Oleh oleh

7 Oleh-Oleh Khas Hungaria yang Harus Kamu Dapatkan di Budapest!

Oleh-Oleh Khas Hungaria – Saat sedang melakukan sebuah perjalanan, tentu saja menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh menjadi salah satu agenda yang tak boleh terlewatkan begitu saja.

Salah satu destinasi utama yang banyak dipilih para traveler mancanegara salah satunya adalah datang ke Budapest. Kota yang menjadi ibu kota dari Hungaria tersebut memiliki banyak tujuan wisata yang mempesona.

unsplash.com

Tak hanya itu saja, GoTravelly juga telah merangkum beberapa dessert khas Hungaria. Bahkan di antara beberapa varian dessert mereka juga masuk ke dalam kue terenak di dunia juga loh!

Agar memperluas wawasanmu mengenai apa saja yang ada di kota cantik tersebut, yuk jadikan ulasan mengenai cendera mata berikut ini sebagai referensi penting yang tak boleh kamu abaikan untuk di simak. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Hungaria yang bisa menjadi pilihan untukmu yang datang ke Budapest.

Oleh-Oleh Khas Hungaria

1. Palinka

flickr.com

Apabila kamu seorang pecinta minuman beralkohol, maka Palinka tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Palinka dikenal sebagai salah satu jenis minuman yang memiliki keberadaan penting dalam budaya serta warisan Hungaria.

Minuman ini menawarkan sebuah taste buah yang nikmat. Jika datang ke Hungaria, maka kamu bisa menemukan banyak rumah memproduksi minuman beralkohol ini. Hampir di setiap sudut kota, Palinka menjadi varian minuman popular yang banyak dinikmati.

Masyarakat Hungaria memanfaatkan buah-buahan yang tidak digunakan sebagai bahan dasar minuman tersebut. Kandungan alkohol dalam minuman ini biasanya mencapai 40 – 70%. Minuman ini dapat menjadi oleh-oleh khas Hungaria saat perjalananmu berhenti di sana, termasuk ketika kakimu melangkah di Budapest.

2. Paprika

unsplash.com

Saat berkeliling ke penjuru Hungaria atau datang ke Budapest, sobat GoTravelly tentu akan melihat salah satu bahan dapur bernama Paprika terpajang dengan jelas dari banyak gerai toko di sepanjang jalan.

Sebagai salah satu bumbu yang penting, tentu kamu juga akan menemukan Paprika sebagai bahan yang digunakan pada banyak makanan tradisional mereka di sana. Ada banyak makanan dengan warna merah dan oranye yang cerah dengan rasa serta aroma pedas yang kuat.

Apabila bingung membawa oleh-oleh apa, kamu bisa memilih Paprika bubuk sebagai salah satu cendera mata unik untuk di bawa pulang. Ada banyak varian jenis bubuk paprika yang dapat kamu temukan, mulai dari butiran lembut hingga kasar sekalipun.

3. Rubik

pexels.com

Sobat GoTravelly, apakah kamu tahu mainan yang satu ini ditemukan oleh seorang arsitektur Hungaria kelahiran Budapest bernama Erno Rubik? Salah satu permainan puzzle yang popular di seluruh penjuru dunia ini tentu dapat kamu temukan dengan mudah sebagai suvenir yang berharga untuk dibawa pulang.

Rubik yang berbentuk kubus ini telah lama menjadi sebuah simbol intelektual masyarakat Hungaria. Mungkin kamu akan berpikir, jika membawa cendera mata yang juga dapat dengan mudah kamu beli di kota asalmu tentu tidak akan spesial. Namun, saat memilih rubik sebagai hadiah untuk di bawa pulang ke rumah nilai kenangan yang ada tentu akan berbeda.

4. Telor Bergambar

istockphoto.com

Ingin membawa pulang oleh-oleh pajangan rumah yang khas dari Hungaria? Telor dengan gambar cantik yang mereka jual di sana bisa menjadi referensi suvenir untukmu. Telor bermotif dan hasil karya kreatif para seniman lokal berikut ini menjadi salah satu simbol yang identik dengan Paskah.

Ada sebuah tradisi ketika hari Paskah tiba, para pria yang memiliki seorang kekasih akan memercikan air pada sang wanita di Senin Paskah. Sebagai imbalannya, kekasih itu akan memberi telor yang telah dilukis sebagai hadiah spesial saat itu.

