10 Tempat Wisata di Moldova, Negara Kecil Di Eropa Penuh Pesona


prita  November 28, 2020  0 Comment

Pernahkah kamu mendengar soal Moldova? Moldova merupakan sebuah negara kecil di Benua Eropa yang terkurung oleh daratan antara Rumania di sebelah barat dan Ukraina di sebelah timur. Saat Perang Dunia II, Moldova masih menjadi bagian dari Rumania dan memang kedua negara tersebut memiliki kesamaan budaya. Selain itu, Moldova juga menawarkan banyak sekali tempat wisata bagi para wisatawan, misalnya seperti tempat terpencil yang jarang dikunjungi oleh wisatawan hingga membuatnya terlihat sangat eksklusif dan belum terjamah. Misalnya seperti 10 tempat wisata di Moldova berikut ini.

1. Chisinau

Chisinau
lonelyplanet.com

Tempat wisata di Moldova yang pertama adalah kota Chicinau. Chicinau merupakan ibukota Moldova dan juga menjadi kota terbesar di negara ini.

Chicinau merupakan kota modern namun juga ramah bagi wisatawan. Disini kamu bisa menemukan banyak tempat menarik seperti galeri seni, casino, klub malam, restoran hingga Pushkin Park dan Piramida Orange. Kamu pun juga bisa berkunjung ke Katedral Nativity yang sangat populer di kota ini.

Gotravelly

Al-Amar Express: Puas Dikerjain Penjual Ice Cream Turki

Burgreens Menteng

Manna Cafe, Juaranya Nasi Goreng Jawa Dan Jagung Bakar!

2. Orheiul Vechi

orheiul vechi
itinari.com

Tempat wisata di Moldova selanjutnya juga berada tak jauh dari Chicinau, yaitu Orheiul atau Old Orhei. Orheiul Vechi juga tak kalah indahnya dengan Chicinau dan kota ini kerap dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan budaya dan kaya akan sejarah.

Tampaknya kota Orheiul Vechi ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan sejarah namun juga masih ingin menikmati keindahan alam. Kota ini menghadap ke Sungai Raut dan disana terdapat banteng, reruntuhan, biara-biara, pemandian hingga gua yang berasal dari Suku Dacia sejak 2000 tahun lalu.

3. Cricova Winery

Cricova Winery
amusingplanet.com

Cricova Winery menjadi salah satu tempat wisata di Moldova yang wajib kamu kunjungi. Cricova Winery berjarak sekitar 30 menit dari kota Chisinau dan merupakan sebuah pabrik anggur bawah terbesar kedua di dunia.

Kamu akan menemukan sebuah jalan sepanjang 120 kilometer diatas tanah dengan terowongan dibawah tanah yang telah ada sejak abad ke-15. Kamu bisa menyusuri jalanan bawah tanah sepanjang 100 meter di bawah tanah dan melihat sekitar 1,2 juta botol anggur. Pabrik anggur ini sangat populer di Moldova dan selalu berkembang setiap tahunnya, maka setiap pengunjung yang datang kesana wajib untuk membawa pulang satu atau dua botol anggur untuk dinikmati di rumah.

4. Tipova Monastery

Tipova Monastery
pinterest.com

Tempat wisata di Moldova yang harus kamu kunjungi selanjutnya adalah Tipova Monastery. Tipova Monastery merupakan sebuah biara yang memiliki tiga kompleks utama yang telah digali dari bebatuan yang berada di tepian Sungai Dniestr.

Komplek tertua di biara ini adalah Church of the Feast of the Holy Cross yang telah ada sejak abad ke-11. Kemudian ada dua gereja lainnya yaitu Gereja St Nicholas yang dibangun pada abad ke-14 dan Horodiste yang dibangun di abad ke-16. Kamu bisa mengikuti jalur gua dimana kamu akan mendaki sambil menikmati indahnya alam dan air terjun yang indah. Gua tersebut terdapat sel biksu yang cukup besar dan mampu menampung hingga 700 orang, namun saat ini hanya kurang dari 20 biksu yang tinggal disana.

5. Manastirea Curchi

manastirea curchi
donatella-tur.md

Selain Tipova Monastery, tempat wisata di Moldova yang berupa biara lainnya adalah Manastirea Curchi. Manastirea Curchi merupakan biara yang sangat indah, karena keindahannya itulah biara ini pernah memenangkan penghargaan dalam nominasi biara terindah di Moldova.

