10 Tempat Wisata di Aljazair Yang Wajib Kamu Kunjungi


prita  June 24, 2021  0 Comment

Tempat wisata di Aljazair atau yang dikenal dengan Algeria ini merupakan sebuah Negara di Kawasan Afrika Utara yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata. Negara ini menawarkan berbagai macam tempat wisata yang siap memanjakan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Disini kamu bisa melihat keindahan bangunan bersejarah, pantai dan wisata alam yang indah lainnya. Dengan mayoritas penduduknya yang beragama Islam, tentunya kamu akan sangat mudah untuk menemukan kuliner halal disini. Untuk itu, Aljazair menjadi salah satu Negara yang rama bagi wisatawan Muslim. Nah, sebelum berkunjung kesana,

Berikut ini adalah tempat wisata di Aljazair

1. Masjid Agung Aljazair

Masjid Agung Aljazair
vicelighting.com

Tempat wisata di Aljazair yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Masjid Agung Aljazair. Masjid yang berlokasi di kota Algiers ini merupakan masjid tertua di kota tersebut karena diperkirakan dibangun pada tahun 1097.

Masjid ini memiliki bangunan bergaya Almoravid yang masih tersisa di dunia. Masjid agung yang dibangun atas perintah Sultan Ali bin Yusuf ini memiliki halaman berbentuk persegi panjang yang besar dengan mihrab yang dibangun pada abad ke-18 dan menara yang dibangun pada abad ke-14. Tak hanya memiliki gaya bangunan yang indah, namun masjid ini juga memiliki ornamen yang membuatnya semakin cantik.

Gotravelly

The Balance Coffee Barn : Tempat Ngopi Santai Dengan Interior Super Kece

Goa Jegles, Kepung, Kediri

2. Masjid Sinagog

Masjid Sinagog
id.wikipedia.org

Selain Masjid Agung Aljazair, Masjid Sinagog juga menjadi salah satu tempat wisata religi di Aljazair yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Masjid ini bernama Masjid Abdallah Ibn Salam yang mana dulunya merupakan Sinagoga Agung Oran.

Sinagog tersebut dulunya menjadi sinagog terbesar di kawasan Afrika Utara. Hingga saat Aljazair merdeka, hampir seluruh masyarakat Yahudi Aljazair pindah ke Perancis sehingga membuat sekarang mayoritas penduduk Aljazair adalah Muslim.

Masjid ini dulunya dikenal dengan nama The Great Synagogue of Oran yang dibangun pada tahun 1880 dan diresmikan pada tahun 1918. Kemudian sinagog tersebut diubah menjadi Masjid Abdallah Ibn Salam di tahun 1960. Nama tersebut diberikan untuk menghrmati seorang Yahudi yang menjadi mualaf di abad ke-7.

3. Notre Dame d’Afrique

Notre Dame d’Afrique
structurae.net

Tempat wisata populer di Aljazair selanjutnya juga masih berupa wisata religi, yaitu Notre Dame d’Afrique. Notre Dame d’Afrique merupakan sebuah gereja Katolik dengan arsitektur megah dan dibangun pada akhir tahun 1800-an.

Notre Dame d’Afrique ini memiliki gaya bangunan Neo-Bizantium yang diperngaruhi dari Perancis saat itu. Untuk membangun gereja ini dibutuh waktu sekitar empat belas tahun dan gereja ini pertama kali dibuka pada tahun 1872. Notre Dame d’Afrique ini berada di sebelah utara Aljazair dan menghadap ke Teluk Aljazair.

4. The Maqam Echahid

The Maqam Echahid
pinterest.com

The Maqam Echahid merupakan sebuah monument sekaligus menjadi tempat wisata menarik di Aljazair yang patut untuk dikunjungi. Monumen ikonik ini pertama kali dibukan pada peringatan 20 tahun kemerdekaan Aljazair dan memiliki bentuk seperti tiga daun lontar yang disatukan untuk melindungi api abadi di bawahnya.

Monument ini tinggi sekitar 92 meter dan terdiri dari tiga palem, tiga menara Islam dengan diameter masing-masing 10 meter dan kubah 6 meter di bagian atasnya. Menariknya lagi, The Maqam Echahid ini juga memiliki amfiteater dan ruang bawah tanah yang digunakan sebagai Museum El Mujahid. Monumen ini berada di kawasan perbukitan yang menghadap ke Hamma dan diresmikan oleh Presiden Chadli Bendjedid di tahun 1986.

5. Atakor

Atakor
pinterest.com

Jika kamu tertarik untuk berwisata alam, Aljazair ternyata juga memiliki sederet wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Atakor. Atakor merupakan sebuah dataran tinggi yang berada di Taman Nasional Ahaggar.

