10 Rekomendasi Tempat Makan Legendaris di Salatiga


Fida  July 21, 2022  0 Comment

Salatiga merupakan sebutan bagi salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya menyimpan banyaknya tempat wisata, Salatiga juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang menarik untuk kamu coba. Ada beberapa pilihan rekomendasi kuliner legendaris di Salatiga yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 rekomendasi tempat makan legendaris di Salatiga yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Bakso Babat Tamansari

bakso babat tamansari
helpmecovid.com

Tidak tidak perlu bingung menentukan pilihan tempat makan legendaris di Salatiga yang dapat dikunjungi, kamu dapat langsung menuju ke Bakso Babat Tamansari. Tempat makan yang satu ini dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1965. Jika penasaran dan ingin mencobanya, kamu dapat menuju ke Jalan Diponegoro Nomor 105, Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Di Bakso Babat Tamansari, kamu dapat mencoba banyaknya pilihan menu yang ditawarkan. Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bakso Babat Tamansari adalah menu bakso babat dan urat yang dikenal lezat. Kuah kaldu yang gurih dengan warna bening menjadi menjadi ciri khas sajian dari Bakso Babat Tamansari.

Gotravelly

Es Kesambi 4 Salatiga: Slurrpppp.. Segarnya Es Pelepas Dahaga Menepis Panasnya Cuaca

Ikan Bakar Sulawesi, Kuliner Khas Sulawesi Dan Seafood Wajib Coba Di Salatiga

2. Tumpang Koyor Mbah Rakinem

tumpang koyor mbah rakinem
solopos.com

Tumpang Koyor Mbah Rakinemp juga dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu tempat makan legendaris di Salatiga. Tumpang Koyor Mbah Rakinem sudah ada sejak tahun 1950. Mbah Rakinem dulu menjual dagangannya dengan cara menggendong dan berkeliling.

Meskipun kini Mbah Rakinem sudah meninggal dan usaha kuliner Tumpang Koyor Mbah Rakinem diteruskan oleh anaknya, tetapi rasa yang ditawarkan tetaplah sama dan tidak berubah. Hal itu dikarenakan anak dari Mbah Rakinem tetap mempertahankan resep yang sudah ada sejak dulu. Menarik sekali bukan?

3. Soto Esto

soto esto
travel.tribunnews.com

Selain kuliner bakso dan tumpang koyor, kamu juga dapat mencoba lezatnya soto saat berkunjung ke Salatiga. Salah satu tempat makan legendaris di Salatiga yang dan populer akan kelezatan sotonya adalah Soto Esto. Soto yang satu ini dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1940.

Bagi pecinta kuliner soto, tentu tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya Soto Esto saat datang ke Salatiga. Soto Esto menggunakan ayam kampung serta uritan sebagai pelengkapnya, hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Tidak hanya itu, soto ini juga dilengkapi dengan adanya remukan kerupuk karak yang tentunya membuat cita rasa semakin lezat sekali bukan?

4. Gethuk Kethek

gethuk ketek
travel.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Gethuk Kethek? Gethuk Kethek merupakan salah satu tempat makan legendaris yang dapat kamu jumpai di Salatiga. Gethuk Kethek sudah ada sejak tahun 1965 dan masih memiliki banyak pelanggan hingga saat ini. Diberi nama Gethuk Kethek karena di tempat berjualan terdapat hewan peliharaan berupa monyet. Dalam bahasa Jawa, kethek berarti monyet.

Gethuk Kethek menyajikan getuk yang dijual tanpa pengawet. Pada tahun 1988, Gethuk Kethek diolah oleh Suwarni dan kemudian diteruskan oleh Santoso. Kamu dapat mengunjungi dan mencoba lezatnya Gethuk Kethek di Jalan Argotunggal nomor 9, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

5. Soto Kesambi Gladangan

soto kesambi gladangan
jatenglive.com

Salah satu tempat makan legendaris di Salatiga berikutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Soto Kesambi Gladangan. Warung soto yang satu ini dikenal legendaris karena sudah ada sejak tahun 1950an. Sesuai dengan namanya, kamu dapat mencoba soto ini di Jalan Gladangan nomor 682, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Soal rasa yang ditawarkan tentu sudah tidak perlu dilakukan lagi. Soto Kesambi Gladangan menjadi salah satu kuliner favorit Walikota Salatiga. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga pernah mencicipi lezatnya Soto Kesambi Gladangan. Yakin tidak ingin mencoba lezatnya Soto Kesambi Gladangan saat datang ke Salatiga?

