11 Tempat Wisata di Bangkinang, Cocok Menjadi Tujuan Berlibur


Fida  November 5, 2023  0 Comment

Bangkinang merupakan sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Kawasan yang satu ini dikenal memiliki pesona indah dengan berbagai tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Datang dan menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi beberapa pilihan tempat wisata di Bangkinang tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Tempat Wisata di Bangkinang : 

1. Ulu Kasok 

ulu kasok
travel.detik.com

Ulu Kasok, terletak di Pulau Gadang, Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat diminati oleh para pengunjung. Tempat ini menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan sehingga disebut sebagai “Raja Ampat ala Kampar.”

Terdiri dari tiga objek wisata utama, Ulu Kasok menyajikan pengalaman yang unik:

Puncak Ulu Kasok: Menawarkan pemandangan spektakuler, Puncak Ulu Kasok memungkinkan pengunjung untuk menikmati panorama alam yang memukau. 

Air Terjun Ulu Kasok: Air terjun ini adalah salah satu daya tarik utama di Ulu Kasok. Pengunjung dapat menikmati suara gemericik air yang menenangkan dan berenang di kolam alami yang jernih.

Pulau di Sekitar Ulu Kasok: Dikelilingi oleh perairan yang indah, kamu dapat menjelajahi pulau-pulau di sekitar Ulu Kasok dengan menggunakan speedboat. 

Dengan keindahan alam yang mengagumkan dan beragamnya pengalaman yang ditawarkan, Ulu Kasok menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi pengunjung yang mencari petualangan alam di Kabupaten Kampar, Riau.

Baca juga :  7 Detinasi Wisata di Luwu Utara, Adat Budaya Hingga Keindahan Alam

2. Bukit Naang Bangkinang

bukit naang bangkinang
mytrip123.com

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Bangkinang adalah Bukit Naang Bangkinang. Terletak di Desa Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, tempat ini menawarkan pengalaman petualangan yang mendebarkan. Salah satu atraksinya adalah Flying Fox dengan ketinggian sekitar 22 meter yang akan memacu adrenalinmu. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap, seperti tempat parkir, tempat ibadah, tempat istirahat, toilet, dan kantin, sehingga pengunjung dapat merasa nyaman selama berkunjung.

3. Puncak Pukatan

puncak pukatan
cakaplah.com

Puncak Pukatan adalah destinasi wisata lainnya di Bangkinang yang sangat diminati, terutama oleh para wisatawan muda. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memukau, yang membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto selfie. Di Puncak Pukatan, kamu dapat menemukan sebuah gardu pandang yang terbuat dari anyaman bambu, yang menambah daya tarik tempat ini. Namun, untuk mencapai objek wisata ini, kamu perlu melewati perjalanan yang agak menantang, karena Puncak Pukatan terletak di Jalan Bangkinang – Payakumbuh, Desa Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

4. Puncak Mahligai Indah

puncak mahligai indah
riausky.com

Puncak Mahligai Indah, atau sering disebut “Mahligai Indah” saja, adalah objek wisata baru yang menarik di Kabupaten Kampar. Tempat ini sangat cocok bagi penggemar swafoto atau selfie. Kamu akan menemukan beberapa gardu pandang sederhana dengan latar belakang pulau-pulau yang indah di sini. Selain itu, terdapat sebuah rumah pohon dengan latar belakang hutan dan danau yang menambah daya tarik tempat ini. Untuk menjelajahi pesona dan keindahan Puncak Mahligai Indah, kamu dapat mengunjunginya di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

5. Candi Muara Takus – Tempat Wisata di Bangkinang

candi muara takus
salsawisata.com

Kabupaten Kampar, Riau, juga memiliki warisan sejarah yang berharga, dan salah satu yang paling terkenal adalah Candi Muara Takus. Kompleks candi ini terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Candi Muara Takus adalah salah satu kumpulan candi-candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatera. Kompleks candi ini mencakup berbagai candi, seperti Candi Bungsu, Candi Tua, Candi Palangkan, Stupa Mahligai, dan banyak lagi. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya kuno di Riau.