Atakor menyajikan pemandangan yang sangat indah berupa perbukitan berwarna cokelat kemerahan berhiaskan tebing-tebing terjal. Keindahan pemandangan di Atakor ini membuatnya terlihat seperti dalam film-film fiksi.

Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan Taman Nasional Ahaggar dari Puncak Dataran Tinggi Atakor, yaitu Puncak Assekrem. Assekrem ini merupakan Bahasa Tuareg yang berarti “akhir dunia”. Hal ini dikarenakan pemandangannya yang sangat indah dari puncak ini tanpa batas.

6. Aquafortland

Aquafortland
harba-dz.com

Kalau kamu ingin mengajak keluarga berlibur ke Aljazair, maka Aquafortland ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Aljazair yang wajib untuk kunjungi. Aquafortland merupakan sebuah waterpark yang cukup besar dengan beragam fasilitas yang memanjakan pengunjungnya.

Waterpark ini memiliki tiga kolam renang, empat seluncur air, Jacuzzi dan pantai buatan. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti bermain basket, bermain trampoline, bermain di playground dan melakukan kegiatan outbound.

Tak hanya itu, Aquafortland juga menawarkan fasilitas spa yang bisa memanjakan pengunjung. Jika kamu ingin tinggal lebih lama disini, disini juga terdapat hotel dengan kolam renang indoor, pusat kebugaran, Jacuzzi dan ruang sauna yang bisa memanjakanmu selama menginap.

7. Fort Santa Cruz

Fort Santa Cruz
aboutalgeria.com

Tempat wisata terindah di Aljazair yang wajib untuk kamu singgahi selanjutnya adalah Fort Santa Cruz. Fort Santa Cruz merupakan sebuah benteng yang dibangun diatas Gunung Murdjadjo dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut.

Benteng yang dibangun oleh Ottoman dan Spanyol di abad ke-17 ini berada di lokasi yang cukup strategis, dimana benteng ini menghadap ke kota, pelabuhan Mers El Kebir dan Laut Mediterania yang indah. Pada benteng ini terdapat kastil dan kepel yang megah juga patung Bunda Maria yang besar. Patung Bunda Maria yang berada di benteng ini disebut sebagai replica yang ada di Notre Dame de la Garde yang berada di Marseilles.

Untuk menuju ke benteng ini, pengunjung diharuskan untuk mendaki gunung ini. Meskipun terasa sangat melelahkan, namun kamu akan dimanjakan dengan pemandangan dari atas benteng ini.

8. Taman Nasional El-Kala

Taman Nasional El-Kala
nationalparks.africa

Tempat wisata keren di Aljazair tak melulu soal bangunan bersejarah, lho. Disini kamu juga bisa menemukan destinasi wisata alam di Aljazair yang memukau, yaitu Taman Nasional El-Kala.

Taman Nasional El-Kala ini sangat terkenal di Aljazair karena keragaman ekosistemnya yang terdiri dari ekosistem laut, pegunungan, hutan dan danau. Taman ini juga menjadi rumah bagi sekitar 87 ribu satwa dan burung yang terancam punah. Untuk itu, kawasan taman nasional ini ditetapkan sebagai cagar biosfer yang harus dilindungi oleh UNESCO. Untuk menjelajahi taman ini, telah disediakan tur dengan pemandu yang akan menemanimu menjelajahi indahnya taman nasional ini.

9. Kebun Raya Hamma

Kebun Raya Hamma
middleeastmonitor.com

Kebun Raya Hamma juga layak untuk masuk dalam daftar tempat wisata di Aljazair yang menarik untuk dikunjungi. Kebun Raya Hamma ini merupakan sebuah taman yang indah dan berlokasi di Distrik Mohamed Belouizdad di Kota Algiers.

Taman ini disebut sebagai kebun raya paling penting di dunia karena terdapat lebih dari 1.200 spesies tanaman yang hidup disini. Selain berfungsi sebagai taman dan tempat wisata, kebun raya ini juga menjadi tempat penelitian dari Institur Penelitian Agronomi Nasional Aljazair.

10. Pantai Maddagh

Pantai Maddagh
flickr.com

Tempat wisata di Aljazair yang terakhir adalah Pantai Maddagh. Pantai ini berada di sebuah teluk kecil yang indah di sebelah barat kota Oran dan menjai destinasi wisata paling populer bagi penduduk setempat dan wisatawan asing.

Disini kamu bisa melihat palazzo berwarna-warni dari pengunjung pantai yang ingin menikmati birunya Laut Alboran. Pantai ini dikelilingi oleh bukit berbetu dengan pepohonan lebat disekitarnya. Tak hanya bisa dinikmati pemandangannya, disini kamu juga bisa melakukan ragam aktivitas air, seperti ski air, berenang dan naik perahu.



Leave a Reply