6. Ronde Sekoteng Jago

ronde sekoteng jago
mail.perpus.jatengprov.go.id

Ronde Sekoteng Jago tidak kalah menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu tempat makan legendaris di Salatiga. Tempat menikmati ronde dan sekoteng ini telah dibuka sejak tahun 1964. Saat datang ke Salatiga, kamu dapat mengunjungi Ronde Sekoteng Jago di Jalan Jenderal Sudirman nomor 9.

Ronde Sekoteng Jago menawarkan paket komplit ronde yang memiliki isian berupa ronde, sekoteng, kacang putih presto, yang dipadukan dengan manisan buah serta kulit jeruk. Kamu dapat mengunjungi Ronde Sekoteng Jago setiap hari mulai pukul 1 siang hingga 9 malam. Selain hidangannya yang lezat dan menggugah selera, Ronde Sekoteng Jago juga menawarkan tempat yang nyaman.

7. Sate Sapi Suruh dan Bakso

Tempat Makan Legendaris di Salatiga
travel.tribunnews.com

Sate Sapi Suruh dapat menjadi rekomendasi yang tepat bagi kamu yang ingin datang ke salah satu tempat makan legendaris di Salatiga. Selain dapat mencoba lezatnya sate sapi, kamu juga akan dimanjakan dengan adanya menu bakso yang tidak kalah lezat.

Sate Sapi Suruh dan Bakso ini sudah cukup populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Bagaimana tidak, mau juga datang akan dimanjakan dengan sate sapi yang memiliki tekstur daging yang empuk. Adanya tambahan bumbu tentu menjadikan kuliner ini semakin menggugah selera.

8. Gudeg Aan

gudeg aan
inireview.com

Berawal dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kuliner gudeg bukan? Salah satu makanan khas yogyakarta ini juga dapat kamu jumpai di Salatiga. Gudeg Aan dikenal sebagai tempat makan legendaris di Salatiga yang dapat kamu tuju. Lokasinya berada di Jalan Pungkur Sari nomor 26, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Tidak hanya dikenal legendaris, berbagai hidangan yang disajikan oleh Gudeg Aan memang memiliki rasa yang lezat. Ada banyak pilihan lauk yang dapat kamu pilih sebagai pelengkap untuk menikmati gudeg. Bagi pecinta kuliner gudeg, Gudeg Aan tentu menjadi pilihan tepat yang sayang untuk kamu lewatkan.

9. Warung Joglo Bu Rini

warung joglo bu rini
tripadvisor.com

Kalah menarik dengan tempat makan legendaris di Salatiga lainnya, Warung Joglo Bu Rini juga menjadi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan. Warung yang satu ini berlokasi di Jalan Mawar Nomor 5 B, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Warung Joglo Bu Rini dikenal menawarkan berbagai pilihan menu khas nusantara. Selain memiliki cita rasa yang lezat, menu-menu juga disajikan dengan tampilan yang menggugah selera. Tidak hanya itu, warung Joglo Bu Rini juga menawarkan indahnya pemandangan persawahan serta udara yang sejuk. Tertarik untuk mengunjungi Warung Joglo Bu Rini saat datang ke Salatiga?

10. Restoran Es Cobra

restoran es cobra
mblusuk.com

Saat mendengar sebutan restoran ini, beberapa dari kamu tentu masih asing dan bingung. Restoran Es Cobra dikenal sebagai salah satu tempat makan legendaris di Salatiga. Restoran yang satu ini sudah ada sejak tahun 1980an dan dapat kamu kunjungi di Jalan Kalipengging nomor 4C, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.



Leave a Reply