Baca juga :  10 Destinasi Hiking dan Trekking Dekat Jakarta

6. Desa Buluh Cina – Tempat Wisata di Bangkinang

desa buluh cina
wisato.id

Desa Buluh Cina adalah destinasi wisata terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Terletak di Kecamatan Siak Hulu, desa ini dikenal sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Kampar. Di sini, kamu dapat menikmati beberapa danau unik yang dapat dikelilingi dengan perahu, tempat pemancingan, dan penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap. Selain itu, desa ini juga menawarkan hutan alami yang masih sangat asri, dengan flora dan fauna yang bisa dijadikan sebagai bahan edukasi dan objek fotografi.

7. Pantai Cinta Teluk Jering

pantai cina teluk jering
pekanbaru.tribunnews.com

Pantai Cinta Teluk Jering, meskipun berlokasi di tepi Sungai Kampar di Dusun Teluk Jering, Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, memiliki pesona alam yang tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada di tepi laut. Meskipun tidak menghadap laut, pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang.

8. Sungai Hijau

sungai hijau
salsawisata.com

Sungai Hijau adalah salah satu daya tarik alam yang memukau di Bangkinang. Sungainya terkenal dengan air yang sangat bening dan kemampuannya untuk memantulkan cahaya dari pohon-pohon hijau di sekitarnya. Akibatnya, warna air sungai tampak seperti hijau zamrud, menciptakan pemandangan yang sungguh menawan. Lokasinya berjarak sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota, yaitu di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau.

9. Gren Canyon Gulamo – Tempat Wisata di Bangkinang

green canyon gulamo
merahputih.com

“Green Canyon Gulamo” dinamakan demikian karena objek wisata ini terletak di Sungai Gulamo dan mengingatkan pada Grand Canyon di Sungai Colorado, salah satu destinasi wisata alam terkenal di Amerika Serikat. Di sini, kamu dapat menikmati berbagai kegiatan seru, termasuk body rafting. Lokasi ini berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, dan menawarkan pengalaman petualangan alam yang mendebarkan.

Baca juga :  10 Kota Paling Romantis di dunia, Rekomendasi Bulan Madu Lebih Manis

10. Jembatan Water Front City Bangkinang

jembatan water front city bangkinang
orami.co.id

Jembatan Water Front City Bangkinang adalah jembatan megah yang membentang di atas Sungai Kampar dan menghubungkan Kota Bangkinang dengan Kampung Godang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau. Jembatan ini dirancang dengan konsep yang unik dan menarik, menjadikannya tidak hanya sebagai alat penghubung, tetapi juga sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Kota Bangkinang.

11. Museum Kandil Kemilau Emas

museum kandil kemilau emas
andalastourism.com

Museum Kandil Kemilau Emas adalah sebuah peninggalan bersejarah yang menghiasi Bangkinang dengan kekayaan budaya dan nilai warisan yang tak ternilai. Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 1900 Masehi oleh tokoh masyarakat setempat, Haji Hamid, yang menciptakan sebuah rumah adat yang mewakili lima kota Kampar. Kemudian, pada tanggal 22 Mei 1988, museum ini diresmikan sebagai museum, mengukuhkan peran bersejarahnya dalam melestarikan budaya dan sejarah Kabupaten Kampar.

Terletak di Desa Wisata Pulau Belimbing, Kecamatan Bangkinang Barat, Kabupaten Kampar, Riau, museum ini menjadi tujuan wajib para wisatawan yang ingin memahami lebih dalam tentang kebudayaan Kabupaten Kampar. Keunikan museum ini tidak hanya terletak pada arsitektur bangunan yang mencerminkan budaya lokal, tetapi juga pada isi yang ada di dalamnya. Museum Kandil Kemilau Emas memajang ratusan jenis barang antik dan benda pusaka yang merupakan koleksi warisan turun temurun. Ini adalah tempat yang sempurna untuk merenung sejarah, menggali budaya lokal, dan menghargai kekayaan warisan Kabupaten Kampar.

source : https://www.youtube.com/@HerlinaBasri

Nah, itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Bangkinang yang populer dan bisa kamu datangi. Dari daftar di atas, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply