20 Tempat Wisata di Alabama Amerika Sangat Berkesan


prita  March 30, 2022  0 Comment

Alabama adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang berada di bagian selatan dari daratan utama. Layaknya negara bagian Amerika Selatan lainnya, Alabama juga menawarkan ragam keindahannya yang mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Tempat wisata di Alabama memang cukup beragam karena negara bagian ini dianugerahi dengan suasana alam yang sangat menawan. Nah, jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Alabama, berikut adalah daftarnya.

Tempat Wisata di Alabama:

1. Birmingham Civil Right Institute

Birmingham Civil Right Institute
civilrightstrail.com

Tempat wisata di Alabama yang pertama adalah Birmingham Civil Right Institute. Tempat ini akan memberikan pandangan yang lebih dalam tentang peristiwa Civil Right Movement tahun 1960-an di Birmingham dan Amerika Serikat.

Disini kamu bisa menjelajahi galeri yang menampilkan pameran permanen dan sementara tentang berbagai topik, mulai dari konflik kekerasan hingga segregasi. Dari luar, bangunan dari Birmingham Civil Right Institute ini merupakan sebuah gedung megah dengan anak tangga. Sementara di dalam bangunan, kamu akan menemukan berbagai patung manusia dengan segala pose yang menakjubkan.

Gotravelly

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Aurora Hunting, Tromsø, Norwegia

2. Battleship Memorial Park

Battleship Memorial Park
en.wikipedia.org

Battleship Memorial Park menjadi salah satu tempat wisata di Alabama yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya. Wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memperlajari tentang sejarah militer Amerika yang luar biasa.

Taman sejarah ini juga menjadi sebuah museum yang luar biasa dimana pengunjungnya bisa melihat berbagai senjata yang digunakan selama perang. Salah satu daya tarik dari museum ini adalah adanya USS Alabama Battleship 1942 yang berlabuh di sepanjang tepi pantai. Kapal perang yang dijuluki sebagai Mighty A ini telah dinonaktifkan setelah akhir Perang Dunia II. Kamu pun diperbolehkan untuk mengelilingi seluruh bagian kapal, termasuk kabin kapten, jembatan, aula mess dan menara.

3. Gulf State Park

Gulf State Park
en.wikipedia.org

Tempat wisata di Alabama yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Gulf State Park. Gulf State Park ini merupakan merupakan sebuah area seluas 6.150 hektar dimana pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti mendaki, berenang, ski air, memancing hingga berselancar.

Disini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan pantai berpasir putih yang lembut dengan perairan biru jernih. Kamu bisa menikmati ombak pantai yang tenang, matahari yang bersinar serta pemandangan yang spektakuler. Kawasan wisata ini memang sangat luas sehingga dibutuhkan waktu lebih dari sehari untuk menjelajahinya. Jika kamu ingin bermalam disini, kamu bisa berkemah atau tinggal di berbagai cottage dan kabin yang bisa ditemukan dengan mudah disini.

4. Mobile Bay

Mobile Bay
mobilebaymag.com

Berlokasi di sepanjang Teluk Meksiko, Mobile Bay ini merupakan sebuah daerah yang indah di garis pantai Alabama. Daerah ini memiliki pantai dan kawasan bersejarah yang menarik bagi wisatawan.

Baca juga :  Jelajahi 10 Tempat Wisata di Purworejo Jawa Tengah

Salah satu tempat yang paling menarik di kawasan ini adalah Pulau Dauphin yang berada di Telu dan menjadi pulau penghalang dengan kota kecil. Pulau ini memiliki beberapa hal menarik untuk dijelajahi, seperti Fort Gaines yang bersejarah yang didirikan pada awal tahun 1800-an dan menjadi pos terdepan selama pertempuran Mobile Bay.

5. W.C Handy Home and Museum

W.C Handy Home and Museum
natcheztracetravel.com

Tempat wisata di Alabama yang tak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah W.C Handy Home and Museum. Museum ini merupakan sebuah pondok kayu yang diawetkan untuk memberi pengunjung pandangan tentang kehidupan William Christopher Handy yang dikenal oleh dunia sebagai the Father of Blues.