Komplek Manastirea Curchi ini terdiri dari lima gereja, beberapa biara, sel biksu hingga ruang makan. Biara ini memiliki arsitektur bergaya Bessarabia yang sangat unik namun menarik dan cantik. Inti dari komplek biasa ini adalah Mother of God Church yang dibangun sekitar akhir abad ke-19. Kamu pun bisa menjelajah biara ini sambil belajar tentang sejarahnya yang menarik untuk diulik.

6. Saharna

saharna
itinari.com

Saharna merupakan sebuah desa kecil yang cukup menarik untuk dikunjungi. Desa ini menjadi salah satu tempat wisata di Moldova yang cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara, pasalnya desa ini memiliki daya tarik yaitu sebuah Biara bernama The Holy Trinity Monastery, yang dikenal memiliki keindahan yang menakjubkan.

Saharna juga dikenal sebagai destinasi wisata religi bagi banyak masyrakat Moldova karena terdapat jejak kaki diatas batu. Jejak kaki tersebut diyakini sebagai jejak kaki Bunda Maria oleh masyarakat setempat. Namun, jika kamu tak ingin berwisata religi di desa ini, tentu saja kamu bisa menikmati indahnya alam Saharna yang menawan. Desa ini memiliki 22 air terjun yang indah dan salah satu air terjun yang paling terkenal adalah Gipsy Hole.

7. Transdniestr

transdniestr
britannica.com

Tempat wisata di Moldova berikut ini bisa dibilang cukup unik dan aneh karena menempati sebuah tanah sempit di Sungai Dniestr, yaitu Transdniestr. Pemerintah setempat telah menyatakan Transdniestr sebagai republik yang independen, meskipun belum secara resmi.

Transdniestr secara resmi masih menjadi bagian dari Negara Moldova, namun penduduk Transdniestr menganggap jika mereka telah memenangkan kemerdekaan saat perang saudara pada tahun 1992. Tak heran jika kamu berkunjung ke Transdniestr kamu akan menemukan mata uang mereka sendiri, kepolisian dan perbatasan sendiri. Tak hanya itu, penduduk Transdniestr masih berpegang teguh pada estetika era Soviet. Maka tak perlu heran jika saat berkunjung kesana kamu akan melihat banyak sekali patung Lenin disana.

8. Gagauzia

Gagauzia
ozoutback.com.au

Gagauzia juga menjadi salah satu tempat wisata di Moldova yang wajib untuk kamu kunjungi. Gagauzia merupakan tempat yang tepat untuk kamu yang pecinta sejarah dan ingin berwisata sejarah.

Meskipun penduduk di Gagauzia ini merupakan umat Kristien, namun warisan dan budaya yang bisa ditemukan disini menyerupai Turki. Bahkan, pengungsi Muslim ketahui sebagai nenek moyang penduduk disini. Konon mereka diijinkan untuk tinggal disini jika mereka ingin berpindah agama. Menariknya lagi, kamu bisa mengunjungi sebuah museum bernama Museum Sejarah Regional Comrat yang akan menceritakan kehidupan sehari-hari penduduk disini dari dulu hingga saat ini.

9. Benteng Soroca

Benteng Soroca
medium.com

Tempat wisata di Moldova yang satu berupa sebuah banteng yang indah dan megah bernama Benteng Soroca. Benteng Soroca berada lebih dekat dengan perbatasan Ukraina dan menghadap ke Sungai Dniester yang indah.

Benteng ini memiliki arsitektur bergaya abad pertengahan yang indah dan unik. Banteng ini dianggap sangat penting bagi sejarah Moldova dimana banteng ini digunakan sebagai tempat berlindung oleh para tentara saat mereka dikepung dalam peperangan. Soroca juga dianggap sebagai ibukota tidak resmi Roma.

10. Codru National Reservation

Tempat Wisata di Moldova
moldova.md

Tempat wisata di Moldova yang terakhir adalah Codru National Reservation. Taman nasional ini merupakan cagar alam tertua di Moldova dan menjadi rumah bagi lebih dari 1000 spesies tanaman yang dilindungi.

Selain tanaman, disini juga terdapat 145 spesies burung dan sekitar lima puluh spesies mamalia serta 6 spesies reptile. Cagar alam ini juga memiliki lembah dan jurang dengan pemandangan yang luar biasa.



Leave a Reply