10 Destinasi Wisata di Berau Bikin Enggan Pulang


prita  September 7, 2021  0 Comment

Berau adalah salah satu kebupaten yang ada di provinsi Kalimantan Timur. Berau terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berau memang dianugerahi dengan keindahan alam yang luar biasa sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan sederet tempat wisata yang seru dan memanjakan mata. Jika kamu berencana akan berlibur kesana, tak perlu bingung menentukan tujuan karena berikut ini adalah Destinasi wisata di Berau

1. Labuan Cermin

Tempat Wisata di Berau
ksmtour.com

Wisata di Berau yang pertama adalah Danau Labuan Cermin. Danau ini menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kabupaten Berau karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

Danau Labuan Cermin ini terbilang cukup unik karena memiliki dua air yang tidak menyatu, yaitu air tawar dan air asin. Selain keunikan tersebut, pengunjung yang datang bisa menikmati indahnya danau dengan perahu. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang hijau dan masih asri serta udara yang sejuk.

paket wisata paling murah

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Pulau Kumala, Wisata Seru Di Bumi Kukar

2. Teluk Sulaiman

Tempat Wisata di Berau
mariogatravel.com

Teluk Sulaiman juga menjadi salah satu wisata di Berau yang tak boleh kamu lewatkan. Teluk Sulaiman ini menawarkan keindahan pemandangan laut dengan pantai berpasir putih yang bersih.

Teluk Sulaiman ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu akhir pekan karena suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian. Kamu bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati ombak yang tenang. Pantai disini memiliki banyak pepohonan yang rindang sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai.

3. Pulau Derawan

pulau derawan
thebridedept.com

Pulau yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pulau Derawan memang disebut sebagai salah satu tempat wisata di Berau yang cukup banyak menarik berhatian wisatawan lokal hingga mancanegara.

Pulau Derawan memang memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Tak hanya di permukaan lautnya, namun pemandangan bawah lautnya juga tak kalah memukau. Perairan di Pulau Derawan ini memang sangat jernih sehingga kamu bisa melihat keindahan bawah lautnya dengan jelas.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling dan diving karena perairan pulau ini dipenuhi dengan ragam biota laut yang tidak berbahaya, bahkan mereka sangat akrab dengan manusia.

4. Pulau Nabucco

pulau Nabucco
manadosafaris.com

Berada tak jauh dari Pulau Derawan, Pulau Nabucci memang bisa menjadi salah satu alternatif wisata di Berau yang pemandangannya sangat indah. Pulau Nabucco memang dikenal memiliki keindahan pantai yang tak jauh dari dari pantai-pantai yang ada di Pulau Bali.

Disini pengunjung bisa bersantai dan beristirahat di tempat-tempat teduh yang ada di tepian pantai sambil menikmati indahnya pemandangan pantainya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan deretan tempat makan yang menawarkan beragam sajian laut yang lezat dan hidangan lokal khas yang memiliki cita rasa luar biasa.

5. Pulau Kakaban

pulau kakaban
phinemo.com

Wisata di Berau yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pulau Kakaban. Pulau Kakaban merupakan salah satu pulau terindah di Kalimantan yang menyajikan keindahan flora dan fauna yang ada di laut.

Perairan di Pulau Kakaban ini memiliki banyak biota laut yang langka dan bisa kamu lihat secara langsung. Tak hanya itu, kamu pun bisa menikmati pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam karena perairan di pulau ini sangat jernih dan kamu bisa melihat keindahan bawah lautnya dengan jelas. Kamu juga bisa melakukan kegiatan air yang seru, seperti berenang, menyelam atau snorkeling ditemani dengan ubu-ubur. Tak perlu khawatir karena ubur-ubur disini merupakan spesies yang tidak menyengat sehingga tidak membahayakan wisatawan.

6. Pulau Sangalaki

pulau sangalaki
bisniswisata.co.id

Jika kamu ingin berlibur di alam sambil menambah wawasan, sebaiknya kamu datang ke Pulau Sangalaki ini. Pulau Sangalaki ini juga tak kalah terkenal dengan pulau-pulau lainnya di Berau sehingga menjadi salah satu destinasi wisata di Berau yang cukup populer.

Tak hanya menawarkan keindahan pemandangan pantai yang biru, di pulau ini kamu juga bisa mempelajari seputar kehidupan penyu dan pengembangbiakan penyu karena di pulau ini terdapat banyak penangkaran penyu yang memang dibuat untuk membantu proses perkembangbiakan penyu. Selain bisa mendapatkan pengetahuan seputar kehidupan penyu, kamu juga bisa melakukan kegiatan air lainnya, seperti menyelam, berenang atau snorkeling. Tertama bila cuaca sedang cerah, ada kemungkinan kamu bisa berenang bersama penyu.

7. Pulau Kaniungan

Tempat Wisata di Berau
backpackerjakarta.com

Pulau Kauniungan juga masuk dalam daftar wisata di Berau yang wajib untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini mungkin cukup terdengar asing, namun keindahannya tak perlu diragukan lagi.

Selayaknya destinasi pulau lainnya di Kabupaten Berau, Pulau Kaniungan ini juga memiliki pasir puti dan bersih sebagai objek wisata utamanya. Pantai di pulau ini memang tida berukuran besar dan luas, namun pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan indah dari laut dan bisa menikmati semilir angin laut yang menyegarkan. Kamu bisa bersantai dibawah pohon kelapa yang rindang di tepi pantai yang indah, pastinya bisa menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

8. Pulau Maratua

Wisata di Berau
maratua.co.id

Wisata di Berau yang satu ini juga tak kalah populer dengan pulau-pulau lainnya. Pulau Maratua dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pantai dengan pasir putih yang bersih dan keindahan bawah laut yang memukau.

Wisatawan akan disajikan dengan keindan biota laut dank oral yang bisa dilihat tanpa perlu menyelam karena air lautnya sangat jernih. Tak hanya itu, kamu yang ingin snorkeling pun bisa menyewa peralatan snorkeling untuk melihat berbagai jenis hewan yang menarik dan hewan langka, seperti Manta dan Hiu. Selain keindahan bawah laut, kamu juga bisa menikmati indahnya hutan mangrove yang lebat di pulau ini.

9. Air Terjun Pahlawan

Destianasi Wisata di Berau
celebes.co

Wisata di Berau tak hanya melulu seputar pantai dan pulau saja, lho. Disini kamu juga bisa menemukan air terjun yang memiliki pemandangan indah.

Salah satu air terjun yang wajib kamu kunjungi di Berau adalah Air Terjun Pahlawan. Wisata ini menawarkan keindahan wisata air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang alami. Air terjun disini memiliki rasa yang menyegarkan dan dingin sehingga kamu bisa bermain air disini.

10. Goa Mulut Besar

Tempat Wisata di Berau
youtube.com

Wisata di Berau yang terakhir adalah Goa Mulut Besar. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka jelajah goa atau caving.

Goa yang berada di Kampung Merasa ini juga disebut sebagai Goa Keleawar karena dulu menjadi sarang kelelawar. Namun sekarang sudah tidak ada lagi kelelawar yang menghuni goa ini sehingga pengunjung bisa menjelajahi goa ini dengan aman dan nyaman. Disini kamu akan disuguhi dengan beragam bebatuan alam yang cantik. Tak hanya bisa menikmati keindahan goa, kamu juga bisa menikmati indahnya pantai dengan angin lautnya yang sejuk di dekat sini.



Leave a Reply