Oleh oleh

10 Oleh-Oleh Khas Kabupaten Siak Dijamin Semua Pasti Senang

Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Siak merupakan salah satu kawasan di provinsi Riau yang dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata. Berkunjung ke Kabupaten Siak, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk membeli oleh-oleh sebelum pulang. Berikut daftar rekomendasi 10 oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bolu Kemojo

resepkuerenyah.com

Salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang sayang untuk dilewatkan adalah bolu kemojo. Makanan yang satu ini dikenal cukup populer dan unik. Tidak heran jika bolu kemojo disukai oleh warga lokal dan banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Kabupaten Siak.

Bolu yang satu ini memiliki tampilan menyerupai kue lumpur dengan tekstur padat dan cita rasa yang sangat manis. Bolu kemojo dibuat dengan menggunakan bahan yang mirip dengan bolu pada umumnya. Yang membedakan adalah adanya penambahan santan pada bolu yang satu ini. Bolu kemojo dicetak pada loyang berbentuk bunga kamboja. Karena diolah dengan cara dikukus, tidak heran jika aroma pandan sangat terasa.

Borong Oleh-Oleh Di Bakpia TelO Yang Lezat Dan Beraneka Camilan Dengan Harga Terjangkau Bisa Kalian Temukan Disini Loh!

Omah Cangkrok Sehat Tentrem : Tempat Nongkrong Nyaman Di Tengah Kota Jombang!

2. Roti Jala Kari Ayam

cookpad.com

Pernah mendengar sebutan makanan roti jala kari ayam? Makanan yang satu ini dapat Anda jumpai di daerah Siak dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas kabupaten Siak yang populer di kalangan wisatawan.

Sesuai dengan namanya, roti yang satu ini memiliki bentuk seperti jala atau jaring. Roti jala yang dikenal unik ini biasa disajikan bersama dengan kari ayam. Roti jala dibuat dengan menggunakan bahan yang mirip dengan bahan canai. Adonan roti jala dimasukkan ke dalam plastik segitiga agar lebih mudah saat mencetaknya. Bumbu kari yang digunakan juga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera.

3. Ikan Selais Asap

food.detik.com

Saat ini membeli salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Siak, ikan selais asap menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda coba. Sesuai dengan namanya, ikan selais terlebih dahulu diolah dengan cara diasap sebelum dijual. Proses pengasapan yang dilakukan memakan waktu sekitar 8 jam. Tidak heran jika ikan selais asap memiliki tampilan yang sangat kering.

Ikan yang satu ini juga dikenal tahan lama sehingga banyak dipilih sebagai oleh-oleh. Ikan yang satu ini menawarkan tekstur yang khas serta cita rasa lezat. Tidak hanya lezat, ikan yang satu ini juga dikenal kaya akan protein hewani. Ikan yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan sambal cincalok dan satu porsi nasi hangat.

4. Kacang Pukul

lyfestyle.okezone.com

Salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang menarik untuk dicoba adalah kacang pukul. Kacang yang satu ini memiliki tampilan seperti enting enting gepuk dari Jawa Tengah. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan gurih saat mencobanya. Meskipun memiliki tekstur yang cukup kering, kacang yang satu ini sangat lembut saat dinikmati.

Kacang pukul diolah dengan cara tradisional yakni dengan ditumbuk hingga halus. Sebutan kacang pukul juga berasal dari proses pembuatannya yang diolah dengan cara ditumbuk. Biasa dijual dengan kemasan praktis, kacang pukul tentu sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

5. Kue Asidah

anekaresepbunda330.web.app

Salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang sayang untuk dilewatkan adalah kue Asidah. Kue yang satu ini merupakan sajian bagi Sultan disajikan saat acara khusus.

Kue Asidah dibuat menjadi berbagai bentuk yakni mawar, jambu, bunga, dan masih banyak lagi. Hal yang membedakan kue Asidah Arab dan kue Asidah khas Siak adalah cita rasa yang ditawarkan. Jika kue Asidah Arab memiliki, tetapi kue Asidah khas Siak memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Kue unik yang satu ini tentu sayang tidak dicoba maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

6. Lempok Durian

wowkeren.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan Lempok Durian. Jajanan yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang menarik untuk dicoba.

Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama buah durian. Lempok durian merupakan jajanan semacam dodol yang memiliki cita rasa manis dan legit. Proses pembuatan jajanan yang satu ini memakan waktu selama 3 jam. Cara memasaknya adalah diaduk dalam kuali hingga mengental dan tidak lengket. Jajanan yang satu ini juga sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh serta dijual dengan kemasan praktis. Saat berkunjung ke daerah Siak, tidak ada salahnya untuk menyempatkan membeli jajanan yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Kue Bangkit

andalastourism.com

Salah satu jajanan yang sekaligus menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Siak adalah kue bangkit. Kue yang satu ini termasuk kue tradisional yang masih terus dijaga kelestariannya hingga saat ini. Disebut kue bangkit karena setelah matang kue ini akan mengembang atau bangkit. Cukup unik bukan?

Kue bangkit dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung sagu dan santan. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa lezat saat mencobanya. Kue ini juga memiliki ciri khas yakni diberi pewarna makanan atau selai strawberry di bagian atasnya. Kue ini juga disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saat berkunjung ke Kabupaten Siak, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan lezat yang satu ini.

8. Cencalok

cookpad.com

Cincalok menjadi salah satu dari banyaknya oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang dapat Anda. Makanan yang satu ini dibuat dari udang kecil udang rebon. Udang udang tersebut disimpan dalam wadah tertutup sehingga mengalami proses fermentasi sebelum dikonsumsi.

Karena proses pembuatannya yang unik, cita rasa yang ditawarkan oleh makanan ini juga sangat khas. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang cenderung asam. Beberapa bumbu tambahan yang digunakan adalah gula, garam, dan cabai. Tidak hanya dapat mencobanya langsung, Anda juga dapat memilih makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Lopek Bugi

m.tribunnews.com

Salah satu jajanan sekaligus oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang menarik untuk dicoba adalah lopek bugi. Pernahkah Anda mendengar sebutan jajanan yang satu ini?

Lopek Bugi merupakan makanan yang dibuat dengan bahan utama beras ketan hitam dan ketan putih. Jajanan yang satu ini dikenal memiliki isian parutan kelapa yang sudah dimasak hingga mengering. Lopek bugi memiliki tampilan yang unik yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan berbentuk segitiga. Jajanan yang satu ini diolah dengan cara dikukus.

10. Dodol Buah Aneka Rasa

andalastourism.com

Salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Siak yang menarik untuk dicoba adalah dodol buah aneka rasa. Dodol biasa dijual dengan berbagai varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera.

Tidak hanya itu, dodol juga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh karena memiliki kemasan yang praktis. Anda dapat membeli dodol buah aneka rasa di berbagai toko oleh-oleh di Kabupaten Siak.

Fida

Recent Posts

10 Hutan Tertua di Dunia Menantang Untuk Dijelajahi

Hutan tertua di dunia memang cukup menarik untuk dijelajahi. Meskipun keberadaan hutan semakin lama semakin…

4 hours ago

5 Taman Nasional di Norwegia, Pesonanya Bak di Surga

Norwegia adalah salah satu negara yang terkenal maju, makmur, dan memiliki penduduk yang disiplin. Negara…

21 hours ago

7 Minuman Extreme Dari Organ Hewan, Berani Coba?

Saat berkunjung ke suatu daerah, ada banyak sekali kuliner unik berupa makanan maupun minuman yang…

24 hours ago

Jalan Jalan Ke Riau? Kunjungi 10 Tempat Wisata Menarik di Bengkalis

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur.…

1 day ago

10 Tempat Wisata Menarik di Edinburgh Skotlandia

Edinburgh dikenal sebagai ibukota Skotlandia yang memiliki banyak sekali tempat wisata indah. Kota ini memang…

2 days ago

9 Penginapan di Pahawang Yang Nyaman, Bersih dan Ramah Budget

Pulau Pahawang dikenal sebagai salah satu wisata yang sangat populer di kawasan Kota Bandar Lampung.…

2 days ago