Rumah ini kemudian dijadikan sebagai museum yang berisikan memorabilia, artefak dan lembaran musik bertuliskan tangan. Disini kamu bisa mengikuti tur berpemandu oleh sejarawan yang mengetahui secara dalam tentang kehidupan W.C Handy dan dampaknya bagi musik Blues.

6. Barber Vintage Motorsports Museum

Barber Vintage Motorsports Museum
motorcyclenews.com

Barber Vintage Motorsports Museum ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Alabama. Sesuai dengan namanya, museum ini menjadi salah satu tempat untuk koleksi sepeda motor terbesar di dunia.

Museum ini didirikan oleh George Barber, seorang pembalap mobil dan menjadi bagian dari Barber Motorsports Park. Barber Vintage Motorsports ini menyimpan lebih dari 1.200 sepeda motor dan mobil balap koleksinya. Disini kamu akan melihat banyak sekali sepeda motor langka, seperti Britten V1000 1995 dan 1959 Ducati 200SS.

7. Frank Lloyd Wright Rosenbaum House Museum

Frank Lloyd Wright Rosenbaum House Museum
tennesseerivervalleygeotourism.org

Tempat wisata di Alabama yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Frank Lloyd Wright Rosenbaum House Museum. Tempat ini merupakan sebuah rumah museum bekas kediaman pribadi milik keluarga Rosenbaum.

Rumah ini dibangin pada tahun 1940 dan dirancang oleh arsitek terkenal. Rumah ini memiliki gaya arsitektur Usonian yang unik dan sangat kontras dengan rumah lainnya yang berada di lingkungan tersebut. Disini kamu bisa mengikuti tur dengan pemandu untuk menjelaskan tentang keindahan di setiap sudut rumah. Gaya unik ini ditampilkan di interior dimana kamu bisa melihat perabotan yang diawetkan.

8. Birmingham Museum of Art

Bimingham Museum of Art
birminghamtimes.com

Jika kamu pecinta seni, maka tempat wisata di Alabama yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Birmingham Museum of Art ini dianggap sebagai salah satu tempat untuk menikmati koleksi seni terbaik.

Museum Seni Birmingham ini memiliki lebih dari 24.000 karya seni. Beberapa diantaranya terkenal dengan koleksi Seni Asia, ada juga koleksi seni dari Renaissance Eropa dan seni Afrika. Berbagai koleksi seni yang bisa kamu temukan disini antara lain lukisan, patung, furnitur, cetakan dan masih banyak lagi lainnya.

9. Montgomery Museum of Fine Art

Montgomery Museum of Fine Art
mmfa.org

Tempat wisata di Alabama berikutnya juga masih berupa galeri seni, yaitu Montgomery Museum of Fine Art. Montgomery Museum of Fine Art ini merupakan museum seni rupa pertama yang dibuka di Alabama dan sampai sekarang masih menjadi salah satu destinasi wisata terbaik untuk menikmati seni.

Museum yang pertama kali dibuka pada tahun 1988 ini berlokasi di tepi danau besar di dalam Blunt Cultural Park. Disini kamu bisa menemukan ragam koleksi yang luas termasuk Seni Amerika yang terkenal dari abad ke-19 hingga abad ke-20. Di museum seni ini kamu juga bisa melihat karya seni seniman lokasl Alabama seperti patung, gambar, lukisan dan ragam karya seni lainnya.

Baca juga :  18 Tempat Wisata di Jawa Tengah Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

10. Montgomery Civil Rights Landmarks

Montgomery Civil Right Landmarks
civilrightstrail.com

Montgomery Civil Rights Landmarks ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Alabama yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Landmark yang juga menjadi ikon dari Alabama ini dibangun dengan tujuan untuk memberi penghormatan kepada kehidupan yang hilang selama bertahun-tahun pada orang-orang yang berjuang untuk kesetaraan dan keadilan rasial.

Landmark ini berada di Downtown Montgomery di sebuah plaza yang terbuka untuk umum dimana pada monumen utama kamu bisa menemukan air mancur yang dirancang oleh Maya Lin. Selain itu, kamu juga bisa menemukan daftar 41 nama dari mereka yang gugur.