Saat berkeliling ke satu tempat ke tempat yang lain untuk mendapatkan sebuah suvenir terbaik di Budapest, kamu bisa mendapatkan telor dengan warna-warni cantik milik mereka. Ada banyak warna dengan pola gambar yang cantik dan mempesona pada setiap buah karya para pengrajin.

Telor bergambar tersebut dijual per satuan, namun jika kamu ingin membawanya dengan jumlah yang lebih banyak mereka juga menjual dalam hitungan per dus. Oleh-oleh yang satu ini akan cocok menjadi hiasan rumahmu agar terlihat semakin cantik.

5. Kurtoskalacs

unsplash.com

Pecinta roti, kamu harus membeli salah satu makanan tradisional yang dimiliki oleh Hungaria berikut ini! Roti berbentuk seperti cerobong asap ini merupakan salah satu pastry tertua yang dimiliki oleh negara tersebut loh.

Kue khas ini dapat kamu temukan dengan mudah, bahkan tak sedikit orang lokal menjualnya sebagai salah satu jajanan pinggir jalan di setiap sudut Hungaria. Jika menginginkannya, kamu bisa menikmati berbagai macam Kurtoskalacs.

Ada varian yang menjual kue ini dengan polosan tanpa menambahkan isian apapun di dalam rongga roti. Kamu bisa membeli roti yang masih hangat dari oven dan menikmatinya langsung. Namun jika kamu ingin mencoba varian dan sensasi lain, ada juga yang mengisi bagian tengah roti Kurtoskalacs dengan es krim manis yang menyegarkan.

Meski Kurtoskalacs merupakan sebuah varian makanan yang tentu saja lebih enak dinikmati secepat mungkin setelah membelinya, namun roti ini cukup awet untuk disimpan beberapa saat. Kamu bisa menjadikan Kurtoskalacs sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Hungaria untuk di bawah pulang dan menikmatinya sesampainya di rumah.

6. Wine Tokaji

flickr.com

Selain Palinka yang menjadi minuman favorit Hungaria, kamu juga bisa membawa pulang Tokaji sebagai oleh-oleh khas mereka. Minuman ini merupakan varian angur yang memiliki kadar alkohol sekitar 12,5%. Wine Tokaji terkenal karena memiliki rasa manis yang cantik dengan taste manis yang khas.

Bagi masyarakat lokal, minuman ini seringkali dinikmati saat acara pertemuan keluarga. Wine yang berasal dari daerah Timur Laut Hungaria ini dibuat dari hasil perkebunan anggur yang ada di sana. Proses panjang dari minuman ini, berhasil melahirkan rasa anggur yang manis, bahkan Tokaji dikenal sebagai salah satu jenis anggur termanis di dunia.

Jika penasaran, kamu bisa menanyakan lebih lanjut mengenai minuman yang satu ini ke pada toko yang kamu kunjungi. Agar tak salah untuk mendapatkan kualitas yang kamu ingin, sebagai seorang pelancong kamu harus memastikan untuk mendapatkan informasi mendalam dengan riset kecil mengenai perbandingan varian dan harga. Kamu juga bisa mengikut tur anggur yang dipandu oleh ahlinya saat datang ke wilayah Tokaj, lalu coba nikmatilah sendiri rasa yang berbeda dari setiap varian yang ada.

7. Ajka Crystal

flickr.com

Tertarik dengan sebuah perabotan rumah tangga sebagai suvenir atau mungkin untuk menambah salah satu koleksi di rumahmu? Produksi kaca kristal dari Ajka Crystal berikut ini bisa menjadi pilihan yang baik untukmu.

Sebagai salah satu pengrajin tertua yang mengelola kristal, Ajka memiliki banyak macam produk mulai dari gelas, hingga hiasan cantik lainnya. Ajak Crystal telah ada sejak tahun 1897 dan sampai saat ini masih menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh para turis dunia ketika tertarik dengan benda-benda berkilau nan cantik. Saat datang untuk mendapatkan Ajka Crystal, kamu bisa membungkusnya dengan bingkisan yang tak kalah cantik juga. Bagaimana menurutmu untuk oleh-oleh yang satu ini?

source: https://www.youtube.com/@LeonardoEdwin

Itulah beberapa referensi oleh-oleh khas Hungaria Budapest yang dapat kamu dapatkan. Jangan lupa simpan semua memori kenanganmu ketika melakukan perjalanan di mana saja, bersama GoTravelly.

Jehan

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago