10 Oleh-oleh Khas Pemalang Yang Menarik Untuk Dibawa Pulang


Fida  February 1, 2021  0 Comment

Saat berencana berlibur ke Jawa Tengah, Pemalang menjadi salah satu kota yang sayang untuk tidak Anda singgahi. Ada cukup banyak tempat wisata serta kuliner di daerah Pemalang yang wajib Anda coba. Saat mendatangi Kota Pemalang, sayang rasanya untuk tidak membawa oleh-oleh saat pulang dari kota yang satu ini. Berikut Oleh-oleh khas Pemalang ini paling banyak diburu wisatawan untuk dibawa pulang

1. Bandeng Montok Family

Bandeng Montok Family
jejakpiknik.com

Salah satu oleh-oleh khas Pemalang yang cukup populer dan banyak dicari oleh wisatawan adalah bandeng montok. Oleh-oleh yang satu ini merupakan bandeng yang sudah diolah sehingga memiliki ukuran yang besar dari bandeng biasanya dan  montok.

Bandeng montok family diolah dengan cara dikukus sebelum dikemas dan siap dipasarkan. Harga oleh-oleh yang satu ini cukup terjangkau yakni berkisar Rp 75.000,-. Salah satu oleh-oleh yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di daerah Pemalang.

Review kuliner

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Bakso Mama I Pusat : Bakso Legendaris Jombang!

2. Kamir

Kamir
cookpad.com

Pernah mendengar olahan makanan dengan sebutan kamir? Kamir merupakan kue yang memiliki tampilan mirip dengan dorayaki atau makanan Doraemon. Kue yang satu ini telah dikenal dan ramai diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Pemalang. Kue yang satu ini dikenal memiliki cita rasa yang lezat serta ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 1.000,- per biji. Kue kamir mampu bertahan hingga 3 hari lamanya.

Ada cukup banyak tempat yang menawarkan oleh-oleh khas Pemalang yang satu ini yakni di daerah perkampungan Arab, Kota Pemalang. Salah satu tempat yang menjual kue kamir paling laris adalah kue Kamir Bu Chamidah yang berlokasi di Jalan Semeru Mulyoharjo, Pemalang, Jawa Tengah.

3. Apem Comal

Apem Comal
inibaru.id

Ada salah satu jajanan yang juga termasuk oleh-oleh khas Pemalang yakni apem comal. Apem comal merupakan jajanan yang dibuat dengan bahan dasar tepung beras. Tidak heran jika setelah menyantap jajanan yang satu ini, Anda akan merasa cepat kenyang.

Apem Comal disajikan dengan bentuk agak bulat dan diberi alas daun pisang. Cita rasanya yang manis dan lembut menjadikan banyak orang menyukai jajanan yang satu ini. Harga dari apem Comal sangat terjangkau yakni Rp 1.000,- per biji. Meskipun memiliki harga yang terkesan murah, tetapi lezatnya jajanan yang satu ini wajib Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

4. Ogel-ogel

Ogel-ogel
inibaru.id

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Pemalang yang bisa Anda bawa pulang, salah satunya adalah ogel-ogel. Jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dan bercita rasa gurih serta lezat. Ogel-ogel sangat mudah dijumpai di beberapa toko oleh-oleh di Pemalang.

Umumnya, oleh-oleh yang satu ini dijual dengan harga Rp 35.000,- per kardus dengan isi 5 bungkus. Saat pulang dari Pemalang, Anda bisa membawa pulang jajanan yang satu ini. Salah satu tempat untuk membeli ogel-ogel adalah Fedep Mart 4 yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar nomor 29, Kota Pemalang, Jawa Tengah.

5. Bongko Mento

 Bongko Mento
sajiansedap.grid.id

Saat berburu oleh-oleh khas Pemalang, anda bisa memilih bongko mento sebagai pilihan yang tepat. Hidangan yang satu ini memiliki bahan dasar tepung dan bercita rasa manis. Adanya tambahan tumisan pepaya muda serta suwiran ayam menjadikan yang satu ini semakin lezat dinikmati. Biasanya, bongko mento dijual dengan harga Rp 3.000,- per biji.

