10 Tempat Wisata di Imogiri Bikin Adem Hati


prita  August 22, 2022  0 Comment

Jika kamu sering pergi ke Yogyakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan Imogiri. Imogiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Wisata di Imogiri jumlahnya cukup banyak dan kerap menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk datang langsung kesana.Sesuai dengan namanya, Imogiri berarti gunung yang berkabut. Tak heran jika destinasi wisata yang kamu temukan disini bisa membuatmu betah. Wisata yang ditawarkan Imogiri ini cukup beragam, mulai dari bukit yang instagramable, air terjun hingga goa yang cantik. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Jogja dalam waktu dekat, berikut ini adalah destinasi wisata di Imogiri Bantul yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
orami.co.id

Kebun Buah Mangunan tentu menjadi destinasi wisata di Imogiri pertama yang wajib untuk kamu kunjungi. Tempat ini mendapat julukan sebagai negeri di atas awannya Yogyakarta karena lokasinya berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Saat pagi hari, Kebun Buah Mangunan ini akan diselimuti kabut sehingga pemandangan matahari terbit dari tempat ini akan terlihat lebih indah. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan kebun buah yang ditanami berbagai jenis buah, seperti mangga, jeruk, manggir, rambutan hingga durian.

Gotravelly

Puncak Kebun Buah Mangunan 2019 – Sensasi Hunting Foto Di Atas Awan

Hutan Pinus Pengger: Persinggahan Seru Di Yoyakarta

2. Puncak Becici

Puncak Becici
gotripina.com

Wisata di Imogiri selanjutnya adalah Puncak Becici. Selain Kebun Buah Mangunan yang menawarkan pemandangan fantastis, Puncak Becici juga menawarkan pemandangan tak kalah indah dari ketinggian.

Dari Puncak Becici, kamu bisa melihat indahnya Gunung Merbabu dan Merapi dari kejauhan. Bahkan, disini kamu akan menemukan beberapa spot menarik, mulai dari spot sunset, gardu pandang, hammock untuk bersantai hingga camping ground yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berkumpul bersama.

3. Bukit Panguk Kediwung

Tempat Wisata di Imogiri
wisataoke.com

Sama halnya dengan Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung ini juga menjadi spot sunrise terbaik di Jogja serta menjadi salah satu wisata di Imogiri yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

Di bukit ini kamu akan menemukan banyak spot foto yang instagramable. Mulai dari gardu pandang sederhana dan latar berfoto dengan bentuk unik. Bahkan, jika kamu berkunjung di pagi hari kamu akan melihat indahnya matahari terbit dari gardu pandang yang tertutup kabut.

4. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem
phinemo.com

Wisata di Imogiri yang tak kalah hits berikutnya adalah Bukit Mojo Gumelem. Bukit ini lokasinya berdekatan dengan Bukit Panguk Kediwung dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk bisa menikmati pemandangan dari ketinggian.

Sama halnya dengan Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo Gumelem ini juga menawarkan deretan spot foto yang menarik. Saat matahari terbit, kamu bisa melihat pemandangan yang tertutup kabut dan membuatmu seolah berada di atas awan.

5. Hutan Pinus

Hutan Pinus
yoursay.suara.com

Imogiri memang dikenal dengan wisata hutan pinusnya yang instagramable, untuk itu kamu wajib untuk berkunjung kesana. Di kawasan ini, banyak sekali hutan pinus yang indah, salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan ini cukup terkenal dan sering dijadikan sebagai spot untuk melakukan pre-wedding dimana terdapat hutan yang rimbun dan beberapa spot foto yang menarik. Selain pemandangannya yang indah, hutan pinus ini memiliki udara yang sejuk dan teduh karena deretan pohon pinus menghalangi cahaya matahari.

6. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro
datawisata.com

Wisata di Imogiri yang tak kalah indah selanjutnya adalah Jurang Tembelan Kanigoro. Jurang Tembelan Kanigoro ini lokasinya berada tak jauh dari Kebun Buah Mangunan.

Sama halnya dengan Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan Kanigoro ini juga menawarkan pemandangan alam dari ketinggian yang tak kalah indah. Saat sore hari, dari sini kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Namun, jika kamu datang di pagi hari, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan awan-awan yang menggantung di bawah jurang yang menutupi Sungai Oyo yang mengalir ke bawah dan menciptakan pemandangan yang sangat spektakuler.

7. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
visitingjogja.jogjaprov.go.id

Sesuai dengan namanya, wisata di Imogiri yang satu ini memiliki spot menarik dan cantik yang seolah berbentuk batu yang terbang. Bisa dibilang, Tebing Watu Mabur ini merupakan destinasi wisata yang masih terbilang baru dan dulunya merupakan tempat camping dengan area yang cukup luas dan mampu menampung hingga puluhan tenda. Sekarang, tempat ini bukan hanya menjadi tempat untuk camping, tapi juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbit.

8. Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo Dlingo
pesonajogjatour.net

Wisata di Imogiri selanjutnya adalah Air Terjun Lepo Dlingo. Wisata ini sangat cocok untuk kamu yang suka menjelajahi indahnya air terjun.

Air Terjun Lepo Dlingo ini merupakan salah satu air terjun yang cantik dimana disini kamu akan menemukan tiga air terjun dengan empat kolam yang jernig dan bisa digunakan untuk berenang maupun mandi. Menariknya lagi, dari keempat kolam tersebut juga memiliki keunikannya masing-masing.

Pada kolam pertama kedalamannya mencapai 2 meter dan biasa digunakan oleh orang dewasa. Sementara kolam kedua dikelilingi dengan bebatuan yang tersusun secara alami dan lebih luas dibandingkan dengan kolam yang pertama. Lalu, di kolam ketiga merupakan kolam paling dangkal dan terdapat tebing batu alami. Terakhir, kolam keempat memiliki kedalaman sama dengan kolam pertama namun ukurannya lebih sempit.

9. Goa Cerme

Goa Cerme
happytour.id

Untuk kamu yang suka dengan wisata menantang, maka kamu wajib untuk mengunjungi Goa Cerme. Goa Cerme ini dikenal dengan sejarahnya karena menjadi tempat bertemunya para Wali Songo untuk membahas pendirian Masjid Agung Demak di Jawa Tengah.

Goa Cerme ini memiliki bebatuan stalaktit dan stalakmit dengan panjang sekitar 1,5 kilometer. Saat menyusuri goa ini sangat disarankan untuk menggunakan baju yang ringan dan mudah karing karena kamu akan diajak untuk basah-basahan.

10. Makam Raja Imogiri

Makam Raja Imogiri
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Wisata di Imogiri yang terakhir adalah Makam Raja Imogiri. Rupanya Imogiri tak hanya menawarkan bentang alamnya yang indah, namun disini kamu juga bisa menemukan salah satu wisata religi.

Makam Raja Imogiri ini merupakan tempat peristirahatan terakhir para Raja dari Kerajaan Mataram. Tempat yang juga dikenal dengan nama Pasarean Imogiri ini dibangun pada tahun 1632 dengan gaya bangunan perpaduan antara Hindu dengan Islam.

Menariknya, Pasarean Imogiri ini memiliki ratusan anak tangga yang bentuk dan ukurannya pendek, yang mana hal tersebut cukup memudahkan peziarah yang datang dengan baju adat. Tempat ini juga memiliki beberapa area dan fungsinya masing-masing. Pada area pertama, kamu akan menemukan ruang publik yang didalamnya ada jalan masuk menuju kompleks Kasultanagungan dan area kedua merupaka tempat semi sakral.



Leave a Reply