10 Oleh Oleh khas Lubuklinggau yang Wajib Dibawa Pulang


Fida  December 19, 2022  0 Comment

Selain dikenal menyuguhkan banyaknya destinasi wisata, Lubuklinggau juga menawarkan beberapa oleh oleh khas yang menarik untuk kamu bawa pulang. Tidak hanya makanan, kamu juga dapat membawa pulang batik hingga songket dengan motif khas Lubuklinggau. Penasaran? Inilah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Lubuklinggau yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Oleh Oleh Khas Lubuklinggau :

1. Lapis Aren

lapis aren
andalastourism.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue lapis bukan? Di Lubuklinggau, kamu dapat menjumpai kue lapis aren yang dikenal unik dan berbeda dengan kue lapis pada umumnya. Lapis Aren tidak hanya disukai masyarakat lokal sebagai camilan, tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai salah satu oleh oleh khas Lubuklinggau. 

Sesuai dengan sebutannya, kue lapis aren menawarkan cita rasa yang manis pada setiap gigitannya. Selain original, kamu juga dapat menikmati lapis aren dalam berbagai varian rasa seperti tiramisu, green tea, keju, hingga cokelat. Teksturnya yang lembut tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. 

One Day Trip Silalahi Sumatera Utara

Penasaran Dengan Olahan Seafood Asli Padang? Cobain Di Rumah Makan Fuja!

2. Kopi Durian

kopi durian
tokopedia.com

Apakah kamu termasuk pecinta durian sekaligus pecinta kopi? Di Lubuklinggau, kamu akan menjumpai adanya perpaduan kopi dan durian yang dikenal dengan sebutan kopi durian. Minuman yang dikemas dalam kemasan praktis ini juga banyak diburu sebagai oleh oleh khas Lubuklinggau. 

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa kopi dan durian yang pas. Minuman yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Jika ingin mencobanya, kamu dapat membeli kopi durian di berbagai toko oleh oleh di Lubuklinggau. Kemasannya yang menarik dan harganya yang cukup terjangkau menjadikan kopi durian sayang untuk kamu lewatkan. 

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang Banyak Diburu Wisatawan

3. Roti Koing

roti koing
andalastourism.com

Roti koing merupakan sebutan bagi salah satu makanan sekaligus oleh oleh khas Lubuklinggau yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Roti yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang khas yakni bulat dan bertekstur keras. Jika dinikmati langsung, roti koing memiliki rasa yang hambar atau tawar. Oleh karena itu, roti ini biasa dinikmati bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. 

Di Lubuklinggau, roti koing dijual dengan kemasan praktis sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang memburunya sebagai oleh oleh. Kamu dapat membeli roti koing dengan harga yang cukup terjangkau di berbagai toko oleh oleh di Lubuklinggau. 

4. Batik dan Songket Durian

batik dan songket durian
andalastourism.com

Selain makanan, kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Lubuklinggau berupa batik dan songket durian. Kain batik dan songket khas Lubuklinggau sudah dikenal dengan kualitasnya yang bagus. Oleh karena itu, kamu tidak perlu ragu untuk membelinya sebagai oleh oleh. 

Batik dan songket durian dijual dengan berbagai warna dan bentuk. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam sesuai dengan kualitas bahan dan tingkat kerumitan pembuatan. Beberapa batik dan songket masih dibuat dengan cara tradisional, hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Lubuklinggau. Tertarik untuk membeli oleh oleh khas berupa batik dan songket durian? 

5. Ikan Salai

ikan salai
kulinerlubuklinggau01.blogspot.com

Ikan salai merupakan salah satu olahan ikan khas Lubuklinggau yang banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berada di Lubuklinggau, tidak jarang ikan salai menjadi pilihan oleh oleh yang tepat untuk dibawa pulang bagi para wisatawan. 

