salah satu tempat untuk membeli tas noken adalah di Lio Art Papua. Tas yang satu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 500.000,- tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan. Tas unik yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu beli saat berkunjung ke Manokwari.

6. Kopi Arfak

Oleh Oleh Khas Manokwari
papua.bisnis.com

Kopi arfak dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas manokwari yang sayang untuk tidak kamu bawa pulang. Kopi yang satu ini dikenal sangat khas dan hanya didapatkan dari pegunungan arfak. Konon katanya, kopi arfak merupakan kopi peninggalan kolonial Belanda.

Di Manokwari, kopi arfak memang cukup sulit dijumpai. Tetapi hal itu tentu tidak menyurutkan niat untuk berburu kopi arfak. Daerah sekitar pegunungan arfak menjadi lokasi di mana kamu dapat dengan mudah menjumpai jenis kopi yang satu ini. Karena memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan kopi lainnya, maka tidak heran jika kopi arfak dapat banyak diburu khususnya bagi para pecinta kopi. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kelezatan kopi yang satu ini?

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi oleh khas Manokwari yang populer dan berhasil membuat banyak wisatawan penasaran. Saat berkesempatan datang ke kawasan Manokwari, oleh-oleh manakah yang paling ingin kamu beli untuk dibawa pulang?



Leave a Reply