Tepung terigu yang telah diolah kemudian dibentuk dan diberi isian. Sebelum dibungkus dengan menggunakan daun pisang, dahulu jajanan yang satu ini dikucuri dengan kuah santan. Proses selanjutnya sebelum dinikmati adalah diolah dengan cara dikukus. Lembut dan manisnya jajanan yang satu ini sayang untuk tidak Anda coba saat berada di Pemalang.

6. Tahu Pletok

 Tahu Pletok
dapurkobe.co.id

Tahu pletok menjadi salah satu oleh-oleh khas Pemalang yang tidak boleh Anda lewatkan. Tahu yang satu ini mirip dengan tahu Sumedang. Yang membedakan adalah tahu pletok dibelah dan diberi isian adonan sagu yang diolah dengan bawang putih serta garam. Cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal menjadikan tahu pletok banyak diminati oleh penduduk maupun wisatawan yang datang ke Pemalang.

Warung Bapak Haji Abdullah di Pemalang menjadi salah satu tempat untuk menemukan tahu pletok lezat. Jajanan yang satu ini biasa dijual dengan harga Rp 10.000,- per satu besek.

7. Kerupuk Useg

Kerupuk Useg
inibaru.id

Pecinta olahan makanan kerupuk? Makanan yang satu ini memang banyak diminati oleh hampir semua kalangan. Kerupuk useg menjadi salah satu oleh-oleh khas Pemalang yang bisa Anda coba. Tidak jauh berbeda dengan kerupuk lainnya, kerupuk useg juga menawarkan harga yang sangat terjangkau yakni berkisar Rp 2.500,- per bungkus untuk ukuran sedang.

Kerupuk useg sangat mudah dijumpai baik di warung pinggir jalan, toko oleh-oleh, maupun pasar. Kerupuk yang satu ini cocok dinikmati saat bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh. Menikmati kerupuk useg bersama bumbu khas tentu menjadikan cita rasa semakin lezat dan nikmat.

8. Kepiting Lemburi

Kepiting Lemburi
food.detik.com

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Pemalang yang sayang untuk tidak ada coba salah satunya adalah kepiting lemburi. Pernah mencoba lezatnya olahan kepiting yang satu ini? Kepiting lemburi sangat mudah dijumpai di Jalan Raya Pemalang-Pekalongan KM 15.

Olahan yang satu ini sangat nikmat jika disantap bersama dengan satu porsi nasi hangat. Harga satu porsi kepiting lemburi bisa dibilang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 55.000,-. Saat berada di Pemalang, sayang untuk tidak mencoba olahan kepiting yang satu ini.

9. Kraca

kraca
news.detik.com

Pemalang menawarkan banyak kuliner lezat dan wajib Anda coba. Salah satu kuliner yang termasuk oleh-oleh khas Pemalang adalah kraca. Kraca merupakan olahan makanan yang dibuat dengan bahan dasar keong sawah. Keong sawah diolah dengan dicuci dan dimasak dengan berbagai tambahan bumbu. Aroma yang sedap serta cita rasa lezat bisa Anda rasakan saat menikmati kraca.

Harga satu porsi kraca bisa dikatakan cukup terjangkau yakni berkisar Rp 2.000,- hingga Rp 10.000,- per porsi. Makanan yang juga laris diburu oleh wisatawan ini tidak boleh Anda lewatkan saat datang ke Pemalang.

10. Kaos Pemalang

oleh-oleh khas Pemalang
ciptaloka.com

Saat datang ke suatu daerah, ada yang kurang rasanya jika tidak membawa oleh-oleh kaos khas daerah tersebut. Salah satu oleh-oleh khas Pemalang adalah kaos Pemalang yang akan dengan mudah Anda jumpai saat berada di kota yang satu ini. Harga kaos Pemalang berkisar antara Rp 35.000, – hingga Rp  65.000, – per kaos. Kaos Pemalang menjadi salah satu pilihan oleh-oleh tepat yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang.

Nah, itulah 10 oleh-oleh khas Pemalang yang sayang untuk Anda lewatkan. Berbagai jajanan lezat serta barang unik tersebut bisa Anda pilih untuk oleh-oleh keluarga di rumah.



Leave a Reply