Ikan salai banyak dipilih sebagai oleh oleh karena mampu bertahan lama. Ikan ini diawetkan dengan proses pengasapan yang memakan waktu kurang lebih 20 jam. Beberapa jenis ikan yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan ikan salai diantaranya ikan tongkol, ikan gabus, ikan baung, ikan patin, dan juga ikan lais. Ikan ini biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik sehingga sayang untuk kamu lewatkan. 

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Kabupaten Siak Dijamin Semua Pasti Senang

6. Pecah Seribu

pecah seribu
andalastourism.com

Saat berburu oleh oleh khas Lubuklinggau, tidak ada salahnya jika kamu membeli jajanan pecah seribu. Sebutannya yang unik tentu mampu membuat banyak orang penasaran akan bentuknya. Pecah seribu merupakan makanan ringan sejenis kerupuk dengan bentuk cekung di bagian tengahnya. Pada permukaan kerupuk, kamu dapat melihat tampilan seperti retak atau pecah. Hal itulah yang menjadikan jajanan ini memiliki sebutan pecah seribu. 

Bahan utama pembuatan kerupuk pecah seribu adalah dengan menggunakan ikan tenggiri. Selain cocok untuk dinikmati langsung, kerupuk pecah seribu juga cocok dihidangkan sebagai pelengkap saat makan. Jika penasaran, kamu dapat membeli pecah seribu di berbagai toko oleh oleh di Lubuklinggau. 

7. Kerupuk Kemplang Bakar

kerupuk kemplang bakar
bukalapak.com

Pernah mendegar sebutan kerupuk kemplang? Kerupuk Kemplang merupakan salah satu jajanan sekaligus oleh oleh khas Lubuklinggau yang wajib kamu coba. Sesuai dengan namanya, proses pembuatan kerupuk ini adalah dengan cara dikemplang atau dipipihkan. Setelah berbentuk pipih, kerupuk kemplang kemudian melalui proses selanjutnya untuk digoreng tanpa menggunakan minyak.

Setelah melalui proses pemasakan dua kali, selanjutnya kerupuk kemplang melalui proses pembakaran. Selain cocok untuk dinikmati langsung, kerupuk kemplang bakar juga biasa dihidangkan bersama dengan saus sebagai pelengkap. Rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera menjadikan makanan ini sayang untuk tidak kamu coba saat datang ke Lubuklinggau. 

8. Burgo

burgo
libur.co

Burgo menjadi salah satu makanan khas Lubuklinggau yang dikenal lezat dan menggugah selera. Selain banyak diminati oleh masyarakat lokal, burgo juga banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Lubuklinggau yang sayang untuk dilewatkan. 

Hidangan lezat yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama tepung beras dan juga tepung sagu. Dengan tekstur kenyal, burgo kerap dikatakan mirip dengan pempek. Keunikan serta kelezatan yang ditawarkan tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Baca juga :  7 Oleh-oleh Khas Danau Toba Bikin Hati Yang Tersayang Bahagia

9. Tempoyak

tempoyak
cookpad.com

Selain burgo, tempoyak juga menjadi makanan khas yang kerap diburu wisatawan sebagai oleh oleh khas Lubuklinggau untuk dibawa pulang. Makanan yang satu ini merupakan fermentasi durian yang dihidangkan dengan rasa yang unik dan khas.  

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa asam yang berasal dari hasil fermentasi durian. Tempoyak disajikan bersama isian berupa suwiran daging ikan atau ayam sehingga tampak semakin menggugah selera. 

10. Stik Lubuklinggau

stik lubuklinggau
libur.co

Satu lagi rekomendasi oleh oleh khas Lubuklinggau yang wajib kamu bawa pulang adalah stik Lubuklinggau. Sesuai dengan namanya, oleh oleh yang satu ini merupakan jajanan dengan bentuk stik dan memiliki tekstur renyah. Cita rasanya yang gurih tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. 

Nah, itulah daftar 10 oleh oleh khas Lubuklinggau yang populer. Dari rekomendasi di atas, oleh oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang setelah berlibur ke Lubuklinggau? 



Leave a Reply