11. National Voting Rights Museum and Institute

National Voting Rights Museum
carmensisson.photoshelter.com

Tempat wisata di Alabama yang tak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah National Voting Rights Museum and Institute. Berlokasi di Distrik Bersejarah Selma, museum ini wajib untuk dikunjungi karena menjadi salah satu wisata paling mengharukan di Alabama.

Disini kamu akan melihat jejak kaki dan pakaian yang dikenakan oleh orang-orang yang terlibat dalam pawai damai yang berubah menjadi kekerasan di Jembatan Edmund Pettus. Di museum ini juga kamu bisa menemukan pameran-pameran yang tak kalah menarik, termasuk informasi tentang gerakan Hak Pilih Perempuan. Setelah mengunjungi museum, kamu bisa berjalan-jalan melintasi jembatan untuk mendengarkan cerita sejarah.

12. Cheaha State Park

Cheaha State Park
thedyrt.com

Berlokasi di jantung kota Alabama, Cheaha State Park juga menjadi salah satu tempat wisata di Alabama yang patut untuk kamu singgahi. Tempat ini memiliki hutan hijau yang subur dengan banyak jalur untuk trekking dan tempat berkemah yang menyenangkan.

Cheaha State Park merupakan taman tertua di Alabama yang menawarkan perbukitan indah untuk dijelajahi. Kalau kamu suka hiking, kamu bisa menjelajahi puncak tertinggi Alabama dengan mendaki Gunung Cheaha. Selain mendaki, beberapa aktivitas lainnya bisa kamu lakukan disini, seperti berkemah, bersepeda hingga mengendarai ATV.

13. Birmingham Zoo

Birmingham Zoo
hpmleadership.com

Kalau kamu sedang berlibur bersama anak-anak, maka tempat wisata di Alabama yang satu ini wajib untuk masuk dalam daftar rencana perjalanan, yaitu Birmingham Zoo. Birmingham Zoo ini merupakan kebun binatang sekaligus taman zoologi yang memiliki kedudukan tertinggi di Alabama.

Kebun Binatang Alabama ini menjadi rumah bagi lebih dari 950 satwa dari 230 jenis spesies yang berbeda. Kebun binatang yang diresmikan pada tahun 1955 ini memiliki beberapa fauna yang cukup populer, seperti gajah Afrika, Komodo, Koala hingga Penguin kaki hitam. Tak hanya bisa menyaksikan ragam satwa, disini kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menonton pertunjukan binatang, naik kereta dan bersafari.

14. Alligator Alley

Alligator Alley
gatoralleyfarm.com

Tempat wisata di Alabama yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Alligator Alley. Alligator Alley ini merupakan sebuah rawa yang menjadi rumah bagi ratusan buaya yang mana menjadi salah satu destinasi wisata populer di negara bagian ini.

Disini kamu akan memasuki habitat alami salah satu hewan paling ganas di alam tersebut. Kamu akan diajak berjalan di sepanjang jalan setapak diatas rawa untuk melihat interaksi alami buaya di lingkungan lahan basah. Kamu bisa melihat banyak buaya dengan berbagai ukuran, mulai dari bayi hingga dewasa dengan berat lebih dari 700 pon.

15. Huntsville Botanical Garden

Huntsville Botanical Garden
northalabama.org

Huntsville Botanical Garden merupakan salah satu tempat wisata di Alabama yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Wisata yang satu ini merupakan sebuah kebun botani yang indah dengan ragam jenis bunga berwarna-warni.

Baca juga :  20 Wisata di Las Vegas, Kota Tak Pernah Tidur

Selain bunga, taman ini juga menawarkan rumah kupu-kupu terbuka terbesar di negara bagian tersebut. Selain bisa mengenal ragam jenis kupu-kupu, disini kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain di taman bermain sambil mempelajari tentang ragam jenis tanaman. Disini kamu juga bisa berjalan di sepanjang jalur birding atau hanya sekedar menikmati kedamaian gazebo di taman bohlam. Salah satu bagian paling favorit disini adalah miniatur desa yang dibuat oleh pramuka setempat termasuk dengan miniatur lokomotif uap yang bergera.

16. McWane Science Center

McWane Science Center
mcwane.org

Tempat wisata di Alabama yang satu ini juga masih berupa wisata edukasi, yaitu McWane Science Center. McWane Science Center ini merupakan museum dan akuarium canggih yang menjadi salah satu wisata favorit keluarga.

Museum ini memiliki empat lantai dengan pameran interaktif yang telah menarik jutaan pengunjung sejak pertama kali dibuka pada tahun 1998. Pameran ini mencakup artefak suku asli Amerika, spesimen biologis yang diawetkan, batu dan mineral hingga ragam jenis fosil. Museum dan pusat sains ini memang dibuat untuk melestarikan dan memahami keajaiban alam Alabama.

17. US Space and Rocket Center

US Space and Rocket Center
al.com

Berlokadi di kota Huntsville di Alabama Utara, US Space and Rocket Center ini merupakan salah satu tempat wisata di Alabama yang cukup populer dan banyak dikunjungi.

Beberapa yang menjadi sorotan utama dari wisata ini adalah adanya pengalaman antar-jemput atau simulator penerbangan yang membuatmu seolah mengalami eksplorasi ruang angkasa atau kontrol darat dalam kehidupan nyata. Saat mengunjungi tempat ini, kamu wajib untuk mencoba semua pengalaman yang ditawarkan karena disini terdapat berbagai program pelatihan,salah satunya adalah bagaimana menjadi astronot hingga belajar bagaimana scuba.

18. Cathedral Basilica of the Immaculate Conception

Cathedral Basilica of the Immaculate Conception
cannundrum.blogspot.com

Tempat wisata di Alabama yang satu ini merupakan wisata religi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Cathedral Basilica of the Immaculate Conception. Katedral ini merupakan Gereja Katolik Roma yang berada di Mobile.

Saat berkunjung kesini, kamu akan dibuat kagum dengan keindahan langit-langit berkubah barel yang menakjubkan, jendela kaca patri Jerman yang menawan dan altar marmer Italia yang indah.

19. Cathedral Caverns State Park

Cathedral Caverns State Park
alapark.com

Jika kamu pencinta alam dan penyuka kegiatan menantang, maka Cathedral Caverns State Park ini bisa jadi salah satu tempat wisata di Alabama yang cukup menarik untuk dikunjungi. Cathedral Caverns State Park ini merupakan salah satu gua yang cukup terkenal di wilayah tenggara.

Gua ini memanjang dengan ragam batu panjang dan jalan beraspal yang bisa diakses dengan roda. Kamu bisa mengikuti tur gua berpemandu untuk menjelajahi gua ini yang dipenuhi dengan stalagmit besa yang menonjol dari tanah dan langit-langit. Kamu juga bisa melihat Sungai Misteri, yaitu sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua. Tur ini akan membawa kamu hingga ke ujung gua sehingga kamu bisa mengetahui sejarah dan formasi dari gua ini.

20. Bellingrath Gardens and Home

Tempat Wisata di Alabama
mobile.org

Tempat wisata di Alabama yang terakhir adalah Bellingrath Gardens and Home. Taman ini berada di 65-acre di sepanjang Sungai Follow dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Kamu bisa melihat ragam jenis bunga berwarna-warni serta fitus taman dekoratif sehingga menjadikannya terlihat semakin menawan. Taman yang didirikan oleh Walker Bellingrath ini memiliki ribuan tanaman dari spesies yang berbeda. Ada berbagai jalur yang mengarah di sekitar taman untuk berjalan-jalan santai di lingkungan yang tenang.

Musim semi menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini karena saat itulah taman ini akan dipenuhi bunga-bunga yang bermekaran. Selain musim semi, musim liburan juga menjadi waktu favorit untuk mengunjungi taman ini karena kamu akan melihat lebih dari tiga juta lampu Natal yang akan menerangi taman.

Itulah tadi daftar tempat wisata di Alabama yang cukup menarik untuk dikunjungi. Wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply